10 Merk Makanan Ikan Hias Terbaik Paling Laris dan Bikin Ikan Sehat

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Jangan asal beli, beberapa merk makanan ikan hias terbaik ini perlu kamu ketahui, agar ikan hias peliharaanmu semakin sehat, cantik, dan lebih gesit. 

Ikan jadi Peliharaan Paling Diminati saat Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat para penjual ikan hias beserta makanannya, sering diserbu pembeli. Hal tersebut dikarenakan, banyaknya orang yang ingin menyibukkan diri dengan memelihara binatang, salah satunya seperti ikan. 

Ikan dipilih menjadi binatang peliharaan, karena perawatannya yang mudah. Pasalnya, kamu hanya cukup memberinya makan, dengan merk makanan ikan hias terbaik, serta sering menguras air, dan ikan hias pun bisa hidup lama. 

Ada banyak ikan hias yang bisa kamu pilih sebagai peliharaanmu. Namun, kamu juga harus tahu, jenis makanan seperti apa yang cocok untuk ikan hias tersebut. 

(Baca Juga: Tips Sukses Usaha Ikan Hias)

Jenis-jenis Makanan Ikan Hias

Sebelum kamu mengetahui merk makanan ikan hias terbaik, ada baiknya kamu ketahui dulu jenis-jenis dari makanan ikan hias itu sendiri. Yuk simak:

  • Pelet

Jenis makanan ikan hias yang pertama dan paling sering digunakan adalah pelet. Jenis pelet sendiri terbagi menjadi dua, yakni pelet apung dan tenggelam.

Untuk tekstur pelet, umumnya padat, dan biasa diberikan untuk ikan hias yang sudah besar. 

  • Tablet

Bukan obat, meski bentuknya menyerupai tablet obat, jenis makanan ikan yang satu ini bertekstur padat. Biasanya, makanan ikan ini diberikan untuk ikan hias dewasa, yang suka berenang bergerombol. 

  • Flake

Flake merupakan jenis makanan ikan hias, berbentuk lembaran. Sebelum memberikan flake ke ikan, adapun kamu harus menghancurkannya terlebih dahulu. 

  • Granule

Berbentuk seperti sereal kecil warna-warni, jenis makanan ikan yang satu ini, sangat cocok untuk ikan yang suka berada di dasar air. Hal tersebut dikarenakan, jenis makanan ikan granul ini bisa mengapung. 

Nah, sebelum kamu membeli makanan ikan, sebaiknya pilihlah makanan ikan hias yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ikan. Baik ikan kecil atau dewasa, dan sesuaikan juga berdasarkan ukuran mulutnya. 

Merk Makanan Ikan Hias Terbaik

Yuk, yang sudah penasaran, langsung saja intip merk makanan ikan hias terbaik, yang paling laris dan bikin ikan jadi sehat, cantik, serta gesit, berikut ini.

1. Tetra Bits

Merk makanan ikan hias terbaik yang pertama adalah Tetra Bits. Memiliki kualitas yang tinggi, makanan ikan ini, sangat cocok untuk berbagai jenis ikan hias, hingga udang. 

Keunggulan dari Tetra Bits ini sendiri adalah bisa membuat tubuh ikan dan warnanya menjadi lebih bagus dan cerah. 

Biasanya, Tetra Bits sering digunakan untuk pangan ikan hias seperti Neon Tetra, Discus, Udang Hias, Louhan, dan masih banyak lagi.

Harga: Sekitar Rp26.500 (30 gram) dan Rp72.000 (93 gram)

2. Hikari Vibra Bites

Merk makanan ikan hias terbaik yang kedua adalah Hikari Vibra Bites. Bukan bulat, makanan ikan hias yang satu ini berbentuk memanjang seperti cacing darah, berwarna merah. 

Biasanya, Hikari Vibra Bites, digunakan sebagai pangan ikan hias seperti jenis Discus, Red Phantom Tetra, Pearl Gourami, Angel Fish, dan ikan tropis lainnya. 

Namun, secara umum makanan ini hanya cocok untuk tipe ikan hias tropis saja. Dalam pemberian makanannya pun harus diperhatikan, yakni dua hingga tiga kali sehari. 

Adapun, jika memberi makan dengan makanan ini secara berlebihan, kemungkinan akan membuat kualitas air jadi buruk. Sehingga bisa berdampak pada kesehatan ikan. 

Harga: Sekitar Rp43.000 (73 gram)

3. San Koi

Seperti namanya, merk makanan ikan hias terbaik ini, memang dikhususkan untuk ikan koi. San Koi juga memiliki dua ukuran, yakni small dan medium.

Bukan ukuran kemasannya, melainkan ukuran makanannya. Adapun San Koi small memiliki ukuran 2 mm untuk ukuran ikan koi mulai dari 5015 cm. 

Sedangkan San Koi medium, memiliki ukuran 5 mm dengan ukuran ikan sepanjang sekitar 15cm. Untuk kandungan makanan ini adalah fish meal, spirulina, wheat gluten, soybean meal, vitamin, dan mineral.

Harga: Sekitar Rp43.000 (1 kg)

4. Vegetable Flakes

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin, dari sayuran. Pasalnya, ikan juga membutuhkan nutrisi tersebut. 

Nah, Vegetable Flake ini merupakan salah satu merk makanan ikan hias terbaik, yang dirancang untuk tropical fish yang herbivor. 

Makanan ikan asal Italia ini juga memiliki kandungan yang sangat kaya akan tepung dari tumbuhan. Adapun kandungan ari vegetable Flakes ini adala Aloe Vera. 

Sehingga, ikan hias kamu akan tumbuh menjadi lebih sehat, nafsu makan meningkat dan imunitasnya terjaga. 

Harga: Sekitar Rp75.000 (50 gram)

5. Akari Super Red

Tak kalah berkualitas dari merk lainnya, merk makanan ikan hias terbaik selanjutnya ini adalah Akari Super Red. 

Makanan ikan berbentuk granule ini, biasa digunakan untuk pangan ikan koi dan koki. Adapun khasiatnya bisa membuat warna ikan menjadi cemerlang. 

Untuk penggunaannya, gunakanlah dengan ukuran yang wajar. Karena jika terlalu banyak, akan membuat air menjadi keruh. 

Harga: Sekitar Rp15.000 (300 gram)

6. Hokky Growth Formula

Hokky Growth Formula adalah merk makanan ikan hias terbaik yang berikutnya. Makanan khusus ikan koi ini, disebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan ikan.

Selain untuk kesehatannya, Hokky Growth Formula juga mampu membuat warna ikan koi menjadi lebih cerah. Bagaimana? Mau ikan hiasmu jadi cantik dan sehat juga bukan.

Harga: Sekitar Rp46.000 (1 kg)

7. Mizuho Goldfish Food

Mampu menjadikan warna ikan hias jadi makin cerah, biasanya ikan diberikan makanan dengan merk makanan ikan hias terbaik, yakni Mizuho Goldish Food. 

Nah, buat kamu yang pelihara ikan mas koki, akan sangat direkomendasikan untuk memberikannya makanan ikan yang satu ini. 

Pasalnya, makanan ikan ini diperkaya dengan spirulina dan Paracoccus cell powder yang kaya astaxanthin. Bahkan, makanan ini juga disebut sangat mudah dicerna oleh ikan, sehingga sangat baik untuk pencernaan ikan kesayangan kamu.

Harga: Sekitar Rp68.000 (300 gram)

8. Ocean Nutrition Prime Reef Flakes

Mengandung banyak protein, yang berbahan dasar dari ikan segar, makanan laut, dan masih banyak lagi, Ocean Nutrition Prime Reef Flakes, juga masuk ke dalam merk makanan ikan hias terbaik. 

Makanan ini juga biasa digunakan untuk pangan ikan yang hidup di iklim tropis, baik air laut maupun air tawar. 

Harga: Sekitar Rp109.000 (34 gram)

9. Tetra Pleco Tablets

Cari merk makanan ikan hias terbaik yang mudah tenggelam? Tetra Pleco Tablets jawabannya. Adapun produk makanan ikan ini juga lebih dikhususkan untuk ikan herbivor yang biasa hidup di dasar akuarium, atau untuk ikan yang sedikit pemalu. 

Pasalnya, ketika kamu memberikan makanan ini, maka ia akan cepat tenggelam, dan dimakan oleh ikan tanpa harus berenang ke permukaan air. 

Tidak hanya itu, setelah tenggelam makanan ini juga akan melepaskan zatnya secara perlahan. Makanan ini juga mengandung spirulina, yang sangat baik untuk vitalitas ikan. 

Harga: Sekitar Rp52.000 (120 tablet)

(Baca Juga: Daftar Ikan Hias Termahal di Dunia)

10. Hikari Marine Marine S

Mau memberi makanan ikan tapi nggak bikin air kolam atau akuarium jadi keruh? Merk makanan ikan hias terbaik, Hikari Marine Marine S, ini jawabannya. 

Pasalnya, makanan ikan yang satu ini, tidak mudah larut dalam air, sehingga tak membuat air menjadi keruh dan kotor. 

Perlu diketahui juga bahwa makanan ikan yang satu ini, biasa digunakan untuk pangan ikan hias air laut. Adapun makanan ini juga mampu membuat ikan kembali memiliki nafsu makan, ketika pertama kali dibeli. 

Untuk kandungannya, makanan berbentuk pelet ini, mengandung ekstrak bawang putih, untuk meningkatkan nafsu makan. 

Harga: Sekitar Rp42.000 (50 gram)

Nah, itu dia beberapa rekomendasi merk makanan ikan hias terbaik, yang bisa kamu pilih. Ingat ya, makanan ikan yang baik, akan menghasilkan ikan yang cantik dan lebih sehat.

Adapun, jika kamu ingin membeli makanan ikan dengan informasi yang lebih jelas, kamu bisa membelinya di e-commerce atau toko online. Selain, memiliki informasi yang lengkap, membeli makanan ikan di e-commerce juga lebih banyak pilihan. 

Sehingga, kamu tidak perlu repot bertanya kepada penjual makanan ikan, yang biasanya berjualan di pasar. Terlebih, membeli makanan ikan lewat toko online lebih praktis dan kamu bisa mencari harga yang cocok, dengan kualitas yang bagus. 

Namun, jika kamu menginginkan harga yang lebih hemat, kamu bisa melakukan pembayarannya menggunakan kartu kredit. Dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, apalagi jika sekaligus membeli banyak. 

Karena, kartu kredit biasanya akan memberikan banyak promo, seperti diskon, cashback, rewards, dan lainnya. Jadi, sangat bermanfaat sekali bukan kartu kredit untuk berbagai transaksi.

Yuk, yang belum punya kartu kredit, segera ajukan secara online, melalui CekAja.com, dengan mudah dan cepat. 

Adapun, CekaAja.com menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai bank ternama di Indonesia. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs CekAja.com, dan temukan produk kartu kredit terbaik pilihanmu, sekarang juga!