Yuk, Prediksikan Biaya Ibadah Haji untuk 5, 10 hingga 15 Tahun Mendatang

Bersinggah ke tanah suci untuk beribadah merupakan impian banyak muslim di dunia. Tak heran jika banyak orang gigih menyiapkan dana ibadah haji selama bertahun-tahun.

Tabungan Umrah dengan Setoran Awal Rp100.000, Pilih-pilih Yuk!

Namun, antrian haji yang memakan waktu lama membuat kamu harus mengantisipasi biaya yang diperlukan untuk naik haji. Karena tentunya harga saat ini tak akan sama dengan bertahun-tahun mendatang.

Untuk itu, sebaiknya kamu dapat memprediksi biaya yang diperlukan untuk ibadah haji selama 5, 10, hingga 15 tahun mendatang.

(Baca juga: Jangan Ragu, Ini Beda Bank Syariah dan Konvensional)

Saat ini, biaya yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji membutuhkan uang sekitar Rp39,8 juta. Lalu kira-kira berapa dana yang harus kamu persiapkan untuk ibadah haji pada 5, 10, hingga 15 tahun mendatang? Yuk cek prediksinya!

Daftar Dulu

Sebagai langkah awal, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya sebesar Rp25 juta per orang.

Semakin cepat kamu mendaftar, maka semakin cepat pula kamu dapat berangkah ibadah haji. Untuk mempersiapkan biaya pendaftaran, kamu bisa mulai menyiapkannya dengan menabung seperti biasa.

Jika kamu memiliki target mengumpulkan tabungan dalam waktu 2 tahun, kamu perlu menabung sekitar Rp1 juta per bulan. Kamu tentunya dapat mempercepatnya dengan menambahkan tabungan bulanan.

Mau 5, 10 atau 15 Tahun Lagi?

Setelah melakukan pendaftaran, kamu harus menunggu keberangkatan. Dan biasanya, pelunasan biaya ibadah haji dilakukan 2 bulan sebelum keberangkatan.

Dengan kenaikan biaya haji sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta per tahun. Maka, total dana yang kita butuhkan untuk biaya haji 5 tahun mendatang berkisar Rp65 juta.

Dengan rincian, Rp40 juta (biaya haji saat ini) ditambah Rp25 juta (Rp5 juta dikali 5 tahun). Untuk 10 tahun, biaya yang kamu perlukan sekitar Rp90 juta dan Rp115 juta untuk ibadah haji 15 tahun kemudian.

Walaupun dana haji ini sudah mencakup biaya konsumsi dan transportasi, tak ada salahnya untuk menyiapkan pos lain-lain untuk cadangan selama 40 hari ibadah haji. Kelak jika dananya tidak terpakai, kamu dapat memanfaatkannya sebagai biaya oleh-oleh.

Alternatif Investasi dalam Bentuk Emas

Setelah memperhitungkan peningkatan biaya ONH di, sebaiknya kamu turut berinvestasi. Hal ini karena biaya yang diperlukan untuk ibadah haji tak dapat diduga-duga mengalami kenaikan yang signifikan.

Berinvestasi emas untuk tabungan haji juga sangatlah menguntungkan karena nilai harga jual emas cenderung stabil. Tetapi, tentunya kamu jangan sampai lupa untuk menabung untuk meminimalisir risiko investasi.

(Baca juga: Investasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Dolar Terus Naik)

Agar tabungan semakin aman, gunakan tabungan terpisah yang sulit diakses untuk digunakan sebagai pengeluaran sehari-hari. Belum punya tabungan khusus haji? Yuk buat di CekAja.com! Berikut rekomendasinya:

Prosesnya cepat, mudah, dan aman serta kamu juga dapat menemukan tabungan terbaik yang dapat kamu gunakan sebagai tabungan haji. Tunggu apalagi? Yuk mulai tabungan haji sekarang bersama CekAja.com!