8 Manfaat Musik Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Diremehkan

Bukan hanya untuk mengisi waktu luang semata, ternyata manfaat musik bagi kesehatan juga cukup banyak lho. Mungkin diantara kamu pernah ada yang mendengar istilah ‘Musik adalah bahasa universal’, bukan?

Ternyata, ungkapan tersebut memang nyata adanya. Tak peduli suku bangsa dan bahasa, semua orang seakan dapat berkomunikasi hanya dengan melalui musik.

Ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi masa kini, kamu bahkan sudah bisa mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun, tanpa kenal waktu.

Ketika sedang berada di mobil menerobos kemacetan, berbelanja di toko, bekerja, hingga berolahraga, berbagai aktivitas dapat kita lakukan sambil mendengarkan musik.

(Baca Juga: 9 Jenis Kegiatan untuk Melatih Otak)

Namun, siapa sangka? Ternyata, musik itu sendiri bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan yang mungkin tidak kita sadari selama ini.

Apa kamu termasuk orang yang gemar mendengarkan musik ketika sedang beraktivitas? Maka mungkin manfaat musik bagi kesehatan yang akan kita bahas kali ini bisa kamu dapatkan.

Penasaran apa sajakah itu? Di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa manfaat musik bagi kesehatan. Yuk disimak bersama!

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat musik bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan, yaitu adalah:

1. Membantu dalam Meredakan Stress

Sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum bahwa salah satu manfaat musik bagi kesehatan yaitu untuk membantu dalam meredakan stress.

Diantara kamu mungkin pernah ada yang mengalami, ketika sedang stress kemudian mendengarkan musik kesukaan, maka pikiran akan menjadi lebih tenang secara perlahan.

Nah, ternyata hal ini bukan hanya sekedar kebetulan belaka, melainkan ada penjelasan ilmiah dibaliknya.

Dilansir dari kompas.com, mendengarkan musik nyatanya dapat menurunkan kadar kortisol di tubuh, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam respons terhadap stress.

Tak hanya itu, musik juga dapat memberikan pengaruh terhadap aktivitas fisiologi di tubuh lho, seperti detak jantung, suhu tubuh, hingga tekanan darah.

Diketahui bahwa musik yang memiliki tempo lambat justru dinilai dapat menurunkan jumlah detak jantung, laju pernafasan, dan tekanan darah. Sedangkan untuk musik dengan tempo cepat dinilai memiliki efek sebaliknya.

Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu menjadikan musik sebagai pelarian ketika sedang mengalami masalah yang membuat stress.

Siapa tahu setelah mendengarkan musik, otak kamu menjadi lebih jernih untuk digunakan berpikir dalam mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.

2. Mempengaruhi Gelombang Otak

Manfaat musik bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mempengaruhi gelombang otak. Dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian medis mengungkapkan bahwa musik dapat menghasilkan getaran suara yang bisa merangsang gelombang otak seseorang.

Namun, hal ini juga bergantung pada getaran musiknya itu sendiri. Sebab, kecepatan atau tempo yang terdapat dalam musik akan mempengaruhi kewaspadaan kamu.

Selain itu, berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2001 silam, menunjukan bahwa orang yang sering mendengarkan musik justru memiliki otak yang lebih tajam.

Penelitian dari University of Kansas Medical Center juga menemukan bahwa orang yang sering berhubungan dengan musik, seperti belajar memainkan alat musik maupun terbiasa mendengarkan musik, ternyata memiliki otak yang lebih awet mudah, dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

3. Membuat Mood Menjadi Lebih Baik

Manfaat musik bagi kesehatan selanjutnya yaitu berhubungan dengan perasaan hati atau mood. Dilansir dari alodokter.com, sebuah penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik dengan nada ceria dapat meningkatkan mood seseorang setidaknya selama dua minggu.

Musik juga bisa membuat seseorang menjadi lebih ceria lho. Tak hanya itu, terapi musik bahkan juga sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala yang mengarah pada depresi, melawan stress, hingga meningkatkan konsentrasi, memperbaiki memori, dan menjaga kesehatan otak.

Dilansir dari doktersehat.com, sebuah penelitian dari Belanda menemukan bahwa mendengarkan musik dapat secara positif mempengaruhi suasana hati ketika sedang mengemudi, yang mengarah pada perilaku yang lebih aman, dibandingkan ketika sedang tidak mendengarkan musik.

Jadi, ketika kamu sedang merasa frustasi karena kemacetan lalu linta, putarlah musik untuk meningkatkan kondisi pikiran kamu.

Tidak akan menurunkan kinerja kamu ketika mengemudi, cara satu ini justru sudah terbukti dapat membuat kamu berkemudi menjadi lebih aman dan nyaman.

4. Meringankan Gangguan Kecemasan

Manfaat musik bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk meringankan gangguan kecemasan. Bagi orang yang memiliki riwayat mengalami gangguan kecemasan ringan hingga parah, ternyata mendengarkan musik bisa membuat lebih rileks lho.

Hal tersebut dikarenakan, musik dapat menjadi pengalihan perhatian yang baik. Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan satu ini bahkan juga dirasakan oleh para pasien kanker yang sedang menjalani perawatan lho.

Dengan musik, mereka akan merasa lebih tenang, sehingga komunikasi dengan orang-orang terdekat selama perawatan pun menjadi lebih lancar.

Tak hanya itu, musik juga bisa meningkatkan kenyamanan ketika perawatan kanker sedang berlangsung, yang membuat suasana perawatan menjadi lebih baik.

5. Meringankan Penyakit Stroke

Tak disangka, ternyata manfaat musik bagi kesehatan juga bisa membantu dalam meringankan penyakit stroke lho.

Dilansir dari klikdokter.com, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 60 pasien stroke, yaitu sepertiga pasien yang mendengarkan musik selama satu jam sehari, sepertiga lainnya yang mendengarkan audiobook, dan sisanya yang tidak menerima stimulasi pendengaran jenis apapun.

Di dalam penelitian tersebut, menunjukan bahwa setelah tiga bulan, pasien yang mendengarkan musik justru mengalami peningkatan daya ingat verbal sebanyak 60 persen.

Sedangkan pasien yang mendengarkan audiobook mengalami peningkatan sebanyak 18 persen, dan pasien yang tidak menerima stimulasi pendengaran apapun sebanyak 29 persen.

Walaupun penelitian tersebut tidak menyebutkan secara langsung mengenai apakah musik bisa memberikan manfaat pada jaringan otak yang rusak, namun penelitian lainnya justru menunjukan bahwa musik dapat meningkatkan penyesuaian otak untuk membuat koneksi baru di antara sel-sel saraf.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Tak hanya stroke, ternyata manfaat musik bagi kesehatan lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian dari University Maryland Medical Center, menemukan bahwa kesehatan jantung ternyata berhubungan dengan kebiasaan mendengarkan musik.

Di dalam penelitian diungkapkan bahwa orang yang mendengarkan musik ceria bisa memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga mencapai 26 persen.

Akan tetapi, orang yang mendengarkan musik sedih justru bisa memiliki mengalami penurunan aliran darah hingga mencapai 6 persen.

7. Meningkatkan Stamina Ketika Olahraga

Manfaat musik bagi kesehatan selanjutnya yaitu untuk meningkatkan stamina ketika olahraga. Baik itu musik dengan tempo lambat maupun tempo cepat, keduanya secara otomatis juga akan mempengaruhi stamina ketika berolahraga.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu memilih lagu dengan tempo yang sedikit lebih cepat dan bersemangat, agar kalori pun juga akan semakin banyak yang terbakar, karena tubuh akan bergerak lebih cepat secara otomatis.

Berolahraga sembari mendengarkan musik juga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan kamu untuk berolahraga lebih lama.

Tak hanya itu, mendengarkan musik tertentu bahkan sebenarnya bisa membantu kamu untuk berlari lebih cepat lho.

Dilansir dari doktersehat.com, sebuah studi dari Brunel University, London Baran, menunjukan bahwa manfaat musik bagi kesehatan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen serta meningkatkan semangat dan efisiensi energi sekitar 1-2 persen.

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Nah, manfaat musik bagi kesehatan yang akan kita bahas terakhir adalah, berhubungan dengan kenyamanan ketika tidur. Sebab, musik itu sendiri bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Menjelang tidur, putarlah musik dengan ritme yang lambat dan lembut, sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang dan tidur pun akan terasa lebih pulas.

Meskipun musik bisa memberikan pengaruh terhadap mood, akan tetapi menyalakan musik dengan volume terlalu kencang bukanlah ide yang baik.

Hal tersebut dikarenakan, volume kencang justru bisa berpotensi menimbulkan gangguan pendengaran.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, alangkah lebih baiknya jika kamu memasang timer ketika ingin mendengarkan musik saat tidur. Selain itu, jangan lupa untuk tidak mendengarkan musik dengan volume yang terlalu kencang.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Jadi, itulah beberapa manfaat musik bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Meski begitu, bukan berarti musik bisa membantu dalam menyembuhkan penyakit lho.

Sebab, umumnya manfaat musik bagi kesehatan ini hanyalah bersifat menurunkan risiko ataupun meringankan gejala. Oleh karena itu, asuransi kesehatan tetap penting untuk dimiliki.

Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa mendapatkan pengobatan atas masalah kesehatan yang sedang dialami, namun dengan biaya yang lebih hemat.

(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Stress pada Ibu Hamil)

Sehingga, kamu tak perlu khawatir lagi dengan biaya rumah sakit yang cukup menguras kantong. Melalui CekAja.com, kamu bisa mendaftar untuk memiliki asuransi kesehatan dimanapun dan kapanpun, karena seluruh prosesnya yang dilakukan secara online.

Tak hanya itu, di sini kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmatilah sederet manfaatnya.