7 Obat Alami Ambeien, Sakit Hilang Nyaman Beraktivitas!

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Ambeien sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan tak sedikit dari penderitanya yang mesti menahan rasa sakit ketika penyakit ini kambuh. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat alami ambeien.

Obat Alami Ambeien

Jenis-jenis dari Ambeien

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa saja obat alami ambeien, kamu mesti tahu dulu nih kalau sebenarnya penyakit dengan nama lain hemorrhoid ini terbagi menjadi beberapa jenis.

Penyakit ambeien terjadi akibat pembengkakan pada bagian pembuluh darah di usus besar bagian rektum dan anus. Gejalanya sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis ambeien yang diderita. Tapi secara umum, ada dua jenis ambeien yang biasa diderita, yaitu:

  • Ambeien Dalam

Ambeien dalam atau internal hemorrhoid adalah jenis ambeien yang biasanya terjadi dalam anus, di mana penderitanya tidak akan bisa melihat atau merasakan benjolan yang terbentuk akibat pelebaran pembuluh darah. Jenis ini termasuk yang jarang sekali menimbulkan rasa sakit, dan malahan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan obat alami ambeien.

  • Ambeien Luar

Berbeda dari ambeien dalam, jenis ini justru yang paling menyebabkan rasa sakit. Soalnya, tak sedikit dari penderita ambeien luar yang mengeluhkan rasa sakit di sekitar anus dan bahkan ada yang mengalami BAB berdarah.

Ambeien luar bisa terjadi akibat adanya pembengkakan di sekitar lubang anus. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi obat alami ambeien atau langsung memeriksakan kondisimu ke dokter jika rasa sakit yang diderita sudah tidak tertahankan.

Apa saja Gejala dan Penyebab Ambeien?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala dari ambeien itu berbeda-beda. Tergantung dari jenis ambeien yang diderita. Nah, kalau kamu sudah tahu akan jenis ambeien yang dialami, berarti semestinya kamu sudah tahu akan gejala-gejala dari ambeien itu sendiri, yang mana secara umum gejala ambeien ialah:

  • Mengalami pembengkakan di sekitar anus
  • BAB berdarah dan biasanya berwarna merah terang
  • Nyeri di sekitar anus
  • Sulit untuk duduk, baring dan berdiri
  • Area rektum menjadi gatal dan iritasi

Sementara untuk penyebab ambeien sendiri biasanya karena keseringan duduk dalam waktu lama, kurang mengonsumsi makanan berserat, sembelit kronis, mengalami kenaikan berat badan berlebih, serta terlalu keras mengejan saat BAB.

(Baca Juga: 8 Obat Alami Rematik Paling Sederhana)

Berbagai Pilihan Obat Alami Ambeien

1. Lidah Buaya

lidah buaya - obat alami ambein

Obat alami ambeien yang pertama dan mudah untuk didapat adalah lidah buaya. Tumbuhan dengan nama ilmiah aloe vera ini dipercaya mampu meredakan rasa sakit saat ambeien yang diderita kambuh.

Dengan kandungan anti inflamasinya, lidah buaya dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah sehingga benjolan di sekitar anus pun lama-kelamaan bisa mengempis.

Tidak cuma memiliki zat anti inflamasi, menurut banyaknya sumber yang beredar, obat alami ambeien ini juga mengandung arakuinon, untuk mempermudah sistem kerja usus dalam mengeluarkan kotoran, dan mencegah terjadinya penyumbatan yang menjadi faktor utama penyebab ambeien.

Untuk menjadikan lidah buaya sebagai obat alami ambeien, kamu bisa mengolahnya dengan cara dikonsumsi dalam bentuk jus, mengoleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan pada bagian anus, atau menggunakan produk ekstrak lidah buaya sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa

Tidak hanya digunakan untuk melembabkan kulit saja, minyak kelapa pun sering kali dipakai sebagai obat alami ambeien. Kamu dapat mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang paling terasa sakit dan mengalami pembengkakan.

Ketika kamu menggunakan obat ini, pastikan minyak kelapa yang dipakai adalah minyak kelapa asli atau paling tidak ekstrak minyak kelapa itu sendiri, dan bukan lotion.

3. Bawang putih

Bawang Putih - obat alami ambein

Selain minyak kelapa, bumbu dapur seperti bawang putih juga faktanya bisa diolah menjadi obat alami ambeien. Bawang putih atau dikenal juga dengan nama ilmiahnya allium sativum ini, sangat kaya akan kandungan asam amino, zat anti inflamasi, alliinase peroksidase, dan myrosinase.

Dengan banyaknya kandungan baik yang dimiliki bawang putih, tak heran jika bumbu dapur yang satu ini banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya ambeien. Fungsinya sendiri untuk ambeien adalah melindungi pembuluh darah dan menghancurkan bakteri-bakteri jahat yang ada di usus.

Kalau ingin menjadikan bawang putih sebagai obat alami ambeien, kamu bisa mengolahnya dengan cara menumbuk dua siung bawang putih sampai halus, kemudian oleskan pada benjolan yang terasa sakit di sekitar anus. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya jus guna membunuh bakteri dan virus yang ada dalam tubuh.

4. Akar kangkung

Akar kangkung

Obat alami ambeien berikutnya adalah akar kangkung. Kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, fosfor, dan protein yang terdapat dalam kangkung dipastikan ampuh untuk mengobati ambeien. Jika ingin mengonsumsinya sebagai obat alami ambeien, kamu bisa membersihkan terlebih dulu bagian batang hingga akar kangkung.

Kemudian rebus batang dan akar kangkung tersebut dengan dua gelas air putih dan tunggu sampai air rebusannya berkurang sedikit. Minum air rebusan akar kangkung dalam keadaan hangat dan ulangi cara ini setiap hari sampai rasa perih di bagian anus berkurang.

5. Kulit manggis

Kulit manggis

Enggak cuma bermanfaat untuk kecantikan saja, hebatnya kulit manggis ini banyak digunakan untuk diolah kembali menjadi obat alami ambeien. Soalnya nih dalam satu buah manggis terdapat banyak kandungan baik bagi kesehatan, seperti xanthone yang fungsinya sebagai anti oksidan, alfa mangisitin dan gamma-mangostin yang merupakan turunan dari senyawa xanthone.

Menurut sebuah penelitian yang ada, alfa mangisitin dan gamma-mangostin inilah yang berfungsi untuk mencegah dan menghentikan peradangan dengan cara menghambat laju kerja enzim COX-2, yang diketahui sebagai enzim pemicu peradangan pada tubuh manusia.

Cara mengolah obat alami ambien ini juga hampir serupa dengan akar kangkung, yang mana kulit manggis mesti dikeringkan terlebih dulu kemudian rebus selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Agar hasilnya efektif, minum air rebusan ini setiap hari sampai benjolan di sekitar anus tampak mengempis.

6. Kompres dengan batu es

Kompres dengan batu es

Tidak hanya bisa menggunakan bumbu dapur, kulit buah, atau minyak kelapa saja untuk membuat obat alami ambeien. Kamu pun bisa memanfaatkan batu es yang ada dalam lemari pendingin sebagai obat alami mengatasi ambeien loh.

Sensasi dingin dari batu es ini diketahui bisa membuat ambeien mengecil dan juga memberikan efek dingin yang melegakan. Untuk menjadikan batu es sebagai obat mengatasi ambien, masukkan batu es tersebut ke dalam plastik atau handuk kering. Kemudian diduduki kompresan batu es ini selama kurang lebih 20 menit.

7. Witch hazel

Witch hazel obat ambeien alami

Terakhir, obat alami untuk mengatasi ambeien adalah witch hazel. Tanaman serbaguna yang banyak tumbuh subur di Amerika Utara dan sebagian kawasan Asia ini mengandung tanin, minyak alami, anti oksidan, dan zat anti radang, yang berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada bgaian anus akibat ambeien.

Biasanya, witch hazel yang dipakai sebagai obat alami ambeien sudah berbentuk salep maupun krim dengan kandungan ekstrak witch hazel. Jadi, kamu tak perlu repot lagi mengolahnya sendiri di rumah. Gunakan obat ini sebanyak 1 sampai 6 kali setelah buang air besar dan dianjurkan untuk tidak melebihi dari ketentuan tersebut.

(Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Atasi Penyakit Tipes)

Selain Menggunakan Obat, Ambeien juga Bisa Diatasi dengan Merubah Pola Hidup

Punya riwayat penyakit ambeien itu memang tidak menyenangkan. Pasalnya, penyakit ini bisa saja sewaktu-waktu kambuh dan membuat seluruh aktivitas terganggu, karena kamu enggak bisa duduk, berjalan, maupun berbaring. Benar-benar bikin penderitanya serba salah!

Oleh karena itu, dibutuhkan obat alami untuk mengatasi ambeien. Tapi mengonsumsi obat saja tidak cukup loh, kamu juga mesti merubah pola hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berikut cara mengatasi ambeien seperti yang dilansir dari laman Sehatq.com dan ditinjau oleh dokter Anandika Pawitri:

  • Penuhi konsumsi cairan
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat
  • Gunakan pakaian bahan katun
  • Jangan terlalu lama duduk
  • Jangan mengejan terlalu keras ketika buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet

Lengkapi Perlindungan dengan Asuransi Kesehatan

Melindungi diri dengan obat-obatan ataupun merubah pola gaya hidup agar ambeien tak kembali datang memang penting. Tapi cara seperti ini saja belum cukup, kamu juga bisa menambahkan perlindungan dari luar dengan memiliki asuransi kesehatan.

Selain cakupan proteksinya yang luas, mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga memiliki jaringan rumah sakit yang banyak, asuransi kesehatan dari CekAja.com juga dikenal memiliki bantuan klaim cepat dan juga hemat premi setahun dua bulan.

Di CekAja juga kamu bisa membandingkan dulu produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan. Beberapa produk unggulan dari CekAja untuk kamu yang ingin membeli asuransi kesehatan yaitu Asuransi Cigna, PFI Mega Life, dan Ciputra Life.

Tidak asing lagi bukan dengan produk tersebut? Makanya langsung akses laman CekAja.com dan apply produk asuransi kesehatann yang paling sesuai kebutuhan untuk melindungi kamu dan keluarga.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri