Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kebiasaan Buruk ini Bikin Kamu Sering Alami Sakit Kepala

by Rafly Aditia on 3 Desember, 2016

bahaya kopi _ CekAja.com

Diserang sakit kepala memang bukan jadi hal yang serius, tetapi kalau sudah terlalu sering tentu sangat mengganggu. Kalau kamu sering mengalami sakit kepala, coba perhatikan kebiasaan hidupmu sehari-hari.

Mengapa demikian? Karena beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang di zaman sekarang ini ternyata jadi penyebab sakit kepala sering menyerang. Berikut 5 kebiasaan yang bisa bikin kamu mengalami sakit kepala:

1. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama mengapa kamu sering mengalami sakit kepala. Kalau kamu sering tidur larut malam seperti jam 12 ke atas dan sudah harus bangun saat pagi untuk pergi bekerja, maka kebutuhan otak serta tubuhmu untuk berisirahat tidak terpenuhi.

Hal ini menyebabkan otak dan bagian tubuh lainnya bekerja lebih keras, akibatnya kamu mudah terserang sakit kepala dan pusing. Maka dari itu, mulailah kebiasaan baru yang lebih baik yaitu dengan menerapkan tidur berkualitas sebanyak 8 jam per hari.

(Baca juga: Merasa Gagal di Tahun 2016? Ini Caranya Agar Kamu Tidak Mengulang Resolusi Hidupmu) 

2. Sering stres

Terlalu banyak pekerjaan di kantor, belum lagi diterpa dengan masalah bersama pasangan atau keluarga pasti membuatmu mudah stres. Kalau sudah stres pasti kamu akan mengalami sakit kepala yang hebat. Agar hal tersebut tidak terjadi berulang-ulang, coba sering-sering pergi berelaksasi, piknik, berenang, dan berolahraga.

3. Kerap menunda makan

Biasanya hal ini terjadi pada kamu yang sedang niat untuk menurunkan berat badan, tetapi cara yang ditempuh salah. Yup, kalau kamu sering menunda makan maka tekanan darahmu bakal menurun drastis dan membuatmu pusing.

Hal tersebut benar-benar tidak baik untuk tubuhmu, loh. Untuk itu, agar tujuanmu bisa tercapai tapi tubuh tetap sehat terapkanlah pola makan sehat dari sekarang.

4. Postur duduk yang salah

Bagi para pekerja kantoran, hal ini benar-benar harus kamu perhatikan. Ternyata postur tubuh saat duduk sangat berarti bagi kesehatan. Kalau postur tubuhmu saat duduk salah, terlalu membungkuk misalnya, maka bagian leher dan bahumu akan mendapatkan tensi berlebih yang bisa menyebabkan sakit kepala nantinya.

(Baca juga: 5 Motor Super Irit Ini Paling Cocok untuk Ojek Online)

5. Kebanyakan minum kopi dan teh

Siapa yang suka minum teh dan kopi? Tidak salah kok pergi ke cafe bareng teman atau rekan kerja, ngobrol sambil minum kopi dan teh. Tetapi kalau berlebihan,  bisa-bisa tubuhmu akan mengalami dehidrasi alias kurang cairan. Maka dari itu imbangi dengan konsumsi air putih serta kurangi konsumsi kopi dan teh.

Butuh asuransi kesehatan yang berikan pertanggungan biaya pengobatan penyakit berbahaya? Daftar sekarang di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.