13 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Ada yang Capai 250 Meter!

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Siapa sangka, kalau air terjun tertinggi di Indonesia ada sangat banyak. Bagi sebagian orang ini mungkin bukan hal mengejutkan, mengingat Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam dalam bentuk destinasi wisata yang sangat memukau, termasuk air terjun.

Pada dasarnya, Indonesia memiliki banyak air terjun dengan ketinggian yang sangat beragam.

Namun kali ini, CekAja.com akan mengulas 13 air terjun tertinggi di Indonesia yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

13 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja.com akan mengulas 13 air terjun tertinggi di Indonesia.

Yang mana, 13 air terjun ini memiliki ketinggian yang sangat beragam, mulai dari 105 – 250 meter.

Tidak hanya itu, setiap air terjun yang akan dibahas pun memiliki pesonanya masing-masing yang sangat menawan.

Penasaran, apa saja 13 air terjun tertinggi di Indonesia tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Air Terjun Ponot

Kisaran tinggi: 250 meter

Bukan sesuatu yang menakjubkan, apabila Air Terjun Ponot menempati posisi pertama sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Pasalnya, air terjun yang terletak di Desa Halado, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini memiliki ketinggian sekitar 250 meter.

Tidak hanya itu, air terjun ini pun memiliki debit air yang sangat deras. Bahkan, di saat-saat tertentu pun air terjun ini bisa menimbulkan kabut.

Bisa dibayangkan keindahannya, bukan? Apalagi Air Terjun Ponot ini dikelilingi oleh batu-batuan besar, serta berbagai macam tumbuhan hijau di sekelilingnya.

2. Air Terjun Sigura-gura

Kisaran tinggi: 250 meter

Berikutnya ada Air Terjun Sigura-gura, yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Memiliki nama Sigura-gura, karena air terjun ini terletak di Dusun Sigura-gura, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Atau tepatnya, air terjun ini berada di aliran sungai Asahan, dengan ketinggian yang mencapai 820 kaki.

Air Terjun Sigura-gura pun diatur atau dikontrol oleh pintu waduk Sigura-gura yang sangat ideal. Dan menariknya, air terjun ini memiliki sumber air yang berasal dari Danau Toba.

Jika tertarik untuk berkunjung ke kawasan wisata Air Terjun Sigura-gura, kamu perlu menempuh perjalanan dengan jarak sejauh 250 km dari Medan, Sumatera Utara.

(Baca Juga: Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia)

3. Air Terjun Madakaripura

Kisaran tinggi: 200 meter

Di urutan ketiga ada Air Terjun Madakaripura, sebagai air terjun tertinggi di Indonesia versi CekAja.com.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter ini, merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berlokasi di wilayah Lumbang, Probolinggo, Jawa Tengah, Air Terjun Madakaripura diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat Patih Gajah Mada bertapa, sebelum mengabdi di Kerajaan Majapahit.

Selain itu, air terjun satu ini pun sangat unik, karena terletak di ujung lembah yang sempit dengan tebing curam di sekitarnya, serta memiliki debit air yang sangat deras.

4. Air Terjun Nokan Nayan

Kisaran tinggi: 180 meter

Dengan ketinggiannya yang mencapai 180 meter, Air Terjun Nokan Nayan menempati posisi keempat dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia.

Air terjun yang terletak di Kalimantan Barat ini, memiliki debit air yang sangat deras. Sehingga, tidak heran apabila ketika hujan air terjun ini menimbulkan kabut yang cukup tinggi.

Apalagi aliran Air Terjun Nokan Nayan sendiri, sejatinya berasal dari dua air terjun dan dua sungai yang berbeda.

Namun, ada sebuah mitos yang sudah tersebar di penduduk sekitar, yang mengatakan kalau air terjun ini menjadi tempat tinggal untuk para makhluk gaib.

Akibat dari mitos tersebut, Air Terjun Nokan Nayan pun seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan ritual gaib.

Dan jika berkunjung ke air terjun ini, kamu juga akan menemukan beberapa larangan yang harus ditaati sebaik mungkin.

5. Air Terjun Lembah Harau

Kisaran tinggi: 150 meter

Buat kamu yang belum tahu Air Terjun Lembah Harau, ini sejatinya merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, yang terletak di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Selain menjadi air terjun tertinggi Lembah Harau juga menjadi air terjun terpopuler di kalangan wisatawan, baik lokal maupun asing.

Hal tersebut dikarenakan, air terjun ini seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata, yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Sumatera Barat.

Di lokasi, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan air terjun dan suara gemercik air saja, tetapi kamu juga bisa melakukan panjat tebing!

Jangan khawatir jika kamu belum pernah melakukannya, sebab akan ada pemandu yang bisa kamu sewa, untuk memandu aktivitas panjat tebing.

6. Air Terjun Payakumbuh

Kisaran tinggi: 150 meter

Masih terletak di wilayah Payakumbuh, Sumatera Barat, ada satu lagi daftar air terjun tertinggi di Indonesia yang wajib disambangi ketika berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu Air Terjun Payakumbuh.

Jika ingin berkunjung, air terjun ini berlokasi di Ngarai Harau atau tepatnya di sela-sela perbukitan Lembah Harau.

Buat kamu yang tinggal di sekitar kota Bukittinggi, kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 35 km, untuk bisa sampai di Air Terjun Payakumbuh.

7. Air Terjun Batang Kapas

Kisaran tinggi: 133 meter

Selain enam air terjun di atas, Air Terjun Batang Kapas juga menjadi air terjun tertinggi di Indonesia versi CekAja.com.

Hal tersebut dikarenakan, air terjun ini memiliki ketinggian berkisar 133 meter. Tidak hanya itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh berbagai jenis pepohonan dan tumbuhan hijau yang masih sangat terjaga.

Maka dari itu, tidak heran apabila suasana di kawasan air terjun ini sangat asri, dan udaranya pun masih sangat sejuk.

8. Air Terjun Sipiso-piso

Kisaran tinggi: 120 meter

Di urutan kedelapan ada Air Terjun Sipiso-piso, yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia, karena memiliki ketinggian sekitar 120 meter.

Air terjun Sipiso-piso terletak di Dusun Hutabaringi, Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara atau tepatnya berada disekitar bibir Danau Toba.

Air terjun ini juga meluncur dengan sangat deras dan membentuk garis vertikal. Hal tersebut dikarenakan, Air Terjun Sipiso-piso ini masuk ke dalam tipe Plunge, yang airnya mampu meluncur secara vertikal.

9. Air Terjun Jarakan

Kisaran tinggi: 115 meter

Sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, Air Terjun Jarakan memiliki ketinggian sekitar 115 meter.

Air terjun ini memiliki sebuah pemandian kecil yang terletak di bagian bawah air terjun, untuk digunakan oleh para pengunjung jika ingin mencuci muka atau berendam.

Dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan, air terjun yang berlokasi di Desa Ngancar, Plaosan, Jawa Timur ini menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur.

10. Air Terjun Tumpak Sewu

Kisaran tinggi: 110-120 meter

Air terjun tertinggi di Indonesia yang ke-10 adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Dengan ketinggian sekitar 110-120 meter, air terjun yang kerap kali disebut sebagai Coban Sewu ini merupakan air terjun Tiered.

Hal itu dikarenakan, air terjun ini memiliki bentuk yang sangat unik dan jarang ditemui.

Apalagi, aliran air yang dimiliki air terjun ini menyerupai tirai. Sehingga, banyak orang yang menobatkan air terjun ini sebagai Niagara-nya Indonesia.

Jika di antara kamu ada yang tertarik berkunjung ke air terjun ini, kamu bisa langsung datang ke Jawa Timur, karena Air Terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur.

11. Air Terjun Kabut Pelangi

Kisaran tinggi: 110 meter

Air terjun tertinggi di Indonesia yang satu ini, diberi nama Kabut Pelangi tentunya bukan tanpa alasan.

Sebab, air terjun yang memiliki ketinggian 110 meter ini seringkali memunculkan Pelangi, akibat dari membiasnya air terjun yang bertemu dengan cahaya matahari.

Hal itulah yang kemudian menjadi daya pikat tersendiri dari Air Terjun Kabut Pelangi ini. Namun selain itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan belantara yang masih sangat hijau.

Dengan begitu, Air Terjun Kabut Pelangi dapat dikatakan sebagai kawasan wisata, yang cocok untuk menenangkan diri dan menyegarkan kembali pikiran, dari padatnya rutinitas sehari-hari.

12. Air Terjun Penimbungan

Kisaran tinggi: 110 meter

Sama-sama memiliki ketinggian berkisar 110 meter seperti Air Terjun Kabut Pelangi, Air Terjun Penimbungan masuk ke dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Air Terjun Penimbungan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib disambangi.

Bukan tanpa alasan, air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini pasalnya menawarkan keindahan yang sangat memukau.

Apalagi, aliran air terjun satu ini berasal dari Segara Anak (danau yang berada di tengah-tengah bekas letusan Gunung Rinjani), sehingga air yang dimilikinya berwarna hijau tosca, dengan debit air sangat deras yang mampu menimbulkan kabut di bagian bawah air terjun.

13. Air Terjun Sedudo

Kisaran tinggi: 105 meter

Air terjun tertinggi di Indonesia yang terakhir adalah Air Terjun Sedudo. Di masyarakat setempat, air terjun ini sudah sangat terkenal dan dipercaya sebagai tempat mandi para dewa-dewi.

Mitos yang berkembang di masyarakat tersebut, ternyata sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit.

Awal mula muncul dan berkembangnya mitos itu, karena Air Terjun Sedudo dipercaya sebagai kawasan yang suci.

Sehingga, tidak sembarang orang bisa berkunjung, bahkan bermain air di air terjun tertinggi di Indonesia yang satu ini.

Karena adanya mitos tersebut, akhirnya kawasan Air Terjun Sedudo ini memiliki beberapa pantangan atau larangan yang harus ditaati oleh semua pengunjung, seperti dilarang berkata kasar, berbuat asusila, membuah sampah sembarangan, dan membawa pulang benda yang ditemukan di area Air Terjun Sedudo.

(Baca Juga: Destinasi Wisata Menarik di Binjai)

Itulah beberapa air terjun tertinggi di Indonesia, yang sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat banyak bukan?

Semua air terjun tertinggi di Indonesia tersebut, bisa kamu masukkan ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Sebab, semua air terjun yang sudah dibahas di atas memiliki pemandangan alam yang sangat indah, suasana yang asri serta udara yang sejuk.

Sehingga, sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran sejenak, dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Namun, jika kamu ingin berkunjung ke salah satu atau beberapa air terjun tersebut, pastikan kamu mengecek kondisi kesehatan terlebih dahulu.

Karena seperti yang diketahui pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum usai, jadi sangat penting untuk kamu melakukan cek kesehatan, untuk mengetahui dan memastikan tubuhmu dalam keadaan baik-baik saja.

Selain itu, kamu juga penting untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, tidak ada yang bisa menjamin tubuhmu akan baik-baik saja selama berlibur.

Apalagi sewaktu-waktu kamu sakit, kamu bisa segera memeriksanya ke rumah sakit setempat, tanpa harus khawatir memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Karena dengan menggunakan asuransi kesehatan, semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit, akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com suda terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani