Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mudah Dilakukan, 6 Ide Unik Ini Bisa Jadi Resolusi 2018

by Tisyrin N. T on 27 Desember, 2017

Membuat daftar resolusi menjelang tahun baru adalah hal yang seringkali kita lakukan setiap tahunnya, termasuk dalam hal finansial.

Apa resolusi finansial kita? Resolusi seperti memiliki rumah, beli mobil, hingga berlibur ke luar negeri mungkin sudah biasa. Untuk menghadapi tahun 2018, cobalah membuat resolusi yang lain dari biasanya. Mulailah dengan membuat resolusi yang terlihat sederhana tetapi punya banyak manfaat.

Ini dia beberapa resolusi unik yang memiliki dampak positif untuk masa depan kondisi finansial kita:

Menerapkan hari tanpa pengeluaran

Hari tanpa pengeluaran? Maksudnya adalah mendedikasikan satu hari khusus tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Mungkin mendengar ide ini akan membuat kita berpikir itu adalah hal yang tidak mungkin. Bagaimana bisa hidup tanpa mengeluarkan uang apalagi di kota besar?

Namun, tidak ada yang tidak mungkin. Kita bisa menjalani satu hari tanpa pengeluaran sebulan sekali atau beberapa bulan sekali. Pilihlah salah hari di akhir pekan agar mudah dalam menjalankannya.

Gunakan satu hari tersebut untuk beristirahat di rumah, memasak dengan menggunakan bahan yang ada di kulkas, membaca buku yang belum terbaca, serta menonton televisi. (Baca juga: Liburan Akhir Tahun Jadi Lebih Hemat dan Aman dengan Cara Ini)

Hal semacam itu akan mengajarkan untuk hidup sederhana mulai dari tidak membeli sesuatu yang tidak diperlukan, memanfaatkan yang sudah ada, serta menghemat dana dan tenaga. Jika biasanya hari libur di akhir pekan digunakan untuk pergi ke mal lalu berujung pada jajan atau membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, kali ini dedikasikanlah satu hari khusus untuk menjaga isi kantong.

Menjual barang-barang bekas

Rumah semakin hari terasa semakin penuh? Cobalah luangkan waktu secara rutin di tahun depan untuk bersih-bersih rumah secara total dan memilah barang bekas.

Tumpukan koran bekas bisa dijual ke tukang loak, begitu juga barang-barang lain seperti botol-botol bekas, hingga rongsokan besi. Sementara baju-baju atau barang fashion lainnya yang masih dalam kondisi bagus bisa dijual sebagai barang preloved. Buatlah akun di online marketplace yang fokus pada pemasaran barang-barang preloved.

Kendaraan yang jarang dipakai lebih baik dijual dan hasilnya untuk membeli sesuatu yang lebih bermanfaat atau bisa mengalihkannya untuk investasi. Pasanglah iklan di situs jual beli online yang tepat.

Liburan ke tempat impian dengan uang hasil bisnis sampingan

Jika bisnis sampingan yang telah dijalani sepanjang tahun ini masih kurang memuaskan hasilnya, maka agar lebih bersemangat, buatlah resolusi finansial untuk tahun depan berupa liburan dengan uang dari hasil bisnis sampingan. Tentukan lokasi liburan yang spesifik sesuai impian dan estimasi bujetnya.

Hal ini akan menjadi penyemangat untuk mengejar keuntungan yang lumayan dari bisnis sampingan. Jangan pantang menyerah untuk terus belajar memaksimalkan hasil dari bisnis sampingan. (Baca juga: Pekerjaan Sampingan yang Cocok Bagi Karyawan Sibuk)

Mengunduh aplikasi pencatat keuangan dan menggunakannya

Unduhlah salah satu aplikasi keuangan misalnya aplikasi pencatat pengeluaran dan gunakanlah. Aplikasi ini akan sangat membantu dalam mengontrol pengeluaran dan melakukan evaluasi pengeluaran. Kita pun akan lebih mudah membenahi kondisi finansial yang berantakan dengan adanya catatan keuangan yang lengkap.

Menyimpan nota pengeluaran

Simpanlah semua nota pengeluaran. Untuk apa menyimpannya? Agar dapat mempermudah dalam mencatat dan mengontrol pengeluaran. Selain itu juga memudahkan untuk menyusun anggaran ke depan.

Menyimpan seluruh nota pengeluaran dalam bentuk fisik tentu akan merepotkan. Kita bisa menyimpan dalam bentuk digital dengan cara memotretnya menggunakan ponsel. Rapikan dalam folder dengan memberi nama folder sesuai bulan pengeluaran. Satukan dengan nota digital lainnya yang didapatkan dari transaksi online.

Mengurangi Rp100 ribu dari jatah pengeluaran untuk belanja bulanan

Berapa jatah pengeluaran untuk belanja bulanan? Cobalah untuk mengurangi jatahnya misalnya sebesar Rp100 ribu. Caranya dengan mengurangi belanja makanan yang kurang sehat seperti mie instan, makanan olahan, atau makanan kalengan. Dijamin, mudah sekali untuk melakukan penghematan sebesar Rp100 ribu atau lebih dari itu.

Dengan memangkas pengeluaran belanja bulanan Rp100 ribu saja, sudah bisa mendapatkan ‘uang nganggur’ Rp1 juta dalam setahun. Lumayan bukan?

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.