7 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan, Tertarik Mencoba?

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri pada

Walau jarang terdengar, ternyata ada banyak manfaat daun keji beling bagi kesehatan. Tanaman bernama ilmiah Strobilanthes crispa ini bahkan diyakini bisa mengobati penyakit kronis. 

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia kaya akan hasil alamnya, terutama kalau berbicara mengenai tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Selain daun katuk ataupun daun jintan, masih ada lagi daun keji biling yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini umumnya paling mudah ditemukan di tepian sungai atau perkebunan.

Tumbuhnya bisa secara berumpun hingga satu meter dengan bentuk daun sedikit berbulu di bagian permukaan, yang mana kebanyakan warna daunnya adalah hijau gelap.

Tidak hanya dijadikan obat herbal saja. Guna mendapatkan manfaat daun keji beling, saat ini tanaman tersebut juga telah diproduksi massal menjadi obat kimia dalam bentuk pil dan kapsul.

Pengolahan keji beling menjadi obat-obatan tentu bukan tanpa alasan.

Tanaman ini kaya akan beberapa kandungan, diantaranya: 

  • Kafein
  • Asam galat
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Antioksidan alami

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan)

Sederet Manfaat Daun Keji Beling Bagi Tubuh

Biarpun manfaat daun keji beling memang nyata hasilnya bagi tubuh. Namun, penggunaan tanaman ini sebagai obat juga sebaiknya didiskusikan terlebih dulu dengan dokter.

Dirangkum CekAja dari berbagai sumber, berikut ini manfaat daun keji beling bagi kesehatan tubuh.

1. Bantu atasi diabetes

Manfaat daun keji beling yang pertama adalah untuk mengobati diabetes.

Penyakit kronis ini muncul akibat tingginya kadar glukosa darah yang tidak bisa diserap oleh sel tubuh sebagaimana mestinya.

Jika tidak dikontrol dengan baik, diabetes bisa memicu komplikasi hingga berujung pada kematian.

Itulah mengapa, para penderita diabetes dianjurkan untuk bisa mengatur pola makan sekaligus gaya hidupnya dengan rutin berolahraga.

Gunanya, untuk mengubah glukosa menjadi energi bagi tubuh, sehingga penderitanya tidak mudah merasa kelelahan atau mengalami infeksi.

Mengenai manfaat daun keji beling sendiri sebagai obat alami diabetes, sebetulnya belum ada penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

Namun dari banyaknya sumber yang didapat oleh CekAja, tanaman ini disebut bisa atasi diabetes, karena khasiat dan efektivitasnya rata-rata pernah diuji pada tikus lab.

Di mana hewan tersebut diberi asupan ekstrak teh daun keji beling yang sudah difermentasi.

Hasilnya selama 21 hari, tikus-tikus yang sebelumnya mengalami kondisi hiperglikemia ini mengalami penurunan kadar gula darah secara perlahan, hingga menyentuh batas normal.

2. Meluruhkan batu ginjal

Jika poin sebelumnya masih berupa penelitian terhadap tikus lab. Berbeda halnya pada pembahasan yang satu ini.

Menurut laman Alodokter, manfaat daun keji beling sudah terbukti ampuh untuk bantu meluruhkan batu ginjal.

Bukan dalam bentuk racikan herbal, justru tanaman ini sudah dipasarkan dalam bentuk obat kimia berupa pil dan kapsul.

Untuk obat berbentuk pil, idealnya keji beling bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari masing-masing 5 pil.

Sementara untuk keji beling kapsul, dokter biasanya akan menganjurkan untuk mengonsumsi obat tersebut kira-kira sebanyak 2 kali sehari, dengan masing-masing 2 kapsul.

Ingat, gunakanlah obat keji beling secara teratur sesuai anjuran dokter atau dosisi di kemasan.

Jangan menaiki dosisi tanpa konsultasi terlebih dulu pada dokter, jika tidak ingin mengalami efek samping berkelanjutan.

Apabila ukuran batu ginjal sudah tampak sangat besar, sebaiknya lakukan prosedur medis, yaitu pemecahan batu dengan menggunakan gelombang kejut (ESWL).

3. Menangkal radikal bebas

Dengan adanya kandungan antioksidan alami, seperti tanin, polifenol, flavonoid, katekin, dan alkaloid. Enggak heran, kalau manfaat daun keji beling dikatakan mampu untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sebetulnya adalah proses alami yang terjadi dalam tubuh. Namun, radikal bebas juga bisa bersumber dari luar.

Dalam isitlah medis, radikal bebas juga dikenal untuk menjelaskan sel-sel rusak yang kadang disertai dengan kondisi negatif pada tubuh.

Jika dibiarkan terus-menerus tanpa diimbangi dengan antioksidan, kondisi ini bisa mengarah pada beberapa penyakit seperti stress oksidatif, kanker, dan penuaan.

Oleh karenanya, untuk mengatasi kondisi tersebut dibutuhkan asupan antioksidan alami salah satunya adalah dari daun keji beling.

Tanaman ini diyakini punya kandungan fenol yang tinggi, dan bahkan melebihi kadar antioksidan pada vitamin E.

Cukup konsumsi 5 gr teh daun keji belin per hari, tubuh bisa mendapatkan nutrisi sekaligus antioksidan yang tepat untuk menangkal radikal bebas.

4. Bersifat antikanker

Kanker termasuk penyakit ganas yang bisa mengancam nyawa.

Penyebabnya karena pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh yang semakin lama bisa merusak sel normal di sekitarnya, hingga merambah ke organ tubuh lainnya.

Nah, disinilah manfaat daun keji beling dibutuhkan. Tanaman ini terbukti bersifat antikanker yang bisa mencegah serta melawan sel-sel abnormal tersebut.

Apabila dikonsumsi secara rutin, daun keji beling diyakini tak hanya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara saja.

Namun, daun keji beling juga bisa untuk melawan perkembangan kanker usus besar dan risiko tumor ganas.

5. Menyembuhkan ambeien

Mengalami kondisi daging tumbuh di sekitar anus? Itu berarti kamu sedang mengalami yang namanya penyakit ambeien.

Penyakit ini paling sering dikeluhkan, karena disebabkan pembengkakan pembuluh darah pada bagian usus besar di rektum dan anus.

Penyakit ambeien umumnya terbagi menjadi dua, yaitu ambeien dalam dan ambeien luar.

Ambeien dalam terjadi tepat di dalam anus dan biasanya sangat jarang menimbulkan keluhan. Bahkan kondisi ini juga bisa  sembuh sendiri. 

Tidak seperti ambeien luar, yang menurut kebanyakan penderitanya selalu disertai dengan gejala-gejala, seperti perih di sekitar anus, BAB berdarah, dan terdapat benjolan di sekitar anus sekaligus terasa gatal.

Lantas, bagaimana cara efektif menyembuhkan ambeien?

Tentu saja dengan mencoba manfaat daun keji beling. Daun ini dipercaya ampuh untuk atasi rasa sakit karena ambeien. 

Cukup merebus 5 hingga 8 lembar daun keji beling bersama tiga gelas air, maka racikan herbal ini bisa kamu konsumsi paling tidak sebanyak dua kali dalam sehari.

Agar rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan madu ataupun jeruk nipis.

6. Bantu mencegah dan mengatasi depresi

Manfaat daun keji beling yang berikutnya adalah untuk mencegah dan mengatasi depresi.

Kondisi ini seringnya dialami oleh orang dewasa yang disertai dengan gejala, seperti selalu merasa sedih, emosi yang tidak stabil, frustasi, hingga mengalami kecemasan berlebihan.

Faktor pemicunya rata-rata karena mengalami trauma, mengidap penyakit kronis, dan punya riwayat gangguan mental. 

Apabila kamu memilih alternatif pengobatan menggunakan daun keji beling, coba olah daun tersebut menjadi teh dan diminum setidaknya setengah jam sebelum tidur malam.

Meminum rebusan daun keji beling ini diyakini bisa menimbulkan efek rileks pada tubuh, sehingga jika dikonsumsi rutin, lambat laun depresi yang dialami bisa teratasi.

(Baca Juga: 14 Manfaat Sereh Bagi Tubuh dan Mental)

7. Mengobati luka

Manfaat daun keji beling yang terakhir adalah untuk menyembuhkan luka, terutama yang diakibatkan oleh diabetes.

Hal ini sayangnya masih butuh penelitian lebih lanjut, karena lagi-lagi baru diuji pada tikus lab.

Menurut laman HelloSehat yang mengutip dari penelitian Universiti Putra Malaysia, salep ekstra keji beling bisa menyembuhkan luka pada tikus lab, sekaligus mencegah peradangan berkelanjutan akibat luka tersebut.

Perhatikan Penggunaan Obat Herbal

Nah, itu dia sederet manfaat daun keji beling bagi tubuh. Meski diyakini berpotensi baik untuk tubuh, bukan berarti kamu hanya mengandalkan tanaman tersebut ya.

Karena tak semua penjelasan di atas menuturukan secara detil mengenai manfaat daun keji beling, terutama yang terbukti bagi manusia.

Sebaliknya, penuhilah selalu asupan nutrisi dan gizi yang tepat pada tubuh, sehingga berbagai penyakit juga tak akan mudah untuk menyerang daya tahan tubuhmu.

Diluar dari itu, kamu juga bisa menambahkan proteksi dengan memiliki asuransi kesehatan.

Asuransi jenis ini bakal sangat membantumu dari risiko kesehatan maupun biaya medis.

Lantas, di mana bisa apply asuransi kesehatan? Tentu saja di CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu bisa membandingkan sekaligus membeli asuransi kesehatan dari mitra terbaik yang dimiliki oleh portal finansial tersebut.

Mulai dari Asuransi Cigna, PFI Mega Life, hingg Asuransi Ciputra Life.

Produk yang ditawarkan juga dapat diterima di banyak rumah sakit lho.

Bahkan asuransi kesehatan ini bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit biasa maupun kritis.

Yuk, tunggu apalagi? Miliki asuransi kesehatan dari CekAja, dan nikmati sederet manfaatnya untuk diri sendiri hingga di masa mendatang.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri