6 Daftar Komunitas Peduli Lingkungan Untuk Kamu yang Ingin Berkontribusi Menjaga Bumi

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Kamu tertarik dengan isu lingkungan dan ingin turut berkontribusi untuk membuat bumi menjadi lebih baik? Coba saja bergabung saja ke beberapa daftar komunitas peduli lingkungan yang akan kita bahas kali ini.

Ketika kita berbicara tentang permasalahan lingkungan, sepertinya memang tak pernah ada habisnya.

Mulai dari permasalahan plastik, penggundulan hutan, hingga perubahan iklim seakan menjadi sebuah permasalahan yang terus menghantui kita.

Kondisi bumi yang semakin buruk tentunya berdampak ke berbagai aspek, termasuk nasib dari makhluk hidup yang tinggal di dalamnya, tak terkecuali manusia.

Apa yang akan terjadi apabila bumi sudah tidak memungkinkan untuk ditinggali? Melihat bahwa sejauh ini belum ada peneliti dan ilmuwan yang berhasil menemukan planet lainnya di tata surya yang layak menjadi tempat tinggal, besar kemungkinannya makhluk hidup yang saat ini tinggal di bumi menjadi musnah.

Namun kabar baiknya, sepertinya semakin kesini sudah semakin banyak orang yang memiliki tingkat kepedulian tinggi untuk bisa membuat bumi menjadi lebih “baik”, dan menjadi dasar dari munculnya istilah “Green Life” atau “Go Green”.

(Baca Juga: 5 Negara Penghasil Sampah Plastik Terbanyak di Dunia)

Akan tetapi, jumlah orang-orang yang peduli dengan lingkungan ini dapat dikatakan juga relatif masih “kalah” banyak, apabila dibandingkan dengan orang-orang yang belum memiliki rasa kepedulian.

Oleh karena itu, walaupun ada ungkapan “mulailah dari diri sendiri”, menyelesaikan masalah sebesar isu lingkungan tentunya akan terasa sulit apabila dilakukan sendiri, bukan?

Karenanya, apabila kamu salah satu yang peduli dengan isu lingkungan dan ingin turut berkontribusi, saat ini sudah terdapat sejumlah daftar komunitas peduli lingkungan yang bisa kamu pertimbangkan untuk bergabung.

Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama mengenai daftar komunitas peduli lingkungan di Indonesia yang selalu terbuka dengan anggota baru.

Daftar Komunitas Peduli Lingkungan

Berikut beberapa daftar komunitas peduli lingkungan yang selalu terbuka untuk anggota baru yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk bergabung, yaitu adalah:

1. World Wildlife Fund (WWF) Indonesia

WWF merupakan salah satu organisasi lingkungan terbesar di dunia. Telah berdiri sejak tahun 1961 dan berkantor pusat di Gland, Swiss, organisasi satu ini juga sudah berada di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.

Sesuai dengan namanya, salah satu dari daftar komunitas peduli lingkungan ini dibentuk dengan tujuan untuk melestarikan alam serta mengurangi ancaman paling mendesak terhadap keanekaragaman kehidupan di bumi, seperti perlindungan satwa yang terancam punah.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi dalam melindungi lingkungan bersama WWF, mulai dari menjadi donatur hingga turun langsung ke lapangan sebagai relawan.
Seluruh dana yang kamu donasikan melalui WWF bersifat transparan. Dalam arti, kamu akan mendapatkan laporan per bulan mengenai perginya donasi yang telah kamu berikan secara ringkas.

Sementara itu, di bawah payung besar WWF, terdapat pula dua komunitas yang bisa kamu pilih berdasarkan minat, yaitu Marine Buddies dan Earth Hour.

Apabila Marine Buddies lebih fokus pada perlindungan laut, maka Earth Hour lebih fokus kepada kampanye perubahan iklim, yaitu dengan program tahunan mereka dimana mengajak seluruh masyarakat dunia untuk mematikan lampu selama 1 jam, yang diadakan setiap hari Sabtu, di minggu terakhir bulan Maret.

Meski begitu, Earth Hour juga turut mengkampanyekan berbagai aktivitas yang bersifat perlindungan lingkungan di luar program utama mereka, seperti penanaman pohon dan kampanye anti plastik.

Ingin aktif menjadi relawan atau aktif berdonasi sebagai bentuk dukungan? Kamu bisa segera melakukan pendaftaran di website official WWF di https://www.wwf.id/

2. Greenpeace Indonesia

Daftar komunitas peduli lingkungan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk bergabung adalah Greenpeace, yang serupa dengan WWF, yaitu telah tersebar di berbagai negara di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Akan tetapi, apabila WWF juga turut memiliki gerakan dalam melindungi satwa, Greenpeace justru terfokus pada isu lingkungan, seperti pembakaran hutan, polusi udara, sampah plastik, lautan, perubahan iklim, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa hampir seluruh aktivitas atau gerakan yang dilakukan oleh Greenpeace didanai dari hasil kontribusi individu dari seluruh dunia.

Melihat hal tersebut, sepertinya saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang semakin waspada dengan pentingnya isu lingkungan dan dampaknya terhadap kehidupan kita di masa yang akan datang.

Dalam melakukan gerakan dan kampanyenya, khususnya di Indonesia, tim di dalam payung besar Greenpeace terbagi menjadi sejumlah kategori, seperti Ocean Defender yang lebih fokus pada kelautan, Tim Cegah Api yang fokus pada pembakaran hutan, hingga Greenpeace Youth yang digerakkan oleh para generasi muda yang turut ingin ikut berkontribusi.

Jika kamu memiliki keinginan kuat untuk berkontribusi, kamu juga bisa bergabung kok, baik itu menjadi donatur maupun relawan yang akan turun langsung ke lapangan.

Cukup kunjungi website official mereka di https://www.greenpeace.org/indonesia/ dan pilihlah bentuk kontribusi seperti apa yang kamu inginkan. Mudah banget kan!

3. Zero Waste Indonesia

Daftar komunitas peduli lingkungan yang bisa kamu ikuti selanjutnya adalah Zero Waste, yang merupakan sebuah komunitas berbasis online pertama di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, komunitas ini mencanangkan gaya hidup ramah lingkungan, yaitu dengan memberikan solusi-solusi dalam meminimalisir produksi sampah, sebagai bentuk upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Di dalam kampanye yang digerakkan, mereka mengimplementasikan 5R, yaitu Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Replant, dalam memberikan pedoman bagi masyarakat luas mengenai cara-cara apa saja yang dapat dilakukan demi menjaga bumi agar tetap dalam kondisi sehat.

Bahkan melalui website official mereka, kamu juga bisa membeli berbagai jenis barang-barang ramah lingkungan untuk mendukung kegiatan sehari-hari lho, mulai dari sikat gigi, lunch bag, bathroom kit, foldable lunch box, dan masih banyak lagi, yang mana tentunya dengan harga yang relatif terjangkau.

Jika ingin bergabung menjadi bagian dari salah satu daftar komunitas peduli lingkungan ini, kamu bisa mengunjungi website official mereka di https://zerowaste.id/.

4. Diet Kantong Plastik

Sesuai dengan namanya, Diet Kantong Plastik merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara luas akan dampak bahaya yang bisa disebabkan oleh kantong plastik di kehidupan bermasyarakat serta efek samping terhadap bumi.

Namun, dilansir dari website resmi mereka, kampanye yang digerakkan ini bukan berarti melarang penggunaan kantong plastik secara penuh.

Karena, hal tersebut bisa memberikan dampak sosial dan ekonomi di berbagai aspek. Meski begitu, masyarakat tetap diharuskan menggunakan plastik itu sendiri dengan bijak, guna meminimalisir risiko dan dampak buruk di masa yang akan datang.

Salah satu daftar komunitas peduli lingkungan ini digerakkan oleh para generasi muda yang ingin berkontribusi secara langsung dalam menjaga bumi menjadi lebih baik lagi.

Bahkan, kamu pun juga bisa bergabung lho, yaitu dengan mengunjungi situs resmi mereka di https://dietkantongplastik.info/, dan pilihlah bentuk kontribusi seperti apa yang kamu inginkan, apakah itu menjadi relawan ataupun menjadi donatur.

5. Youth for Climate Change Indonesia (YFCC Indonesia)

YFCC Indonesia merupakan salah satu daftar komunitas peduli lingkungan yang bergerak di bidang mitigasi perubahan iklim.

Sungguh membanggakan, melihat bahwa komunitas satu ini memang diperuntukan bagi para generasi muda di seluruh Indonesia mulai dari usia 17 hingga 30 tahun yang menunjukan bahwa sudah semakin banyak masyarakat yang turut peduli dengan lingkungan beserta dampaknya di masa yang akan datang apabila tidak segera kita lindungi sejak dini.

Di dalam pergerakannya, YFCC Indonesia menitikberatkan pada edukasi guna menumbuhkan kesadaran dalam melakukan upaya adaptasi dan mitigasi bencana perubahan iklim, yaitu dimulai dari gaya hidup sehari-hari.

Bagi yang ingin bergabung, segera kunjungi saja akun instagram mereka di @yfccindonesia, sekaligus melihat aksi-aksi apa saja yang sudah mereka lakukan.

Lumayan banget kan! Kalian tak hanya turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan, melainkan juga menjalin relasi dengan sesama relawan lainnya.

6. 350.org

Nah, daftar komunitas peduli lingkungan yang terakhir akan kita bahas adalah 350.org, yang begitu gencar mengajak masyarakat untuk berhenti menggunakan energi fosil dan menggantinya dengan energi terbarukan.

Telah memiliki jaringan di lebih dari 188 negara, sudah cukup banyak aksi-aksi yang dilakukan oleh para aktivisnya lho, seperti mengkampanyekan “Fossil Free”, yang merupakan gerakan untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil, Global Work Party, yang merupakan gerakan menanam pohon dan instalasi panel surya, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik dengan isu perubahan iklim dan ingin turut berkontribusi, bergabung ke salah satu daftar komunitas peduli lingkungan satu ini bisa dijadikan pilihan, yaitu dengan mengunjungi website official mereka di https://world.350.org/id/.

Jadi, itulah beberapa daftar komunitas peduli lingkungan yang bisa dijadikan solusi bagi kamu yang ingin turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan menjadi lebih baik.

Belum memiliki waktu untuk bergabung di komunitas, kamu tetap bisa berkontribusi kok! Salah satunya seperti membangun bisnis yang menjual beraneka ragam barang-barang ramah lingkungan, seperti masker kain, tote bag, tumblr, sikat gigi bambu, hingga peralatan mandi organik, untuk mengajak masyarakat turut peduli terhadap lingkungan.

(Baca Juga: 8 Kemasan Ramah Lingkungan)

Hanya saja, membangun bisnis tentunya membutuhkan modal untuk bisa menjalankannya, bukan?

Nah, jika kamu masih terkendala dengan modal, tak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa mengajukannya di CekAja.com.

Selain seluruh proses pengajuan yang dilakukan secara online, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa memilih jumlah cicilan dan tenor yang diinginkan lho.

Sehingga kamu tak perlu khawatir lagi dengan cicilan, karena dapat disesuaikan dengan kemampuan kamu dalam membayar.

Jadi, yuk turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan membangun bisnis produk ramah lingkungan. Modalnya? Pinjam saja di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha