10 Cara Cepat Pulih dari Operasi Caesar, Yuk Cari Tahu!

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Rasanya, mengetahui cara cepat pulih dari operasi caesar sangat penting. Mengingat, banyak sekali terdengar opini kalau pemulihan pasca operasi caesar membutuhkan waktu yang cukup lama.

Operasi caesar sendiri merupakan salah satu prosedur pembedahan yang dilakukan untuk melahirkan bayi. Operasi caesar ini, biasanya lebih ditujukan untuk wanita yang memiliki masalah kehamilan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan pasca operasi caesar cukup lama. Namun ini hanyalah opini umum yang beredar di masyarakat.

Karena realitanya, waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk pemulihan pasca operai caesar berbeda-beda.

Beberapa faktor penentunya, yaitu usia, kondisi kesehatan dan proses operasi caesar yang dilakukan.

Biasanya, waktu pemulihan yang dibutuhkan akan lebih cepat, apabila operasi caesar dilakukan oleh ibu-ibu yang masih berusia muda.

Walaupun begitu, namun mengetahui beberapa cara cepat pulih dari operasi caesar rasanya tetap diperlukan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah cara cepat pulih dari operasi caesar yang bisa dilakukan, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Cara Cepat Pulih dari Operasi Caesar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa cara cepat pulih dari operasi caesar, yang penting untuk diketahui dan perlu dilakukan.

Cara cepat pulih dari operasi caesar sebenarnya banyak, namun CekAja.com telah merangkumnya menjadi 10 poin, yang akan dibahas satu-persatu secara lengkap sebagai berikut.

1. Banyak istirahat

Cara cepat pulih dari operasi caesar yang pertama, yaitu perbanyak istirahat. Pasalnya, ketika memiliki bayi yang baru lahir, kamu akan kehilangan banyak waktu istirahat.

Kamu mungkin akan lebih sering terbangun di malam hari, apabila bayi terbangun di malam hari atau kesulitan tidur.

Maka dari itu, ketika ada waktu kosong yang bisa digunakan untuk istirahat dan tidur, sebaiknya kamu manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin.

Kamu pun bisa tidur ketika bayi juga sedang tidur. Karena, waktu istirahat yang cukup sangat penting dimiliki ibu yang baru melahirkan dengan operasi caesar, agar keadaan dapat kembali pulih dengan cepat.

2. Merawat luka bekas operasi secara rutin dan bersih

Selain perbanyak istirahat, cara cepat pulih dari oprasi caesar yang perlu kamu lakukan berikutnya, yaitu merawat luka bekas operasi secara rutin dan bersih.

Ini menjadi satu hal yang penting dilakukan, agar luka bekas operasi terhindar dari risiko infeksi dan iritasi.

Cara merawatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan obat yang sudah diresepkan oleh dokter, seperti obat pereda nyeri dan pencahar, yang memudahkanmu buang air besar (BAB).

Namun selain menggunakan obat-obatan tersebut, kamu juga perlu mendukungnya dengan penggunaan pakaian, baik baju maupun celana yang longgar agar tidak menggesek bekas luka.

Kemudian, selama menyusui juga kamu sebaiknya menggendong atau menempatkan bayi dengan bantuan bantal.

Maksudnya, kamu bisa menempatkan bayi di atas bantal menyusui, agar tekanan yang terjadi pada perut berkurang, dan luka pun tidak terlalu terasa sakit.

(Baca Juga: Manfaat Konsumsi Ikan Gabus Setelah Operasi)

3. Usahakan untuk tetap aktif bergerak

Meski diharuskan untuk banyak istirahat, namun bukan berarti kamu tidak bergerak sama sekali, ya! Justru, salah satu cara cepat pulih dari operasi caesar, yaitu dengan selalu aktif bergerak.

Hal tersebut dikarenakan, banyak bergerak dapat meregangkan dan melenturkan kembali bagian-bagian tubuhmu pasca operasi.

Kamu bisa bergerak dengan melakukan aktivitas-aktivitas ringan, seperti berjalanan kaki keliling kompleks secara teratur, melakukan peregangan di area kaki, maupun melakukan senam Kegel untuk membantu memulihkan kembali otot dasar panggul.

Ketika melakukan aktivitas tersebut, pastikan kamu melakukannya secara perlahan dan hati-hati.

Kemudian, tanyakan juga kepada dokter, kapan waktu yang tepat untuk kamu bisa kembali beraktivitas, seperti bekerja dan olahraga seperti semula.

Sebab, setiap orang memiliki waktu pemulihan yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing individu.

4. Bergerak dengan hati-hati

Bergerak dengan hati-hati, nyatanya juga menjadi salah satu cara cepat pulih dari operasi caesar yang harus dilakukan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau pada saat pemulihan kamu hanya diperbolehkan untuk melakukan aktivitas yang ringan saja, seperti berjalan kaki, melakukan peregangan dan sebagainya.

Kamu dilarang untuk melakukan aktivitas berat, setidaknya untuk dua bulan pertama, yang dapat memperburuk kondisi kesehatanmu serta robeknya bekas jahitan.

Adapun aktivitas berat tersebut, di antaranya yaitu mengangkat benda-benda berat, naik turun tangga dan lain sebagainya.

Selama masa pemulihan, kamu juga sebaiknya menempatkan semua kebutuhan mu dan bayi di area yang mudah dijangkau.

Agar kondisi kesehatan mu tetap terpantau dan terjaga dengan baik, kamu juga bisa meminta bantuan suami, tetangga, atau keluarga lainnya untuk membantumu mengurus kebutuhan rumah dan bayi.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Tidak hanya melakukan empat hal di atas, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat, agar kondisi tubuh cepat pulih.

Cara cepat pulih dari operasi caesar ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan, agar tubuh tidak hanya cepat pulih, tetapi juga mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas dan asupan ASI.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, serta minum cukup air putih setiap harinya.

Di samping itu, kamu juga bisa mengonsumsi cemilan-cemilan sehat, ketika merasa lapar di tengah-tengah waktu makan.

6. Mangatasi rasa sakit

Pasca melahirkan dan masa pemulihan, tentu rasa sakit kerap kali masih terasa di beberapa bagian tubuh, khususnya area perut bekas operasi caesar.

Namun, kamu perlu mengatasi rasa sakit itu dengan baik. Salah satu cara cepat pulih dari operasi caesar dan segala rasa sakitnya, yaitu dengan mengonsumsi obat pereda sakit atau nyeri, yang sudah diresepkan dokter.

Tetapi, apabila setelah mengonsumsi obat tersebut tidak ada perubahan apapun, maka sebaiknya kamu langsung mengkonsultasikannya ke dokter yang menangani mu pada saat melahirkan.

7. Kenali tanda-tanda infeksi

Setelah operasi caesar, biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk mengetahui dan melakukan pemantauan terhadap tanda-tanda infeksi yang mungkin terjadi.

Ini menjadi cara cepat pulih dari operasi caesar yang juga perlu kamu lakukan, karena dengan mengetahui tanda-tanda infeksi, kamu bisa langsung mengatasinya atau mengkonsultasikannya ke dokter, apabila sewaktu-waktu infeksi terjadi.

Kamu bisa melakukan pemantaian tanda-tanda infeksi, dengan cara mengukur suhu tubuh setelah operasi caesar, selama kurang lebih 24 jam.

Biasanya, jika terjadi infeksi tanda-tanda yang akan muncul seperti demam, muncul garis kemerahan di luka bekas sayatan operasi, rasa nyeri yang hebat, hingga menggigil kedinginan.

8. Menjaga kelancaran BAB

Cara cepat pulih dari operasi caesar yang kedelapan, yaitu menjaga kelancaran buang air besar (BAB). Ini biasanya menjadi fokus utama dokter, pada ibu yang baru melahirkan dengan cara caesar.

Pasalnya, perubahan hormon yang terjadi, otot perut yang belum pulih, serta terlalu banyak berbaring menjadi pemicu timbulnya sembelit atau susah BAB.

Apabila sembelit sudah terjadi, maka kamu akan merasakan sakit yang luar biasa, karena aktivitas mengejan dapat melukai bekas sayatan operasi.

Oleh karena itu, setelah operasi caesar dan selama masa pemulihan, kamu perlu mengonsumsi banyak air putih, sayur dan buah yang dapat melancarkan BAB.

9. Mengatasi emosi dengan baik

Pasca melahirkan, baik itu caesar ataupun normal, biasanya kondisi emosional ibu menjadi kurang baik atau tidak stabil.

Dan tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak ibu yang mengalami stres berat dan depresi setela melahirkan.

Sehingga, kemampuan untuk mengontrol emosi dengan baik sangat dibutuhkan oleh setiap ibu pasca melahirkan.

Apabila kamu seketika merasa sedih, kecewa atau frustasi setelah operasi caesar, jangan biarkan begitu saja.

Kamu harus bercerita atau mendiskusikannya dengan pasangan, keluarga ataupun dokter yang menangani operasi caesar.

Kamu juga bisa menyampaikan apa yang kamu inginkan, untuk membuat perasaanmu lebih baik dan nyaman, baik itu ke pasangan atau keluarga.

Jika merasa repot atau terbebani dengan semua aktivitas baru selama melahirkan, kamu pun jangan sungkan meminta tolong pasangan atau keluarga, untuk membantumu menyiapkan semua kebutuhan bayi dan lain sebagainya.

10. Memberikan dukungan emosional

Cara cepat pulih dari operasi caesar yang terakhir, yaitu dengan memberikan dukungan emosional.

Cara ini sebenarnya masih berkaitan dengan cara sebelumnya, namun ini tidak hanya datang dari internal saja, seperti keluarga dan pasangan.

Tetapi, dukungan emosional juga bisa didatangkan dari eksternal, seperti kerabat dekatmu, hingga psikolog atau terapis yang dapat membantumu ketika sedang mengalami depresi pasca operasi caesar.

Makanan yang Mempercepat Pemulihan Luka Operasi Caesar

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah megetahui beberapa cara cepat pulih dari operasi Caesar, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui daftar makanan yang mempercepat pemulihan luka operasi caesar.

Adapun daftar makanan tersebut, di antaranya yaitu:

  • Makanan yang kaya protein dan kalsium, seperti susu skim, keju, kacang-kacangan, biji wijen dan yogurt rendah lemak
  • Makanan dengan serat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan oat
  • Makanan dengan kandungan vitamin tinggi, seperti brokoli, pepaya, semangka, bayam, jeruk dan ubi
  • Makanan dengan kandungan zat besi tinggi, seperti daging merah, hati sapi, buah-buahan kering, kuning telur dan tiram
  • Makanan yang berasal atau terbuat dari gandum, seperti beras merah dan roti gandum
  • Makanan yang mudah dicerna, seperti yogurt, sup, keju cottage dan kaldu
  • Air putih dan cairan lainnya, seperti air kelapa muda, jus buah alami, teh herbal dan susu rendah lemak.

(Baca Juga: Manfaat dan Jenis Asuransi Melahirkan)

Nah, beberapa cara cepat pulih dari operasi caesar, beserta daftar makanan yang dapat mempercepat proses pemulihan, sudah kamu ketahui dengan lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua cara tersebut bisa kamu coba lakukan di rumah, agar waktu yang dihabiskan untuk pemulihan lebih cepat dari seharusnya.

Namun pastikan, kalau kamu melakukan semua cara tersebut dengan benar dan hati-hati, hususnya ketika melakukan beberapa aktivitas ringan.

Jangan sampai kamu ceroboh, karena itu dapat membahayakan dirimu sendiri dan membuat luka bekas operasi tak kunjung sembuh. Apalagi, hal itu bisa memicu timbulnya infeksi dan beberapa efek samping.

Untuk mencegahnya, kamu bisa melakukannya secara perlahan dan hati-hati. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan asuransi kesehatan, untuk mendapat proteksi lebih.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kesehatanmu, maka asuransi kesehatan akan menanggung semua biaya pengobatan yang dihabiskan.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani