Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Langkah Tingkatkan Imunitas Untuk Hadang Corona

by Miftahul Khoer on 4 Maret, 2020

Virus corona yang menjangkit dua WNI di Tanah Air membuat masyarakat cemas. Seperti telah banyak diberitakan bahwa dua orang ini berasal dari Depok, Jawa Barat. Kedua pasien positif corona itu kini tengah dirawat intensif di ruang khusus isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof dr Sulianti Saroso, Jakarta. Dua pasien tersebut merupakan seorang wanita berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun.

meningkatkan imunitas - CekAja.com

Pihak-pihak terkait pun kini mulai menghimbau warganya untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi virus Corona ini.

Salah satunya Ridwan Kamil, seperti dilansir liputan6.com, Gubernur Jawa Barat ini menghimbau warga Jawa Barat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

Serta tidak panik dengan memborong masker terkait dua warga Depok dinyatakan terinfeksi virus Corona.

Nah, untuk mencegah dan berikhtiar agar tubuh kamu tetap sehat dan tetap terjaga dari corona dan penyakit lainnya, kamu sebaiknya fokus melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat imunitas kamu meningkat.

Setiap orang memiliki sistem imun yang berbeda, ada yang kuat dan ada pula yang lemah.

Nah, bagi kamu yang memiliki imunitas rendah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya. Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

(Baca juga: Corona Masuk Indonesia, Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya!)

1. Meditasi

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan imunitas, yakni dengan meditasi. Ketenangan hati selalu berkaitan erat dengan kesehatan tubuh, dengan kamu melakukan meditasi kamu akan menghindari stres.

Ketika kamu tidak stres kamu akan banyak melakukan hal-hal positif dan hal tersebut akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh.

Jika kamu stres, kadar kortisol dan adrenalin akan meningkat dan ini bisa membuat kamu jadi lebih mudah jatuh sakit.

Meluangkan waktu untuk bermeditasi bisa menjadi alternatif untuk menjaga sistem imun, sehingga bisa tetap fit dalam melakukan kegiatan sehari-sehari.

2. Makan teratur

Perihal makan dengan teratur banyak dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal hal tersebut seringkali menjadi penyebab daya tahan tubuh kamu melemah.

Menjaga pola makan adalah salah satu usaha untuk meningkatkan sistem imunitas. Asupan vitamin dan mineral mampu membantu kamu untuk mencegah datangnya penyakit.

Sebaiknya, makanan yang kamu makan itu mengandung antioksidan, vitamin A, C,E dan nutrisi lainnya.

Usahakan juga untuk makan secara teratur sesibuk apapun kegiatan kamu. Apalagi sekarang ini kita memasuki musim penghujan, jadi kamu harus lebih waspada akan kemungkinan serangan penyakit.

3. Perbanyak Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan positif untuk melancarkan peredaran darah. Dengan olahraga juga cara kerja sel-sel sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik.

Kamu tidak perlu berkegiatan yang berat, cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit, atau memperbanyak aktivitas yang berhubungan dengan tubuh kamu agar bisa mengeluarkan keringat.

Selain itu, olahraga tidak hanya membuat kamu lebih bugar dan segar. Dengan berolahraga secara teratur dan rutin, kamu bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, berat badan, serta bisa terlindungi dari penyakit atau virus tertentu.

Olahraga sederhana seperti sit up atau push up ini bisa dilakukan setiap pagi sebelum kamu melakukan aktivitas yang lain.

4. Tidur cukup

Penelitian mengungkapkan kurang tidur dapat membuat kamu gampang stress dan mudah terserang penyakit.

Hal itu disebabkan karena tubuh menghasilkan lebih sedikit antibodi ketika kurang beristirahat.

Saat kekurangan waktu tidur, kamu menjadi mudah stres dan insomnia. Waktu istirahat yang baik ialah delapan jam per harinya.

Dengan kamu cukup tidur, sel-sel dalam tubuh kamu juga akan berjalans ecara baik dan bisa secara cepat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, pola tidur yang baik ini juga selalu berpengaruh terhadap produktivitas kamu dalam bekerja.

Tubuh kamu akan lebih rileks, seperti halnya mesin jika terus-terusan dijalankan akan panas dan cepat rusak, begitupun juga dengan tubuh.

5. Berhenti merokok

Bagi para perokok, segeralah untuk lebih fokus kepada kesehatan kamu. Salah satu langkah sederhana untuk meningkatkan imunitas adalah dengan berhenti merokok.

Langkah ini tentunya akan sangat berarti bagi kamu yang sudah kecanduan merokok.

Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu juga bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan saat berhenti merokok, akan lebih baik jika kebiasaan merokok kamu berhenti total.

Tak bisa dipungkiri bahwa rokok ini kerap menjadi biang penyakit. Sering merokok, baik secara aktif maupun pasif seperti menghirup asap rokok orang lain, terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah.

Dengan begitu, risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan menjadi lebih tinggi. Maka itu mulailah dari sekarang untuk mencintai kesehatan tubuh kamu dan lingkungan sekitar kamu.

(Baca juga: Imbas Corona, IHSG Anjlok, Inflasi Meningkat)

6. Tertawa

Tertawa bisa membantu mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kamu bahagia dan akhirnya meningkatkan imunitas. 

Kebiasaan sehari-hari seperti tertawa ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga menekan hormon kortisol yang membuat kamu stres atau depresi dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Tertawa setiap hari menjadi penting karena bisa membantu mengurangi stres, sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Selain dengan kebiasaan sehari-hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh tersebut.

Menurut penelitian, mulailah untuk membiasakan menonton video lucu di setiap pagi sebelum kau melakukan kegiatan. Hal tersebut dipercaya akan memvibrasi kan hal-hal positif dalam sehari penuh.

Itulah 6 langkah sederhana yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh kamu. Kamu bisa mencobanya mulai dari sekarang. Mulailah secara rutin dan komitmen, agar kamu terhindar dari berbagai penyakit, termasuk virus Corona.

Tapi, jangan takut ya gaes, banyak orang yang kemudian sembuh dan bisa terhindar dari ancaman virus asal Wuhan, Cina ini.

Berdasarkan data worldometers.com, jumlah kasus yang berhasil sembuh dari virus itu di seluruh dunia jauh lebih tinggi dari kasus yang masih aktif yakni 39.663 orang.

Untuk langkah lengkapnya, kamu juga bisa menambahkan fasilitas perlindungan kesehatan untuk keluarga. Akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok dengan kebutuhanmu. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.