Pengajuan Online Asuransi Properti Rumah, Ruko, dan Kantor

Berbagai macam risiko bisa menimpa properti Anda seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, pencurian, dan lainnya. Anda tidak pernah tahu kapan risiko tersebut bisa menimpa rumah, ruko atau kantor Anda. Karena itu, memiliki asuransi properti adalah langkah bijak untuk melindungi aset Anda.

Asuransi properti juga dapat melindungi aset properti Anda dari segala kerugian, baik kerugian langsung yang diakibatkan oleh suatu kejadian, maupun kerugian tidak langsung akibat adanya gangguan. Bahkan, jenis asuransi ini juga dapat melindungi Anda dari konsekuensi finansial akibat kerusakan berbagai macam properti dan aset-aset berwujud, termasuk di dalamnya properti (bangunan) milik pribadi, maupun properti komersial atau bisnis.

CekAja.com hadir untuk Anda demi mempermudah proses perbandingan hingga pengajuan asuransi properti. Teknologi perbandingan dan sumber daya manusia yang terpercaya dari CekAja.com akan memudahkan segala proses pengajuan asuransi properti Anda.

Barang pribadi, seperti rumah, beserta isi atau perabotan yang ada di dalamnya merupakan istilah yang banyak digunakan untuk menggambarkan properti pribadi. Untuk barang-barang tersebut, biasanya digunakan asuransi properti pribadi. Sementara, properti komersial atau bisnis, biasanya didefinisikan masuk sebagai aset bisnis.

Secara umum definisi aset bisnis yaitu mencakup benda selain rumah. Bedanya adalah aset tersebut bisa berbentuk yang bergerak, atau bukan yang permanen seperti tanah, perumahan, gedung, properti dan juga bangunan seperti ruko, kantor, pabrik, dan lainnya.

Syarat utama yang harus ada tentu saja kepemilikan properti itu sendiri, seperti rumah, ruko atau kantor. Kemudian, pastikan surat-surat kepemilikan properti tersebut ada dan lengkap, untuk memudahkan pengajuan dan proses klaim kelak, jika risiko menimpa.

Adapun syarat yang lain yang dibutuhkan adalah menyepakati perjanjian dengan perusahaan asuransi properti terkait administrasi dan klaim yang diberikan.

Pengajuan asuransi properti memerlukan beberapa dokumen pendukung yang diminta sebagai bukti persyaratan. Misalnya Anda ingin mengambil asuransi ruko yang Anda miliki, maka surat-surat dari ruko tersebut pun harus dilampirkan. Pihak penyedia asuransi juga seringkali melakukan survei ke lokasi properti secara langsung. Secara umum, berikut adalah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Fotokopi (scan) KTP
  • Fotokopi Akta Perusahaan (jika properti yang diasuransikan kantor atau bangunan)
  • Fotokopi Sertifikat Tanah
  • Fotokopi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Sebelum mendaftar, pastinya Anda ingin memiliki asuransi properti atau asuransi rumah yang bagus dan sesuai kebutuhan. Karena itulah, maka Anda sebagai pemohon wajib membaca dan memahami informasi asuransi properti yang tersedia dan mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan.

Setelah memahami produk asuransi properti, segera klik “Cek Aja di Sini” dan isi data diri untuk memperoleh berbagai produk yang sesuai dengan profil Anda. Anda juga bisa memencet tombol “Hubungi Saya” agar customer service CekAja.com bisa memberikan informasi yang lebih detail.

Dalam contoh asuransi rumah tinggal yang termasuk dalam jenis asuransi umum (general insurance). Di Indonesia dikenal dua jenis asuransi rumah tiggal, yaitu asuransi kebakaran sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) dan asuransi properti all risk.

Berdasarkan PSAKI, memberikan jaminan kepada Fire, Lightning, Explosion, Falling Air Craft, & Smoke (FLEXAS):

  • Risiko Kebakaran (Fire) adalah risiko kerusakan rumah yang disebabkan dan diakibatkan oleh ketidak hati-hatian tertanggung, menjalarnya api, hubungan arus pendek, dan kebakaran oleh benda lain.
  • Risiko Kerusakan Rumah karena Petir (Lightning) yang menyebabkan kerusakan langsung. Termasuk di menjamin mesin listrik, peralatan listrik atau elektronik dan instalasi listrik yang terbakar akibat petir.
  • Risiko Kerusakan Rumah karena Ledakan (Explosion) yang berasal dari harta benda yang dijamin pada Polis ini.
  • Risiko Kerusakan Rumah karena Kejatuhan Pesawat Terbang (Falling Air Craft) yang menimpa harta benda dan bangunan yang dijamin pada polis.
  • Risiko Kerusakan Rumah karena Asap (Smoke) yang berasal dari kebakaran harta benda yang dijamin pada Polis ini.

Sementara itu, untuk asuransi properti all risk, selain memberikan perlindungan asuransi kebakaran standard FLEXAS, juga masih ditambah manfaat berikut ini:

  • Risiko Kerusuhan, Pemogokan, dan Kerusakan Akibat Perbuatan Jahat (RSMD), yang memberikan jaminan atas kerugian atau kerusakan pada harta benda yang dipertanggungkan, yang secara langsung disebabkan oleh Kerusuhan, pemogokan, dan perbuatan jahat.
  • Risiko Kebongkaran (Burglary), yang memberikan jaminan harta benda di dalam rumah yang hilang atau rusak akibat pembongkaran atau pencurian secara paksa dan/atau dengan kekerasan.
  • Risiko Pencurian – Mengikuti risiko kebakaran (Theft following fire), memberikan jaminan atas kerugian karena kehilangan harta benda yang dipertanggungkan saat terjadinya kebakaran (penjarahan barang-barang saat terjadi kebakaran).
  • Kecelakaan diri 24 Jam (Personal accident), memberikan santunan atas kematian atau cacat tetap keseluruhan yang disebabkan suatu kecelakaan dimana pun, kapan pun dan akibat apa pun.
  • Kecelakaan diri karena kebakaran (Personal accident following fire), memberikan santunan atas kematian atau cacat tetap keseluruhan yang diakibatkan oleh risiko kebakaran.
  • Tanggung Jawab Terhadap Pihak Ketiga (Third party liability – TPL), memberikan jaminan kerugian cedera badan atau kerusakan harta benda pada pihak ketiga atas kecelakaan yang terjadi secara tidak disengaja di dalam rumah ataupun pekarangan tertanggung. Pihak ketiga yang dimaksud adalah orang yang bukan anggota keluarga atau karyawan perusahaan Anda.
  • Biaya Pengobatan Akibat Kebakaran (Medical expenses following fire) memberikan penggantian biaya medis dan/atau pengobatan karena terjadinya risiko kebakaran.
  • Kerusakan Rumah Karena Tertabrak Kendaraan (Impact of vehicle), memberikan jaminan atas kerugian yang disebabkan oleh benturan fisik terhadap bangunan, yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang dimaksud adalah mobil atau motor yang bukan milik tertanggung atau anggota keluarga.
  • Biaya Regu Pemadam Kebakaran (Fire brigade fee), memberikan penggantian biaya regu pemadam kebakaran untuk mengurangi menjalarnya
  • Biaya Pembersihan Puing (Removal of debris fee), memberikan penggantian biaya pembersihan dan pembongkaran puing atas hancurnya/rusaknya bangunan dan barang-barang yang dijamin di dalam polis ini.
  • Kecelakaan Bangunan (Accidental damage), memberikan jaminan atas kerugian yang disebabkan oleh benturan fisik terhadap bangunan yang diakibatkan oleh pohon dan atau bangunan tetangga. Polis ini tidak memberikan perlindungan terhadap kecelakaan bangunan karena angin topan dan badai. Ada juga asuransi bangunan khusus untuk kerusakan akibat topan dan badai.
  • Biaya Uang Sewa Rumah (Home Rental Fee), memberikan penggantian biaya uang sewa untuk tempat tinggal sementara, selama masa perbaikan atau pemulihan kembali atas kerugian atau kerusakan bangunan yang dipertanggungkan.
  • Biaya Profesional (Professional fee), memberikan penggantian biaya arsitek, surveyor dan konsultan manajemen bangunan untuk perencanaan, spesifikasi, kuantitas, penawaran dan pengawasan yang perlu dalam pembangunan kembali. Tidak termasuk biaya-biaya dalam mempersiapkan klaim.

Apa Kata Mereka Tentang CekAja.com


Proses cepat, tak perlu datang ke bank, kurir CekAja.com datang ke kantor dan bantu urus semua dokumen yang dibutuhkan.

Helda - Marketing Staff, Jakarta Marketing Staff, Jakarta

Aplikasi direspon cepat dan mudah, customer service pun ramah dan bersahabat.

Dedy Saiful Mahdi - Staff Accountant, Surabaya Staff Accountant, Surabaya

Pengajuan sangat cepat dengan customer service yang sangat ramah.

Sundari - SPV Store, Jakarta SPV Store, Jakarta

Saya senang mengajukan di CekAja.com karena prosesnya bagus serta cepat. Customer service pun baik dan ramah.

Aprillia Tri Riany - Staff Sales, Jakarta Staff Sales, Jakarta

CekAja.com sangat membantu dalam proses pengajuan Credit Card, tentu saja dengan proses yang gampang dan tidak merepotkan sama sekali.

Frando Alfebri Saragih - Staff Admin Accounting, Bekasi Staff Admin Accounting, Bekasi

Sangat memudahkan proses pengajuannya lewat handphone. Customer service cukup membantu untuk pertanyaan seputar asuransi.

Yogi Anindya - Karyawan, Jakarta Karyawan, Jakarta

CekAja memiliki rating 4.7/5 (275)