10 Manfaat Kembang Kol yang Efektif Bikin Tubuh Makin Sehat!

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Tahukah kamu, kalau ternyata manfaat kembang kol yang diberikan untuk tubuh sangat banyak. Padahal jika dilihat secara visual, sayuran ini memiliki tampilan yang kurang menarik dan berwarna putih pucat.

Meski begitu, namun dibalik visualnya yang kurang menarik, kembang kol menyimpan segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apalagi, kandungan nutrisi yang dimiliki kembang kol pun cukup banyak. Sehingga, tidak heran, apabila sayuran ini memiliki sederet manfaat yang dinikmati.

Jika ingin tahu apa saja manfaat kembang kol yang diberikan, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Kandungan Nutrisi Kembang Kol

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat kembang kol, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Sebab, nutrisi yang terkandung dalam kembang kol sangat banyak, di antaranya yaitu:

  • Antioksidan
  • Asam folat
  • Asam pantotenat
  • Fosfor
  • Isothiocyanate
  • Kalium
  • Kalori
  • Magnesium
  • Mangan
  • Potassium
  • Serat
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin K.

Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi kembang kol, maka selanjutnya kamu akan mengetahui, apa saja manfaat kembang kol yang diberikan untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya jika berbicara tentang manfaat, ada banyak sekali manfaat kembang kol yang bisa didapatkan.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui apa saja manfaat kembang kol tersebut, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya, yang terdiri dari:

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kembang kol yang pertama, yaitu membantu menurunkan berat badan. Serat tinggi yang terkandung dalam kembang kol, diketahui mampu memperlambat pencernaan dan membuat rasa kenyang tahan lama.

Selain itu, kembang kol juga memiliki kadar kalori yang rendah, namun tinggi kadar air. Sehingga, mengonsumsi kembang kol secara rutin dapat menurunkan berat badan secara efektif, sekaligus mencegah risiko obesitas.

(Baca Juga: Manfaat Brokoli untuk Kesehatan)

2. Menyehatkan pencernaan

Berikutnya, mengonsumsi kembang kol juga dapat menyehatkan pencernaan. Hal tersebut bisa terjadi, karena kembang kol mengandung kadar air dan serat yang tinggi.

Di mana, kedua kandungan itu tidak hanya mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan saja. Tetapi juga mampu mencegah risiko terkena sembelit, serta menurunkan risiko kanker usus besar.

Pasalnya, serat sendiri memiliki peran penting, sebagai asupan untuk bakteri sehat dalam usus, yang akan mengurangi risiko peradangan.

3. Memperlambat penuaan

Selain menyehatkan pencernaan, manfaat kembang kol lainnya yang bisa kamu rasakan, yaitu memperlambat penuaan.

Manfaat yang satu ini, bisa dibilang menjadi manfaat yang sangat diincar, oleh para wanita maupun pria.

Bagaimana tidak, kandungan zat alami yang terdapat dalam kembang kol, seperti sulforaphane dapat memengaruhi gen, dengan cara memperlambat proses penuaan.

Dan menariknya, zat alami tersebut juga ternyata mampu melindungi fungsi otak, sistem saraf, serta memperlambat penurunan kognitif yang disebabkan oleh faktor usia.

4. Memperkuat tulang

Memperkuat tulang, nyatanya juga menjadi salah satu manfaat kembang kol yang bisa kamu dapatkan, apabila sayuran tersebut dikonsumsi secara rutin.

Vitamin K yang terkandung dalam kembang kol, dinilai mampu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan kepadatan tulang.

Dengan begitu, mengonsumsi kembang kol dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang, khususnya pada mereka yang sudah berusia lanjut.

5. Meningkatkan fungsi penglihatan

Di urutkan kelima, manfaat kembang kol diketahui dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Kandungan antioksidan serta vitamin C yang dimiliki kembang kol, nyatanya mampu mengurangi risiko degenerasi makula, yang disebabkan oleh usia.

Namun selain antioksidan dan vitamin C, kandungan sulforaphane dalam sayuran ini juga dapat melindungi retina mata dari kerusakan, stres oksidatif hingga mencegah risiko katarak.

6. Mengurangi peradangan

Salah satu kandungan paling dominan, yang dimiliki kembang kol adalah antioksidan. Di mana, antioksidan ini memberikan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mengurangi dan mencegah peradangan.

Beta-karoten, kuersetin, beta-cryptoxanthin dan asam sinamat, semuanya merupakan antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas, yang dapat memicu timbulnya peradangan.

7. Mengurangi risiko kanker

Siapa sih di antara kamu yang ingin terkena penyakit kanker? Tentu tidak ada satupun yang menginginkannya, bukan?

Maka dari itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko tersebut, yaitu dengan mengonsumsi kembang kol secara rutin.

Sebab, kembang kol mengandung sulforaphane yang terlihat paling protektif terhadap kanker usus besar dan prostat, serta jenis kanker lainnya seperti payudara, leukimia, melanoma dan pankreas.

Selain sulforaphane, antioksidan lainnya yang juga terkandung dalam kembang kol, yaitu indole-3-carbinol atau I3C, yang sudah terbukti secara efektif mampu mengurangi risiko kanker payudara, serta reproduksi pada pria maupun wanita.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebagai salah satu organ yang sangat vital, jantung sudah pasti harus sangat dijaga kesehatannya.

Mengonsumsi kembang kol dengan rutin, dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan.

Manfaat kembang kol ini, tentunya bisa didapat karena sayuran ini mengandung sulforaphane, yang berfungsi dalam mengontrol tingkat tekanan darah.

Kemudian, kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki sayur ini juga diketahui dapat mengatur kolesterol, dan mencegah risiko terkena penyakit jantung.

9. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat kembang kol yang kesembilan, yaitu meningkatkan imunitas tubuh. Tingginya kandungan vitamin C yang dimiliki kembang kol, terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Sehingga, apabila kembang kol dikonsumsi sesuai kebutuhan secara rutin, maka tubuh tidak akan mudah terkena infeksi, maupun penyakit berbahaya lainnya.

10. Detoksifikasi

Terakhir ada detoksifikasi. Manfaat kembang kol yang satu ini bisa didapat, karena kembang kol mengandung senyawa alami, yang dapat membantu menonaktifkan bahan kimia, yang berpotensi merusak maupun memindahkan bahan kimia tersebut keluar dari tubuh dengan cepat.

(Baca Juga: Manfaat Sereh Bagi Kesehatan)

Nah itulah beberapa manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan, apabila kembang kol dikonsumsi secara rutin sesuai kebutuhan.

Namun, jika tubuh merasa lebih sehat, bugar dan terlindungi secara maksimal, maka sebaiknya kamu juga menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu pada kesehatanmu, maka kamu bisa langsung memeriksakannya ke dokter, tanpa perlu khawatir dengan besarnya biaya pengobatan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani