8 Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan Tubuh, Rambut dan Pencernaan

Siapa di antara kamu yang tahu apa saja manfaat air tajin bagi kesehatan? Di kalangan ibu-ibu, air tajin dikenal sebagai cairan yang mampu menaikkan berat badan bayi.

Biasanya jika memang ditujukan untuk bayi, air tajin tidak diberikan begitu saja. Tetapi dicampur dengan susu, untuk selanjutnya dikonsumsi bayi.

Namun, manfaat air tajin tentu tidak hanya itu saja. Ada banyak sekali manfaat air tajin bagi kesehatan, yang juga bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Jika penasaran apa saja manfaat air tajin bagi kesehatan tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Air Tajin?

Untuk tahu apa saja manfaat air tajin bagi kesehatan yang diberikan, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu air tajin.

Karena mungkin, sebagian dari kamu ada yang belum tahu apa itu air tajin dan baru mendengarnya.

Jadi, air tajin merupakan air yang terbuat dari rebusan beras. Lebih tepatnya ketika memasak nasi, sebelum air terserap habis oleh beras dan tersisa 1/4 yang mengental, itulah yang disebut dengan air tajin.

Sebelum dikonsumsi, biasanya air tajin yang sudah diambil akan disaring terlebih dahulu menggunakan saringan.

Setelah itu, air tajin akan ditambahkan sedikit gula pasir, agar nantinya memiliki cita rasa manis yang disukai anak-anak.

Namun perlu diketahui, kalau kualitas air tajin berbeda-beda dan tidak selalu baik. Sebab, semua tergantung pada kondisi serta jenis beras yang digunakan.

Biasanya, air tajin yang bagus terbuat dari beras yang masih memiliki kulit ari. Karena, kulit ari sendiri memiliki banyak zat gizi penting, yang baik untuk tubuh.

Jika kamu ingin coba membuat air tajin dan mengonsumsinya, kamu bisa membuatnya dari beras putih.

Tetapi, akan lebih baik jika kamu membuatnya menggunakan beras merah, maupun beras hitam, karena dua jenis beras tersebut lebih berkualitas.

(Baca Juga: Manfaat Air Bekas Cucian Beras)

Cara Membuat Air Tajin yang Benar

Jika beberapa informasi dasar mengenai air tajin sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui cara membuat air tajin yang benar.

Sebenarnya, cara membuat air tajin sangat mudah, karena seperti memasak nasi biasa. Tetap jika kamu masih bingung melakukannya, di bawah ini CekAja.com memberikan beberapa langkah membuat air tajin sebagai berikut.

  • Ambil dua sendok makan beras (beras putih/ beras merah/ beras hitam)
  • Kemudian cuci beras dengan air mengalir hingga bersih
  • Jika sudah, masak beras dengan lima gelas air matang
  • Setelah mendidih kecilkan api, lalu didihkan kembali hingga 10-15 menit
  • Matikan api, kemudian ambil sisa air di panci yang sudah mengental (air tajin)
  • Air tajin bisa langsung diminum begitu saja, ditambahkan ke dalam susu bayi maupun menu MPASI untuk bayi.

Itulah beberapa langkah membuat air tajin yang benar. Bagaimana, benar-benar sangat mudah, bukan? Kamu bisa langsung mempraktekannya sendiri di rumah.

Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan

Berbicara tentang manfaat, sebenarnya manfaat air tajin bagi kesehatan yang diberikan sangat banyak.

Tidak hanya mampu menaikkan berat badan bayi saja, tetapi juga mampu mencegah diare dan sembelit pada orang dewasa.

Namun selain itu, ternyata manfaat air tajin bagi kesehatan orang dewasa lebih banyak lagi. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini!

1. Mencegah diare dan sembelit

Manfaat air tajin bagi kesehatan yang pertama, yaitu mencegah diare dan sembelit. Hal tersebut dikarenakan, beberapa penelitian menilai kalau air tajin jauh lebih efektif mengatasi diare, dibandingkan larutan elektrolit.

Sehingga, setelah mengonsumsi air tajin, maka volume dan frekuensi keluarnya tinja menjadi berkurang.

Sementara itu, untuk sembelit sendiri, air tajin bisa mengatasinya dengan cara memperlancar buang air besar.

Hal itu bisa terjadi karena, beras merupakan asupan yang kaya akan serat. Selain itu, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam air tajin, juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Menurunkan risiko Alzheimer

Siapa sangka, kalau ternyata menurunkan risiko Alzheimer juga menjadi salah satu manfaat air tajin bagi kesehatan, yang bisa dirasakan.

Manfaat yang satu ini bisa terjadi, karena air tajin mengandung banyak nutrisi baik, yang dipercaya mampu menurunkan risiko Alzheimer.

Tidak hanya itu, nutrisi baik tersebut juga disebut mampu menjaga kesehatan otak dan saraf yang ada disekitarnya, menenangkan pikiran, meningkatkan kecerdasan, serta meningkatkan daya ingat.

3. Menjaga berat badan

Nyatanya, mengonsumsi air tajin juga bisa menjaga berat badan. Bagaimana tidak, pasalnya suatu studi mengatakan, kalau minum air tajin secara rutin setiap hari, dapat membuat tubuh terjaga berat badannya.

Apalagi, kandungan nutrisi yang dimiliki air tajin dipercaya mampu mencegah terjadinya kegemukan.

Dan secara tidak langsung, itu juga dapat mencegahmu dari risiko terkena penyakit berbahaya.

4. Mencegah risiko kanker

Manfaat air tajin yang satu ini, sepertinya menjadi manfaat yang sangat ingin didapatkan oleh semua orang.

Sebagai salah satu penyakit berbahaya, semua orang tentu ingin terhindar dari risiko penyakit kanker.

Nah cara alami yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi air tajin. Sebab, air tajin yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh, dinilai mampu menjaga tubuh dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

Apabila kamu ingin mendapatkan manfaat air tajin bagi kesehatan yang satu ini dengan maksimal, maka sebaiknya kamu menggunakan beras merah sebagai bahan pembuatan air tajin.

5. Menjaga kesehatan jantung

Selain empat manfaat di atas, air tajin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin E dan magnesium tinggi yang terdapat dalam air tajin, diketahui mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

Dan jika dikonsumsi secara teratur, maka air tajin juga dapat mencegah risiko penyakit stroke.

6. Mencegah risiko dehidrasi

Menjadi satu hal menarik, karena air tajin juga mampu mencegah risiko dehidrasi. Karena jika musim panas menerpa, risiko seseorang terkena dehidrasi akan sangat meningkat.

Terlebih, jika kamu memiliki segudang aktifitas padat di luar ruangan, maka risiko terkena dehidrasi pun tidak dapat dihindari.

Nah dengan mengonsumsi air tajin, maka semua risiko tersebut dapat dicegah. Sebab, kandungan nutrisi yang dimiliki air tajin, mampu membuat tubuh bekerja lebih optimal

7. Menjaga kolesterol

Kandungan karbohidrat, vitamin, serta nutrisi yang terdapat dalam air tajin, dipercaya mampu menjaga kadar kolesterol.

Apalagi, air tajin juga tidak mengandung laktosa, sehingga dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh setiap harinya.

8. Menyehatkan rambut

Manfaat air tajin bagi kesehatan yang terakhir, yaitu menyehatkan rambut. Manfaat yang sudah diakui sejak lama ini, ternyata banyak digunakan untuk shampoo dan kondisioner.

Mungkin terdengar sangat tradisional, namun merawat rambut dengan air tajin, dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Hal itu karena, air tajin memiliki kandungan inositol yang dapat meningkatkan elastisitas rambut, serta mencegah kerusakan.

Terlebih, air tajin juga aman digunakan, karena tidak mengandung campuran bahan kimia berbahaya apapun di dalamnya.

(Baca Juga: Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh dan Wajah)

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui secara lengkap, tentang manfaat air tajin bagi kesehatan.

Tentunya, manfaat air tajin ini tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga berguna untuk kesehatan rambut, pencernaan dan lain sebagainya.

Untuk bisa mendapatkan semua manfaatnya secara maksimal, kamu perlu mengonsumsi air tajin secara rutin setiap hari.

Dengan begitu, tubuh akan semakin sehat, kuat dan terjaga. Namun, apabila kamu ingin mendapatkan perlindungan kesehatan yang lebih optimal, maka kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan.

Yang mana, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu bisa langsung memeriksanya ke dokter terkait, tanpa perlu lagi merasa khawatir dengan besarnya biaya yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!