10 Makanan Penurun Panas yang Ampuh dan Efektif

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Meminum obat ketika sedang demam memang disarankan, tetapi jangan lupa bahwa juga terdapat pula sejumlah makanan penurun panas yang bisa dijadikan sebagai obat alami lho.

Ketika demam atau suhu tubuh sedang naik, mengkonsumsi makanan penurun panas nyatanya lebih sering dijadikan sebagai bentuk pertolongan pertama, sebelum meminum obat atau pergi ke dokter untuk melakukan check up.

Sebab, makanan itu sendiri justru dianggap jauh lebih aman dan mampu memberikan dampak kesembuhan secara alami.

(Baca Juga: Gejala Awal Demam)

Akan tetapi, bagi kamu yang masih awam, mungkin akan mengalami sedikit kendala untuk menentukan sekiranya makanan manakah yang paling baik dalam menurunkan panas.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah makanan penurun panas yang bisa kamu jadikan solusi, sebelum mengkonsumsi obat. Apa sajakah itu?

Makanan Penurun Panas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan penurun panas yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. Bawang Putih

Sepertinya memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bumbu yang paling sering digunakan di dapur ini memiliki segudang khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Nah, salah satunya adalah sebagai makanan penurun panas. Bawang putih dapat memerangi bakteri, virus, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Oleh karena itu, ketika kita mengkonsumsi bawang putih, maka secara otomatis juga bisa mencegah tubuh agar tidak muda terserang penyakit dan mempercepat kesembuhan.

Bahkan sebuah studi menunjukan bahwa orang yang mengkonsusi bawang putih cenderung lebih jarang terkena penyakit, dibandingkan mereka yang tidak.

2. Yogurt

Makanan penurun panas selanjutnya adalah yogurt, yang bahkan seringkali dijadikan sebagai menu dalam menurunkan berat badan.

Akan tetapi selain itu, nyatanya yogurt juga sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang demam atau sakit.

Karena, makanan satu ini mengandung kalsium yang tinggi serta dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Ditambah lagi, beberapa jenis yogurt juga mengandung probiotik yang memiliki segudang manfaat, termasuk dalam mempercepat pemulihan ketika kamu sedang demam.

3. Sup Ayam

Selanjutnya ada sup ayam yang memang sudah seringkali dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang demam atau memiliki suhu tubuh yang tinggi.

Karena, sup ayam merupakan sumber cairan, elektrolit, kalori, protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

Bahkan ketika sakit, nutrisi yang baru saja disebutkan tadi dibutuhkan jauh lebih banyak dibandingkan ketika tubuh sedang sehat lho.

Sup ayam adalah makanan penurun panas sekaligus dekongestan alami, yaitu dengan cara mengeluarkan uap panas sehingga bisa menurunkan suhu tubuh yang panas dengan cepat.

Tak hanya itu, makanan ini juga mampu memblokir sel-sel yang biasanya menyebabkan batuk atau hidung tersumbat, karena kandungan asam amino sistein yang terdapat di dalamnya, yang bisa memecah lendir dan memiliki efek anti-virus, anti-inflamasi, dan antioksidan.

4. Air Kelapa

Demam bisa mengakibatkan tubuh kekurangan cairan tanpa kita sadari, dengan dilengkapi oleh proses berlanjut, seperti evaporasi dari kulit, bernafas melalui paru-paru, metabolisme, atau melalui keringat, karena suhu tubuh yang sedang tinggi.

Oleh karena itu, penting hukumnya untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan asupan cairan yang cukup ketika sedang sakit. Nah, lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Yaitu selain dengan meminum air putih, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air kelapa. Karena, air kelapa mengandung banyak elektrolit, potasium, dan vitamin C yang mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Akan tetapi, pastikan pula untuk tidak mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan, jika tidak mau mengalami kembung.

5. Teh Panas

Ini sebenarnya bukanlah makanan penurun panas, melainkan masuk ke dalam kategori minuman yang dapat menurunkan panas secara alami.

Sama halnya seperti sup ayam, teh juga berperan sebagai dekongestan alami yang bisa membantu dalam membersihkan sinus lendir.

Akan tetapi, perlu diperhatikan pula bahwa mengkonsumsi air panas tidak boleh yang terlalu panas, agar tidak mengiritasi tenggorokan.

Selain itu, teh juga mengandung polifenol, yang merupakan zat alami yang sering ditemukan di tanaman dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan, seperti antioksidan, antiinflamasi, hingga sifatnya sebagai anti-kanker.

6. Teh Lemon dan Madu

Bukan makanan penurun panas melainkan lebih kepada minuman, selanjutnya adalah kombinasi dari teh lemon dan madu.

Teh herbal memang sepertinya merupakan obat alami penurun panas yang sangat ampuh dan efektif dalam meredakan demam.

Kamu hanya perlu menambahkan perasan jeruk lemon dan satu sendok teh madu ke dalam segelas air putih hangat, untuk memberikan efek antiinflamasi sekaligus meredakan peradangan.

Akan tetapi ketika demam, usahakan untuk tidak mengkonsumsi teh hitam, karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya justru bisa membuat kondisi semakin buruk, walaupun kafeinnya itu sendiri tidak sebanyak yang terdapat di kopi.

7. Pisang

Makanan penurun panas selanjutnya adalah buah pisang dengan rasa manisnya yang selalu cocok diolah menjadi berbagai jenis hidangan.

Selain baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan diet, buah pisang juga mengandung kalium, yang merupakan salah satu ion, yang banyak dikeluarkan melalui keringat ketika kita sedang demam.

Oleh karena itu, memakan buah pisang itu sendiri sangatlah baik ketika suhu tubuh sedang tinggi, karena mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Nah, selain pisang, beberapa jenis buah lainnya yang juga mengandung banyak cairan adalah seperti semangka, nanas, kiwi, atau blewah, yang juga turut direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika kamu sedang tidak enak badan.

8. Jahe

Jahe merupakan jenis makanan penurun panas lainnya yang baik untuk dikonsumsi.

Tak hanya itu, bahkan salah satu rempah ini juga dikenal sangat efektif untuk meredakan mual lho, seperti mual ketika sedang hamil atau perawatan kanker.

Selain itu, jahe juga memiliki efek antiinflamasi, non-steroid, antioksidan, antimikroba, dan anti-kanker.

Untuk bisa merasakan khasiatnya, kamu bisa memasukkan jahe ke dalam masakan ataupun dibuat sebagai wedang jahe.

Pastikan pula bahwa kamu menggunakan ekstrak jahe atau jahe asli, dan sebisa mungkin menghindari makanan atau minuman dengan perasa jahe.

9. Telur

Makanan penurun panas selanjutnya adalah telur yang kaya akan protein. Tak hanya itu, makanan yang baik dijadikan sebagai menu sarapan ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, lemak sehat, serta antioksidan, yang mampu mempercepat penyembuhan demam.

Selain bisa meredakan suhu tubuh yang sedang tinggi, telur juga membantu dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh yang dibutuhkan untuk melawan infeksi dan terpaan virus.

10. Sayuran Hijau

Nah, makanan penurun panas yang akan kita bahas terakhir adalah beragam sayuran hijau yang penuh dengan serat dan nutrisi, sehingga sangat baik bagi kesehatan, khususnya untuk orang yang sedang demam.

Sayuran hijau ini mengandung senyawa tanaman yang sangat bermanfaat serta memiliki sifat antibakteri.

Diantaranya seperti bayam, selada, romaine, dan kangkung yang sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang kaya.

Selain itu, sayuran-sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat yang juga sangat baik bagi tubuh.

Jadi, itulah beberapa makanan penurun panas yang bisa kamu jadikan solusi dalam mengatasi panas demam, sebelum mengkonsumsi obat maupun datang ke dokter untuk berkonsultasi.

Meski begitu, bukan berarti proteksi kesehatan sama sekali tidak dibutuhkan. Kamu tetap perlu mendapatkan perawatan dan berkonsultasi ke dokter apabila mengalami suatu permasalahan kesehatan.

Nah, agar lebih meringankan beban biaya rumah sakit yang tergolong mahal, jangan lupa juga untuk memberikan proteksi diri dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan.

(Baca Juga: 8 Obat Alami Penurun Panas Anak)

Sebab, dengan memiliki asuransi kesehatan kamu bisa mendapatkan penanganan kesehatan yang maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com. Tak hanya sekadar mengajukan, melalui CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan tentang jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi. Praktis banget kan!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha