5 Aplikasi Saham Terpercaya 2021, Untuk Investasi Keuangan di Masa Depan!

Bingung memilih aplikasi saham terpercaya 2021? Tenang saja, untuk pemula, CekAja telah merangkum beberapa aplikasi saham terpercaya 2021 berikut ini yang bisa menjadi pilihan kamu!

5 Aplikasi Saham Terpercaya 2021, Untuk Investasi Keuangan di Masa Depan!

Menyadari pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan, sebagian masyarakat Indonesia belakangan ini mulai menggunakan investasi demi melancarkan keuangan di masa depan.

Terlebih, di zaman yang sudah modern seperti ini, menggunakan investasi bukan lagi hal yang sulit. Sehingga, masyarakat bisa dengan mudah menggunakan aplikasi investasi secara online.

Sebelumnya, jika kamu masih awam dalam kata investasi, investasi sendiri merupakan aktivitas menempatkan modal dengan harapan pemodal kelak akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan ini baru bisa didapatkan investor dalam kurun waktu tertentu. Nah, untuk pemula, kamu perlu memperhatikan aplikasi investasi yang akan digunakan sudah terjamin keamananya.

Jenis-jenis Investasi

Sebelum memulai investasi, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis investasi apa yang akan kamu gunakan.

Sebab, produk investasi ada banyak ragamnya. Dimana, setiap jenis investasi memiliki pengertian dan cara penggunaan yang berbeda.

Agar lebih mudah dalam menentukan jenis investasi yang akan digunakan, kamu bisa menyimak beberapa jenis investasi berikut ini:

Deposito

Jenis investasi pertama yaitu deposito. Deposito ini belakangan banyak digemari oleh gen milenial untuk pilihan investasi mereka. Sebab, risiko yang dimiliki sangat kecil.

Secara prinsip, deposito hampir mirip dengan menabung. Dimana, kamu akan menyimpan uang di perbankan, tetapi jumlah ketika dikembalikan akan lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah dana yang kamu setor sebelumnya.

Salah satu syarat dalam melakukan investasi deposito adalah waktu penarikan dana. Sistem penarikan dana hanya dilakukan pada waktu yang telah disepakati.

Kamu bisa menentukan sendiri besaran dana yang perlu ditabung serta lama jangka waktu dalam menabung di deposito.

Jumlah keuntungan akan berbeda pada tiap bank. Tergantung dari besaran dana yang akan disetorkan. Semakin tinggi setoran maka suku bunga yang di dapat juga akan semakin tinggi.

Emas

Salah satu jenis investasi yang banyak digemari oleh milenial adalah emas. Hal ini dikarenakan risiko yang dimiliki cukup rendah, serta tahan terhadap inflasi.

Emas juga cenderung memiliki nilai yang stabil, bahkan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Investasi emas bisa dalam bentuk perhiasan atau emas murni.

Alasan lain yang menyebabkan emas menjadi salah satu jenis investasi yang saat ini banyak digunakan masyarakat adalah, karena bisa dengan mudah dijual jika sewaktu-waktu membutuhkan dana secara mendesak.

Properti

Properti menjadi salah satu jenis investasi yang selalu mengalami kenaikan harga dari tahun ketahun.

Risiko kerugian yang dimiliki jenis investasi ini juga terbilang kecil dan bahkan bisa dikatakan tahan terhadap inflasi.

Tetapi, meski akan mendapatkan keuntungan yang besar dan berkali lipat dibandingkan harga awal. Satu hal yang perlu diketahui, bahwa investasi properti membutuhkan modal yang besar, serta cost perawatan yang tidak sedikit.

Reksadana

Jenis investasi reksadana mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Jenis investasi ini dilakukan dengan menggunakan aset manajemen.

Dimana, investor akan mengumpulkan atau menyerahkan sejumlah dana, kemudian dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi atau perusahaan investasi.

Menggunakan manajer investasi yang berpengalaman, maka risiko yang akan ditanggung juga lebih kecil.

Saham

Terakhir, jenis investasi selanjutnya adalah saham. Saham menjadi jenis investasi yang paling banyak peminatnya.

Memiliki potensi mendapatkan keuntungan yang tinggi, menjadi alasan banyak orang memilih saham sebagai tempat investasi.

Keuntungan yang tinggi ini seiring dengan risiko yang ditanggung. Saham menjadi produk investasi dengan risiko yang lebih tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya.

Dalam melakukan investasi saham, para investor dibebaskan untuk mengelola semua kegiatannya sendiri. Seperti dana, instrumen yang akan dibeli, serta waktu instrumen akan dijual.

Kebebasan dalam mengelola, ditambah harga yang cukup fluktuatif-lah yang menyebabkan saham memiliki risiko yang cukup tinggi.

(Baca Juga: Daftar Investasi Bodong Terbaru 2021)

Aplikasi Saham Terpercaya 2021

Memiliki keuntungan yang tinggi, tentu membuat kamu tertarik untuk memilih saham sebagai produk investasi yang akan digunakan.

Sebelum memulai investasi saham, kamu perlu teliti dalam memilih aplikasi saham yang akan digunakan.

Jangan sampai, keuntungan yang diharapkan, mahal berujung menjadi rugi akibat salah memilih aplikasi saham.

Berikut ini CekAja telah merangkum beberapa aplikasi saham terpercaya 2021 yang bisa kamu gunakan.

1. IPOT

Indo Premier Online Technology atau IPOT, merupakan salah satu aplikasi saham terpercaya 2021 yang banyak digunakan oleh para milenial, dan juga bisa kamu gunakan.

Sekuritas ini telah mendapatkan izin dari OJK dengan nomor KEP-11/PM.PPE/1996, sehingga sudah pasti aman untuk digunakan.

Banyaknya pengguna aplikasi IPOT, dikarenakan fitur-fitur unggulan yang tersedia di dalamnya. Salah satunya yaitu fitur Robo Trading dan Fund Evaluator.

Dimana, fitur tersebut hadir untuk menjalankan instruksi order jual dan beli pada saham dengan harga yang sudah ditentukan oleh investor.

Sehingga, sebagai investor, kamu tidak akan kehilangan momen dalam transaksi saham dengan harga yang telah diharapkan.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak hanya untuk investasi saham saja, IPOT juga bisa digunakan untuk investasi reksadana dan Exchange Traded Fund (ETF).

2. Bibit

Aplikasi saham terpercaya 2021 selanjutnya adalah Bibit. Generasi milenial mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini.

Apalagi, iklan Bibit yang menyongsong bebagai publik figur dalam iklannya, tentu membuat banyak orang tahu terkait aplikasi saham satu ini.

Wajar jika Bibit menjadi salah satu aplikasi investasi yang populer. Sebab, baik pemula maupun profesional bisa dengan mudah melakukan investasi melalui aplikasi ini.

Hal ini dikarenakan adanya Robo Advisor, yang berfungsi sebagai asisten dalam menentukan investasi dana kamu, serta memudahkan kamu dalam beradaptasi dengan aplikasi Bibit.

Untuk pilihan investasi, Bibit juga tidak tanggung-tanggung. Selain saham, terdapat beragam pilihan lainnya, seperti reksadana, obligasi, hingga pasar uang.

Bibit juga sudah terjamin keamananya, sebab sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Bareksa

Bareksa menjadi salah satu aplikasi investasi saham yang praktis. Di aplikasi ini, kamu juga bisa melihat simulasi pergerakan dan adan perkiraan untung dan rugi yang akan didapatkan.

Sehingga, tidak heran aplikasi Bareksa banyak di gandrungi. Apalagi, aplikasi ini juga sudah mendapatkan pengawasan dari OJK.

Berdiri sejak 2013, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan instrumen investasi, mulai dari reksadana, emas, umroh, dan sebagainya.

4. Stockbit

Berawal dari sebuah forum untuk bertukar informasi bagi para investor. Tidak hanya itu, forum ini juga mampu mempengaruhi pergerakan harga di pasar modal. Hingga akhirnya, forum ini semakin berkembang dan menjadi sebuah aplikasi investasi saham.

Aplikasi Stockbit tentu sangat memudahkan bagi investor pemula yang baru terjun ke dunia saham. Sebab, kamu bisa berdiskusi, menganalisis dan trading saham bersama rekan lainnya.

Meski dalam saham tidak bisa akurat 100%, tetapi informasi yang kamu dapat bisa dianalisis sebelum akhirnya memutuskan melakukan sebuah transaksi.

5. Ajaib

Aplikasi saham terpercaya 2021 terakhir yang akan dibahas adalah Ajaib. Ajaib juga merupakan salah satu aplikasi investasi saham yang cukup hits belakangan ini.

Bagaimana tidak hits, aplikasi yang cocok bagi investor pemula ini akan merekomendasikan berbagai produk yang sesuai dengan kondisi finansial kamu.

Selain itu, untuk para investor, aplikasi ini juga memungkinkan untuk memulai investasi dengan modal minimum Rp0.

Untuk keamanan, aplikasi ini aman untuk digunakan, sebab, sudah mendapatkan izin dari OJK dan juga Indonesia Stock Exchange (IDX).

(Baca Juga: Jenis-jenis Tabungan di Indonesia yang Dapat Dipilih Sebagai Sarana Investasi)

Nah, itu dia beberapa aplikasi saham terpercaya 2021 yang bisa kamu gunakan. Bagaimana, kira-kira aplikasi mana yang akan kamu gunakan untuk memulai investasi?

Apapun aplikasinya, pastikan selalu hati-hati dalam memulai investasi saham. Sebab, terjadinya fluktuasi harga bisa terjadi.

Sebelum melakukan investasi saham, pastikan dana yang kamu gunakan adalah ‘uang dingin’ yang bukan merupakan uang sehari-hari.

Pastikan juga kamu memiliki dana darurat sebelumnya, untuk menghindari kejadian hal-hal tidak terduga.

Dana darurat tersebut, bisa kamu siapkan dengan cara menabung. Selain untuk dana darurat, ternyata menabung juga bisa menjadi bentuk investasi yang paling aman dari risiko.

Membuka rekening tabungan saat ini sangat mudah. Bahkan kamu bisa melakukannya tanpa keluar rumah, atau secara online, melalui CekAja.com.

Proses pengajuannya pun cukup praktis, mudah, dan juga cepat. Apalagi, CekAja.com sudah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK, jadi sudah pasti pelayanannya aman digunakan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan tabungan sekarang juga!