7 Produk Finansial yang Harus Dimiliki Seorang Ayah

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sebagai kepala keluarga, sepertinya perlu mengetahui tentang produk finansial yang harus dimiliki oleh seorang ayah.

Ditambah lagi ketika buah hati telah hadir di dalam kehidupan, kebutuhan ekonomi akan menjadi semakin banyak.

Oleh karena itu, agar kamu tetap bisa memberikan kehidupan terbaik bagi si kecil, bukan hanya mental saja yang perlu dipersiapkan, melainkan juga masalah finansial.

(Baca Juga: Rekomendasi Safe Deposit Box Terbaik)

Ketika sudah menjadi seorang ayah, kita harus mulai bijak dalam mengatur keuangan keluarga.

Nah, jika saat ini kamu masih bingung dalam mengatur keuangan, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah. Yuk disimak bersama!

Produk Finansial yang Harus Dimiliki Seorang Ayah

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah, yaitu adalah:

1. Reksadana

Produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah yang pertama adalah Reksadana, yaitu merupakan salah satu instrumen investasi yang terdiri dari kumpulan dana dari banyak investor.

Pada nantinya, dana yang berasal dari investor ini akan dikelola oleh manajer investasi yang digunakan untuk membeli saham, obligasi, mata uang asing, dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu keunggulan dari investasi reksadana ini adalah, modal awal yang tidak terlalu besar dan tingkat risiko yang relatif cukup rendah.

Bahkan untuk memulai reksadana, kamu hanya cukup mengeluarkan modal awal sebesar ratusan ribu saja lho.

Instrumen investasi satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang, seperti biaya pendidikan anak hingga ke Perguruan Tinggi.

2. Asuransi Pendidikan

Produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah selanjutnya adalah asuransi pendidikan. Perlu diketahui bahwa biaya pendidikan itu sendiri sangatlah besar dan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua.

Tentu setiap orangtua ingin memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya, bukan? Ditambah lagi, biaya pendidikan memang dikenal selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Oleh karena itu, kamu memang harus mulai mempersiapkannya bahkan sejak si kecil masih di dalam kandungan lho.

Nah, salah satu solusi untuk mempermudah kamu dalam mengumpulkan biaya pendidikan adalah, dengan memiliki asuransi pendidikan. Cukup mudah kan!

3. Deposito

Berbicara tentang produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah, maka deposito wajib dimasukkan ke dalam daftar.

Sebenarnya, deposito itu sendiri merupakan salah satu produk finansial yang lebih umum diketahui oleh masyarakat awam dibandingkan dengan reksadana.

Namun biasanya, modal awal yang dibutuhkan relatif lebih tinggi, yakni dimulai dari angka Rp5 juta dengan top up rutin sebanyak Rp500 ribu setiap bulannya.

Salah satu keunggulan dari Deposito ini terletak pada bunga tetap yang bisa diperoleh ketika ada seseorang yang menanamkan uang.

Kelebihan lainnya, dana yang sudah kamu simpan juga dijamin oleh pemerintah lho, yaitu melalui LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sehingga apabila terjadi suatu hal yang tak diinginkan terhadap bank, dana simpanan kamu akan tetap kembali secara utuh.

Deposito merupakan salah satu produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah, karena bisa meningkatkan nilai investasi keluarga sekaligus memperbanyak portfolio agar tidak membahayakan investasi kamu.

4. Asuransi Kesehatan

Produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah dan tak boleh dilewatkan adalah, asuransi kesehatan.

Selain biaya pendidikan, biaya kesehatan pun juga diketahui selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Sementara itu, kita semua tentu tidak akan ada yang bisa memprediksi masalah kesehatan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, agar hidup terasa lebih aman dan terlindungi, asuransi kesehatan harus dimiliki oleh setiap keluarga.

Sebab, hadirnya asuransi kesehatan ini bisa meminimalisir kekhawatiran finansial ketika suatu saat si kecil mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan tindakan medis segera.

5. Asuransi Jiwa

Selanjutnya ada asuransi jiwa yang juga masuk ke dalam daftar produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah.

Menjadi kepala keluarga merupakan peran yang sangat penting dan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kondisi bisa menjadi sangat sulit ketika sang kepala keluarga mengalami suatu kejadian tak terduga yang membuatnya tidak bisa mencari nafkah lagi.

Nah, guna menghindari hal seperti ini, asuransi jiwa menjadi salah satu produk finansial yang bisa dijadikan sebagai solusi.

Sebab, secara tidak langsung kamu akan melindungi anggota keluarga dari masalah finansial di masa yang akan datang.

Ketika terjadi suatu hal kepada sang kepala keluarga, seperti kematian atau kecelakaan yang membuatnya menjadi tidak bisa mencari nafkah lagi, asuransi jiwa bisa memberikan sejumlah uang pertanggungan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Salah satu produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah ini cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

6. Investasi Emas

Produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah selanjutnya adalah investasi emas, yang merupakan salah satu instrumen investasi dengan tingkat risiko yang sangat rendah.

Berbeda dengan saham yang selalu mengalami peningkatan maupun penurunan yang cukup signifikan, emas justru relatif memiliki harga yang stabil dan mudah untuk dijual.

Sehingga, kemungkinan jumlah investasi kamu akan bertambah dengan stabil pun sangatlah besar.

Saat ini sudah banyak kok tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menabung emas, seperti PT Pegadaian, PT Aneka Tambah, bank-bank, hingga perusahaan fintech (financial technology).

7. Tabungan Pendidikan

Produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah yang akan kita bahas terakhir adalah tabungan pendidikan.

Seperti yang sudah kita singgung di poin-poin sebelumnya, dana pendidikan sangatlah penting bagi seorang orangtua, yang mana bisa kamu dapatkan melalui asuransi pendidikan, investasi, dan dana tabungan biasa.

Mengapa? Tentu saja salah satu alasan terkuatnya adalah karena beban biaya pendidikan yang kian mahal dari tahun ke tahun.

Jika kamu merasa kesulitan untuk membayar premi di dalam asuransi pendidikan, maka kamu bisa menggunakan tabungan biasa, yaitu dengan menyisihkan atau mengalokasikan sebagian penghasilan bulanan untuk ditabung dan dijadikan sebagai persiapan biaya pendidikan anak.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat rekening baru di bank yang memang diperuntukan bagi tabungan pendidikan, namun bisa pula menggunakan cara konvensional seperti celengan atau brankas.

Hanya saja salah satu kekurangan dari cara ini adalah, ketika terjadi suatu hal yang membuat kamu tidak bisa mencari nafkah dan penghasilan lagi, maka tabungan pun secara otomatis akan terhenti dan tidak akan bertambah. Berbeda dengan investasi yang relatif bisa melipatgandakan uang.

(Baca Juga: 3 Cara Beli Emas Antam Logam Mulia untuk Investasi)

Jadi, itulah beberapa produk finansial yang harus dimiliki seorang ayah ketika telah memiliki buah hati tercinta.

Jika saat ini kamu masih bingung untuk menentukan produk finansial manakah yang paling sesuai, tak perlu khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk membantumu.

Mulai dari pinjaman dana pendidikan, asuransi, hingga investasi, semuanya bisa kamu temukan di CekAja.com.

Salah satu kelebihan yang bisa kamu dapatkan disini adalah, fitur perbandingan yang bisa membantu kamu dalam menentukan produk finansial manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho. Jadi kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Semua produk finansial sudah bisa kamu temukan hanya dengan mengunjungi lama kami. Yuk segera kunjungi CekAja.com dan temukan produk finansial yang kamu inginkan.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha