6 Obat Herbal Cina Legendaris dengan Sederet Khasiatnya

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Obat herbal cina legendaris sepertinya memang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu solusi dalam mengobati berbagai masalah kesehatan.

Selain memiliki segudang khasiat yang tak boleh diremehkan, obat cina ini juga umumnya terbuat dari bahan-bahan alami dan hewani, yang diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi, dibandingkan obat-obatan kimiawi yang lebih banyak memberikan efek samping pada tubuh.

Ditambah lagi, obat herbal cina legendaris biasanya juga sudah memiliki resep turun-temurun, sehingga khasiat nya itu sendiri dinilai tidak akan berubah.

Sebenarnya untuk masyarakat Indonesia, obatan-obatan herbal juga relatif sudah cukup familiar, melihat bahwa masih banyak orang yang mengkonsumsi jamu untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan.

(Baca Juga: Peluang Bisnis Produk Herbal)

Dikarenakan hal itulah, obat herbal cina legendaris juga sudah cukup sering digunakan sebagai alternatif pengobatan.

Hanya saja, banyaknya obat herbal cina yang dapat dengan mudahnya kamu temukan di pasaran terkadang membuat kamu bingung dalam memilih.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis dan macam obat herbal cina legendaris yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Obat Herbal Cina Legendaris

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa obat herbal cina legendaris yang bisa kamu temukan di pasaran dan dijadikan sebagai alternatif dalam mengobati atau mencegah berbagai jenis penyakit, yaitu adalah:

1. An Gong Niu Huang Wan

An Gong Niu Huang Wan merupakan salah satu obat herbal cina legendaris yang bermanfaat dalam mengobati gejala awal penyakit stroke di kalangan etnis Tionghoa, yaitu dengan cara memperlancar penyumbatan pembuluh darah dalam otak saat terbentur.

Dilansir dari situs tionghoa.info, The Golden Time atau periode waktu emas dalam menolong pasien stroke adalah 1 sampai dengan 3 jam pertama, dan obat ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama.

Setelah itu, barulah pasien dapat segera dibawa ke rumah sakit. Akan tetapi dengan mengkonsumsi obat ini, setidaknya dapat mencegah terjadinya kerusakan bagian otak yang lebih parah dan meluas.

Saat ini, obat herbal cina legendaris An Gong Niu Huang Wan yang beredar memiliki 2 macam, yang mana keduanya juga memiliki kandungan yang sama persis.

Hanya saja, komposisi resep obat An Gong Niu Huang Wan buatan Li Chih Chen, seorang herbalist legendaris era Dinasti Ming yang dipercaya memiliki khasiat terbaik.

Beberapa khasiat yang bisa kamu dapatkan dari obat ini diantaranya adalah, memulihkan koma dan kejang akibat panas tinggi, mengantisipasi stroke agar tidak berlanjut lebih serius, dan memperlancar aliran darah untuk memasuki pembuluh darah halus di otak agar tidak terjadi kematian sel-sel otak.

Kisaran Harga: Rp350.000 – Rp550.000 per kotak / Rp3.500.000 – Rp5.500.000 per 10 kotak.

2. Lo Han Kuo

Obat herbal cina legendaris selanjutnya adalah Lo Han Kuo, yang bermanfaat dalam mengatasi panas dalam serta memelihara kesehatan paru-paru.

Terbuat dari sari buah lo han kuo yang dipadukan dengan cane sugar, membuat obat ini tak hanya memiliki sederet manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, melainkan juga memiliki cita rasa yang enak.

Jika ingin mengkonsumsinya, kamu hanya perlu menyeduh 1 bungkus Lo Han Kuo dengan segelas air panas.

Untuk masyarakat Indonesia, buah Lo Han Kuo mungkin masih terdengar sedikit asing. Akan tetapi kenyataannya, buah ini sudah cukup lama dikonsumsi dan dijadikan sebagai salah satu obat tradisional Cina.

Selain dapat mengatasi panas dalam dan memelihara kesehatan paru-paru, obat herbal cina legendaris yang berasal dari pegunungan Cina Selatan ini juga dipercaya dapat membuat panjang umum lho.

Dikarenakan hal itulah, tak heran apabila buah ini juga turut dikenal sebagai buah ‘panjang umur’.

Selain itu, kandungan buah Lo Han Kuo juga memiliki tingkat kemanisan 300 kali lebih manis dari pada gula, akan tetapi tidak mengandung kalori.

Sehingga, buah ini juga dikenal sangat baik dalam mengobati diabetes dan obesitas. Hanya saja, perlu diketahui bahwa untuk Lo Han Kuo Infusion, ternyata terdapat tambahan cane sugar (gula tebu) yang tidak baik bagi penderita diabetes.

Obat herbal cina legendaris satu ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh serta sifat antioksidan yang sangat baik untuk melawan kanker dan membuang racun dalam tubuh untuk melawan virus penyebab herpes.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000 per kotak

3. Pien Tze Huang

Obat herbal cina legendaris selanjutnya adalah Pien Tze Huang, yang apabila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, maka menjadi “Hanya dengan satu tablet (pien) dan menyembuhkan peradangan (huang)”.

Obat ini juga sering dijuluki sebagai “raja obat” karena manfaatnya yang sering digunakan masyarakat etnis Tionghoa untuk menyembuhkan luka pasca operasi, memelihara kesehatan fungsi hati, serta berbagai penyakit lainnya yang berhubungan dengan infeksi dan peradangan.

Pien Tze Huang merupakan salah satu ramuan tradisional negeri Tiongkok yang sudah diturunkan secara turun temurun dengan tingkat kerahasiaannya yang cukup tinggi.

Sudah ada sejak abad ke 16, konon katanya yang mengetahui komposisi sebenarnya dari obat herbal cina legendaris ini hanyalah perusahaan Zhangzhou Pien Tze Huang Pharmaceutical Co Ltd yang terletak di Fujian, Tiongkok.

Di Indonesia itu sendiri, distributor resmi dari obat ini dipegang oleh PT. Saras Subur Ayoe/Abadi.

Beberapa khasiat yang dimiliki oleh obat ini diantaranya seperti menyembuhkan luka (mencegah infeksi dan mengeringkan luka dari dalam) setelah operasi, memelihara kesehatan fungsi organ hati, mempercepat penyembuhan luka akibat terkena benda tajam, melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, melawan infeksi akibat bakteri, menyembuhkan batuk berdahak, dan masih banyak lagi.

Obat herbal cina legendaris satu ini dapat dikonsumsi dengan cara ditumbuk atau diblender hingga menjadi bubuk halus.

Setelah itu, masukkan ke dalam 5 – 6 kapsul kosong, sehingga mempermudah dalam mengkonsumsinya.

Kisaran Harga: Rp950.000 – Rp1.050.000 per du kecil

4. Yunnan Baiyao

Yunnan Baiyao merupakan salah satu obat herbal cina legendaris yang dikenal dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama apabila terjadi pendarahan, dan sudah banyak digunakan di Asia bertahun-tahun lamanya.

Khasiat utama dari Yunnan Baiyao diantaranya adalah seperti mengobati berbagai jenis luka luar, menghilangkan nyeri, bengkak, memar, mengobati patah tulang yang diakibatkan oleh luka jatuh atau terpukul, serta menghentikan pendarahan.

Ditemukan untuk pertama kalinya oleh Dr. Qu Huangzhang di Yunnan, Cina, obat ini menjadi sangat terkenal dan mulai digunakan pada saat Perang Dunia ke 2, ketika Jepang menginvasi Cina.

Yunnan Baiyao itu sendiri diproduksi oleh Yunnan Baiyao Group, yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka dan telah diakui eksistensinya secara global.

Kisaran Harga: Rp70.000 – Rp85.000 per dus (isi 16 kapsul)

5. Duzhong Bu Tian Wan

Obat herbal cina legendaris selanjutnya adalah Duzhong Bu Tian Wan, obat yang mampu mengatasi sejumlah masalah kesehatan, seperti kencing yang tidak teratur, sakit pinggang atau lemah punggung bagian bawah, nyeri sendi yang berhubungan dengan trauma atau penuaan, serta lutut yang lemas.

Perlu diketahui bahwa obat ini setidaknya tidak dikonsumsi ketika kamu sedang mengalami pilek, flu, atau dalam proses kehamilan.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp200.000 per botol (isi 100 pil)

6. Tian Wang Bu Xin Wan

Nah, obat herbal cina legendaris yang akan kita bahas terakhir di dalam kesempatan kali ini adalah Tian Wang Bu Xin Wan, yang banyak digunakan untuk memperlancar sirkulasi darah, membantu dalam menyehatkan fungsi ginjal, serta membantu dalam menenangkan pikiran.

Tak hanya itu, obat ini juga sering dijadikan sebagai salah satu solusi untuk orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti insomnia, jantung berdebar, pelupa, dan gelisah.

Tian Wang Bu Xin Wan sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dinasti Ming. Terbuat dari berbagai jenis bahan-bahan herbal, tak heran apabila obat ini sangat aman untuk dikonsumsi serta tidak memiliki efek samping sama sekali.

Biasanya untuk bisa merasakan khasiatnya, maka pasien setidaknya membutuhkan 1 kali terapi selama 30 hari, atau 4 botol.

Kisaran Harga: Rp48.000 – Rp50.000 per botol (isi 200 tablet)

Tips Aman Mengkonsumsi Obat Herbal

Jadi, itulah beberapa obat herbal cina legendaris yang masih ada sampai saat ini dan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan.

Walaupun obat herbal itu sendiri memang dikenal aman dikonsumsi karena komposisinya yang terbebas dari kimiawi, obat ini juga tetap memiliki potensi menyebabkan efek samping pada tubuh, baik itu ringan maupun serius.

Oleh karena itu, agar dapat terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mengkonsumsi obat herbal, yaitu adalah:

  • Pastikan membeli produk asli dari apotek atau toko obat cina yang sudah terpercaya.
  • Pastikan produk obat herbal yang kamu beli telah terdaftar di BPOM RI.
  • Selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa.
  • Selalu cek dengan teliti mengenai keaslian obat tersebut.
  • Ikuti seluruh petunjuk dan aturan pakai sesuai dengan yang tertera pada leaflet atau kemasan produk.
  • Jangan ragu untuk menghubungi layanan konsumen produk apabila terdapat hal-hal yang ingin ditanyakan terkait informasi produk.
  • Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan obat herbal yang ingin dibeli.

Lindungi Diri Bersama Asuransi Kesehatan dari CekAja.com!

Meskipun sudah terdapat obat herbal cina legendaris yang bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif, bukan berarti asuransi kesehatan sudah tak diperlukan lagi.

Sebab, kamu tentu masih perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui diagnosa. Tak hanya itu, pada umumnya obat herbal juga hanya bersifat pencegahan atau mengatasi penyakit yang belum terlalu parah.

Lantas, bagaimana jika ternyata penyakit sudah terlalu parah? Mungkin akan diperlukannya alat-alat medis canggih atau obat-obatan yang mengandung kimiawi untuk menyembuhkannya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, biaya rumah sakit sepertinya kerap mengalami peningkatan menjadi semakin mahal.

Dikarenakan hal itulah, asuransi kesehatan akan sangat diperlukan, agar kamu tetap bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang mumpuni dengan biaya sedikit lebih hemat.

(Baca Juga: Obat Tradisional untuk Rematik)

Sebab, pada nantinya pihak dari asuransi akan mengcover sebagian biaya pengobatan yang dibutuhkan, namun tetap disesuaikan dengan program dan premi yang kamu ambil.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan akan sangat membantu untuk memberikan kamu keringanan perihal biaya rumah sakit yang semakin mahal.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com. Di sini, kamu bisa melakukan pengajuan untuk memilih jenis asuransi yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, pendaftarannya juga dapat dilakukan secara online lho, sehingga kamu dapat melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun. Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan pilihanmu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha