7 Tips Liburan Akhir Tahun di Masa Pandemi

Akhir tahun 2020 sudah semakin dekat, bahkan hingga tinggal hitungan hari saja. Jadi, apakah kamu sudah memiliki rencana untuk pergi berlibur? Nah, jika jawabannya iya, maka tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang akan kita bahas kali ini perlu untuk diketahui.

Walaupun masyarakat sudah diperbolehkan untuk bepergian, bukan berarti protokol kesehatan bisa dilupakan begitu saja.

Sebab, hingga saat ini virus Corona Covid-19 masih belum menghilang dari dunia dengan tingkat penyebaran yang juga belum menunjukan penurunan yang signifikan.

(Baca Juga: 9 Tips Liburan di Masa Pandemi)

Sehingga, masyarakat memang masih diharuskan untuk lebih berhati-hati ketika ingin bepergian, termasuk dengan memasuki protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, agar liburanmu tetap dalam keadaan aman dan nyaman, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang sekiranya perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Tips Liburan Akhir Tahun di Masa Pandemi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang mungkin bisa kamu terapkan, guna tetap menjaga keamanan dan kenyamanan selama berlibur, yaitu adalah:

1. Cek Lokasi dan Akomodasi Perjalanan

Tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek lokasi dan akomodasi perjalanan terlebih dahulu.

Pastikan bahwa status destinasi wisata yang kamu tuju dalam kondisi aman dan bukan termasuk zona tinggi kasus Covid-19.

Tentu saja kamu dan keluarga akan merasa lebih tenang apabila berlibur di lokasi dengan kasus aktif Covid-19 yang rendah, bukan?

Selain mengecek status destinasi wisata, hal lainnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengecek akomodasi perjalanan yang digunakan.

Kamu jelas tidak akan pusing jika memutuskan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, jika justru kamu memutuskan untuk menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta, cari tahu terlebih dahulu apakah maskapai yang kamu pilih mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat atau tidak.

Penerapan protokol kesehatan yang dimaksud ini adalah berupa memberikan jarak bangku antar penumpang, awak kabin yang mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan, dan layanan lainnya.

2. Memilih Wisata Lokal

Tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah dengan memilih wisata lokal.

Jika kamu masih ragu untuk bepergian jauh, mengunjungi destinasi wisata lokal juga tak kalah menyenangkannya lho.

Kamu bisa memilih destinasi-destinasi yang dekat dengan rumah dan dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi, sehingga kamu tak perlu pusing lagi dengan transportasi umum, yang membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

3. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tips liburan akhir tahun di masa pandemi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika bepergian.

Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa menggunakan kendaraan pribadi relatif lebih aman dan nyaman.

Tak hanya itu, cara ini bahkan juga dinilai mampu mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19 lho.

Apalagi jika kamu pergi bersama orangtua yang sudah berumur atau balita, menggunakan transportasi umum tentunya akan lebih berisiko untuk membahayakan mereka.

4. Persiapan Sebelum Berangkat

Walaupun kamu sudah sering beberapa kali melakukan perjalanan, perencanaan tetap menjadi satu hal yang sangat penting.

Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini menjadi terasa sedikit berbeda. Kamu diharuskan untuk membawa perlengkapan yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya, seperti masker, hand sanitizer, hingga perlengkapan kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa seluruh barang yang diperlukan sudah dipersiapkan secara lengkap.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu regulasi yang diberlakukan untuk transportasi yang kamu gunakan, apakah kamu diharuskan untuk menyertakan hasil tes Covid atau tidak.

Jika pun diharuskan, cari tahu kembali test Covid apakah yang diberlakukan. Misalkan saja untuk saat ini jika kamu pergi ke Bali, maka kamu diharuskan untuk menyertakan hasil tes PCR.

Sementara untuk destinasi kota lainnya hanya diminta hasil rapid test saja. Dalam hal ini, usahakan untuk membaca informasi secara seksama, guna kelancaran perjalanan liburan kamu.

5. Selalu Menjaga Kesehatan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, untuk bepergian umumnya masyarakat harus menyertakan hasil rapid test maupun PCR.

Oleh karena itu, tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah, dengan pastikan untuk selalu menjaga kesehatan, terutama ketika sudah menjelang hari keberangkatan.

Sebab, jika kamu sudah memesan tiket dengan tanggal yang sudah ditentukan, jelas akan merepotkan jika tiba-tiba tes mengeluarkan hasil yang tidak diharapkan, bukan?

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika kamu tidak pergi kemanapun dan tetap di rumah sebelum hari keberangkatan, agar perjalanan tetap dapat dilakukan dengan lancar.

6. Rapid Test dan PCR

Guna memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19, maka masyarakat diharuskan untuk membawa hasil rapid test atau PCR sebelum keberangkatan, baik itu melalui darat, laut, hingga udara.

Namun bukan hanya sebelum keberangkatan saja, melainkan juga ketika sudah waktunya pulang.

Cara ini dilakukan untuk memastikan kamu tidak pulang dengan membawa virus dan menyebarkannya.

7. Cukup Pergi Bersama Pasangan atau Keluarga

Nah, tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang bisa kamu lakukan terakhir adalah dengan cukup bepergian bersama pasangan atau keluarga saja.

Untuk saat ini, usahakan untuk tidak pergi bersama teman, apalagi dalam jumlah banyak. Dilansir dari situs CNN Indonesia, pergi berlibur bersama orang dalam satu rumah bisa mencegah untuk bertambahnya kerumunan.

Kerumunan yang dimaksud adalah rombongan orang di luar keluarga atau pasangan yang memang selama ini tinggal di dalam satu rumah.

Pergi bersama teman atau sahabat sedikit lebih riskan, karena kamu tidak bisa memastikan aktivitas mereka sehari-hari, dan dengan siapa saja mereka bertemu.

Lindungi Diri Bersama Asuransi Kesehatan dari CekAja.com

Jadi, itulah beberapa tips liburan akhir tahun di masa pandemi yang sekiranya perlu kamu ketahui dan bisa kamu praktekkan.

Agar perjalanan liburan kamu lebih terasa aman dan nyaman, jangan lupa untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, di tengah pandemi seperti saat ini, kita tidak ada yang tahu kapan masalah kesehatan datang menyerang tubuh.

Ditambah lagi dengan biaya rumah sakit dan pengobatan yang kerap mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, hadirnya asuransi kesehatan setidaknya bisa memberikanmu rasa aman agar tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan yang memadai tanpa harus khawatir dengan biaya rumah sakit yang mahal.

Menggunakan asuransi kesehatan, pihak asuransi akan mengcover sebagian biaya pengobatan kamu yang disesuaikan dengan program dan premi yang dibayarkan.

(Baca Juga: 8 Lokasi Berisiko Tularkan Covid-19)

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan membuat biaya pengobatan yang harus kamu keluarkan menjadi lebih hemat.

Lantas, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com!

Di CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online lho, yang membuat proses pengajuan menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan kamu juga bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun.

Sedang merencanakan perjalanan untuk liburan akhir tahun? Segera lengkapi persiapan kamu bersama asuransi kesehatan dari CekAja.com!