Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Ide Usaha Makanan Ringan dengan Omzet Berat

by Surtan Siahaan on 4 Desember, 2017

bahaya kopi _ CekAja.com

Jika dikelola dengan tepat, usaha makanan ringan mampu menghasilkan keuntungan yang tak ringan. Mau tahu ide-ide menarik dari bisnis ini?

Tanpa panjang lebar berteori, berikut ini 10 pilihan yang mungkin menarik untuk dijajal oleh rekan CekAja. Bahkan tidak perlu modal usaha yang besar untuk membuatnya. Apa saja bisnis yang dimaksud, berikut adalah daftarnya. Selamat berbisnis dan semoga sukses.

1. Bisnis roti bakar

Bisnis satu ini bisa dimulai dengan modal tidak terlalu besar. Lagi pula, roti bakar memang identik dengan jajanan segmen masyarakat menengah. Jadi, tidak perlu menyewa ruko melainkan cukup mendirikan tenda pinggir jalan.

2. Bisnis makaroni pedas

Camilan satu ini sedang naik daun. Padahal, untuk membuatnya sangat sederhana. Makaroni yang disajikan bisa digoreng atau direbus dan dicampur dengan cabai bubuk serta perasa.

Biasanya penggemar makaroni menyukai rasa ekstra pedas. Jadi, semakin kita royal menambahkan bubuk cabai, kemungkinan untuk laris semakin besar.

3. Sosis bakar

Untuk memulai bisnis makanan ringan satu ini tak butuh kemampuan masak yang mumpuni. Peralatannya pun relatif sederhana. Usaha ini pun bisa dimulai dengan menggunakan gerobak. Asal menemukan lokasi berjualan yang tepat, kita punya peluang untuk sukses.

Bahannya cukup sosis pabrikan yang kita panggang sendiri menggunakan alat panggangan. Sebagai tambahan rasa kita bisa menggunakan saus tomat, saus cabai, kecap dan mayones.

4. Kopi siap saji

Jika usaha kafe kopi kekinian dirasa terlalu mahal dan ribet, rekan CekAja bisa memilih alternatif berupa kopi siap saji.

Kita cukup mengemas kopi instan dengan kemasan gelas plastik. Untuk memasarkannya kita bisa berjualan melalui media sosial atau berjualan di acara tertentu seperti car free day dan lain sebagainya.

5. Bisnis kacang mete

Panganan satu ini tidak bisa dipandang remeh. Meski tidak terlalu umum jadi camilan, tapi permintaan akan kacang mete datang cukup tinggi dari industry makanan seperti es krim, cokelat hingga restoran-restoran kelas atas.

Cara membuat kacang ini pun cukup sederhana yakni dengan cara dipanggang. Untuk harganya, kacang mete jelas mengalahkan kacang tanah biasa.

6. Jus segar

Banyak orang menyukai jus. Terlebih jus dingin yang baru saja dibuat. Untuk mengoperasikan bisnis ini tidak perlu keahlian. Modalnya cukup mesin jus dan gerobak.

Buah-buahan seperti apel, jeruk, wortel, tomat, alpukat, stroberi pun dapat diperoleh dengan mudah di pasar-pasar sekitar lingkungan kita.

7. Aneka keripik

Makanan renyah satu ini juga tidak ada matinya. Permintaan terus mengalir meski pemain bisnsi ini sudah cukup banyak. Salah satu trik untuk sukses berbisnis keripik adalah menyediakan aneka keripik dengan lengkap.

Jenis keripik yang dimaksud adalah keripik singkong, keripik balado, keripik manis, keripik kentang, keripik tempe, keripik nangka, keripik talas dan puluhan keripik khas nusantara lainnya.

8. Es krim

Belakangan ini tidak lagi dibutuhkan modal besar untuk bisa berjualan es krim. Sebab, sudah terdapat banyak produsen es krim yang membanderol harga jualnya dengan murah.

Cukup menyediakan tempat dan menyewa freezer, kita Sudah bisa berjualan es krim dengan harga terjangkau.

Kita bagkan bisa membuka usaha ini di rumah, di kantin sekolah hingga kantin kantor. Soal peminatnya jangan khawatir karena permintaan es krim cukup tinggi. Lagi pula, siapa yang tidak doyan makan es krim.

9. Kue kering

Bila rekan CekAja punya kemampuan membuat kue, bisnis satu ini juga menarik untuk dijajal. Modalnya memang cukup besar karena kita harus membeli peralatan masak termasuk oven.

Namun, permintaan kue kering tak pernah sepi. Tidak hanya mengandalkan hari besar seperti Lebaran dan Natal, permintaan kue kering stabil di hari-hari biasa.

10. Aneka gorengan

Makanan satu ini juga sangat digemari. Tidak hanya dijadikan camilan, gorengan juga kerap dijadikan sebagai teman bersantap dengan nasi. Untuk membuat gorengan pun tidak susah. Asal bahan bakunya baik dan minyaknya berkualitas, usaha gorengan bisa laris manis.

Tips sukses bisnis makanan ringan

Setelah mengetahui apa saja ide yang bisa dijalankan oleh rekan CekAja, sekarang saatnya menggali lebih dalam melihat tantangan dan peluang apa saja yang ada di bisnis ini.

Untuk sukses di bidang ini sebenarnya banyak tantangan. Namun, peluang untuk sukses tetap terbuka lebar. Nah, berikut ini tips yang bisa membantu para pemula yang ingin berbisnis panganan ringan:

Jaga kualitas

Terkadang orang yang menjalankan bisnis ini tidak terlalu mementingkan kualitas. Alasannya karena harga jualnya murah maka kualitasnya hanya seadanya saja.

Oleh karenanya, jika rekan CekAja berhasil menjaga kualitas bukan berarti bisa mengalahkan banyak saingan di bisnis ini.

Cara menjaga kualitas adalah dengan memastikan kebersihan dan bahan baku contohnya seperti minyak goreng yang rutin diganti bila mau berbisnis gorengan.

Perbaiki kemasan

Bisnis skala Usaha Kecil Menengah (UKM) biasanya tak terlalu mementingkan kemasan. Saat berjualan makanan, mereka cenderung menggunakan plastik kresek biasa atau plastik bening.

Hindari kesalahan ini karena masalah kemasan sebenarnya bisa membuat produk naik kelas meski denga isi yang sama dengan produk sejenis.

Jaga hubungan dengan pelanggan

Hal ini sebenarnya berlaku untuk bisnis apa saja. Dengan menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan, maka akan tercipta loyalitas pada produk.

Untuk itu, usahakan untuk membeli pelayanan terbaik seperti responsif ketika mendapat pesanan atau memberi perlakuan special pada pelanggan tetap seperti memberi diskon dan lain sebagainya.

Tentang Penulis