5 Tips Usaha Modal Lahan Nganggur, Siap Jadi Juragan?

Apabila kamu memiliki dana dingin, memanfaatkan lahan nganggur adalah salah satu investasi yang tepat bagi kamu yang belum mengerti tentang saham. Terlebih harga properti yang akan terus meningkat.

5 Tips Usaha Modal Lahan Nganggur

Jika kamu mencari bisnis yang tepat untuk menambah pundi-pundi dalam tabunganmu, maka memanfaatkan modal usaha lahan nganggur dapat menjadi opsi yang baik.

Lahan kosong menjadi salah satu investasi yang menjanjikan jika lahan tersebut dapat dikelola secara tepat. Lahan nganggur menjanjikan potensi yang luar biasa besar pengunaannya terutama di daerah perkotaan.

Terlebih, saat ini harga jual tanah melambung tinggi di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan lahan dibutuhkan untuk dialih fungsikan menjadi kompleks hunian dan bisnis perkantoran dengan ketersediaan lahan yang kian menipis.

Terdapat beberapa hal yang dapat menentukan keberhasilan suatu bisnis dalam memanfaatkan lahan nganggur untuk mendapatkan keuntungan berlipat seperti lokasi lahan maupun karakteristik warga sekitar.

Selain itu, kondisi geografis tanah dan status hukum properti juga dapat menentukan bagaimana memanfaatkan modal usaha lahan nganggur menjadi bisnis yang menguntungkan.

Nah pasti muncul pertanyaan bisnis apa aja sih yang bisa dilakukan untuk dapat memanfaat modal usaha lahan nganggur. Berikut tips untuk mengelola lahan nganggur

5 Tips Mengelola Lahan Nganggur

1. Pembangunan Kos dan Kontrakan

Tips usaha modal lahan nganggur yang pertama untukmu adalah dengan membangun kos dan kontrakan. Adanya kos dan juga kontrakan dapat membantu masyarakat apabila mereka belum mempunyai uang untuk membeli rumah.

Terlebih lagi biaya kredit pembangunan rumah (KPR) yang terkadang tidak terjangkau bagi kalangan tertentu. Juga ada banyak masyarakat yang membutuhkan mobilitas ke luar kota untuk bekerja atau sekolah.

Karena ini, tinggal di kos dan kontrakan bisa menjadi salah satu opsi bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman dengan harga yang terjangkau dengan lokasi dan fasilitas yang lengkap.

Kamu bisa memilih lokasi kos dan kontrakan dengan kota yang ramai akan pendatang seperti kota Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Medan, dan lain sebagainya.

Kota-kota tersebut merupakan kota industri, bisnis dan jasa, serta pendidikan dengan banyak jumlah pendatang dari berbagai kota yang tidak menetap di kota tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Dengan mempunyai kos dan kontrakan dari lahan nganggur, kamu bisa mendapatkan pendapatan dari sewa kamar dan juga rumah yang bisa kamu dapatkan tanpa perrlu harus bekerja tiap hari dari pagi hingga malam.

Kamu perlu tahu fasilitas dan harga yang sesuai dengan karakteristik masyarakat yang akan kamu target untuk menyewa kos dan kontrakanmu. Kamu juga perlu menyiapkan modal yang dibutuhkan untuk membangun kos dan kontrakan.

(Baca Juga: Ini Lokasi Tanah yang Bagus untuk Investasi)

2. Sewa Lahan Parkir Kendaraan

Tips kedua tentang modal usaha lahan nganggur buat kamu adalah dengan membangun lahan parkir kendaraan. Tempat parkir jadi usaha paling menggiurkan di kota-kota besar yang padat dan kekurangan lahan.

Tidak perlu berukuran besar, kamu bisa memanfaatkan lahan sempit sekalipun untuk membuat tempat parkir yang bisa menampung lima hingga tujuh mobil berukuran sedang.

Apalagi tingginya pembelian kendaraan setiap tahun oleh pengguna yang tidak memiliki tempat parkir pribadi jadi sasaran empuk untuk membuka peluang usaha yang menguntungkan.

Lokasi paling menguntukan untuk mencoba usaha sewa lahan parkir adalah dekat dengan pusat bisnis, area perumahan padat penduduk, hingga daerah yang memiliki banyak gang.

3. Kafe dan Restoran

Tips ketiga tentang modal usaha lahan nganggur buat kamu adalah dengan membangun lahan parkir kafe dan restoran. Sudah menjadi rahasia umum kalau café dan restoran sedang menjamur di berbagai daerah di Indonesia.

Karena ukuran lahan nganggur yang diperlukan tidak perlu terlalu luas, kamu sudah dapat membangun kafe yang mungil namun imut dengan fasilitas yang digemari seperti koneksi internet cepat dan spot Instagrammable.

Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, cukup melakukan riset yang sesuai dengan kegemaran masyarakat pada produk makanan dan minuman, fasilitas dan pelayanan yang prima, kamu bisa memiliki kafe dan restoran yang digemari.

4. Bisnis Tanah Kavling

Tips keempat tentang modal usaha lahan nganggur buat kamu adalah dengan membangun bisnis tanah kavling. Saat menjual tanah yang sudah dipetak sebaiknya kamu harus paham mengenai perkembangan harga jual tanah saat ini.

Apabila lahan nganggur yang kamu miliki jelas diperuntukan untuk pemukiman dan berada di kawasan perumahan, maka patokan harga jual bisa dibilang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan lokasi tanah kavling yang strategis dan memiliki potensi lebih sebagai tempat tinggal atau usaha.

Cara menentukan harga jual adalah mengetahui NJOP tanah daerah Kamu dan lakukan riset pasar properti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga jual bersaing.

Jadi, perlu dicatat sebelum memulai bisnis kavling perhatikan dulu lokasi dan peruntukan tanah yang dimiliki agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tepat.

5. Perkebunan

Tips kelima tentang modal usaha lahan nganggur buat kamu adalah dengan membangun lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan atau pertanian untuk menyokong kebutuhan pangan.

Bahkan ada beberapa komunitas yang mengembangkan komoditas dan varietas tanaman unggulan dengan daya jual yang lebih tinggi dibanding harga pasar untuk produk serupa saat ini.

Di era modern sepert ini, pertanian organik tanpa zat sintetis menjadi jenis komoditas yang paling digandrungi karena kandungan atau nilai gizi yang terkandung di dalamnya lebih baik dibandingkan jenis lainnya.

Hasil pertanian organik yang bisa kamu buat adalah budidaya tanaman dengan sistem hidroponik hingga vertikultur yang lebih menyehatkan dan memiliki potensi pasar yang besar.

Jenis usaha ini tentu menguntungkan karena kebutuhan pangan masyarakat Indonesia butuh untuk terus dipenuhi dan bahkan kian meningkat dari tahun ke tahun sehingga bisnismu akan terus dibutuhkan.

Walau begitu, kamu tetap membutuhkan modal buat usaha lahan nganggur agar bisnismu tetap berjalan.

(Baca Juga: Tips Penting Membeli Tanah Murah)

Apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi untuk memulai bisnis dengan modal usaha lahan nganggur? Sudah ada dana yang siap digunakan untuk investtasi ini?

Jika belum, kamu bisa mencari produk pinjaman berupa Kredit Tanpa Agunan sesuai kemampuan dan kebutuhanmu lewat layanan perbandingan di CekAja.com

Setelah melakukan perbandingan dan menemukan jenis pinjaman yang sesuai, kamu bisa langsung mengajukannya melalui CekAja.com

Sebab, di sana proses pengajuan bisa dilakukan dengan praktis, mudah, dan juga cepat. Terlebih CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi aman untuk kamu gunakan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman untuk modal usaha melalui CekAja.com!