8 Alternatif Morning Drink untuk yang Tidak Bisa Minum Kopi

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi minuman sehat. Ada beberapa alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi seperti kamu. Berikut rekomendasinya yang bisa kamu pilih.

Sebagian orang memilih kopi sebagai morning drink atau minuman yang dikonsumsi di pagi hari. Kopi biasanya dipilih untuk mendapatkan energy sekaligus efek dari kandungan kafein yang anti-kantuk.

Jadi, kamu bisa memulai aktifitas dengan mata segar dan bersemangat.

Tetapi, ada juga nih sebagian orang yang justru tidak bisa minum kopi. Sebab, konsumsi kopi juga berpotensi menimbulkan tingkat asam lambung yang naik, hingga efek gangguan pencernaan.

Untuk orang yang memiliki kondisi sistem pencernaan yang sensitif seperti ini, maka mereka memilih alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi.

Kopi Sebaiknya Tak Jadi Morning Drink

Di tengah banyaknya orang yang memilih kopi sebagai morning drink-nya, ternyata terdapat fakta yang disarankan para ahli kesehatan, yakni minum kopi sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari.

Sebab, kandungan kafein pada kopi bisa menggantikan peran hormon kortisol dan kemudian membuat seseorang akhirnya justru mengandalkan fungsi kafein dan menggantikan peran hormon tersebut.

Hormon kortisol sendiri adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh manusia secara alami, dan jumlahnya cenderung lebih tinggi saat pagi hari.

Fungsi hormon kortisol adalah untuk mengolah glukosa dan lemak menjadi energi, memberi respon pada stress dan kadar gula darah yang rendah.

Ketika ketersediaan energi di pagi hari dari hormon kortisol terkontaminasi dengan kafein, maka produksi hormon kortisol akan menurun.

Akibatnya, secara lambat laut tubuh lebih mengandalkan fungsi kafein dibandingkan hormon alami ini.

Inilah yang kemudian menyebabkan kecanduan kafein dan akhirnya seseorang terbiasa minum kopi di pagi hari.

Konsumsi kafein setiap harinya juga harus kamu perhatikan. Rata-rata, orang dewasa disarankan hanya mengonsumsi maksimal 400 mg kafein per hari.

(Baca Juga: 8 Minuman dan Makanan yang Melemahkan Sistem Imun)

Manfaat Minum Morning Drink saat Perut Kosong

Sebenarnya, ada banyak pilihan alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi yang lebih menyehatkan.

Mengonsumsi morning drink dengan kandungan gizi yang baik akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuhmu, apalagi jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Di pagi hari, sebaiknya kamu meminum segelas air putih terlebih dulu. Air putih akan membersihkan saluran pencernaan, mendorong kelancaran BAB, dan menghilangkan racun di dalam tubuh.

Setelah minum air putih, kamu bisa melanjutkannya dengan meminum morning drink yang biasa kamu minum.

Perut yang masih kosong akan lebih mudah menyerap nutrisi dari morning drink tersebut. Sehingga tubuh akan secara maksimal memanfaatkan fungsi dari setiap kandungan gizi.

Misalnya, minum jus buah dan sayur di pagi hari dapat membuat penyerapan vitamin lebih maksimal. Sehingga tubuh lebih sehat dan enggak mudah terserang penyakit.

Alternatif Morning Drink untuk yang Tidak Bisa Minum Kopi

Buat kamu yang masih bingung memilih morning drink yang tepat, CekAja punya rekomendasinya nih.

Ini dia daftar alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi yang bisa disesuaikan dengan seleramu.

1. Teh hijau

Alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi yang pertama adalah teh hijau. Tentu saja sebagian besar orang yang tidak bisa minum kopi bakal beralih ke teh.

Walaupun sama-sama mengandung kafein seperti kopi, namun kadar kafein pada the hijau jauh lebih rendah. Yakni hanya sekitar 30 mg sampai 100 mg saja per sajian.

Sedangkan kopi mengandung kafein 50 mg sampai 200 mg per sajiannya.

Selain rendah kafein, the hijau juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

2. Jus Buah dan Sayur

Kedua, jus juga bisa menjadi alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi pilihanmu. Cobalah kombinasikan jus buah dan sayur yang tentu sangat menyehatkan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pilihan jus yang sebaiknya dikonsumsi di pagi hari adalah jus buah yang tidak mengandung kadar asam yang tinggi.

Misalnya pilihlah apel, pisang, papaya, wortel, timun, tomat manis dan lainnya. Sehingga aman untuk kesehatan lambung dan sistem pencernaan.

Sedangkan untuk pilihan sayuran, pilihlah sayuran hijau yang tinggi serat seperti bayam, sawi hijau, brokoli, dan seledri.

Agar rasa makin enak, sebaiknya kamu tidak menggunakan tambahan gula melainkan madu alami.

3. Smooties

Mau pilih alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi yang agak padat dan lebih mengenyangkan? Bikin smooties aja!

Smooties adalah minuman gabungan susu, yogurt, dan buah-buahan yang dibekukan (frozen fruits), seperti pisang, stroberi, atau buah naga, yang kemudian diblender menjadi satu.

Agar makin bernutrisi, kamu bisa mencampurnya dengan taburan chia seed, atau potongan buah segar sebelum disajikan.

4. Susu Sereal

Bosan dengan sajian susu biasa? Kamu bisa mencoba membuat susu sereal yang saat ini sedang booming dibuat banyak orang.

Susu sereal adalah susu yang direndam ke dalam aneka sereal selama beberapa jam. Kemudian, sereal yang sudah lembek terendam dipisahkan, sehingga kamu hanya meminum cairan susunya saja.

Hasil dari rendaman sereal dengan susu ini akan menghasilkan cita rasa baru yang gurih dan sedikit manis.

Pilihan susu yang bisa kamu pilih antara lain susu sapi, susu kedelai, atau susu almond. Sedangkan jenis sereal yang biasanya digunakan adalah corn flakes, froot loops, atau apple jacks.

(Baca Juga: 6 Fakta Soju Halal Asal Bandung, Minuman Segar Bebas Alkohol!)

5. Sari Jahe

Alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi yang dijamin menyehatkan selanjutnya yakni ramuan herbal.

Kamu bisa meminum air rebusan jahe, atau dicampurkan dengan kayu manis dan madu untuk menambah rasa agar lebih enak.

Jahe memiliki efek baik untuk menghangatkan tubuh, menyehatkan saluran pencernaan, dan mampu membersihkan racun di dalam tubuh.

6. Infused Water

Infused water adalah air putih dingin yang sudah dicampurkan dengan potongan buah. Seperti lemon, stroberi, kiwi, apel, hingga daun mint.

Sari buah yang bercampur dengan air putih ini memberi efek menyegarkan ketika diminum.

Selain menyegarkan, infused water juga akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu enggak gampang sakit. Cocok banget dikonsumsi di musim pancaroba ini.

7. Honey Lemon Shot

Ada juga pilihan alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi juga bisa membantumu menurunkan berat badan, lho. Yap, apa lagi kalau bukan honey lemon shot.

Honey lemon shot adalah campuran madu dan perasan lemon yang dicampurkan dengan air hangat.

Konsumsi minuman ini di pagi hari saat perut masih kosong mampu membantu proses metabolisme tubuh lebih maksimal. Lemak tubuh pun akan lebih mudah terbakar

8. Air Kelapa

Rekomendasi alternatif morning drink untuk yang tidak bisa minum kopi yang terakhir adalah air kelapa.

Kandungan baik seperti antioksidan, serta aneka vitamin dan mineral membantu mengatasi tubuh yang mengalami dehidrasi setelah bangun tidur.

Air kelapa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah pilihan minuman di pagi hari yang direkomendasikan untuk kamu yang tidak bisa minum kopi. Di masa pandemi dan musim pancaroba ini, pastikan kamu selalu menjaga kesehatan.

Selain itu, berikan ekstra perlindungan diri dengan memiliki asuransi kesehatan.

CekAja.com akan membantumu mendapat rekomendasi asuransi kesehatan terbaik sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Kamu juga bisa mengajukannya secara mudah via online, dengan hanya mengajukan formulir dan membayar premi bulan pertama.

Tenang saja, semua transaksi di CekAja.com dijamin aman karena CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dapatkan jaminan layanan kesehatan terbaik dengan memiliki asuransi yang bisa kamu bandingkan dan ajukan hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah