7 Cara Buat Giveaway Bisnis Online yang Menarik

Cara buat giveaway bisnis online sepertinya perlu diketahui oleh setiap pemilik online shop, guna meningkatkan followers mereka sekaligus sebagai salah satu strategi marketing untuk mendapatkan pelanggan baru.

Akhir-akhir ini, trend giveaway sepertinya memang sedang tren di kalangan masyarakat Instagram.

Dikarenakan hal itulah, tak ada salahnya jika kamu, sebagai pemilik online shop, turut mengikuti trend yang ada.

(Baca Juga: Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Sistem Pre Order Olshop)

Walaupun sebenarnya istilah “Giveaway” itu sendiri sudah tidak terlalu asing, tetapi terkadang masih ada pemilik online shop yang belum mengetahui atau memiliki informasi cukup mengenai cara buat giveaway bisnis online.

Nah, dikarenakan hal itulah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara buat giveaway bisnis online yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Lantas, bagaimana caranya? Yuk kita simak saja bersama!

Apa itu Giveaway?

Sebelum kita membahas tentang cara buat giveaway bisnis online, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang definisi dari giveaway itu sendiri.

Dilansir dari glints.com, giveaway merupakan sebuah strategi marketing, dimana pemilik online shop akan memberikan hadiah secara gratis kepada orang yang mengikutinya.

Umumnya, para pemilik online shop ini akan memberikan salah satu produk yang mereka jual bagi siapapun yang berhasil memenangkan giveaway tersebut.

Dilihat dari kalimat sebelumnya, maka perlu diketahui bahwa hadiah giveaway tidak semerta-merta diberikan oleh semua orang yang mengikuti giveaway.

Pertama, orang-orang yang ingin mengikuti giveaway diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Barulah setelah itu, pemenang akan ditentukan dengan melalui undian.

Walaupun memberikan hadiah secara gratis, giveaway bukan berarti diadakan hanya untuk membakar uang saja lho.

Sebaliknya, ini merupakan salah satu cara promosi yang dinilai tak kalah efektifnya dibandingkan iklan online.

Mengapa Pengadaan Giveaway itu Penting?

Satu pembahasan lagi yang perlu kamu ketahui sebelum kita mengarah kepada cara buat giveaway bisnis online, yaitu adalah mengapa pengadaan giveaway itu penting?

Bagi para pemilik online shop pemula, mungkin ini merupakan pertanyaan paling mendasar yang akan paling sering diajukan.

Dilansir dari paper.id, giveaway atau pemberian hadiah secara gratis justru menjadi sebuah teknik marketing yang dapat memberikan efek positif bagi brand milikmu, baik itu dari segi awareness, keuntungan, dan juga hal-hal lainnya.

Seiring berjalannya waktu, memang sudah semakin banyak strategi marketing yang bisa kamu lakukan melalui media sosial.

Akan tetapi, Giveaway justru menjadi salah satu yang paling populer, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara.

Mengapa? Sebab ternyata kontes pemberian hadiah gratis ini dianggap cukup efektif, karena mendapatkan lead sebesar 75 persen menurut Google Primer.

Untuk para pemilik online shop, tujuan dari giveaway ini bisa untuk mendapatkan timbal balik, yaitu berupa awareness, keuntungan, promosi barang, dan lainnya.

Sedangkan untuk masyarakat umum, mengikuti giveaway justru dinilai lebih menarik karena sifatnya yang gratis.

Meski tidak berbentuk uang, nyatanya program ini bisa memberikan efek besar bagi sebuah brand di masa kini lho, karena mereka bisa mendapatkan keuntungan berupa email subscriber, awareness, new followers, hingga pelanggan baru.

Cara Buat Giveaway Bisnis Online

Nah, setelah mengetahui tentang definisi dan pentingnya giveaway, sekarang saatnya kita membahas tentang beberapa cara buat giveaway bisnis online.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara buat giveaway bisnis online yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

1. Menentukan Tujuan dari Giveaway

Cara buat giveaway bisnis online yang pertama adalah, dengan menentukan tujuan dari diadakannya giveaway itu sendiri.

Beberapa tujuan yang umumnya menjadi target para pemilik online shop yaitu seperti meningkatkan followers Instagram hingga menghasilkan lebih banyak engagement di postingan.

Pada nantinya, tujuan dari giveaway inilah yang bisa membantu kamu untuk menentukan hadiah yang akan diberikan kepada pemenang.

2. Menentukan Hadiah

Cara buat giveaway bisnis online selanjutnya adalah dengan menentukan hadiah yang akan diberikan.

Nah, menentukan hadiah ini umumnya berhubungan dengan poin pertama, mengenai tujuan dari diadakannya giveaway.

Contohnya, apabila tujuan kamu adalah untuk meningkatkan brand awareness, maka kamu mungkin bisa memberikan hadiah berupa produk tertentu yang berasal dari brand kamu.

Sedangkan jika tujuannya untuk meningkatkan jumlah followers, kamu bisa bekerja sama dengan brand lain untuk membuat hadiah unik dan terbatas, sehingga audiens kamu akan semakin tertarik untuk mengikuti program dan memutuskan untuk mem-follow akun kamu.

Selain berupa produk, layanan juga bisa kamu jadikan sebagai hadiah giveaway lho, misalkan seperti tiket gratis untuk berlibur, kesempatan untuk bertemu dan makan malam bersama artis tertentu, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk memberikan hadiah giveaway yang masih berhubungan dengan bisnis yang tengah kamu jalankan.

Hindari memberikan hadiah yang terlalu mahal dan tidak berhubungan dengan brand, sebab hal tersebut justru berpotensi membuat followers kamu menjadi berkurang ketika acara giveaway berakhir.

3. Menentukan Syarat dan Ketentuan

Cara buat giveaway bisnis online selanjutnya adalah dengan menentukan syarat dan ketentuan yang ingin diberlakukan ketika mengadakan giveaway.

Beberapa hal yang umumnya perlu diketahui oleh audiens terkait penyelenggaraan giveaway diantaranya adalah seperti:

Tenggat waktu yang pasti, kapan giveaway dimulai dan kapan giveaway berakhir. Hal ini dibutuhkan untuk menciptakan rasa urgensi dalam diri setiap audiens untuk berpartisipasi dalam event.

Tentukan dengan jelas mengenai apa yang harus dilakukan oleh audiens ketika mereka sudah mengikuti event, seperti like postingan Instagram, menjawab pertanyaan, memposting foto di feed atau story ketika menggunakan produk kamu, dan lainnya.

Tetapkan waktu pengumuman pemenang sekaligus cara dalam menentukan pemenangnya itu sendiri, entah itu dari penilaian juri, acak, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk memberitahukan kepada audiens mengenai hadiah yang akan mereka dapatkan ketika menjadi pemenang.

Bila perlu, kamu juga bisa melakukan promosi untuk hadiah tersebut. Selalu membuat kriteria dan persyaratan yang jelas untuk peserta yang ingin berpartisipasi.

4. Tentukan Hashtag Campaign Giveaway

Terdengar sepele, namun ternyata membuat hashtag kampanye giveaway sangat penting untuk mencari konten yang dibagikan, mempromosikan, serta melakukan analisis terhadap kesuksesan dari kampanye itu sendiri.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat hashtag, yaitu kamu bisa mencoba untuk membuat tag yang berkaitan dengan produk, layanan, bisnis, tema, atau kampanye yang sedang kamu lakukan.

Selain itu, pastikan bahwa hashtag kampanye bersifat eksklusif, mudah dieja, dan tentunya mudah diingat oleh audiens.

Perlu diketahui bahwa hashtag yang menarik dan unik bisa membantu dalam menyebarkan awareness dari program giveaway lho.

5. Pertimbangkan untuk Bekerja Sama dengan Brand Lain

Cara buat giveaway bisnis online selanjutnya adalah dengan mencoba untuk bekerja sama dengan brand lain.

Umumnya, program giveaway yang diselenggarakan oleh lebih dari satu merek dinilai akan menjadi lebih sukses.

Nah, tak salahnya kamu ikut mencobanya. Bekerjasamalah dengan merek lain yang sekiranya bisa saling menguntungkan, baik itu saat menjalankan program maupun setelahnya.

Agar penyelenggaraan giveaway bisa memberikan hasil yang memuaskan, kamu bisa mencoba untuk bekerja sama dengan content creator atau influencer yang sekiranya memiliki karakteristik yang sesuai dengan bisnis kamu.

6. Luncurkan Giveaway dengan Persiapan yang Matang

Cara buat giveaway bisnis online selanjutnya adalah dengan meluncurkan program giveaway dengan persiapan yang matang.

Terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengadakan giveaway, yaitu platform dan promosi.

Media sosial seperti Instagram menjadi salah satu platform giveaway terbaik yang paling sering dijadikan pilihan untuk para pemilik online shop.

Namun selain itu, giveaway juga bisa dilakukan dengan menggunakan website dan tetap memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berpromosi.

Setiap platform umumnya memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai informasi apa yang boleh dan tidak boleh diminta dari para pengguna.

Maka dari itu, sebelum memilih platform yang ingin digunakan, pastikan bahwa kamu mengerti dengan persyaratan yang diminta, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan kedepannya.

7. Promosikan Giveaway

Nah, cara buat giveaway bisnis online yang terakhir akan kita bahas adalah, dengan melakukan promosi mengenai giveaway itu sendiri, untuk bisa memberitahukan kepada audiens secara luas.

Sebaiknya, mempromosikan giveaway dilakukan melalui media sosial dengan menggunakan hashtag yang sudah dibuat sebelumnya dan disertai dengan hashtag yang sedang populer, seperti #contestalert #giveaway, dan lainnya. Hashtag popular ini umumnya bisa kamu cari tahu melalui Instagram.

Butuh Modal Usaha untuk Membangun Online Shop? CekAja.com Saja!

Jadi, itulah beberapa cara buat giveaway bisnis online yang bisa dilakukan. Meskipun bersifat online dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, memiliki bisnis online jelas tetap memerlukan modal untuk memulainya, bukan?

Nah, jika saat ini kamu tengah berencana untuk mencari uang tambahan dengan membangun bisnis online namun belum memiliki modal yang cukup, kamu bisa lho mengajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com.

(Baca Juga: Beda Istilah Pedagang Online Preorder, Dropshiper, dan Reseller yang Perlu Diketahui)

Di sini, kamu bisa memilih jumlah pinjaman dana beserta tenor yang diinginkan. Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dilakukan sepenuhnya secara online, sehingga kamu bisa mengajukan dimanapun dan kapanpun.

Tak hanya itu, dana pinjaman juga bisa langsung cair ke rekening pribadi hanya dalam kurun waktu beberapa hari saja lho, sejak pengajuan pinjaman disetujui.

Bersama CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dengan sangat cepat dan mudah. Ingin membangun bisnis? Segera ajukan pinjaman modal usaha saja di CekAja.com!