15 Makanan untuk Mengatasi Insomnia Dijamin Bikin Tidur Nyenyak

5 min membaca Oleh Vera Khairifah on

Makanan untuk mengatasi insomnia sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang mengalami gangguan tidur. Waktu tidur yang tidak teratur ini berbahaya, karena akan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit yang mengganggu kondisi kesehatan.

Mengenal Insomnia

Tidur merupakan kegiatan istirahat yang sangat penting untuk tubuh yang sudah seharian beraktivitas.

Jam tidur terbaik bagi orang dewasa setidaknya 7 jam sampai 8 jam sehari di malam hari, idealnya dilakukan pada pukul 10 malam hingga pukul 5 atau 6 pagi.

Kamu juga disarankan untuk meluangkan waktu tidur siang di sela aktivitas harian sekitar 30 menit, agar badan kembali bugar dan otak lebih berkonsentrasi.

Sayangnya, tidak semua orang mampu cepat tertidur di saat yang seharusnya yakni pada malam hari.

Akibatnya, gangguan sulit tidur ini membuatmu tidur terlambat, dan jam tidur menjadi berkurang. Inilah yang dinamakan dengan insomnia.

Insomnia yang terjadi terus menerus akan membuat tubuh menjadi kurang bertenaga saat menjalani aktivitas, otak yang sulit berkonsentrasi, menimbulkan gangguan mental, dan rasa kantuk yang justru akan datang pada siang hari sehingga mengganggu aktivitas.

Insomnia dibedakan menjadi dua jenis. Yakni insomnia yang tidak berkaitan dengan kondisi medis lain atau disebut dengan insomnia primer, serta insomnia yang terkait dengan kondisi medis lain yang disebut insomnia sekunder.

Beberapa kondisi atau keluhan medis yang berkaitan terdiri dari depresi, asma, asam lambung, atau radang sendi.

Insomnia sekunder juga bisa disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu atau karena konsumsi alkohol.

Keluhan insomnia bisa diatasi dengan memeriksakan diri ke dokter, sehingga obat-obatan yang pas dapat dikonsumsi sesuai dengan kondisi dan resep dokter.

Terapi perilaku kognitif juga bisa dilakukan jika analisa dokter menunjukkan tingkat insomniamu cukup parah. Agar pengobatan makin efektif, kamu disarankan juga untuk mengonsumsi makanan untuk mengatasi insomnia.

(Baca Juga: 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu)

Makanan untuk Mengatasi Insomnia

Untuk mengatasi insomnia, kamu disarankan untuk aktif berkegiatan di siang hari, sehingga tubuh akan merasa lelah, lebih cepat rileks, kemudian tertidur.

Hindari pula konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.

Selain itu, sebaiknya kamu tidak makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur.

Lebih baik, konsumsi camilan sehat yang juga merupakan makanan untuk mengatasi insomnia. Berikut ini daftar makanan untuk mengatasi insomnia yang wajib kamu coba.

1. Salmon

Salah satu penyebab insomnia adalah stres. Nah, salmon yang mengandung omega 3 akan membantu menenangkan pikiran, sehingga tidur akan lebih rileks.

2. Daging Ayam

Kedua, ada daging ayam yang juga membuat tubuh lebih rileks dan mudah tertidur nyenyak. Hal ini dikarenakan kandungan triptofan yang membuat hormon serotonin dan melatonin meningkat.

Kedua hormon ini memicu suasana hati yang baik dan mengatur siklus tidur menjadi lebih teratur.

3. Oatmeal

Makanan untuk mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah oatmeal yang merupakan olahan gandum.

Magnesium di dalamnya akan membuat otak lebih rileks, sehingga lebih mudah tertidur di malam hari. Coba deh untuk mengganti karbohidrat nasi dengan oatmeal.

4. Sayuran Hijau

Mau memilih makanan untuk mengatasi insomnia yang murah dan mudah ditemukan?

Konsumsi saja aneka sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, pok coy, dan lainnya kaya akan vitamin, serat dan magnesium yang akan membuat tidur lebih nyenyak.

5. Labu

Buah berwarna oranye ini juga menjadi makanan untuk mengatasi insomnia. Kandungan omega 3, kalsium, magnesium, kromium, dan tembaga akan memperbaiki siklus tidur. Kamu pun bisa tidur di jam yang tepat dengan nyenyak.

6. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang berasal dari Timur Tengah ini mengandung magnesium dan triptofan yang berguna untuk membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Buat kamu yang sedang berdiet, camilan kacang almond dijamin nggak bikin berat badan bertambah, karena ada kandungan potein, serat, dan lemak tak jenuh.

(Baca Juga: Makanan Terbaik Untuk Penderita Kanker)

7. Aneka Teh Herbal

Berbagai jenis teh herbal juga bisa kamu pilih sebagai makanan untuk mengatasi insomnia.

Seduhan teh putih, teh hitam, teh hijau, serta teh chamomile akan membuat tubuh dan pikiran terasa rileks, dan lebih mudah tidur.

Hal ini terjadi karena aroma khas dan kandungan antioksidan dari teh herbal.

8. Jahe dan Kayu Manis

Campuran air rebusan jahe dan kayu manis juga bisa menjadi pilihan agar kualitas tidur membaik.

Jahe memiliki efek menenangkan kecemasan, membuat mood lebih baik dan terpilih sebagai makanan terbaik untuk mengatasi insomnia.

Sedangkan kayu manis akan menstabilkan kadar gula darah, sehingga mencegah kamu terbangun di tengah waktu tidur.

9. Susu

Kebiasaan minum susu hangat sebelum tidur kayaknya wajib banget kamu coba. Sebab, susu hangat akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, dan hormon melatonin alias hormon tidur di dalam otak meningkat.

10. Pisang

Buah-buahan juga masuk ke dalam daftar makanan untuk mengatasi insomnia.

Pisang akan membantumu lebih rileks saat beristirahat berkat kandungan magnesium, kalium dan triptofan yang meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon ini akan membuat suasana hatimu menjadi senang dan terasa lebih baik.

11. Ceri

Buah lain yang juga menjadi makanan untuk mengatasi insomnia lainnya adalah ceri. Konsumsi buah merah yang bulat ini membuat produksi hormon melatonin di dalam otak akan meningkat.

12. Buah Beri

Aneka buah beri yang tinggi antioksidan juga bisa menjadi pilihan makanan untuk mengatasi insomnia.

Konsumsi buah beri secara rutin di malam hari akan mengurangi insomnia, karena tubuh lebih rileks.

13. Jeruk

Selain buah beri, aneka jenis jeruk juga dapat membuat kualitas tidurmu meningkat, lho.

Jeruk nipis, lemon, atau jeruk mandarin bisa kamu pilih sebagai camilan sehat sebelum tidur. Vitamin C di dalamnya akan mengurangi stres dan memperbaiki gangguan tidur.

14. Kiwi

Kiwi adalah makanan untuk mengatasi insomnia yang sudah teruji klini. Dalam sebuah penelitian yang dilansir Healthline, orang yang mengonsumsi dua buah kiwi setiap malam hari akan lebih cepat tidur.

Ini karena kiwi merangsang peningkatan hormon serotonin, serta kandungan antioksidan dan berbagai vitamin yang membuat tidur lebih nyenyak.

15. Alpukat

Makanan untuk mengatasi insomnia yang terakhir adalah alpukat. Buah ini mengandung vitamin B dan lemak yang membuat tidur malam menjadi lebih berkualitas.

Jadikan alpukat sebagai camilan sehat, jus, atau lauk tambahan di dalam sandwich.

Tangani Insomnia dengan Layanan Kesehatan Terbaik dari Asuransi

Insomnia adalah gangguan tidur yang tidak sembarangan. Jika gejala sulit tidur terjadi terus menerus dan benar-benar mengganggu, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Untuk mendapat layanan kesehatan dari klinik dan rumah sakit terbaik, kamu disarankan memiliki asuransi kesehatan.

Bandingkan terlebih dulu beberapa produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan profil keuanganmu, lalu ajukan lewat CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding dan perantara pengajuan produk asuransi kesehatan yang terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Besaran premi bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, dengan nilai uang pertanggungan yang menarik. Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah