10 Manfaat Daun Saga yang Baik Bagi Tubuh

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sepertinya, masih banyak yang belum tahu mengenai manfaat daun saga. Mungkin bagi masyarakat awam, nama “daun saga” itu sendiri masih terdengar kurang familiar.

Padahal jika dilihat bentuknya, daun ini tentunya seringkali kita jumpai, karena banyak tumbuh di area sekitar rumah.

Dibalik bentuknya yang unik dan lucu, ternyata daun saga memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh lho.

Sehingga, apabila kamu tanpa sengaja menemukan daun ini, alangkah baiknya apabila segera dimanfaatkan.

(Baca Juga: 7 Manfaat Daun Keji Beling)

Akan tetapi, daun dengan nama latin Abrus precatorius L ini memiliki biji yang dikenal beracun, bahkan hingga bisa membunuhmu. Jadi, jangan coba-coba bermain dengan bijinya ya.

Disisi lain, daunnya justru bisa dijadikan sebagai ramuan obat tradisional Indonesia, karena kandungannya yang baik bagi kesehatan. Penasaran kira-kira apa saja manfaat daun saga? Kita simak saja pembahasan berikut ini!

Manfaat Daun Saga

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat daun saga yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah:

1. Manfaat Daun Saga untuk Membantu Mengatasi Demam

Pertama yang akan kita bahas adalah, daun saga yang bisa bermanfaat dalam membantu mengatasi demam.

Biasanya, kondisi yang bisa dikategorikan sebagai demam ketika suhu tubuh naik dari suhu normal menjadi 37,5°C, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Biasanya, demam seringkali diatasi dengan meminum obat penurun panas yang disertai dengan istirahat yang cukup.

Padahal, di dalam pengobatan tradisional Cina, daun saga sering digunakan dalam mengatasi demam lho, yaitu dengan mengolahnya menjadi ekstrak atau teh herbal.

Akan tetapi, meskipun sudah cukup laga dimanfaatkan sebagai obat penurun demam, manfaat daun saga untuk membantu mengatasi demam itu sendiri belum melalui uji klinis dan terbukti secara medis.

2. Manfaat Daun Saga untuk Mengobati Sariawan

Hadirnya sariawan memang terkadang bisa menjengkelkan. Bagaimana tidak? Rasa sakit yang ditimbulkan dapat mengganggu nafsu makan hingga kelancaran dalam berbicara, yang bisa mengarah pula pada produktivitas sehari-hari.

Dilansir dari merdeka.com yang mengutip dari klikdokter.com, daun saga ternyata mampu digunakan sebagai obat alternatif dalam mengobati sariawan lho.

Caranya adalah dengan mengambil daun saga dan keringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, kunyahlah secara langsung, tetapi usahakan untuk tidak menelannya.

Selain mengunyah, kamu juga bisa menjadikan daun saga sebagai obat kumur, yaitu dengan merebus 10 gram daun saga bersamaan dengan ½ liter air sampai mendidih.

Kemudian, saringlah dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Agar hasil lebih cepat terlihat, lakukan sebanyak kurang lebih 2-3 kali dalam sehari.

3. Manfaat Daun Saga untuk Mencegah Diabetes dan Kanker

Perlu diketahui bahwa daun saga mengandung flavonoid dan polifenol, yang mana keduanya berguna sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Nah, kedua sifat antioksidan ini memang sejak lama sudah dikenal mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker dan diabetes.

Untuk cara pengolahannya, kamu bisa dengan merebus dan meminum air rebusannya tersebut. Akan tetapi, menjadikan manfaat daun saga sebagai obat tradisional juga perlu kehati-hatian.

Alangkah lebih baiknya jika kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui keamanan serta efek samping yang dihasilkan.

4. Manfaat Daun Saga untuk Mengatasi Batuk

Batuk merupakan respon spontan dari tubuh untuk membersihkan lendir atau iritasi di tenggorokan.

Umumnya, batuk ini diakibatkan oleh infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus. Apabila batuk tak kunjung sembuh, kamu bisa menggunakan daun saga sebagai obat tradisional, seperti dengan meminum ekstrak daun saga itu sendiri.

Akan tetapi manfaat daun saga satu ini belum teruji secara klinis dan terbukti secara medis mengenai kandungan daun yang bisa membantu dalam mengatasi batuk.

5. Manfaat Daun Saga untuk Meredakan Panas Dalam

Walaupun bukanlah termasuk penyakit yang berbahaya, namun adanya panas dalam juga terkadang bisa begitu mengganggu.

Umumnya, penyakit panas dalam diawali dengan gejala sakit tenggorokan, bibir kering dan pecah-pecah, sariawan, hingga aroma nafas yang tidak sedap.

Untuk menjadikan manfaat daun saga sebagai pereda panas dalam, kamu bisa mencuci bersih sekitar 10-15 daun saga, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air. Setelah itu, tunggu air rebusan daun saga hingga menjadi sedikit dingin, dan minumlah.

6. Manfaat Daun Saga untuk Mengatasi Sakit Perut

Hampir sebagian besar orang tentu pernah mengalami yang namanya sakit perut, bukan? Meskipun penyebab dari sakit perut itu sendiri beraneka ragam, namun yang paling umum adalah karena terdapat infeksi yang dipaparkan melalui makanan.

Biasanya, gejala sakit perut yang paling sering terjadi adalah seperti kram perut, nyeri, hingga tubuh yang terasa pegal.

Nah, di dalam pengobatan tradisional dari Afrika Timur, daun saga yang dijadikan sebagai jus maupun dimakan langsung seringkali digunakan dalam mengatasi sakit perut.

Akan tetapi, sebenarnya hanya bermodalkan minum air putih dan istirahat yang cukup saja, sakit perut sudah bisa teratasi.

7. Manfaat Daun Saga untuk Melawan Bakteri Jahat

Manfaat daun saga selanjutnya adalah untuk melawan bakteri jahat. Hal tersebut dikarenakan daun ini diketahui memiliki kandungan senyawa saponin, yaitu sebuah senyawa yang berkhasiat sebagai antibakteri, pada kadar 0,09 persen.

Sementara itu, di daun saga itu sendiri justru ditemukan berkisar 1,19 persen senyawa saponin, yang dapat diartikan telah melewati batas minimum dan positif dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri jahat.

8. Manfaat Daun Saga untuk Membantu Mengatasi Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada sebagian besar orang, yang mana umumnya disebabkan oleh menurunkan imunitas tubuh.

Flu dapat terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh virus akut yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Nah, bagi sebagian orang, daun saga dipercaya mampu membantu dalam mengatasi flu, yaitu dengan cara meminum ekstrak daun saga itu sendiri.

Tetapi, berhati-hatilah sebelum meminum obat tradisional satu ini. Sebab, belum ada penelitian valid yang membuktikan mengenai manfaat daun saga ini.

9. Manfaat Daun Saga untuk Membantu Mengatasi Asma

Di dalam pengobatan Ayurvedic, daun saga seringkali digunakan untuk membantu dalam mengatasi penyakit asma.

Bagi yang belum tahu, Ayurvedic itu sendiri merupakan sebuah pengobatan holistik tertua di dunia, yang mana menggunakan obat herbal serta metode alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit.

10. Manfaat Daun Saga untuk Merawat Rambut

Manfaat daun saga yang terakhir akan kita bahas adalah khasiatnya yang bisa digunakan untuk merawat rambut.

Beberapa produk perawatan rambut di India bahkan menggunakan daun saga sebagai salah satu bahan utamanya.

Cara menggunakan daun satu ini untuk merawat rambut adalah dengan menghaluskan biji daun saga dan mencampurkannya dengan air berasa.

Ramuan ini dikenal bisa membantu dalam mengatasi kerontokan rambut serta mempertahankan keindahan rambut.

Berikan Proteksi Ekstra Bersama Asuransi Kesehatan

Jadi, itulah beberapa manfaat daun saga yang baik bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, bukan berarti daun ini bisa digunakan untuk mengobat penyakit lho.

Sebab, tentu ada kalanya kamu akan membutuhkan penanganan secara langsung dari dokter untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi.

Akan tetapi, terkadang biaya pengobatan dokter dan rumah sakit yang kian mahal menjadi kendala tersendiri bagi kita.

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak)

Nah, maka dari itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Karena, fungsi asuransi kesehatan yang bisa mengcover sebagian biaya pengobatan kamu, sesuai dengan premi yang dibayarkan, mampu menekan pengeluaran kamu dalam berobat dengan tetap mendapatkan fasilitas medis yang mumpuni.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, tentu kamu tak perlu repot lagi meluangkan waktu ke luar rumah. Yuk segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha