5 Bahaya Extension Bulu Mata Ini Wajib Diketahui, Yuk Cek!

6 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski memiliki fungsi untuk mempercantik tampilan mata, namun bahaya extension bulu mata yang dapat terjadi ternyata cukup banyak. Tentu saja tidak hanya membuat bulu mata rontok secara perlahan, tetapi juga dapat menyebabkan kecanduan.

Jika ada pertanyaan “loh, memang bisa extension bulu mata menyebabkan kecanduan?” Eits, jangan salah.

Melakukan extension bulu mata justru membuat para penggunanya menjadi kecanduan, karena setiap bulannya dituntut untuk selalu melakukan perawatan extension bulu mata.

Namun selain itu, extension bulu mata juga dapat memicu timbulnya beberapa jenis bahaya. Penasaran apa saja? Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Extension Bulu Mata

Sebelum membahas lebih jauh tentang bahaya extension bulu mata, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar dari extension bulu mata itu sendiri.

Jika di antara kamu ada yang belum tahu tentang extension bulu mata, itu sejatinya merupakan salah satu proses yang dilakukan untuk mempercantik tampilan bulu mata, dengan cara memasangkan setiap helai bulu mata palsu ke bulu mata asli, dan membuatnya lentik secara semi permanen meskipun tidak menggunakan maskara.

Extension bulu mata ini memang menggunakan bulu mata palsu. Namun menariknya, bulu mata palsu ini tidak langsung ditempelkan di bagian kelopak mata menggunakan lem, tetapi dipasangkan langsung satu-persatu ke bulu mata asli.

Oleh sebab itu, proses extension bulu mata ini cenderung memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2-3 jam.

Tetapi jika sudah digunakan, extension bulu mata ini bisa bertahan hingga dua bulan atau lebih, tergantung kualitas bahan bulu mata yang digunakan dan proses pengerjaannya.

Nah untuk bahan bulu matanya sendiri, pada dasarnya ada beberapa bahan yang digunakan untuk menciptakan helaian bulu mata.

Adapun beberapa bahan tersebut, di antaranya yaitu bahan sintetis seperti bulu imitasi dan serat plastik, serta bahan alami seperti bulu dan sutra.

(Baca Juga : 9 Cara Menjernihkan Mata)

Prosedur Pemasangan Extension Bulu Mata

Setelah mengetahui informasi dasar tentang extension bulu mata, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui prosedur pemasangan extension bulu mata yang lengkap dan benar.

Biasanya, langkah pertama yang dilakukan dalam pemasangan extension bulu mata, yaitu memiliki tipe kelentikan yang diinginkan.

Tidak hanya tipenya saja, kamu juga harus menentukan tingkat ketebalan dan bahan dari bulu mata palsu itu sendiri.

Ketika memilih, pastikan kamu memilih tipe, tingkat ketebalan dan bahan bulu mata yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Jangan sampai menggunakan extension bulu mata, malah justru mengganggumu dalam melakukan aktivitas.

Setelah menentukan tipe, tingkat ketebalan dan bahan bulu mata, selanjutnya kamu diminta untuk berbaring ditempat yang sudah disediakan, untuk memulai proses pemasangan extension bulu mata.

Dalam proses pemasangan, pertama kamu akan dibersihkan terlebih dahulu kedua matanya, lalu bulu mata bagian bawah akan ditutup menggunakan selotip bedah.

Setelah itu, setiap helai bulu mata palsu akan mulai direkatkan ke bulu mata asli secara perlahan menggunakan pinset.

Biasanya pinset yang digunakan sebanyak dua buah. Pinset pertama digunakan untuk meregangkan bulu mata asli, dan pinset kedua digunakan untuk mengambil bulu mata palsu yang sudah diberi lem perekat, untuk ditempel atau disambung ke bulu mata asli.

Apabila setiap helai bulu mata palsu sudah berhasil dipasang, maka proses extension bulu mata sudah selesai.

Tinggal berikutnya kamu hanya perlu melakukan perawatan rutin, setidaknya setiap satu bulan sekali.

Bahaya Extension Bulu Mata

Di awal pembahasan telah disinggung, kalau kali ini CekAja.com akan mengulas sejumlah bahaya extension bulu mata yang dapat terjadi.

Sebagian orang mungkin menganggap, kalau bahaya extension bulu mata ini biasa saja. Namun jika dilihat jangka panjangnya, bahaya yang ditimbulkan dari extension bulu mata ini cukup parah.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebelum memutuskan melakukan extension bulu mata, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja bahaya extension bulu mata yang dapat timbul.

Adapun beberapa bahaya extension bulu mata yang perlu kamu ketahui tersebut, di antaranya:

1. Bulu mata rontok

Bahaya extension bulu mata yang perlu kamu ketahui pertama, yaitu bulu mata mu berisiko mengalami kerontokan.

Bagaimana tidak, pasalnya menggunakan extension bulu mata dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan bulu mata asli menjadi tegang.

Salah satu penyebab tegangnya bulu mata asli, yaitu karena mendapat beban tambahan dari bulu mata palsu, yang dapat membuat bulu mata asli rontok secara perlahan, atau seiring rontoknya bulu mata palsu.

Kerontokan bulu mata ini bisa terjadi secara permanen maupun sementara. Namun, untuk orang dengan akar bulu mata yang tidak terlalu kuat, tidak menutup kemungkinan apabila kerontokan yang terjadi adalah kerontokan permanen (traction alopecia).

2. Iritasi dan alergi

Jika melakukan extension bulu mata, kamu juga harus siap dengan risiko terjadinya risiko dan alergi.

Sebab, bahaya extension bulu mata yang satu ini dapat terjadi pada siapa saja, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Karena substansi yang menjadi bahan dasar dari extension bulu mata, sangat berisiko untuk membuat mata kamu mengalami iritasi.

Tidak hanya itu, lem perekat yang digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu pun dapat memicu timbulnya ruam pada mata, mata memerah, hingga timbul gelembung yang berisi air pada wajah.

3. Mata terasa perih

Selain dua hal di atas, tidak menutup kemungkinan jika extension bulu mata juga dapat menimbulkan bahaya berupa mata perih.

Seperti yang diketahui, penyebab utama timbulnya rasa perih pada mata adalah lem yang digunakan untuk merekatkan bulu mata palsu.

Pasalnya, lem perekat untuk bulu mata palsu tidak semuanya aman digunakan. Ada beberapa lem perekat yang dapat menimbulkan efek samping pada mata maupun area sekitarnya, seperti rasa perih ataupun panas seperti terbakar.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melakukan extension, ada baiknya kamu ketahui dan pastikan terlebih dahulu klinik atau tempat pasang extension bulu mata yang terbukti aman, untuk mencegah risiko timbulnya beberapa jenis bahaya extension bulu mata.

4. Mata terluka

Tentu saja, bahaya extension bulu mata yang ditimbulkan tidak hanya seperti yang dijelaskan di atas. Tetapi ada bahaya lainnya yang perlu kamu ketahui, seperti mata terluka.

Yang mana, risiko terjadinya mata terluka ini sangat besar. Hal tersebut dikarenakan, penggunaan perekat langsung pada bulu mata dapat menyebabkan infeksi.

Apalagi, substansi yang digunakan pada bahan dasar bul mata, sangat rentan untuk terkena paparan virus dan bakteri.

Sehingga, apabila extension bulu mata dilakukan tidak dengan prosedur yang baik dan higienis, maka potensi terjadinya infeksi dan peradangan pada bagian depan mata sangat besar.

Di kondisi terburuknya, peradangan yang terjadi pada bagian depan mata (konjungtivitis), bisa mempengaruhi kualitas pelihatan mata mu.

5. Kecanduan untuk kembali melakukan extension bulu mata

Bahaya extension bulu mata yang terakhir, yaitu kamu bisa jadi kecanduan untuk melakukan extension bulu mata kembali.

Bagaimana tidak, dengan melakukan extension bulu mata, maka bulu mata mu akan terlihat lebih tebal, dan wajah pun secara tidak langsung terlihat semakin segar.

Jika sudah begitu, biasanya kamu dan orang-orang lainnya yang pernah melakukan extension bulu mata, akan melakukannya kembali karena merasa puas dengan hasil yang didapat sebelumnya.

Namun kamu perlu tahu, kalau melakukan extension bulu mata terlalu sering dalam jangka waktu yang lama, tidak baik untuk kesehatan mata.

(Baca Juga: Alternatif Obat Mata Paling Efektif)

Nah beberapa informasi terkait bahaya extension bulu mata, beserta informasi dasar dan prosedur pemasangannya sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Dari semua informasi tersebut, kamu bisa mengetahui apa saja hal yang perlu dipersiapkan, untuk mencegah timbulnya bahaya extension bulu mata.

Karena jika sudah terjadi, hal itu akan mengganggumu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti misalnya gangguan penglihatan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan, kamu perlu memastikan bahwa tempat kamu melakukan extension dan bahan yang digunakan aman, serta menggunakan tenaga yang sudah profesional.

Selain itu, kamu juga akan lebih baik jika melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kesehatanmu, maka kamu bisa langsung memeriksanya ke rumah sakit, tanpa khawatir dengan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani