10 Manfaat Daun Sirsak Beserta Efek Sampingnya

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Belum banyak yang tahu jika manfaat daun sirsak enggak hanya untuk mencegah kanker saja. Padahal, tanaman dengan nama ilmiah Annona muricata ini juga menyimpan segudang manfaat baik lainnya untuk kesehatan lho. Apa sajakah itu?

Cita rasa yang sedikit asam bercampur manis dari sirsak, membuat buah ini banyak difavoritkan orang-orang, karena katanya bikin tenggorokan segar apalagi ketika diolah menjadi jus.

Tapi pernah enggak sih kamu kepikiran untuk mengonsumsi selain buahnya? Ya, maksud tim CekAja disini adalah daun sirsaknya.

Meskipun tekstur dan rasanya tidak semenarik daging buah sirsak, tapi faktanya ada banyak manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

Salah satunya adalah untuk mencegah dan mengobati kanker. Benarkah demikian?

(Baca Juga: 12 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan)

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Seperti yang dirangkum CekAja dari berbagai sumber, berikut ini sepuluh manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

1. Mencegah dan melawan kanker

Inilah manfaat daun sirsak yang paling populer di kalangan masyarakat.

Senyawa acetogenin yang ada dalam sirsak lah, yang membuatnya mampu menghambat maupun melawan sel kanker pada tubuh.

Bahkan hal tersebut juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian terkemuka, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, Universitas Putra Malaysia.

Dalam studi ini ditemukan bahwa, ekstrak daun sirsak mampu melawan sel kanker payudara, sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh agar tak gampang terserang penyakit.

2. Mengatasi kolestrol

Kolestrol sebetulnya adalah lemak yang dibutuhkan dalam tubuh.

Namun jika kadarnya diatas ambang normal, kondisi ini justru bisa menyebabkan komplikasi penyakit bagi penderitanya.

Disinilah, manfaat daun sirsak dibutuhkan.

Kandungan antioksidan tinggi dalam daun sirsak diyakini bisa mengontrol kadar kolestrol, sekaligus meluruhkan lemak jahat dalam tubuh yang jadi pemicu komplikasi penyakit.

Untuk memaksimalkan manfaat dari daun sirsak, kamu bisa mengolah daun tersebut menjadi air rebusan, dengan takaran 10 lembar daun sirsak tua direbus dalam 3 gelas air.

Minum selagi hangat saat pagi hari.

3. Mengobati peradangan

Peradangan atau inflamasi bisa terjadi apabila sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh sendiri, yang semestinya berfungsi sebagai pelindung.

Salah satu penyebabnya adalah luka atau benda asing seperti bakteri, virus dan jamur yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan rebusan air daun sirsak pada bagian luka, atau meminum air rebusan tersebut jika peradangan yang dialami berupa demam, diare, dan malaria.

4. Mengatasi asam urat

Selain untuk kolestrol, manfaat daun sirsak juga dikenal baik untuk mengobati penyakit asam urat.

Penyakit ini umumnya dialami oleh mereka yang sering mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman tinggi gula, mengonsumsi makanan dengan zat purin tinggi (daging merah dan seafood), serta penyakit ‘bawaan’ dari anggota keluarga.

Dengan adanya senyawa acetogenin, asam gentisic, caclourin, dan asam linolet, kamu bisa semakin memaksimalkan manfaat daun sirsak lagi-lagi dengan cara meminum air rebusannya.

Cukup masukkan 8 lembar daun sirsak ke dalam wajan berisi 2 gelas air, lalu rebus hingga air tersisa kira-kira satu gelas saja.

Minum selagi hangat di pagi hari untuk mendapatkan khasiat terbaiknya.

5. Mencegah penyakit paru-paru

Senyawa acetogenin memang sangat terkenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Senyawa yang terdapat dalam daun sirsak ini selain bisa melawan kanker dan asam urat. Ternyata juga sudah seringkali dimanfaatkan untuk mencegah penyakit paru-paru, baik itu yang sifatnya paru-paru kering maupun basah.

Sebenarnya, dalam istilah medis penyakit paru-paru kering itu tidak ada.

Namun penyakit ini lebih tepatnya mengarah ke beberapa kondisi, seperti asma, kerusakan paru-paru dalam jangka panjang atau dikenal sebagai penyakit paru obstruksi kronis, serta bronkitis.

Sedangkan untuk penyakit paru-paru basah, kondisi ini seringnya dialami karena adanya peradangan atau infeksi, baik itu pada salah satu maupun kedua bagian paru-paru.

Nah, untuk mengatasi dua kondisi tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengambil manfaat daun sirsak sendiri.

Daun dengan kandungan senyawa acetogenin ini bisa kamu racik menjadi air rebusan.

Sebelumnya daun tersebut telah dikeringkan di bawah sinar matahari. Minum air rebusan daun sirsak ini secara rutin setidaknya 3 kali sehari untuk merasakan khasiatnya.

6. Bantu cegah insomnia

Manfaat daun sirsak berikutnya adalah untuk mencegah dan mengatasi insomnia.

Kondisi gangguan tidur yang seringnya membuat penderita sulit untuk beraktivitas secara prima keesokan harinya ini, memang sangat mengganggu lho.

Untuk itu, dibutuhkan cara efektif guna mengatasi kondisi tersebut.

Salah satunya adalah dengan meminum segelas teh hangat yang telah dicampur dengan air rebusan daun sirsak.

Minuman ini dapat kamu konsumsi setengah jam sebelum tidur malam, karena khasiatnya diyakini mampu membuat otot menjadi lebih rileks, dan penderita imsonia pun bisa tertidur dengan cepat.

7. Mengobati kista ovarium pada wanita

Kista ovarium adalah penyakit di mana terdapat cairan dalam indung telur atau ovarium wanita.

Penyakit ini biasanya muncul saat wanita sedang dalam masa menstruasi.

Meski seringnya tidak menimbulkan masalah, namun enggak ada salahnya untuk melakukan perawatan lebih intens terhadap penyakit tersebut.

Salah satunya tentu saja dengan memanfaatkan racikan herbal, yakni daun sirsak.

Kamu hanya perlu mengolah daun tersebut menjadi air rebusan dengan takaran sama seperti sebelumnya, yaitu rebus 10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air.

Kemudian, tunggu sampai air menjadi lebih sedikit dari sebelumnya, dan daun sirsak mengeluarkan sari patinya.

Minum selagi hangat ketika pagi dan malam hari agar khasiatnya lebih maksimal.

8. Melancarkan pencernaan

Seperti yang dijelaskan pada poin ketiga dari manfaat daun sirsak di atas, tanaman ini bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit diare.

Ini berarti, daun sirsak mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Dengan kandungan vitamin, mineral, kalsium, anti-mikroba, hingga sifat anti-inflamasi, daun sirsak bisa menjaga pencernaan agar terhindari dari berbagai penyakit yang menyerang bagian tersebut.

Seperti diare, sembelit, kembung, serta menyeimbangkan mikrofolora yang menetap pada usus manusia.

9. Mencegah dan mengobati penyakit gigi

Karena sifat anti-bakteri dan anti-jamurnya, manfaat daun sirsak juga diketahui baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit gigi.

Kedua sifat tersebut diyakini mampu menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri berbahaya, seperti candida albicans, streptococcus mitis, serta streptococcus mutans penyebab penyakit gigi, yaitu radang gusi (gingivitis) dan infeksi gusi (periodontitis).

Bahkan menurut salah satu sumber kesehatan menyatakan, daun sirsak ini kemungkinan bisa digunakan untuk menyembuhkan kanker mulut, sekaligus penyakit gigi kronis lainnya.

Cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirsak kemudian gunakan sebagai obat kumur, maka kamu pun bisa merasakan manfaatnya untuk penyakit gigi yang dialami.

(Baca Juga: 10 Manfaat Makan Timun, Gak Hanya Bagi Kesehatan)

10. Meningkatkan kesuburan

Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah untuk meningkatkan kesuburan.

Dengan meminum air rebusan daun sirsak, terutama bagi wanita ataupun pasangan yang tengah merencakan program kehamilan, maka persentase kemungkinan untuk cepat ‘isi’ sangatlah besar.

Sebab, manfaat daun sirsak ini terlebih dulu efektif untuk melancarkan siklus menstruasi, yang seperti kita ketahui adalah sebagai salah satu faktor keberhasilan untuk wanita yang ingin segera hamil.

Cara yang Benar untuk Konsumsi Air Daun Sirsak agar Khasiatnya Maksimal

Agar mendapatkan manfaat daun sirsak secara maksimal, kebanyakan ahli akan lebih menganjurkan untuk mengolah daun tersebut menjadi air rebusan.

Namun bukan asal mengolah, karena sebaiknya daun sirsak dikonsumsi dalam dosis 250 ml dengan ketentuan minum 3 kali sehari.

Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak selama satu bulan penuh kira-kira setengah jam sebelum makan.

Karena air rebusan ini akan lebih terserap sempurna jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Efek Samping dari Mengonsumsi Daun Sirsak

Meski manfaat daun sirsak terbilang banyak. Namun seperti obat herbal lainnya, daun sirsak juga memiliki efek samping bagi tubuh lho, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Efeknya sendiri berkenaan dengan gangguan pada organ hati dan ganjil.

Semakin banyak dikonsumsi, maka akan semakin tinggi pula risiko dari efek samping tersebut.

Enggak hanya daunnya saja, apabila kamu sering mengonsumsi suplemen dari daun sirsak juga, ternyata bisa merusak saraf otak dalam jangka waktu panjang.

Selain itu, ternyata nih enggak semua orang boleh mengonsumsi daun sirsak lho.

Menurut laman Alodokter, ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun sirsak, diantaranya:

  • Tengah menjalani pengobatan untuk tekanan darah tinggi
  • Memiliki kadar trombosit rendah
  • Menderita penyakit Parkinson
  • Menderita penyakit gangguan ginjal atau gangguan hati
  • Ibu hamil dan menyusui

Nah, itu tadi sederet informasi mengenai manfaat daun sirsak hingga efek sampingnya.

Meskipun tergolong obat herbal, namun enggak selamanya kamu mesti mengandalkan daun sirsak untuk segala pengobatan yang dilakukan.

Kamu juga harus memenuhi kebutuhan akan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran dan buah, dan jangan lupa untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar.

Untuk urusan perlindungan dari luar, kamu bisa melengkapi diri dengan asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Di CekAja, kamu bisa mendapatkan asuransi dari mitra ternama kami, mulai dari Asuransi Cigna, PFI Mefa Life, hingga Asuransi Ciputra Life.

Ketiganya juga telah dilengkapi dengan cakupan manfaat super lengkap sekaligus bantuan klaim cepat.

Jadi, tunggu apalagi? Miliki segera asuransi kesehatan dari CekAja, dan nikmati berbagai manfaatnya hingga di masa mendatang.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri