10 Manfaat Oregano untuk Kesehatan yang Tak Boleh Diremehkan

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Manfaat oregano untuk kesehatan ternyata cukup banyak dan sangat baik bagi tubuh lho. Umumnya, oregano itu sendiri seringkali dijadikan sebagai bahan penyedap untuk berbagai jenis hidangan.

Akan tetapi, nyatanya oregano juga bisa dijadikan sebagai obat herbal dalam mengatasi sejumlah penyakit, mulai dari meredakan flu dan pilek, hingga membantu dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan beragam penyakit kronis.

Dilansir dari alodokter.com, manfaat oregano untuk kesehatan tersebut diperoleh dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, diantaranya adalah kaya akan vitamin K, vitamin A, vitamin E, kalsium, magnesium, dan kalium, yang tentunya sangat baik bagi tubuh.

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Saga)

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah manfaat oregano untuk kesehatan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Kandungan Nutrisi Oregano

Sebelum kita membahas tentang manfaat oregano untuk kesehatan, mungkin alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang kandungan nutrisi yang terdapat di dalam salah satu jenis rempah ini.

Dilansir dari laman doktersehat.com, oregano dapat dikategorikan sebagai tanaman herbal dari kelas Lamiaceae family, atau masih di dalam satu keluarga bersama dengan daun mint yang tumbuh di daerah Mediterania.

Umumnya, daun oregano ini seringkali digunakan di dalam bidang kuliner sebagai penyedap rasa, aroma, hingga tampilan di berbagai jenis hidangan.

Tak hanya itu, oregano bahkan juga bisa diolah menjadi minyak esensial lho, yang mana dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Masih dilansir dari doktersehat.com, berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun oregano, yaitu adalah:

  • Energi 5 kalori
  • 0,8 gr serat
  • 0,029 gr kalsium
  • 0,00066 gr zat besi
  • 0,023 gr potassium
  • 5 gr magnesium
  • 0,33 mg vitamin E
  • 0,09 mg mangan
  • 11,2 microgram vitamin K

Tak hanya itu, oregano bahkan juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis.

Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Biasanya, oregano diolah dalam bentuk daun kering. Akan tetapi, kamu juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk daun segar maupun diolah menjadi minyak esensial.

Jenis rempah satu ini memiliki rasa yang sedikit pahit namun memiliki aroma harus yang menggoda serta dapat memberikan efek menghangatkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat oregano untuk kesehatan yang sangat baik bagi tubuh, yaitu adalah:

1. Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat oregano untuk kesehatan yang pertama adalah untuk meredakan flu dan batuk. Meski begitu, sebenarnya masih diperlukannya penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Namun, ternyata beberapa kelompok orang memang ada yang menggunakan jenis rempah satu ini untuk dijadikan sebagai obat tradisional dalam meredakan flu dan batuk.

Tak hanya itu, oregano juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan pernapasan lho. Caranya adalah dengan meneteskan minyak oregano atau memasukkan oregano kering ke dalam air hangat secukupnya. Kemudian, hiruplah uap atau gunakan air campuran tersebut untuk mandi.

2. Mencegah Kanker

Manfaat oregano untuk kesehatan selanjutnya adalah fungsinya dalam mencegah kanker. Dilansir dari situs doktersehat.com, terdapat jurnal penelitian yang terbit pada tahun 2013 yang mengungkapkan bahwa oregano memiliki agen antikanker yang baik untuk mencegah kanker payudara, yaitu dengan memperlambat atau mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, daun oregano juga dipercaya mengandung antioksidan yang bisa membantu dalam melawan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit kanker.

3. Mencegah Infeksi Bakteri

Walaupun tidak semua bakteri merugikan, namun tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar bakteri memang menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Nah, ternyata, oregano memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk meminimalisir risiko sejumlah penyakit, seperti tifus dan kolera.

4. Antibiotik Alami

Manfaat oregano untuk kesehatan selanjutnya adalah sifatnya sebagai antibiotik alami. Minyak oregano memiliki kandungan carvacrol yang bisa membantu dalam melawan bakteri yang menyebabkan infeksi seperti Staphylococcus aureus.

Di dalam sebuah uji coba laboratorium, tikus yang diberi minyak oregano selama 30 hari bisa bertahan hidup lebih kuat hingga mencapai 50 persen dibandingkan tikus yang tidak diberi perlakukan serupa.

Tak hanya itu, ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak oregano dapat melawan bakteri yang resisten terhadap antibiotik, seperti E. coli dan Pseudomonas aeruginosa yang kerap menjadi penyebab penyakit infeksi salurah kemih dan infeksi saluran pernapasan.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat oregano untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh.

Dilansir dari situs alodokter.com, terdapat penelitian klinis yang menunjukan bahwa mengkonsumsi oregano setelah makan dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita kolesterol tinggi hanya dalam waktu 3 bulan saja lho.

Meski begitu, di dalam penelitian ini juga turut mengungkapkan bahwa kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah tidak terpengaruh.

Meski begitu, penurunan LDL dan peningkatan HDL tentu tetap dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan jantung.

6. Mencegah Diabetes

Bahan-bahan herbal seperti daun oregano, daun rosemary, dan marjoram memiliki kandungan yang sama dengan obat-obatan yang diresepkan untuk mengatasi diabetes tipe 2.

Dilansir dari situs doktersehat.com, terdapat penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 yang mengungkapkan bahwa kandungan yang dimiliki oleh daun oregano nyatanya berpotensi dalam mencegah penyakit diabetes tipe 2. Akan tetapi, hal ini masih diperlukannya uji klinis lebih dalam lagi.

7. Sebagai Antijamur

Manfaat oregano selanjutnya adalah sifatnya sebagai antijamur. Ternyata selain sebagai antibakteri, oregano itu sendiri juga bisa meminimalisir risiko infeksi yang diakibatkan oleh jamur lho.

Sifat antijamur yang terdapat di dalam oregano telah terbukti mampu mengobati sejumlah masalah kesehatan yang diakibatkan oleh jamur, seperti candidiasis dan jamur kuku.

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat oregano untuk meningkatkan imunitas tubuh ini berhubungan dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Bahkan jika dibandingkan dengan buah dan sayuran, antioksidan yang terdapat di dalam oregano 42 kali lebih banyak.

Tak hanya itu, salah satu jenis rempah ini juga turut mengandung rosmarinic dan thymol, yang mana keduanya merupakan senyawa antioksidan yang kuat, sehingga dinilai bisa membantu dalam mengurangi stress oksidatif dalam tubuh.

Selain itu, daun oregano juga memiliki sifat diuretik yang mampu membersihkan lendir serta melindungi tubuh dari serangan pilek, flu, sakit kepala, hingga gangguan pernapasan.

9. Membantu Menyembuhkan Luka Operasi

Manfaat oregano untuk kesehatan lainnya adalah membantu menyembuhkan luka operasi lebih cepat.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salep yang mengandung ekstrak oregano dinilai lebih efektif dalam menyembuhkan luka operasi dibandingkan dengan petroleum jelly. Namun, manfaat satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

10. Mengatasi Osteoporosis

Nah, manfaat oregano untuk kesehatan yang terakhir akan kita bahas adalah khasiatnya untuk mengatasi osteoporosis.

Hal tersebut dikarenakan oregano mengandung bahan aktif, yaitu beta-caryophyllene (E-BCP) yang berpotensi dalam membantu mengatasi gejala osteoporosis.

Osteoporosis itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang membuat tulang lebih rapuh karena kepadatannya yang menurun.

Jadi, itulah beberapa manfaat oregano untuk kesehatan yang baik bagi tubuh dan bisa kamu coba sebagai salah satu alternatif obat herbal.

Meski saat ini sudah banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai obat tradisional dalam meminimalisir berbagai jenis penyakit, bukan berarti kamu tak memerlukan perlindungan ekstra seperti asuransi kesehatan.

Sebab, kita semua tak ada yang bisa memprediksi kapan penyakit akan datang menyerang tubuh dan mengharuskan kita untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

(Baca Juga: 7 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan)

Diiringi dengan biaya rumah sakit yang semakin mahal, tentu hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri, bukan?

Nah, dengan asuransi kesehatan, kamu tak perlu khawatir perihal biaya, karena biaya perawatan kamu di rumah sakit dapat dicover oleh pihak asuransi terkait, yang mana tentunya juga disesuaikan dengan biaya premi yang kamu bayarkan.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa asuransi kesehatan setidaknya bisa memberikan sedikit keringanan dalam hal finansial apabila suatu saat kamu membutuhkan perawatan atau pengobatan di rumah sakit.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Jangan khawatir! Sebab, kamu bisa segera mengajukannya di CekAja.com.

Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, tentu kamu tak perlu repot untuk meluangkan waktu keluar rumah lagi.

Tak hanya itu, disini kamu bahkan bisa memilih program asuransi dan biaya premi yang disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu sendiri lho. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan pilihanmu segera hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha