5 Alternatif Agrowisata Saat Liburan Akhir Tahun 2020, Cocok untuk Memanjakan Mata!

Ingin merefreshingkan mata dengan warna hijau yang menyegarkan? Kunjungi saja sejumlah alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang akan kita bahas kali ini.

Pariwara

Sudah memasuki awal bulan Desember, berarti liburan akhir tahun pun akan segera tiba hanya dalam hitungan minggu. Sudahkah kamu merencanakan perjalanan liburan yang akan datang ini?

Jika sudah terlalu penat dengan kehidupan kota atau ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas, mengunjungi agrowisata mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik.

Dilansir dari situs agromulia.com, agrowisata itu sendiri merupakan perpaduan antara wisata dan pertanian atau perkebunan.

Sehingga, apabila digabungkan, agrowisata dapat diartikan sebagai lokasi destinasi wisata yang berhubungan dengan aktivitas di lingkungan perkebunan.

(Baca Juga: Rekomendasi Tempat Camping di Bogor)

Disini, kamu tidak hanya bisa menyegarkan mata dengan melihat tanaman-tanaman hijau, tetapi juga bisa mendapatkan manfaat lainnya lho, seperti mempelajari ilmu baru mengenai perkebunan, menikmati buah segar hasil petikan dari pohon secara langsung, atau hanya menghirup udara bersih yang mungkin jarang kita jumpai di perkotaan.

Tak hanya itu, disini kamu juga tidak akan pulang dengan tangan kosong. Sebab, kamu juga bisa membeli hasil panen dari petani secara langsung untuk dinikmati sesampainya di rumah.

Ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda? Kamu bisa coba mengunjungi agrowisata yang akan kita bahas berikut ini.

Penasaran apa sajakah itu? Di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang bisa kamu jadikan pilihan.

Alternatif Agrowisata Saat Liburan Akhir Tahun

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa agrowisata saat liburan akhir tahun yang bisa kamu kunjungi, yaitu adalah:

1. Sawah Tegalalang, Bali

Alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang akan kita bahas pertama adalah Sawah Tegalalang yang terletak di Bali.

Memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Bali merupakan salah satu magnet wisata di Indonesia yang mengagumkan, karena memiliki kekayaan alam yang menggiurkan untuk dikunjungi.

Bukan hanya terkenal di antara wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan mancanegara. Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang memang bermimpi untuk dapat mengunjungi Bali.

Nah, jika akhir tahun ini kamu ada rencana untuk berwisata ke Bali, maka kunjungi saja Sawah Tegalalang yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali ini.

Selain kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sawah hijau berundak yang asri dan memesona, kamu juga bisa merefreshingkan otak dari rutinitas dengan menikmati sejumlah wahana yang ada di sana, mulai dari dancing bridge, bird nest, gorill, hingga glass flooring, yaitu lantai kaca yang terletak di atas sawah terasering.

Bagi kamu yang ingin melepas penat dengan melakukan aktivitas yang dapat memacu adrenalin, maka kamu bisa mencoba untuk menaiki ayunan.

Tetapi, jangan salah ya. Bukan ayunan biasa yang akan kamu naiki, melainkan ayunan yang terletak di tengah sawah dan memiliki ketinggian mencapai 25 meter di atas permukaan!

Untuk kamu pecinta kopi, Sawah Tegalalang juga bisa dijadikan surga duniawi. Sebab, disini juga menyediakan wisata perkebunan kopi, yang memungkinkan kamu untuk berkeliling sekaligus mempelajari tentang cara pengolahan kopi.

Tak sampai disitu, di akhir perjalanan setiap wisatawan juga akan diperbolehkan untuk mencicipi berbagai jenis kopi yang dibuat disini.

2. Gunung Mas Cisarua, Bogor

Alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun selanjutnya adalah Gunung Mas Cisarua yang terletak di Puncak, Bogor.

Cocok untuk kamu yang belum ingin melakukan perjalanan jauh, Di Gunung Mas Cisarua kamu bisa mengajak si kecil untuk mengelilingi kebun sembari menunggangi kuda atau sepeda yang dapat disewa dengan tarif yang cukup terjangkau.

Panorama perkebunan teh yang menyejukan mata dan dipadukan dengan suasana alam yang begitu asri dijamin bisa langsung menghilangkan stress untuk kamu yang sedang penat dengan rutinitas.

Ingin sekaligus staycation? Tak perlu khawatir! Sebab, di salah satu alternatif agrowisata saat liburan tahun tahun ini, kamu juga bisa mengajak keluarga untuk menginap.

Selain menunggangi kuda atau menyewa sepeda, terdapat sejumlah aktivitas lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti berenang, tea walk, menaiki kendaraan ATV, gantole, hingga mengunjungi tea corner dan menikmati kuliner yang tersedia, seperti pisang goreng dan teh hangat.

3. Kebun Raya Bogor

Masih terletak di Jawa Barat, alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang bisa kamu kunjungi selanjutnya tak lain adalah Kebun Raya Bogor.

Bukan hanya menjadi destinasi wisata masyarakat Jakarta saja, melainkan juga masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

Kebun Raya Bogor sangat cocok dijadikan sebagai salah satu alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun, khususnya bersama keluarga.

Karena disini, dapat dikatakan merupakan kebun botani yang sangat lengkap dengan ribuan jenis flora yang bisa kamu jumpai.

Selain cocok untuk refreshing karena ditumbuhi oleh beragam pohon dan tanaman rimbun, kamu pun juga bisa sekaligus mengajak keluarga untuk berwisata edukasi, mulai dari ke Museum Zoologi, Herbarium Bogoriense, hingga Istana Presiden.

Tak hanya itu, ada pula Taman Anggrek, Danau Guntung, Taman Meksiko dan Taman Bambu yang turut dilengkapi dengan tulisan nama dari setia tanaman yang ada. Sehingga, kamu dan keluarga bisa sekaligus menambah wawasan baru mengenai beragam tanaman.

Hanya saja, dikarenakan pandemi yang masih mewabah, maka setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor diharuskan untuk membeli tiket terlebih dahulu secara online, yaitu melalui www.kebunraya.id.

Sebab, selama pandemi jumlah pengunjung akan dibatasi, agar penerapan physical distancing dapat tetap dilaksanakan dengan maksimal.

4. Ciater Tea Mountain, Subang

Alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Ciater Tea Mountain, yaitu sebuah perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII.

Merupakan perkebunan teh dengan dataran medium dan ketinggian 1.650 meter di atas permukaan laut, disini mata kamu akan dimanjakan dengan panorama yang begitu indah nan memukau.

Ditambah lagi kamu juga bisa bersantai sembari menikmati surabi hangat yang disajikan oleh Kedai Surabi Romantis yang terdapat disana.

Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menyewa penginapan sekaligus berendam di pemandian air panas yang dipenuhi oleh air belerang. Dijamin stress kamu langsung menghilang dalam sekejap!

5. Hortipark Pesawaran, Lampung

Nah, alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang akan kita bahas terakhir adalah Hortipark Pesawaran yang terletak di Lampung.

Hortipark Pesawaran itu sendiri tergolong merupakan destinasi wisata baru yang memang sengaja diluncurkan untuk meningkatkan produktivitas para petani di Kabupaten Pesawaran yang diketahui sebagai penyanggah Kota Bandar Lampung.

Walaupun lahannya tidak terlalu luas, namun disini nyatanya diketahui membudidayakan sejumlah yang masuk ke dalam keluarga cucurbitaceae (melon, semangka, dan labu).

Tak hanya dapat menjernihkan mata dengan pemandangan yang indah dan dipenuhi oleh warna hijau, kamu juga bisa sekaligus belajar mengenai budidaya melon atau semangka.

Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa disini pengunjung tidak diperkenankan untuk memetik buah-buahannya sendiri.

Karena, dikhawatirkan pengunjung belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai identifikasi buah yang sudah benar-benar matang atau belum.

(Baca Juga: 15 Desa Terbaik di Indonesia)

Meski begitu, kamu tetap bisa mencicipi lezatnya rasa buah yang dibudidayakan dengan segar lho. Kamu bahkan juga bisa membelinya untuk bisa dibawa pulang ke rumah dan menikmatinya bersama anggota keluarga lainnya.

Jadi, itulah beberapa alternatif agrowisata saat liburan akhir tahun yang bisa kamu kunjungi. Apakah kamu sudah memiliki rencana untuk mengisi liburan menjelang akhir tahun ini?

Agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan, jangan lupa untuk membawa kartu kredit sebagai “magic card” yang tak boleh terlupakan.

Apalagi menjelang akhir tahun, sudah semakin banyak jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menggiurkan, yang membuat budget perjalanan kamu menjadi jauh lebih hemat.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com. Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, tentunya membuat aktivitas pendaftaran menjadi lebih cepat dan mudah.

Yuk, segera ajukan kartu kredit di CekAja.com dan jadikan momen liburanmu menjadi spesial dan menyenangkan.

Pariwara