Manfaat Mandi Air Dingin beserta Efek Sampingnya yang Wajib Diketahui

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Selain membuat tubuh menjadi lebih segar, manfaat mandi air dingin yang bisa kamu rasakan sebenarnya sangat banyak, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh serta sirkulasi darah, hingga mampu menurunkan berat badan. Semua manfaat mandi air dingin tersebut bisa kamu nikmati, selama kamu mandi di waktu yang tepat.

Manfaat Mandi Air Dingin

Lantas, apa saja manfaat mandi air dingin yang dapat kamu nikmati tersebut? Pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas secara lengkap, beberapa manfaat mandi air dingin khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Manfaat Mandi Air Dingin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa manfaat mandi air dingin yang bisa kamu nikmati sangat banyak. Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 manfaat mandi air dingin, yang di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Sirkulasi Darah

Manfaat mandi air dingin yang pertama adalah meningkatkan imunitas tubuh dan sirkulasi darah. Hal tersebut dapat dilihat dari rasa kaget yang tubuh rasakan, ketika pertama kali mendapatkan guyuran air dingin saat mandi.

Yang mana, rasa kaget tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat memicu kerja jantung agar lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat, kesehatan kulit dan hati terjaga dengan baik, sirkulasi darah berjalan lancar, menurunkan tekanan darah, membersihkan plak yang menumpuk pada pembuluh darah, hingga mendorong sistem kerja imunitas tubuh yang lebih baik lagi.

Tidak hanya itu, mandi air dingin sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu, dinilai mampu meningkatkan metabolisme tubuh secara efektif. Sehingga, beberapa penyakit seperti obesitas dapat dicegah risiko kemunculannya.

(Baca Juga: Cara Bijak Menggunakan Air Bersih)

2. Mengurangi Pegal-pegal dan Nyeri Otot

Sifat air dingin yang regeneratif, nyatanya mampu menenangkan atau mengurangi pegal-pegal dan rasa nyeri pada otot, akibat dari latihan fisik atau melakukan aktivitas berat yang melelahkan.

Ini menjadi salah satu manfaat mandi air dingin yang bisa kamu rasakan, untuk mengurangi rasa nyeri otot yang gejalanya datang terlambat, seperti misalnya beberapa hari setelah kamu fitness atau gym.

Selain itu, mandi air dingin juga dapat memicu respon nyeri otomatis yang dikenal dengan nama stress-induced analgesia (SIA).

SIA ini sendiri merupakan respon turunnya rasa nyeri secara otomatis, ketika tubuh mendapatkan sebuah tekanan, seperti tekanan air dingin contohnya.

3. Mencegah Kemungkinan Terinfeksi Penyakit

Dengan mandi air dingin, kamu juga dapat mencegah kemungkinan terinfeksi penyakit. Manfaat mandi air dingin yang satu ini bisa kamu rasakan, karena air dingin dapat merangsang sel darah putih dalam tubuh, untuk melawan dan mencegah berbagai jenis penyakit yang akan masuk.

Dengan begitu, tubuh memiliki pertahanan yang kuat dalam menangkal berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kanker jenis tertentu.

4. Mengatasi Depresi

Manfaat mandi air dingin yang berikutnya adalah mampu mengatasi depresi. Seperti yang diketahui, depresi merupakan gangguan kesehatan mental, yang ditandai dengan suasana hati yang selalu merasa tertekan, perasaan sedih yang mendalam hingga rasa tidak peduli.

Namun, depresi menariknya dapat diatasi dengan cara terapi air dingin. Meski belum pernah dilakukan uji coba, tetapi paparan air dingin secara berulang terbukti mampu mengurangi gejala depresi, akibat dari dampak intens yang diterima kulit sebagai reseptor.

Rasa dingin yang diterima tersebut, kemudian mengirim banyak jumlah impuls listrik dari ujung saraf ke perifer otak, dan menghasilkan beberapa hal seperti efek antidepresif, mampu menenangkan suasana hati, menimbulkan semangat dalam menjalani hari-hari dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat mandi air dingin ini, kamu sebaiknya melakukan terapi secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam satu minggu, selama 5 menit. Dengan begitu, manfaat mandi air dingin yang satu ini bisa kamu dapatkan secara efektif.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain menjaga kesehatan tubuh, manfaat mandi air dingin nyatanya juga dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sudah menjadi rahasia umum, apabila air dingin mampu mengencangkan kutikula rambut dan kulit, melalui pengerutan pembuluh darah sementara selama tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu.

Selama bereaksi, kutikula dan pori-pori kulit akan mengencang untuk mencegah masuknya kotoran-kotoran dan elemen berbahaya lainnya, yang dapat menyumbat pori-pori serta kulit kepala.

Tidak hanya itu, mandi air dingin juga ternyata mampu membuat rambut menjadi lebih kuat, terlihat bersinar dan sehat, dengan cara meratakan folikel-folikel rambut serta meningkatkan kemampuan untuk menggenggam kulit kepala.

6. Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron

Bagi pria, kadar testosteron dapat meningkat apabila tubuh terpapar air dingin secara terus-menerus.

Manfaat mandi air dingin yang satu ini sudah teruji, melalui sebuah studi yang mengatakan bahwa tubuh pria yang terpapar air dingin, akan mengalami peningkatan jumlah sperma, bentuk serta pergerakannya.

Selain itu, ada penelitian lain yang juga menyatakan bahwa pria yang jarang mandi air hangat, spermanya akan mengalami peningkatan hingga 5 kali lipat. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan jumlah sperma.

Dengan catatan, pria tersebut memiliki gaya hidup yang sehat, seperti tidak merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan hal-hal lainnya yang dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

7. Menurunkan Kadar Stres

Manfaat mandi air dingin yang ketujuh, yaitu dapat menurunkan kadar stres. Hal ini sudah terbukti, karena air dingin dapat membantu meningkatkan toleransi terhadap stres, baik secara fisik maupun mental.

Air dingin juga dapat meningkatkan glutathione, antioksidan yang dapat membuat semua jenis antioksidan lainnya berada di tingkat optimal.

Kemudian, air dingin juga mampu menurunkan hormon kortisol, ketika kamu merasakan stres berat. Oleh karena itu, mandi air dingin dapat menjadi salah satu cara efektif untuk melepas stres.

8. Meningkatkan Rasa Waspada

Rasa waspada tubuhmu akan meningkat, apabila diguyur dengan air dingin. Sebab, ketika tubuh mendapatkan guyuran air dingin, maka tubuh akan menggigil kedinginan dan kamu akan menarik napas panjang.

Ketika menarik napas ini, kamu secara tidak sadar sedang membuka aliran pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh.

Pada akhirnya, asupan oksigen tersebut mampu meningkatkan detak jantung dan rasa waspada, memperlancar aliran darah untuk menjaga tubuh menjadi tetap hangat dan memberikan tubuh energi lebih untuk semangat beraktivitas.

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat mandi air dingin yang terakhir adalah mampu menurunkan berat badan dengan cara yang unik dan tidak terduga. Tubuh manusia pada dasarnya mengandung dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih merupakan jenis lemak yang timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori, sehingga terjadi penumpukan lemak pada beberapa bagian tubuh, seperti pinggang, leher dan perut.

Sementara, lemak coklat sendiri merupakan jenis lemak yang baik digunakan untuk menghasilkan panas, agar tubuh tetap terjaga kehangatannya dengan baik. Lemak jenis ini biasanya akan dibakar ketika tubuh mengalami dingin yang berlebih.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mandi air dingin secara tidak langsung akan membakar lemak coklat dalam tubuh, yang mampu menurunkan berat badan.

Selain itu, jika kamu tinggal di daerah dengan suhu dingin yang ekstrim, maka pembakaran lemak coklat pada tubuh pun akan meningkat hingga 15 kali lipat.

Efek Samping Mandi Air Dingin

Meski memiliki segudang manfaat, mandi air dingin pun dapat menimbulkan beberapa efek samping, apabila dilakukan di waktu-waktu yang tidak tepat. Adapun beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mandi air dingin, yaitu:

Hipotermia

Hipotermia menjadi salah satu efek samping dari mandi air dingin yang perlu kamu waspadai. Sebab, hipotermia biasanya terjadi ketika kamu memaksakan tubuh untuk tetap mandi dengan air dingin dalam waktu yang lama, sedangkan suhu di lingkungan mu pada saat itu sudah sangat dingin.

Penyempitan Pembuluh Darah

Efek samping dari mandi air dingin yang lainnya adalah penyempitan pembuluh darah. Efek samping ini sudah terbukti di banyak penelitian, sehingga perlu adanya penanganan khusus untuk mengatasinya.

Karena, apabila tidak ditangani secara langsung, aliran darah menuju beberapa organ vital, seperti jantung dan otak dapat tersumbat.

Jika sudah begitu, maka beberapa organ tersebut tidak akan mendapat cukup asupan darah yang kaya oksigen dan berakibat fatal.

Waktu Terbaik untuk Mandi

Untuk mendapatkan semua manfaat mandi air dingin dan mencegah timbulnya efek samping, rasanya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu waktu terbaik dan terburuk untuk mandi. Sebenarnya, waktu terbaik untuk mandi adalah saat pagi hari dan waktu ashar.

Saat pagi hari, air masih memiliki kandungan ozon yang sangat tinggi. Maka dari itu, mandi pagi dapat membuat tubuhmu menjadi lebih segar, awet muda dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan, waktu ashar merupakan waktu mandi terbaik setelah pagi hari. Sebab selain menyegarkan, mandi di waktu ashar juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Berbeda dengan mandi di waktu setelah ashar, yang justru akan meningkatkan risiko kematian mendadak.

Kamu juga perlu hindari mandi di beberapa waktu, seperti sesudah magrib dan pukul 19:00-24:00. Pasalnya, di waktu-waktu tersebut jantung sudah mulai beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat.

Apabila dipaksa untuk mandi, khususnya dengan air dingin, maka hal itu hanya akan memicu timbulnya berbagai jenis penyakit kronis, seperti rematik, paru-paru basah, kerusakan jantung, hingga risiko terjadinya kematian yang semakin meningkat.

(Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran Online PDAM)

Oleh karena itu, memperhatikan waktu mandi kini sangat penting untuk mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kronis.

Sebab, jika kamu tetap mengabaikan waktu mandi, maka bisa saja kamu terserang beberapa risiko penyakit tersebut.

Dan jika sudah terserang, kamu tentu harus melakukan pengobatan dan perawatan intensif yang memakan biaya besar. Sangat membuat pusing, bukan? Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kini kamu bisa mengatasinya dengan asuransi kesehatan.

Seperti yang diketahui, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit. Sehingga, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa langsung mengajukannya di CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani