11 Danau Terbesar di Dunia, Ada Danau Toba dari Indonesia

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Buat kamu yang suka dengan pemandangan alam, seperti misalnya danau, kamu rasanya wajib tahu apa saja danau yang menjadi danau terbesar di dunia. Sebab, semua danau tersebut memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Belum lagi, uniknya sejarah yang dimiliki setiap danau, serta spesies endemik yang menempati suatu danau sangat beragam, membuat kamu penting untuk tahu apa saja danau terbesar di dunia.

Nah agar memudahkanmu mengetahui daftar danau terbesar di dunia, di bawah ini CekAja.com akan mengulas beberapa danau terbesar di dunia secara lengkap, khusus untuk kamu sebagai berikut.

11 Danau Terbesar di Dunia

1. Laut Kaspia

Kisaran luas danau: 371.000 km²

Danau terbesar di dunia yang pertama adalah Laut Kaspia. Meski memiliki nama Laut Kaspia, namun ini sebenarnya danau, karena seluruh bagian danau masih dibatasi oleh daratan.

Tetapi, sebagian orang juga menyebut Kaspia sebagai laut, karena Kaspia memiliki luas yang tidak biasa, serta rasa air yang dimiliki danau ini asin meskipun tidak seasin lautan.

Meski begitu, Kaspia tetap saja danau karena jika dilihat secara karakteristik, danau ini terletak di tengah daratan dan tidak terhubung ke lautan luas.

Cekungan danau ini pun mencakup beberapa negara, di antaranya yaitu negara Iran, Rusia, Kazakhstan, Azerbaijan dan Turkmenistan.

Danau yang memiliki luas 371.000 km² ini, dialiri air dari beberapa sungai, seperti Sungai Terek, Sungai Volga, Sungai Ural dan Sungai Kura.

(Baca Juga: Sungai Terpanjang di Dunia)

2. Danau Superior

Kisaran luas danau: 82.414 km²

Berikutnya ada Danau Superior yang menjadi danau terbesar di dunia. Memiliki luas danau sekitar 82.414 km², danau ini menjadi tempat lalu lintas untuk pengiriman barang-barang, seperti biji besi.

Tidak hanya itu, Danau Superior juga menjadi great lakes waterway atau jalan air danau besar antar negara.

Menariknya, danau yang terletak di Amerika Utara ini dekat dengan Kanada, tepatnya berbatasan langsung dengan Ontario di Kanada, Minnesota, Winconsin dan Michigan di Amerika Serikat.

Danau ini pun kaya akan hasil tambangnya yang beragam, mulai dari besi, logam, tembaga, perak hingga bebatuan.

3. Danau Victoria

Kisaran luas danau: 69.485 km²

Urutan ketiga ditempati oleh Danau Victoria. Sebagai salah satu danau terbesar di dunia, danau ini memiliki sekitar 3.000 pulau tak berpenghuni.

Sehingga, Danau Victoria beserta pulau tak berpenghuni yang berderet di sekitar danau pun, menjadi objek wisata populer masyarakat setempat, maupun turis lokal dan internasional.

Danau Victoria memang memiliki luas danau sekitar 69.485 km², namun jika dibandingkan dengan danau terbesar di dunia lainnya, danau ini ternyata memiliki tingkat kedalaman yang cukup dangkal, yaitu sekitar 40 meter – 84 meter saja.

4. Danau Huron

Kisaran luas danau: 59.596 km²

Memiliki letak danau yang mencakup dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada, danau ini sangat wajar apabila masuk menjadi bagian dari danau terbesar di dunia.

Bagaimana tidak, danau yang terbentuk akibat dari aktivitas glasial ini, pasalnya memiliki luas danau sekitar 59.596 km².

Jika dilihat dari sejarahnya, Danau Huron pertama kali ditemukan oleh pengembara asal Perancis. Kemudian oleh para pengembara tersebut, danau ini diberi nama La Mer Douce.

Namun, pada masa itu bangsa Eropa ingin memberikan nama lain untuk danau tersebut, yaitu Lac des Hurons.

Nah sejak saat itulah, danau yang dikategorikan sebagai pulau air tawar terbesar dengan kedalaman 229 meter ini, dikenal dengan nama Lac des Hurons, yang hingga saat ini menjadi Danau Huron.

5. Danau Michigan

Kisaran luas danau: 58.016 km²

Danau dengan bentuk U yang dikelilingi banyak daratan ini, menjadi danau terbesar di dunia yang terletak di Amerika Serikat.

Berbatasan dengan beberapa negara Amerika Serikat, seperti Michigan, Illinois, Indiana dan Chicago, danau ini memiliki luas sekitar 58.016 km² dengan panjang kurang lebih 494 km.

Tidak hanya berbatasan, tetapi danau ini juga melewati tiga wilayah yang membentuk segitiga, yaitu Manitowoc, Ludington dan Benton Harbor.

Jika dilihat secara karakteristik, danau Michigan merupakan sebuah danau. Namun, karena airnya berwarna biru cerah, maka danau ini seringkali dianggap sebagai laut, oleh turis maupun masyarakat sekitar.

6. Danau Tanganyika

Kisaran luas danau: 32.893 km²

Tidak hanya menjadi danau terbesar di dunia, Danau Tanganyika juga menjadi Great Lake-nya Afrika.

Dengan luas danau sekitar 32.893 km², Danau Tanganyika memiliki cekungan yang mencakup beberapa negara, yaitu Republik Kongo, Zambia, Burundi dan Tanzania.

Danau ini juga memiliki enam pulau, yang merupakan hasil dari pergerakan tektonik. Adapun enam pulau tersebut, di antaranya yaitu Mamba-Kayenda, Kibishie, Milima, Kavala, Kumbula dan Mutondwe.

Bagi masyarakat setempat, danau ini dijadikan sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih, danau ini menjadi salah satu tempat penyimpanan cadangan air tawar terbesar di dunia.

Dan fakta menariknya, danau ini memiliki bagian yang tidak pernah berganti selama jutaan tahun, karena bentuk dasarnya yang bertingkat.

Danau ini pun menjadi tempat tinggal seekor buaya besar, dengan bobot tubuh sekitar 900 kg yang bernama Gustave.

7. Danau Baikal

Kisaran luas danau: 31.500 km²

Danau yang terletak di Rusia ini menyandang banyak sekali predikat, tidak hanya menjadi danau terbesar di dunia, tetapi juga menjadi danau paling dalam dan tertua di dunia.

Bagaimana tidak, Danau Baikal pasalnya memiliki kedalaman air sekitar 744 meter – 1.642 meter.

Selain itu, danau yang menampung 90 persen air tawar ini pun, diperkirakan sudah ada sejak 25 juta tahun silam.

Danau yang terbentuk akibat gerakan di dalam zona keretakan tektonik ini, berbatasan langsung dengan Buryatia, Republik Rusia dan Irkutsk Oblast, yang merupakan negara besar di dunia.

Jika berbicara tentang spesies yang terdapat pada Danau Baikal, sejatinya danau ini memiliki banyak spesies endemik asli Rusia, yang tidak ditemukan di beberapa tempat di dunia.

Hal itu dikarenakan, danau ini memiliki umur panjang dan isolasi dari manusia, yang membuat danau ini menjadi rumah terbaik bagi banyak fauna air tawar.

8. Danau Great Bear

Kisaran luas danau: 31.080 km²

Danau Great Bear atau yang juga dikenal dengan Danau Beruang Besar, merupakan salah satu danau terbesar di dunia dengan luas sebesar 31.080 km².

Terletak di barat laut Kanada, danau ini terbentuk dari aktivitas gunung berapi, dengan kedalaman sekitar 71 meter yang terbilang cukup dangkal, dari danau terbesar di dunia lainnya.

Ketika musim dingin, Danau Great Bear akan memiliki suhu yang sangat ekstrem. Sehingga, tidak disarankan untuk berkunjung ke danau yang masuk ke dalam danau terbesar keempat di Amerika Utara.

9. Danau Malawi

Kisaran luas danau: 30.044 km²

Danau yang mencakup tiga negara, yaitu Malawi, Tanzania dan Mozambik ini, menempati posisi kesembilan sebagai danau terbesar di dunia.

Dengan luas mencapai 30.044 km² serta ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, Danau Malawi memiliki sekitar 1.000 spesies ikan siklid yang sangat beragam.

Hanya saja, belum banyak yang menyelami danau ini, karena kedalamannya belum diketahui dengan jelas.

Adapun orang yang berani menyelami Danau Malawi, adalah mereka yang memiliki kepentingan penelitian.

10. Danau Great Slave

Kisaran luas danau: 28.930 km²

Buat kamu yang baru mendengar Danau Great Slave, ini sejatinya merupakan salah satu danau di Amerika yang memiliki tipe air tawar, serta dikelilingi oleh berbagai jenis flora liar yang rimbun.

Namun sayangnya, danau ini juga menjadi tempat tinggal banyak hewan buas, seperti ular buaya dan sejenisnya.

Hal itu karena, danau ini memiliki beberapa titik air, yang akan mengalir ke Sungai Hay dan rawa setempat.

Meskipun begitu, namun Danau Great Slave sangat populer di kalangan para pemancing, karena memiliki banyak ikan tombak utara dan trout yang menarik.

Danau yang terletak di bagian Barat Laut Kanada ini, ketika musim dingin air danaunya akan membeku, sebab terletak di Utara dengan ketinggian sekitar 156 meter.

11. Danau Toba

Kisaran luas danau: 1.145 km²

Danau terbesar di dunia yang terakhir adalah Danau Toba. Meski hanya memiliki luas sekitar 1.145 km², namun danau yang terletak di Indonesia ini menjadi salah satu bagian dari keajaiban alam di Pulau Sumatera yang menakjubkan.

Jika dilihat dari luasnya, danau toba mungkin lebih menyerupai lautan. Hanya saja, danau ini dibagian tengahnya terdapat sebuah pulau, yaitu Samosir yang memiliki luas sebanding dengan negara Singapura.

(Baca Juga: 10 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia)

Itulah beberapa danau terbesar di dunia, yang berhasil CekAja.com rangkum dari berbagai sumber.

Semua danau tersebut tentunya memiliki keunikan, keunggulan dan keindahannya masing-masing.

Beberapa danau mungkin tidak bisa dikunjungi, namun sebagian lainnya mungkin bisa dikunjungi karena menjadi salah satu objek wisata, seperti misalnya Danau Toba.

Dengan begitu, jika kamu penasaran dan tertarik, maka kamu bisa datang langsung ke danau tersebut dan menikmati keindahannya.

Namun tetap saja, kamu harus mengikuti protokol kesehatan dan membawa beberapa peralatan pelindung diri, seperti masker, hand sanitizer, tisu basah dan kering.

Hal itu penting dilakukan selama perjalanan wisata, mengingat hingga saat ini pandemi virus Covid-19 masih menyerang sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia.

Maka dari itu, untuk memproteksi diri dari kemungkinan terinfeksi virus tersebut sebelum melakukan perjalanan wisata, kamu bisa menjaga kesehatan dengan baik dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit, dimanapun kamu berada.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu lagi merasa khawatir dengan besarnya biaya pengobatan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani