5 Investasi yang Cocok untuk Karyawan Kantoran dengan Gaji Rp5 Juta

investasi karyawan

Mimpi memiliki masa depan dengan kondisi finansial yang baik tidak bisa didapatkan jika tidak melakukan apa-apa. Bukan hanya menabung, investasi merupakan salah satu jalan terbaik untuk memperkaya diri.

Tenang dulu, investasi bukan hanya diperuntukkan kepada mereka yang punya uang banyak saja. Karyawan dengan gaji tidak lebih dari Rp5 juta sekalipun juga masih bisa berinvestasi.

Pariwara

Demi kondisi keuangan yang lebih baik di masa mendatang, berikut ada beberapa pilihan instrumen investasi yang tepat untuk para karyawan dengan gaji Rp5juta:

1. Reksadana

Reksadana menjadi salah satu pilihan investasi yang paling cocok bagi karyawan dengan gaji tidak lebih dari Rp5 juta. Bahkan bisa dibilang reksadana merupakan salah satu investasi terbaik dengan modal kecil tapi memberikan hasil maksimal.

Merupakan salah satu investasi jangka panjang, reksadana memiliki 4 jenis yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksdana campuran dan reksadana saham. Pastinya, dengan gaji Rp5 juta memiliki cukup banyak reksadana setiap bulan.

2. Emas

Emas adalah investasi yang sudah eksis sejak dulu hingga kini, harga emas yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahun membuatnya menjadi instrumen investasi yang sangat cocok. Cukup dengan Rp550 ribu saja sudah bisa mendapatkan 1 gram emas. Inilah yang membuat emas sangat cocok untuk investasi bagi karyawan dengan gaji lima juta.

3. Asuransi unit link

Asuransi merupakan proteksi finansial yang juga bisa dijadikan sebagai media investasi. Tidak hanya mengantisipasi risiko di masa depan, ada juga asuransi yang bisa berfungsi sebagai investasi dimana dana yang disetorkan akan dikembangkan dengan sebutan unit link.

Saat kalian membeli asuransi unit link, maka diwajibkan membayar premi secara berkala atau sekaligus dimana dana premi tersebut dialokasikan untuk dua hal yaitu untuk investasi fund dan premi asuransi.

Dengan gaji seorang karyawan yang berkisar di nominal Rp5 juta, asuransi unit link merupakan pilihan yang cukup baik untuk mendapatkan proteksi tapi tetap bisa berinvestasi.

4. Sukuk

Sukuk adalah obligasi negara yang didasari oleh prinsip syariah Islam dengan sebutan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Harga tiap lembar sukuk dijual berbeda-beda, harganya cukup murah yaitu mulai dari Rp100 ribu sampai dengan Rp1 juta. Hal inilah yang membuat sukuk menjadi investasi favorit bagi karyawan dengan gaji lima juta.

5. Cryptocurrency

Setelah beberapa waktu sempat bikin heboh, Cryptocurrency kini menjadi salah satu instrumen investasi yang patut diperhitungkan. Peristiwa naiknya nilai Bitcoin (salah satu cryptocurency) hingga 3 kali lipat dalam kurun waktu hanya 4 bulan, dari sekitar Rp13 juta menjadi lebih dari Rp40 juta berhasil mencetak sejarah.

Saat ini harga Bitcoin memang masih sangat tinggi yaitu sekitar Rp34 jutaan per 1 BTC. Namun, masih banyak jenis cryptocurrency lain (biasa disebut altcoin) yang bisa dijadikan pilihan karena nilainya masih jauh lebih rendah namun punya potensi kenaikan yang juga tidak kalah besar di masa yang akan datang.

Pariwara