8 Cara Hilangkan Goresan di Bodi Mobil, Gak Pake Mahal!

Merasa terganggu dengan goresan yang terdapat di bodi mobil? Jangan khawatir! Sebab, saat ini sudah ada lho beberapa cara hilangkan goresan di bodi mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan hasil memuaskan.

Terkadang, adanya goresan di bodi mobil memang membuat kesal, apalagi jika kita sudah merasa berhati-hati ketika berkendara. Kita sudah hati-hati, orang lain mungkin belum tentu.

(Baca Juga: 7 Tips Aman Menyetir di Jalan Tol saat Hujan Deras)

Nah, dari pada kita merasa kesal berkepanjangan, ikuti saja beberapa cara hilangkan goresan di bodi mobil yang akan kita bahas kali ini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama!

Cara Hilangkan Goresan di Bodi Mobil

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara hilangkan goresan di bodi mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, yaitu adalah:

1. Menggunakan Air

Cara hilangkan goresan di bodi mobil yang pertama adalah dengan menggunakan air. Terkadang, ada kalanya goresan di mobil ternyata hanya berasal dari gumpalan tanah yang mengeras, yang berarti termasuk ke dalam goresan ringan.

Jika kamu berhadapan dengan kondisi seperti ini, kamu bisa menghilangkannya dengan hanya menggunakan kanebo yang sudah dibasahi oleh air.

Setelah itu, lap permukaan mobil yang terdapat goresan dengan lembut. Lakukanlah hingga gumpalan tanah tersebut menghilangkan dan permukaan mobil kembali bersih.

2. Menggunakan Pasta Gigi

Ternyata, pasta gigi tidak hanya digunakan untuk membersihkan gigi saja lho, namun juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara hilangkan goresan di bodi mobil.

Sebelum mulai melakukannya, pastikan terlebih dahulu mobil dalam keadaan bersih. Setelah itu, siapkan kain lembut yang telah dibasahi oleh air, dan tuangkan pasta gigi secukupnya di kain basah tersebut.

Langkah selanjutnya, barulah kamu bisa mulai menggosokkan permukaan bodi mobil yang terdapat goresan menggunakan kain dengan cara melingkar. Setelah itu, bilas bagian goresan yang telah dilap menggunakan air hingga bersih.

3. Menggunakan Kompon

Cara hilangkan goresan di bodi mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan kompon. Kompon itu sendiri merupakan bahan kimia berbentuk krim yang bisa kamu jumpai dengan mudahnya di toko-toko aksesoris atau perkakas otomotif.

Fungsi utama dari kompon ini adalah untuk mengikis cat di sekitar goresan pada bodi mobil, sehingga goresan dapat menghilang karena tertutup oleh cat yang berada disekitarnya.

Namun, perlu diketahui bahwa kompon memiliki jenis-jenisnya, yang mana fungsinya disesuaikan dengan tipe dari goresan yang terjadi.

  • Kompon Merah

Jenis kompon yang paling sering digunakan, karena daya kikisnya yang paling kuat, diantara jenis-jenis kompon lainnya.

Bagi para pengguna awam, disarankan untuk tidak menggunakan jenis kompon satu ini, karena dampaknya yang keras pada bodi mobil.

Namun, kompon merah juga sering digunakan untuk menghilangkan goresan atau baret-baret yang terdapat di kaca, walaupun harus dibantu dengan mesin poles.

  • Kompon Putih

Selanjutnya ada kompon putih yang memiliki daya kikis tidak sekuat kompon merah. Meski begitu, kompon putih ini juga dianggap memiliki daya kikis yang cukup kuat.

Menurut orang-orang yang telah berpengalaman, sebelum menggunakan kompon putih, ada baiknya jika kamu mencoba untuk menggunakan kompon halus terlebih dahulu, sebagai salah satu cara hilangkan goresan di bodi mobil.

Barulah ketika kompon halus tidak berfungsi secara efektif, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kompon putih ini.

  • Kompon Halus

Kompon halus merupakan salah satu jenis kompon dengan daya kikis paling lemah, sehingga sangat disarankan untuk digunakan dalam menghilangkan goresan di bodi mobil yang bersifat ringan.

  • Kompon Cair

Jenis kompon yang terakhir adalah kompon cair, yang merupakan jenis kompon yang hanya digunakan oleh beberapa salon mobil yang sudah memiliki pengalaman dalam meracik bahan kimia sendiri.

Kompon ini sangat aman, karena tidak terbuat dari bahan kompon murni. Daya kikisnya pun tergolong sangat rendah.

Nah, cara hilangkan goresan di bodi mobil menggunakan kompon adalah dengan beberapa peralatan terlebih dahulu, seperti sandpaper 1500-grit dan 2000-grit, alat poles, serta kain lembut.

Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan cara hilangkan goresan di bodi mobil dengan menyiram permukaan mobil menggunakan air, untuk bisa menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin masih menempel.

Setelah itu, lap permukaan mobil menggunakan lap kain microfiber hingga permukaan menjadi kering.

Langkah selanjutnya, barulah oleskan kompon di area yang terdapat goresan dan telah dibersihkan tersebut.

Pastikan bahwa kamu mengoleskannya dengan cepat, agar tidak mengering. Sebab, ketika sudah mengering, bekas kompon yang menempel akan semakin sulit untuk dibersihkan. Bahkan terkadang meninggalkan bercak.

Selain itu, usahakan untuk tidak menekan terlalu keras ketika sedang memolesnya, agar bagian cat tidak banyak yang terkikis dan membuatnya menjadi belang.

Setelah proses pemolesan selesai, cara hilangkan goresan di bodi mobil selanjutnya adalah dengan bilas bekas goresan menggunakan air bersih, kemudian keringkan.

Lalu, kamu bisa melapisi bagian tersebut menggunakan wax, agar permukaan kembali mengkilap.

4. Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Cara hilangkan goresan di bodi mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk cair. Namun, sebaiknya lakukan cara ini hanya ketika sedang berada di kondisi darurat.

Sebab, obat nyamuk sejatinya dapat menghilangkan lapisan bening yang terdapat di atas lapisan mobil.

Caranya adalah dengan tuang cairan obat nyamuk secukupnya ke atas kanebo kering. Setelah itu, usapkan pada permukaan bodi mobil yang terdapat goresan secara perlahan dengan gerakan memutar.

Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 detik, lalu bersihkan menggunakan air dan keringkan menggunakan kanebo.

5. Menggunakan Minyak Rem

Minyak rem ternyata juga bermanfaat sebagai salah satu cara hilangkan goresan di bodi mobil lho.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa minyak rem memiliki sifat yang sangat keras, sehingga kamu harus berhati-hati ketika menggunakannya.

Cara hilangkan goresan di bodi mobil menggunakan minyak rem adalah dengan menuangkan minyak rem secukupnya ke atas kanebo kering, kemudian oleskanlah ke bagian permukaan mobil yang terdapat goresan.

Harus diperhatikan bahwa minyak rem tidak boleh terkena permukaan mobil yang masih halus secara langsung.

Karena, hal tersebut bisa membuat mobil yang masih mulus menjadi rusak. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin dan berulang.

6. Menggunakan Scratch Remover

Cara hilangkan goresan di bodi mobil selanjutnya adalah scratch remover, yang dinilai cukup efektif memperbaiki permukaan mobil dengan goresan yang tidak terlalu parah.

Produk ini bisa kamu temui dengan mudahnya di toko yang menjual berbagai jenis aksesoris atau perkakas mobil.

Cara hilangkan goresan di bodi mobil menggunakan scratch remover adalah dengan cukup mengoleskan cairan scratch remover ke area permukaan mobil yang terdapat goresan secara merata dengan menggunakan jari.

Setelah itu, gosok bagian yang sudah dipoles tadi menggunakan kain microfiber, dan tekan secara perlahan agar cairan scratch remover dapat bekerja secara optimal.

7. Menggunakan Amplas

Cara hilangkan goresan di bodi mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan amplas. Namun, perlu diperhatikan bahwa pilihlah jenis amplas dengan kualitas terbaik.

Jenis amplas biasanya didasari oleh tingkat kekasaran dari amplas itu sendiri. Sebagai salah satu cara hilangkan goresan, ada baiknya jika kamu menggunakan amplas dengan tingkat kehalusan yang tinggi, agar tidak merusak permukaan cat di area bodi mobil lainnya.

Setelah itu, kamu bisa membasahi amplas dengan sedikit air, dan oleskan pada permukaan bodi mobil yang terdapat goresan secara perlahan dan ekstra hati-hati.

Setelah goresan halus dirasa sudah menghilang, kamu bisa menambahkan finishing wax atau produk yang bisa meningkatkan warna cat, agar tak terlihat memudar, sebagai langkah akhirnya.

8. Cat Ulang

Nah, cara hilangkan goresan di bodi mobil yang akan kita bahas terakhir adalah, dengan mengecat ulang mobil.

Namun, tentu pengecatan tidak boleh dilakukan begitu saja. Sebelum mulai melakukan pengecatan, amplas bagian bodi mobil yang terdapat goresan beberapa kali.

Selain itu, cat yang akan digunakan pun harus dicampur dengan thinner berkualitas, agas bisa memberikan hasil yang memuaskan pula.

Jadi, itulah beberapa cara hilangkan goresan di bodi mobil dengan mudah, cepat, dan anti mahal. Ketika berkendara, memang seringkali kita berhadapan dengan hal-hal tak terduga.

Meskipun dirasa kita sudah mengendarai mobil secara hati-hati, namun belum tentu orang lain juga turut hati-hati seperti kita.

(Baca Juga: 10 Merek Cover Mobil Terbaik)

Oleh karena itu, memiliki asuransi kendaraan sebagai bentuk perlindungan ekstra sangat diperlukan bagi kamu pemilik mobil.

Sebab, dengan asuransi kendaraan, kamu bisa terlindungi dari kerugian finansial apabila sewaktu-waktu terdapat kejadian tak terduga yang dialami oleh mobil kesayangan kamu, seperti tertabrak, kemasukan air, hingga kebanjiran.

Ingin mengajukan asuransi kendaraan? Di CekAja.com saja! Melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan bahkan bisa dilakukan secara online lho, jadi kamu tak perlu repot lagi meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Benar-benar sangat mudah dan cepat!