10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas Apalagi Masih Mentah!

Setidaknya, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas, meski kulkas bisa membuat makanan, menjadi lebih segar.

Pariwara

Bukannya kulkas bisa membuat makanan termasuk buah, menjadi lebih awet dan segar? Betul, tapi tidak dengan 10 jenis buah ini!

Pasalnya, bukan hanya karena kesegaran dan keawetannya, tapi beberapa jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas ini, bisa memberi efek negatif, karena udara dinginnya.

Maka dari itu, tidak semua buah bisa tahan lama, ketika dimasukan ke kulkas. Seperti gampang lembek, gampang busuk, jadi sulit matang, dan lain-lain. Bahkan, rasanya juga menjadi kurang enak.

Selain untuk buah itu sendiri, beberapa jenis buah yang disimpan di kulkas, ternyata juga bisa memberikan efek buruk pada makanan lain di kulkas.

(Baca Juga: 10 Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas)

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar buah yang tidak boleh dimasukan ke kulkas.

10 Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

1. Pisang

Buah yang tidak boleh dimasukan ke kulkas, yang pertama adalah buah pisang. Pisang merupakan salah satu jenis buah tropis, yang sulit untuk matang, di udara dingin.

Sehingga, jika kamu menyimpan buah pisang mentah ke kulkas, adalah hal yang salah. Jikalau pun kamu memasukan pisang matang, maka pisang akan lebih mudah busuk.

Hal tersebut dikarenakan, kelembapan kulkas malah membuat buah pisang cepat busuk, dan akan mengalami perubahan warna.

Kondisi perubahan warna ini disebabkan melambatnya aliran udara pada buah pisang, yang belum dikupas.

Sehingga buah pisang, menjadi cepat membusuk, hingga membuat rasanya tidak lezat, dan kandungan vitamin C nya juga akan hilang.

Intinya, buah-buahan yang tumbuh di negara tropis, biasanya sangat sensitif terhadap suhu dingin, seperti suhu kulkas.

2. Melon

Melon juga termasuk salah satu jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Selain akan menghilangkan kandungan antioksidannya, menyimpan melon utuh di kulkas, juga akan memakan tempat.

Jika kamu ingin menyimpan buah melon di kulkas, diusahakan dikupas terlebih dahulu, memotongnya menjadi beberapa bagian, dan menyimpannya dalam wadah tertutup.

Hal tersebut dilakukan, agar kandungan vitamin dan zat baik lainnya, yang terdapat pada melon, tidak hilang ketika dikonsumsi.

3. Semangka

Sama halnya dengan melon, semangka juga menjadi jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Semangka yang dikenal dengan buah tinggi kandungan air ini, memiliki kandungan anti kanker yang disebut likopen.

Likopen yang terkandung dalam semangka, kadarnya bisa meningkat hingga 40 persen, jika diletakkan di suhu ruangan.

Informasi yang dimuat Journal of Nutrition ini, juga mengatakan bahwa kandungan asam amino arginine, juga akan bertambah banyak jika semangka disimpan di suhu ruang.

Jadi, nutrisi semangka akan lebih baik jika disimpan di suhu ruangan, bukan di suhu dingin seperti di dalam kulkas.

4. Buah Persik

Buah yang memiliki bulu halus di permukaan kulitnya ini, juga menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas loh.

Terlebih, jika buah masih dalam keadaan setengah matang, atau dalam proses kematangan.

Selain itu, agar buah persik bertahan lama, usahakan untuk tidak disimpan di kulkas. Suhu dingin kulkas juga akan mempengaruhi rasa persik yang dihasilkan.

Buat kamu yang sudah pernah makan buah persik, tentu sudah tahu jika buah ini akan lebih nikmat dimakan dengan suhu normal.

Pasalnya, udara dingin kulkas, akan membuat buah persik yang belum matang, akan kehilangan ciri khas rasa berupa rasa kering seperti tepung cokelat.

Jadi, jika ingin menyimpannya di kulkas, lebih baik simpan setelah kamu yakin, bahwa buah tersebut sudah matang, sama seperti alpukat.

5. Tomat

Buah yang sering masuk ke dalam jenis sayur ini, juga termasuk ke dalam buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Kenapa?

Lagi-lagi, alasannya sama, yakni bisa menghambat proses kematangan dan akan membuat teksturnya menjadi lebih lembek.

Bahkan, ada sebuah penelitian dari University of Florida, yang telah membuktikan tentang hal ini.

Adapun, penelitian tersebut melibatkan lebih dari 25000 tomat, yang dibagi menjadi dua jenis.

Di sana, mereka meneliti apakah perbedaan antara tomat yang tidak disimpan di kulkas, dengan yang disimpan di kulkas, dan selanjutnya mengembalikannya pada suhu ruangan.

Nah, tahukah kamu, hasil penelitian mengatakan bahwa, mendinginkan tomat ternyata berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen, terutama yang menghasilkan enzim, yang membuat tomat menjadi manis dan aroma yang segar.

6. Alpukat Mentah

Alpukat termasuk buah yang tidak bisa matang, ketika berada di suhu dingin. Sehingga, alpukat merupakan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas, kecuali sudah benar-benar matang.

Memang tak bisa dipungkiri, jika sebagian besar buah-buahan, akan lebih lezat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tetapi tidak untuk alpukat mentah.

Pasalnya, alpukat mentah yang dimasukkan ke kulkas, proses kematangannya akan berjalan lebih lambat. Sehingga, kamu pun jadi lebih lama menunggu matang untuk bisa mengkonsumsinya.

7. Jeruk

Buah jeruk dan jenis buah citrus lainnya seperti jeruk limau, lemon, dan jeruk nipis, sebaiknya disimpan di suhu ruang. Karena jeruk, masuk ke dalam jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas.

Pasalnya, buah jeruk terutama bagian kulitnya akan mengering dan mengeras jika disimpan di suhu dingin. Hal tersebut terjadi, karena kandungan air di dalam kulit jeruk akan menyusut, begitupun pada bagian dalam buah jeruk.

8. Pepaya

Pepaya juga masuk ke dalam jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas, terutama yang masih mentah.

Alasannya sama, pepaya yang belum terlalu matang, jika disimpan di dalam kulkas, tekstur buah akan menjadi kering dan tak enak.

Hal tersebut terjadi, karena suhu dingin menghambat proses pematangan pepaya. JIka ingin menyimpannya di kulkas, pastikan simpan pepaya yang sudah matang.

9. Beri

Kamu pecinta buah beri karena memiliki kandungan yang baik? Sebaiknya, jangan masukkan ke kulkas, agar buah ini kualitasnya tetap maksimal.

Setelah dibeli, usahakan simpan dalam suhu ruangan, agar kandungannya masih bagus. Namun, buah beri juga tidak bisa tahan lama berada di suhu ruangan.

Buah beri hanya bertahan 1-2 hari saja, dan jika tidak habis dikonsumsi, buah beri boleh dimasukkan ke dalam kulkas.

10. Mangga

Jenis buah yang tidak boleh disimpan dalam kulkas, yang terakhir adalah buah mangga. Mengapa? Ternyata dengan kamu menaruh buah mangga di dalam kulkas, akan merusak tekstur mangga.

Tidak hanya tekstur, rasa manis buah mangga akan berubah menjadi tawar. Namun jika kamu tetap ingin menyimpannya di kulkas, dengan alasan lebih enak, maka disarankan ditutup dengan plastik wrap.

Hal tersebut dilakukan, agar buah mangga terbebas dari aroma dan udara yang ada di dalam kulkas.

(Baca Juga: 15 Daftar Penjual Sayur dan Buah Online Terlengkap)

Nah, itu dia beberapa daftar buah yang tidak boleh disimpan di kulkas, karena berbagai alasan.

Tanpa dimasukan ke kulkas, buah tetap nikmat kok, dan nutrisinya akan tetap utuh tanpa berkurang akibat suhu dingin.

Nah, buat kamu yang mau beli buah-buahan segar yang langsung dari kebunnya, tanpa masuk ke lemari pendingin, seperti supermarket, sekarang bisa loh!

Pasalnya, kini sudah banyak platform penjual buah dan sayur online, di mana buah-buahannya diambil langsung dari petani.

Jadi dipastikan fresh dan tentunya lebih murah. Daftar platform penjual buah dan sayur online tersebut seperti sayurbox, Tanihub, Brambang, Bogorveggies, dan masih banyak lagi.

Dengan belanja buah di online, kamu juga bisa meminimalisir kegiatan tatap muka, seperti jika datang langsung ke supermarket atau pasar.

Selain lebih praktis, kamu juga bisa lebih untung, jika berbelanja pakai kartu kredit.

Pasalnya, selain tentunya lebih praktis, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan diskon, cashback, rewards, hingga cicilan nol persen.

Yuk, Ajukan Kartu Kredit Terbaik Hanya di CekAja.com!

Mau belanja dengan mudah dan praktis sekaligus dapat untung? Yuk, yang belum memiliki kartu kredit, bisa langsung mengajukan secara online, hanya di CekAja.com.

Di CekAja.com juga banyak tersedia produk kartu kredit terbaik, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs CekAja.com, dan pilih kartu kredit terbaik pilihanmu, untuk membeli buah dan sayur segar secara online!

Pariwara