8 Manfaat Berendam Air Panas Beserta Efek Sampingnya

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ternyata, manfaat berendam air panas sangat baik bagi tubuh lho. Umumnya, banyak orang yang berendam dengan air panas untuk merelaksasi tubuh, karena rasanya yang sangat nyaman dan menyegarkan.

Akan tetapi, nyatanya berendam air panas itu sendiri merupakan salah satu aktivitas yang mendatangkan segudang manfaat bagi tubuh, khususnya dalam hal kesehatan.

Jika kamu merupakan seseorang yang seringkali mengalami masalah persendian pada tubuh, air panas bisa dijadikan sebagai pilihan sebagai obat alternatif.

(Baca Juga: 10 Pemanas Air Listrik Terbaik)

Apabila masih penasaran, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah manfaat berendam air panas yang mungkin perlu kamu ketahui. Yuk disimak bersama!

Manfaat Berendam Air Panas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat berendam air panas yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, yaitu adalah:

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat berendam air panas yang pertama akan kita bahas adalah, melancarkan sirkulasi darah. Hal tersebut dikarenakan, air hangat dinilai mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah bisa menjadi lebih lancar.

Dengan memiliki sirkulasi darah yang lancar, sel dan jaringan yang terdapat di dalam tubuh akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup dan membuat tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit, khususnya yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah, seperti stroke dan penyakit jantung.

Kamu bisa berendam air panas sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Jangan lupa juga untuk dibarengi dengan olahraga secara teratur.

2. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Manfaat berendam air panas selanjutnya adalah tidur yang menjadi lebih nyenyak. Memiliki gangguan tidur seperti insomnia jelas terasa sangat tidak nyaman, bukan?

Selain mampu mengurangi waktu tidur ideal, insomnia juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berendam air panas bisa dijadikan sebagai salah satu solusi.

Sebab, berendam air panas itu sendiri bisa mengendurkan otot serta membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga hal tersebut juga bisa mempermudah kamu dalam beristirahat di malam hari.

Dengan berendam air panas sebelum tidur, dipercaya tubuh kamu akan lebih rileks sekaligus menghilangkan beban pada tubuh, yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih rileks, ternyata manfaat berendam air hangat juga bisa digunakan sebagai detoksifikasi alami lho.

Ketika kamu berendam air panas, hormon dan sistem endokrin akan aktif, yang memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya.

Pastinya kamu sudah tahu dong, bahwa keringat merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang bisa membahayakan kesehatan.

Tak hanya itu, berendam air panas juga bisa dijadikan sebagai pengobatan alami untuk meredakan pembengkakan dan peradangan.

Agar bisa merasakan manfaat berendam air panas satu ini, disarankan untuk setidaknya berendam selama kurang lebih 20 menit.

Nah, agar terhindar dari dehidrasi, jangan lupa juga untuk selalu minum air putih setiap sebelum dan sesudah melakukan aktivitas berendam.

4. Relaksasi Otot

Manfaat berendam air panas selanjutnya adalah untuk merelaksasi otot, sehingga sangat baik apabila kamu melakukannya setiap sehabis olahraga.

Ketika berendam, air hangat akan memberikan efek menenangkan bagi otot. Tetapi, tetap lakukanlah sewajarnya.

Usahakanlah untuk tidak berendam air panas lebih dari 1 jam. Sebab, jika kamu berlama-lama berada di dalam air panas, tidak menutup kemungkinan justru akan memberikan efek sebaliknya.

5. Meredakan Sakit Kepala dan Flu

Air panas dapat bertindak sebagai natural decongestant yang mampu melegakan gejala-gejala sakit kepala dan flu.

Karena, uap yang dihasilkan dari air panas justru bisa melembabkan rongga hidung, yang sekaligus dapat meredakan sakit kepala dan flu yang sedang menyerang tubuh.

Tak perlu lama-lama. Kamu cukup melakukan aktivitas berendam air panas setidaknya 10-15 menit. Setelah itu, gejala sakit kepala dan flu bisa segera teratasi.

6. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Manfaat berendam air panas selanjutnya adalah, bisa membantu dalam mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga sangat baik dilakukan untuk penderita diabetes.

Berendam air panas secara rutin dinilai mampu mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Melakukan aktivitas ini sebanyak enam kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 20-30 menit dalam sehari diperkirakan mampu menghilangkan 3 sampai dengan 5 kilogram berat badan dalam sebulan.

7. Membuat Kulit Lebih Sehat

Ingin memiliki kulit yang lebih sehat? Maka berendamlah dengan air panas secara rutin. Berendam air panas memiliki manfaat untuk membuka pori-pori kulit, sehingga dapat membersihkan kotoran dan bakteri dengan cukup baik.

Tak hanya itu, aktivitas ini bahkan juga bisa menjaga kelembaban kulit lebih lama serta mencegah ‘retak-retak’ ketika kulit sedang kering.

8. Meredakan Stress

Nah, manfaat berendam air panas yang akan kita bahas terakhir adalah, dampaknya yang mampu membantu dalam mengurangi stress.

Perlu disadari bahwa stress merupakan salah satu kondisi yang dapat membunuh penderitanya secara perlahan. Kok bisa?

Karena, stress itu sendiri bisa memicu timbulnya aktivitas-aktivitas tidak menyehatkan, seperti tidak bisa tidur, tidak nafsu makan, dan lain-lain, yang tentunya dapat membuat tubuh menjadi memiliki berbagai masalah kesehatan serius.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengatasinya dengan berendam menggunakan air panas. Tak perlu berlama-lama, cukup beberapa menit saja hingga tubuh terasa lebih nyaman dan rileks.

Tips Tepat Berendam Air Panas

Setelah mengetahui tentang beberapa manfaat berendam air panas, sekarang saatnya kita membahas tentang tips yang tepat ketika ingin berendam air panas.

Dilansir dari situs alodokter.com, berikut sejumlah tips yang harus diperhatikan sebelum melakukan terapi berendam air panas, yaitu adalah:

  • Atur Suhu Air dengan Tepat

Pertama, kamu harus pastikan bahwa suhu air tepat dan sesuai dengan tubuh. Pastikan tidak terlalu dingin maupun terlalu panas.

Umumnya, disarankan air hangat yang digunakan untuk berendam berada di angka 33-37 derajat celcius.

Sebab, suhu di atas 40 derajat justru dianggap bisa memberikan efek buruk bagi tubuh, apalagi untuk kamu yang memiliki masalah pada sistem kardiovaskular.

Karena, suhu air yang terlalu tinggi akan memberikan tekanan dan beban kerja lebih pada jantung.

  • Menggerakkan Tubuh Ketika Berendam

Manfaat berendam air panas akan lebih terasa dampaknya apabila kamu berendam sambil menggerakkan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan gerakan tubuh dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan sendi yang kaku.

Dampak Terlalu Sering Mandi Air Hangat

Tahukah kamu? Ternyata, mandi air hangat bukan hanya memberikan dampak positif juga lho, melainkan juga terdapat efek samping yang patut diwaspadai.

Oleh sebab itu, usahakanlah untuk tidak mandi air panas atau hangat terlalu sering atau dalam intensitas berlebihan.

Dilansir dari situs halodoc.com, terdapat beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi apabila kamu terlalu sering mandi atau berendam air panas, diantaranya adalah:

  • Suhu Tubuh Menjadi Tidak Seimbang

Manusia memiliki panas dalam tubuh yang otomatis dikeluarkan melalui kulit, sehingga tubuh menjadi tetap hangat.

Akan tetapi, terlalu sering mandi air panas justru akan membuat kulit tidak dapat mengeluarkan panas dari dalam tubuh, yang membuat tubuh menjadi lebih panas.

Apabila hal tersebut terjadi, tak menutup kemungkinan tubuh akan mengalami hipotermia ketika keluar kamar mandi.

  • Kulit Menjadi Rusak

Sebelumnya, kita sudah membahas bahwa salah satu manfaat berendam air panas adalah untuk menyehatkan kulit.

Akan tetapi jika kamu melakukannya terlalu sering, justru bisa berakibat sebaliknya. Karena air panas dapat menimbulkan gangguan pada fungsi kelenjar minyak pada kulit yang seharusnya dapat memberikan kelembaban.

Ketika fungsinya terganggu, maka kulit menjadi kering dan terlihat pecah-pecah, serta akan rentan terkena iritasi dan infeksi, karena populasi bakteri baik pada kulit yang berkurang.

  • Membahayakan Kesehatan Janin

Jika kamu sedang hamil, maka disarankan untuk tidak terlalu sering mandi menggunakan air hangat, apalagi dengan suhu yang terlalu tinggi atau melewati batas wajar.

Mandi dengan air panas bersuhu tinggi bisa menyebabkan kecacatan lahir pada bayi. Khususnya untuk kamu yang sedang menginjak usia kehamilan 4-6 minggu, berhati-hatilah untuk mandi air panas.

Tak hanya kecacatan, namun juga bisa memberikan dampak kelainan tulang belakang dan otak pada bayi.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mandi menggunakan air hangat dengan batas maksimal 10 menit saja, yang tentunya dengan air yang tidak terlalu panas.

Jadi, itulah beberapa manfaat berendam air panas yang sangat baik bagi tubuh. Meski begitu, usahakanlah untuk tidak terlalu sering melakukan aktivitas ini, jika tidak ingin berdampak sebaliknya.

(Baca Juga: 9 Manfaat Mandi Air Dingin)

Nah, agar tubuh memiliki perlindungan ekstra dari berbagai risiko penyakit, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan.

Apalagi biaya pengobatan dan rumah sakit yang kian mahal, hadirnya asuransi kesehatan setidaknya dapat memberikanmu rasa aman dan nyaman ketika harus mendapatkan pengobatan di rumah sakit tanpa harus khawatir dengan biaya.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, tentu kamu tak perlu repot untuk meluangkan waktu ke luar rumah lagi. Cepat dan mudah, bukan?

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha