20 Arti Singkatan Jajanan Indonesia, Unik dan Out of The Box!

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Siapa di antara kamu yang sudah tidak asing dengan beberapa arti singkatan jajanan Indonesia? Mulai dari batagor, cimol, cilok, hingga jasuke rasanya kamu sudah mengetahui artinya.

Namun, selain beberapa singkatan nama jajanan tersebut, ternyata masih ada banyak lagi loh arti singkatan jajanan Indonesia yang unik dan menarik. Penasaran apa saja?

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulas 20 arti singkatan jajanan Indonesia yang populer, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

20 Arti Singkatan Jajanan Indonesia

Dirangkum dari beberapa sumber, di bawah ini merupakan 20 arti singkatan jajanan Indonesia yang populer dan unik, di antaranya yaitu:

1. Cilok

Arti singkatan jajanan Indonesia yang pertama ada cilok. Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu cilok?

Makanan yang terbuat dari tepung kanji atau aci ini, memiliki tekstur yang lembut dan elastis, serta rasa yang gurih. Biasanya, cilok dimakan bersama bumbu kacang agar semakin lezat.

Namun kamu tahu tidak, kalau ternyata cilok merupakan singkatan dari aci di colok. Hal ini dikarenakan, cilok dimakan dengan cara ditusuk menggunakan tusuk bambu (tusuk sate).

2. Cimol

Berikutnya adalah Cimol. Makanan yang satu ini memiliki bahan dasar pembuatan yang sama dengan Cilok, yaitu aci.

Hanya saja, yang membedakan cimol dan cilok adalah cara memasaknya, serta penyajiannya. Untuk cimol sendiri, ia dimasak dengan cara digoreng, lalu disajikan atau disantap dengan beberapa bumbu penyedap rasa bubuk.

Tetapi untuk cita rasa, baik cilok maupun cimol sama-sama memiliki cita rasa yang sangat lezat. Cimol sendiri, memiliki arti singkatan jajanan Indonesia berupa aci digemol atau aci sa cemol.

3. Comro

Rasanya, arti singkatan jajanan Indonesia yang satu ini sudah tidak asing. Ya, Comro merupakan singkatan dari oncom di jero atau oncom yang berada di dalam.

Kamu bisa melihat isian oncom, ketika kamu membuka atau membelah comro menjadi dua bagian.

Jajanan khas Indonesia yang terbuat dari singkong parut ini, memiliki tekstur garing di luar, namun lembut di dalam, dengan cita rasa gurih bercampur pedas.

Comro akan sangat lezat dinikmati selagi hangat di pagi hari, bersama dengan teh hangat.

4. Misro

Buat kamu penggemar jajanan Indonesia bercita rasa manis, seharusnya kamu sudah tidak asing dengan misro.

Makanan yang memiliki arti singkatan jajanan Indonesia amis di jero ini, menggunakan gula aren sebagai isiannya.

Buat kamu yang tidak tahu arti amis di jero, ini sejatinya merupakan kalimat bahasa Sunda yang berarti manis di dalam.

Menggunakan singkong sebagai bahan dasar pembuatannya, misro sangat lezat disantap dengan secangkir kopi dan teh hangat.

(Baca Juga: Resep Jajanan Jadul Anak SD)

5. Batagor

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu arti singkatan jajanan Indonesia yang satu ini? Bakso Tahu Goreng atau yang disingkat Batagor ini, merupakan jajanan khas Bandung, yang memadukan penggunaan bakso dan tahu menjadi satu kuliner bercita rasa lezat.

Batagor sendiri biasanya disajikan dan disantap dengan bumbu kacang, beserta saus pedas, kecap dan sedikit tambahan perasan jeruk nipis, agar semakin segar.

6. Ketoprak

Jika Tanah Sunda memiliki kupat tahu, maka Betawi juga punya Ketoprak. Makanan yang menjadi ciri khas Betawi ini, memiliki arti singkatan jajanan Indonesia berupa ketupat tauge digeprak.

Dari kepanjangannya saja sudah diketahui, kalau ketoprak merupakan makanan yang terbuat dari ketupat, tauge dan tahu yang digeprek, lalu dicampur dengan bumbu kacang yang sebelumnya sudah diulek halus.

Agar semakin lezat, kamu bisa meminta penjual untuk menambahkan telur dadar, rebus atau ceplok, ke dalam campuran ketoprak.

7. Es Doger

Selain enam jajanan di atas, es doger juga menjadi salah satu jajanan yang memiliki arti singkatan jajanan Indonesia terunik.

Bagaimana tidak, pasalnya es doger merupakan singkatan dari es dorong gerobak. Hal itu dikarenakan, es yang satu ini dijajakan di gerobak yang didorong menyusuri tempat-tempat.

Terbuat dari bahan dasar susu dan parutan kelapa, es doger memiliki cita rasa lezat dan menyegarkan.

Terlebih, jajanan yang satu ini memiliki isi yang terdiri dari tapai, alpukat, potongan roti, ketan hitam dan mutiara cina.

Perpaduan semua bahan tersebut, membuat cita rasa dari jajanan yang satu ini semakin kaya.

8. Cireng

Selanjutnya ada Cireng, yang memiliki arti singkatan jajanan Indonesia berupa aci digoreng. Berbeda dari jajanan berbahan dasar aci lainnya, cireng merupakan aci yang dibentuk pipih, sehingga ketika digoreng memiliki tekstur garing.

Umumnya, cireng disajikan dengan bumbu rujak yang segar dan pedas, agar pada saat dikonsumsi cireng terasa semakin lezat.

Terlebih, cireng saat ini memiliki isian yang sangat bervariasi, mulai dari daging sapi, ayam, kornet, keju, bakso, sosis, hingga ayam teriyaki.

9. Basreng

Jika dilihat dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak arti singkatan jajanan Indonesia yang satu ini.

Ya, basreng merupakan singkatan untuk jajanan bakso goreng. Jajanan yang populer pada 2011 ini, memiliki tekstur yang sangat garing dan gurih.

Jajanan yang satu ini, hingga saat ini bisa kamu temukan di beberapa SD atau SMP dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp2 ribu sampai sebanyak apapun yang kamu mau.

10. Piscok

Buat kamu penggemar makanan olahan pisang, sebutan piscok sepertinya sudah tidak asing di telinga.

Memiliki arti singkatan jajanan Indonesia pisang cokelat, piscok merupakan makanan berbahan dasar pisang yang diolah dengan cara dipotong memanjang, dibungkus bersama dengan cokelat menggunakan kulit lumpia, lalu digoreng kering.

Ketika disantap, piscok nantinya akan mengeluarkan lezatnya coklat yang lumer di mulut, beserta kulit crunchy yang akan memanjakan mulut. Bagaimana, sudah terbayang bukan lezatnya piscok ini?

11. Colenak

Sebagai makanan yang memiliki arti singkatan jajanan Indonesia “dicocol enak” ini, colenak terbuat dari tape singkong atau dalam bahasa Sunda peuyeum sampeu.

Tape singkong tersebut, selanjutnya diolah dengan cara dibakar, lalu ditambahkan parutan kelapa di bagian atasnya, dan disiram dengan gula merah cair.

Setelah itu, tape singkong bakar beserta kelapa parut dan gula merah cair dimakan secara bersamaan, lalu akan menghasilkan cita rasa yang sangat lezat.

Maka dari itu, tidak heran apabila jajanan yang satu ini diberi nama Colenak atau dicocol enak.

12. Cuanki

Jajanan asal kota Bandung yang memiliki cita rasa segar ini, nyatanya memiliki arti singkatan cari uang jalan kaki. Sangat unik bukan?

Arti singkatan jajanan Indonesia yang satu ini sejatinya terbentuk, karena dahulu para pedagangnya berjualan cuanki dengan cara memikul gerobak dan keliling jalan kaki.

Buat kamu yang belum pernah mencoba cuanki, ini merupakan jajanan yang hampir mirip dengan bakso, namun terbuat dari bahan ikan tenggiri, telur dan tepung kanji.

Cuanki sendiri biasanya dihidangkan lengkap dengan tahu dan mie, lalu disantap saat musim hujan. Rasanya, akan semakin lezat terlebih ketika disantap saat masih panas.

13. Putu

Tidak kalah unik dari cuanki, putu pun memiliki arti singkatan jajanan Indonesia berupa pencari uang tenaga uap.

Arti singkatan tersebut digunakan, karena putu dibuat dengan cara dikukus menggunakan uap atau asap panas, yang nantinya uap tersebut akan mengeluarkan bunyi yang khas.

Kue putu merupakan jenis kue tradisional, yang memiliki cita rasa lezat bersumber dari gula jawa yang digunakan, serta gurih dari taburan parutan kelapa yang digunakan.

14. Jasuke

Jajanan yang memiliki arti singkatan jagung susu keju ini, hingga saat ini banyak dijajakan di beberapa tempat.

Perpaduan jagung, susu dan keju dalam jasuke, membuat jajanan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang tak tertandingi.

Untuk bisa menikmati satu porsi jasuke, biasanya kamu harus merogoh kocek sekitar Rp8 ribu.

Namun selain membeli, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, karena proses pembuatan jasuke ini sangat mudah dilakukan.

15. Gehu

Sebagian dari kamu mungkin ada yang belum tahu dan asing dengan gehu. Ini sejatinya merupakan arti singkatan jajanan Indonesia berupa tauge tahu.

Disebut dengan gehu, karena isian dari tahu ini merupakan tumis tauge. Namun, tidak hanya tauge saja, tumis tauge ini biasanya akan dicampur dengan beberapa sayur lainnya, seperti wortel dan kol.

Meski memiliki sebutan gehu, tetapi sebagian masyarakat lainnya lebih mengenal jajanan yang satu ini dengan sebutan tahu goreng.

16. Internet

Eits, meski namanya internet tapi kamu jangan salah paham dulu, ya! Internet yang satu ini bukan jaringan komputer ya, melainkan arti singkatan jajanan Indonesia berupa indomie, telur, dan kornet.

Sebutan internet ini muncul, untuk memudahkan seseorang dalam memesan indomie, telur dan kornet di warkop.

Buat kamu yang belum pernah mencoba dan penasaran dengan makanan satu ini, kamu bisa langsung membuatnya di rumah, karena cara memasak internet ini sangat mudah, sama seperti masak indomie pada umumnya.

17. Perkedel

Menjadi satu fakta menarik, kalau ternyata makanan yang terinspirasi dari makanan khas Belanda bernama frikadel ini, memiliki arti yang cukup unik.

Ya, makanan rumahan yang dikenal dengan sebutan perkedel ini, memiliki arti singkatan persatuan kentang telur.

Istilah perkedel tersebut digunakan, karena perkedel dibuat menggunakan percampuran kentang dan telur.

18. Gedas

Di urutan ke-18 ada gedas, yang menjadi makanan dengan arti singkatan unik. Gedas merupakan singkatan dari gehu pedas.

Disebut gehu pedas, karena jajanan yang satu ini di bagian isiannya memiliki cabe rawit kecil, yang ketika dimakan akan membakar lidah dari sensasi pedas yang diberikan.

Di beberapa daerah, gedas juga dikenal dengan sebutan tahu jeletot. Jajanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu, yang suka dengan makanan-makanan pedas.

19. Cilor

Nyatanya jajanan yang terbuat dari olahan aci belum selesai di cilok, cimol dan cireng saja. Cilor juga menjadi salah satu jajanan olahan aci, yang memiliki arti singkatan jajanan Indonesia berupa aci telor.

Istilah ini didapat dari proses pembuatan cilor, yang memasak aci digoreng bersamaan dengan telur.

Cilor ini biasanya dinikmati dengan beberapa bumbu penyedap rasa bubuk lainnya, seperti bumbu jagung bakar, keju, balado, asin, pedas dan lain sebagainya.

20. Sukro

Arti singkatan jajanan Indonesia yang terakhir adalah sukro. Buat kamu yang belum tahu, suro merupakan singkatan dari suuk di jero, atau dalam bahasa Indonesia disebut kacang dalam terigu.

Hal tersebut dikarenakan, jajanan yang satu ini menggunakan kacang yang diselipkan di dalam adonan tepung berbentuk bulat.

Memiliki cita rasa gurih, sukro bisa dikonsumsi begitu saja, maupun dikonsumsi bersama dengan bakso agar terasa semakin lezat.

(Baca Juga: Camilan Sehat saat Buka Puasa)

Itulah 20 arti singkatan jajanan Indonesia yang sudah kamu ketahui. Bagaimana, semua arti jajanan tersebut sangat unik dan menarik, bukan? Tidak hanya dari sisi pengucapannya saja, tetapi juga dari filosofi istilah itu sendiri.

Nah buat kamu yang tertarik dengan semua jajanan tersebut, kamu bisa membelinya atau mungkin membuatnya sendiri di rumah.

Karena, proses pembuatan semua jajanan tersebut terbilang mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat.

Kamu bisa menemukan dan membeli semua bahan yang dibutuhkan di supermarket, maupun e-commerce yang menjual bahan masakan.

Agar lebih hemat, kamu juga bisa membelinya menggunakan kartu kredit. Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati oleh para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang ingin mendapatkan dan menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan kartu kredit diCekAja.com pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang promo belanja menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani