Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Investasi yang Harus Dilakukan Para Ayah untuk Masa Depan Keluarga

by Rafly Aditia on 19 Juni, 2016

investasi ayah - CekAja.com

Menjadi seorang ayah berarti mengemban tanggung jawab yang besar. Sebagian besar beban keluarga terutama beban keuangan tentu berada di pundak.

Maka dari itu, sudah seharusnya kita lebih sadar pentingnya perencanaan keuangan dan berinvestasi sejak dini.

Untuk menyelamatkan keluarga dari kebangkrutan, berikut ini ada 5 investasi yang harus harus dilakukan oleh para ayah untuk masa depan keuangan keluarga yang lebih baik:

Pelajari keahlian baru

Investasi pertama yang perlu dilakukan oleh para ayah adalah mempelajari keahlian baru. Misalnya, saat ini kamu merupakan seorang karyawan yang bekerja untuk perusahaan sebagai supervisor atau manajer, untuk itu kita wajib mengembangkan keahlian yang berhubungan dengan pekerjaan.

Namun, jangan pernah terkotakkan dalam suatu hal. Pelajari ilmu dan keahlian baru di luar pekerjaanmu, misalnya keahlian yang sesuai dengan hobi yakni bidang otomotif, elektronik dan sebagainya. Suatu saat bisa saja keahlian tersebut jadi sumber penghidupan dan keluarga di masa depan. (Baca juga: Persalinan Normal atau Caesar, Ini Biaya yang Dipersiapkan)

Jangan pikir panjang untuk beli gadget baru

Pesan dari judul di atas adalah jangan ketinggalan zaman. Bukan berarti setiap ada gadget keluaran terbaru harus membelinya, tetapi cobalah untuk tetap mengikuti perkembangan zaman dengan bijak.

Karena di era sekarang dan di masa depan, peran teknologi terutama gadget bakal sangat besar terhadap perkonomian. Bisnis, pekerjaan, sampai investasi saham pun sekarang sudah mulai dapat dijalankan dengan gadget yang tentunya sangat membantu.

Buka tabungan pensiun

Kita tidak selamanya berada dalam usia produktif. Suatu saat, perusahaan bakal menggantimu dengan pekerja lain yang lebih muda dan segar. Kalau sudah begitu tidak mungkin mengandalkan uang pensiunan saja kan?

Makanya, mulai dari sekarang berusaha mengumpulkan uang untuk tabungan pensiun. Tabungan yang dilakukan bukan sekedar uang di ATM, tetapi dituangkan dalam bentuk investasi seperti saham atau reksadana dan sebagainya. Ketahui rumus tabungan pensiun dan pastikan jumlahnya sudah aman dari sekarang.

Jaga kesehatan

Kalau tidak menjaga kesehatan dengan baik, masa tua bakal repot dan menghabiskan banyak uang. Tentunya kita tidak ingin menghabiskan uang banyak hanya untuk bolak-balik rumah sakit bukan? Jadi, mulai dari sekarang jagalah kesehatan dengan rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat.

Selain itu, segera daftarkan diri dalam program asuransi kesehatan. Hal ini sangat berguna kalau terjadi hal-hal di luar rencana dan tidak diinginkan. Pasalnya sebagai kepala keluarga tentunya kamu tidak mau bangkrut karena biaya rumah sakit yang mencekik. (Baca juga:)

Lindungi keluarga dari ketidakpastian

Hal terakhir adalah keluarga. Ya, kamu harus melindungi keluarga dari segala ketidakpastian. Bisa saja kamu tidak mampu bekerja lagi karena mengalami kecelakaan atau bahkan meninggal. Tentu, keluarga harus tetap menjalani hidup. Mengingat hal tersebut, harus mengambil langkah yang bijak.

Langkah paling baik adalah melindungi diri dan keluarga dengan asuransi. Mulai dari asuransi jiwa sampai asuransi pendidikan untuk anak. Semua hal ini dilakukan demi kebaikan keluarga.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.