7 Jenis-Jenis Sereal Beserta Merk Produsen Terpopuler

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah pada

Pilihan jenis-jenis sereal yang beragam bisa kamu jadikan variasi menu sarapan. Tidak hanya enak, sereal juga mengandung gizi yang menyehatkan. Berikut ini penjelasan jenis-jenis sereal beserta merk produk terbaik yang tersedia di pasaran.

Sereal adalah makanan garing dari hasil ekstruksi oat, gandum ataupun jagung yang umumnya dikonsumsi pada pagi hari.

Ada beberapa cara makan sereal yang populer dilakukan, yakni dengan menambahkan susu sapi cair, yogurt, air, atau langsung dimakan tanpa campuran apapun.

Sejarah Singkat Sereal

Konsumsi sereal memang sudah umum ditemukan di berbagai negara di dunia. Tetapi negara barat lah yang menjadi pioneer atau asal usul sereal ditemukan.

Diperkirakan pada akhir abad ke-19, seorang vegetarian asal Amerika Serikat bernama James Caleb membuat sereal.

Sereal itu terbuat dari adonan tepung graham yang dikerangkan kemudian dipecah menjadi kepingan-kepingan kecil, sehingga perlu direndam dengan susu semalaman. Caleb menyebutnya granula.

Selanjutnya, ahli bedah bernama John Harvey Kellogg membuat sereal dengan ide yang sama lalu menyebutnya sebagai granola.

Ide Kellogg ini diambil oleh produsen yang memproduksi sereal pertama bernama Grape-Nuts.

Hingga akhirnya Kellogg bersaudara membuat merk sereal Corn Flakes dengan menambahkan gula agar rasanya manis, dan dijual dengan merk Elijah’s Manna.

Pada tahun 1910-an, berbagai merk sereal kemudian mulai bermunculan di Amerika Serikat.

Sebut saja The Quaker Oats Company yang membuat sereal dari beras dan gandum, merk Wheaties yang memproduksi sereal gandum utuh, kemudian nama-nama lain seperti Shredded Ralston, Cheeri Oats, dan ain-lain.

Jenis-jenis sereal makin bervariasi mulai tahun 1950-an sampai tahun 2000-an. Ide untuk membuat sereal dengan cita rasa yang manis dan jenis sereal yang menyehatkan bermunculan.

Misalnya saja inisiasi produk Kellogg’s yang membuat Frosted Flakes dengan tambahan gula, produk Count Chocula dengan sereal cokelat yang sangat disukai anak-anak, dan sereal rendah lemak dari merk Kashi Go Lean.

Tren makan sereal di pagi hari tentu saja populer di era kemajuan media televise internasional. Iklan-iklan mengemas sereal sebagai sarapan sehat yang praktis, enak, dan menyehatkan.

Siapapun dijamin suka dengan sereal.

(Baca Juga: 8 Alternatif Morning Drink untuk yang Tidak Bisa Minum Kopi)

Kandungan Gizi Sereal

Sereal umumnya mengandung beberapa zat berikut ini:

  • Lemak
  • Protein
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Serat pangan
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Vitamin A, B6, B12, C, D

Jenis-Jenis Sereal

Kini, semua jenis-jenis sereal makin mudah ditemukan di pasaran. Mulai dari merk lokal dalam negeri, hingga merk luar negeri. Makanya, harganya pun bervariasi pula.

Berikut ini daftar jenis-jenis sereal beserta merk populer yang memproduksinya:

1. Sereal Oat

Jenis-jenis sereal yang pertama adalah sereal yang terbuat dari oat pilihan dengan bentukyang beragam. mulai dari bentuk biji oat utuh yang rapuh, bentuk kotak, atau bentuk lingkaran cincin kecil.

Cara makannya adalah dengan menuangkan air hangat ke dalam semangkuk sereal, kemudian bisa ditambahkan dengan potongan buah segar, atau dicampur dengan susu sapi cair.

Kandungan oat yang berserat tinggi sangat baik untuk diet dan memperlancar sistem pencernaan.

Merk populer yang memproduksi sereal oat adalah Quacker, Kolln, dan Monster Muesli.

2. Sereal Malt

Kedua, ada sereal malt yang terbuat dari biji jelai. Sama seperti oat, biji jelai kaya akan serat. Namun biasanya sereal malt dijual dalam berbagai rasa seperti cokelat.

Merk populer yang memproduksi sereal malt antara lain Milo, Oreo, Nestle Nestum, dan lain-lain.

3. Sereal Manis

Yakni salah satu dari jenis-jenis sereal berbahan dasar oat dengan tambahan gula yang cukup tinggi dan tambahan rasa lainnya. Seperti cokelat, rasa buah, dan lain-lain.

Rasa manis ini banyak disukai konsumen anak-anak hingga remaja.

Dengan kandungan kalori yang tinggi, sereal ini kurang tepat jika dijadikan menu diet karena tinggi gula dan kalori, apalagi jika dicampur dengan susu.

Merk populer dari jenis sereal manis didominasi oleh Nestle dan Kelloggs, antara lain dengan nama produk Choco Crunch, Honey Stars, Froot Loops, dan lain-lain.

4. Whole Grain Cereal

Jenis-jenis sereal yang satu ini adalah sereal dari biji-bijian berserat tinggi yang disertai atau tanpa campuran gula.

Kandungan gizinya memberikan manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengurangi kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.

Merk populer yang memproduksi whole grain cereal adalah Kashi, Honey Nut, Great Grains, dan lain-lain.

5. Bran Cereal

Buat kamu yang ingin mencari jenis-jenis sereal untuk menu diet, bran cereal cocok banget nih untuk masuk daftarnya.

Bran cereal adalah campuran beberapa jenis sereal, seperti corn flakes, kismis, dan aneka biji-bijian lainnya.

Kombinasi rasa gurih, dan manis bikin momen makan sehatmu tanpa harus menyiksa perut, sebab rasanya enak. Apalagi jika dicampur dengan susu rendah lemak.

Serat pangan yang tinggi akan melancarkan sistem pencernaanmu.

Merk bran cereal yang terkenal Kelloggs All Bran, Post Raisin Bran, dan Arrowhead Mills.

6. Sereal Granola

Jenis-jenis sereal yang selanjutnya adalah sereal granola yang hampir mirip dengan bran cereal. Granola terdiri dari biji-bijian berserat tinggi, dengan campuran potongan buah kering, dan kacang-kacangan.

Rasanya yang enak bisa kamu jadikan sebagai topping smooties juga. Merk terkenal dari produk granola yakni Granola Creations, Granola Bites, Familia Bio, dan lain-lain.

7. Sereal Organik

Jenis-jenis sereal yang terakhir adalah sereal organik yang terbuat dari bahan yang sama dengan sereal lainnya, namun tanpa menggunakan pestisida maupun pupuk kimia.

Bahan organik dipercaya lebih menyehatkan dan ramah lingkungan. Sereal organik umumnya dikonsumsi oleh para balita, dengan kandungan tinggi serat dan kaya akan vitamin.

Merk populer dari produk sereal organik antara lain Hipp, Nature’s Path, Healthy Times, dan lain sebagainya.

Itulah jenis-jenis sereal yang tersedia di pasaran. Mengonsumsi makanan sehat tentu bisa menjaga kebugaran tubuh dan fungsi organ-organ di dalamnya.

Belanja berbagai produk rumah tangga kini makin untung dengan promo menarik dari kartu kredit pilihan.

Miliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu lewat sistem perbandingan dan pengajuan termudah di CekAja.com.

Ada banyak pilihan kartu kredit dari berbagai bank dengan promo menarik di puluhan merchant pilihan.

Cicilan dijamin ringan dan suku bunga kompetitif.

Ayo, cek rekomendasinya dan ajukan langsung melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah