8 Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan dengan Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan

Pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan sepertinya untuk saat ini tengah dipertimbangkan oleh banyak orang.

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

Hadirnya pandemi Covid-19 memang membuat kontribusi tenaga kesehatan menjadi begitu dibutuhkan.

Sehingga, hal ini terkadang bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk turut berpartisipasi dalam menjalankan tugas mulia.

(Baca Juga: Biaya Kuliah Kedokteran di Indonesia 2020)

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa bidang kesehatan tak hanya sebatas dokter saja lho. Sesungguhnya, bidang satu ini memiliki lingkup yang jauh lebih luas dari bayangan kita.

Nah, bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA dan tertarik untuk masuk ke jurusan bidang kesehatan ketika masuk Perguruan Tinggi nanti, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan. Yuk kita simak bersama!

Alasan Memilih Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan untuk Saat ini

Ketika memilih jurusan kuliah, terkadang mungkin kamu akan bertanya, apa tujuan saya ketika mengambil jurusan ini?

Memang tak dapat dipungkiri bahwa memilih jurusan kuliah merupakan keputusan yang cukup besar untuk diambil.

Mengapa? Karena bagi sebagian orang, jurusan kuliah sama saja seperti menentukan masa depan. Sehingga ini menjadi pengambilan keputusan yang sangat penting.

Bagi kamu yang saat ini masih dilema untuk memilih jurusan kuliah di bidang kesehatan, mungkin ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu tentang alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk masuk ke pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan.

  • Bidang Kerja yang Pasti Dibutuhkan

Alasan pertama mengapa kamu harus masuk ke pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan adalah, karena bidang ini akan selalu dibutuhkan, dimanapun dan kapanpun, bukan hanya di kota-kota besar saja, melainkan juga di pelosok negeri.

Bahkan, peluang kamu untuk meniti karir di luar negeri juga terbuka lebar lho, dengan gaji yang tentunya berjumlah fantastis.

  • Gaji yang Tinggi

Seperti yang telah disebut di poin sebelumnya, tenaga kesehatan umumnya mendapatkan gaji yang tinggi, terutama bagi yang sudah berpangkat senior atau fokus pada bidang tertentu, seperti dokter spesialis.

  • Prospek Kerja yang Menjanjikan

Pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan memang memiliki prospek kerja yang begitu menjanjikan.

Melihat tingginya pertumbuhan penduduk di Indonesia, pekerjaan di bidang kesehatan pun akan selalu dibutuhkan dan dicari.

  • Program Studi yang Beragam

Nyatanya, pekerjaan di bidang kesehatan bukan hanya dokter saja lho, melainkan banyak sekali bidang-bidang yang bisa kamu pilih, seperti farmasi, ilmu gizi, kedokteran gigi, kedokteran hewan, dan masih banyak lagi.

  • Tidak Bisa Lintas Jurusan

Nah, alasan terakhir mengapa kamu harus masuk ke pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan adalah, bahwa jurusan ini tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang.

Dalam arti ketika kamu lulus dan siap terjun ke dunia kerja, maka dapat dipastikan kamu hanya akan bersaing dengan para lulusan dari jurusan yang sama, sehingga hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri, bukan?

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang bisa kamu jadikan pertimbangan, yaitu adalah:

1. Farmasi

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Farmasi

Pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang pertama adalah Farmasi, yang dikenal memiliki hubungan kuat dengan obat-obatan.

Melalui jurusan ini, kamu akan belajar tentang struktur senyawa obat, cara sintesisnya, beserta mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Tak hanya itu, kamu pun juga akan belajar tentang mencampur, meracik, formulasi, mengidentifikasi, menganalisis, hingga menghasilkan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Jika kamu senang dengan pelajaran kimia dan biologi serta memiliki minat pada industri obat-obatan dan perkembangan dunia, masuk ke pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan satu ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Sementara itu untuk prospek pekerjaannya meliputi Farmasi, Dokter Pengobatan Preventif, dan Analisis Kontrol Kualitas.

2. Ilmu Gizi

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Ilmu Gizi

Pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan selanjutnya adalah Ilmu Gizi. Masuk ke dalam jurusan ini, kamu akan memperdalam ilmu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan makanan dan kesehatan tubuh.

Lebih spesifiknya, kamu akan belajar mengenai keterkaitan antara gizi dan kesehatan, pertumbuhan manusia dan produktivitasnya, hingga hubungan gizi dengan sektor pertanian, ekonomi dan sosial budaya, serta kualitas manusia.

Jika kamu merasa memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama, masuk ke jurusan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Sementara itu untuk proses pekerjaannya, yaitu meliputi Ahli Diet, Ahli Nutrisi, dan Konselor Rehabilitasi.

3. Kedokteran Hewan

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Kedokteran Hewan

Pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan selanjutnya yang tak boleh terlupakan adalah kedokteran hewan.

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan hewan, seperti jenis-jenis penyakit yang paling sering menyerang hewan besar, kecil, unggas, hingga hewan peliharaan.

Jika kamu merupakan sosok penyayang hewan dan memiliki tingkat rasa peduli yang tinggi terhadap kelestarian satwa, kesehatan manusia serta makhluk hidup lainnya, masuk ke jurusan ini akan sangat cocok.

Sedangkan untuk proses pekerjaannya, para lulusan kedokteran hewan bisa berkarir di bidang dokter hewan (Veterinarians), Peneliti Hewan, hingga Ahli Ilmu Hewan dan Satwa Liar.

4. Fisioterapi

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Fisioterapi

Pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan selanjutnya adalah fisioterapi. Untuk lebih spesifiknya, fisioterapi merupakan salah satu cabang dari jurusan Ilmu Kedokteran yang mempelajari dan memperdalam fungsi gerak tubuh manusia, mulai dari cara gerak hingga bentuk otot, sendi, dan tulang.

Tak hanya itu, kamu pun juga akan belajar tentang peran dari masing-masing organ tubuh. Bagi yang menyukai pelajaran biologi, jurusan ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan, terutama bagi yang ingin belajar mengenai anatomi tubuh manusia.

Untuk prospek pekerjaannya meliputi Dokter Pengobatan Fisik dan Rehabilitasi, Pelatih Kesehatan Atlet, Manajer Kebugaran dan Kesehatan, Terapis Fisik, Ahli Terapi Pernapasan, dan masih banyak lagi.

5. Kebidanan

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Kebidanan

Kebidanan merupakan salah satu bidang yang tak boleh dilupakan ketika berbicara tentang pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan.

Sebenarnya jurusan ini tak jauh berbeda dengan jurusan Keperawatan, hanya saja kamu akan lebih terfokus pada keterampilan merawat wanita, terutama ibu, bayi yang baru lahir, dan balita.

Maka dari itu, menjadi seorang bidan yang berkualitas harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai siklus hidup perempuan.

Beberapa proses kerja yang bisa kamu jadikan pilihan ketika masuk ke jurusan Kebidanan adalah Bidan, Spesialis Perawat Klinis, dan Penyuluh Kesehatan (Health Educators).

6. Nutrisi dan Teknologi Pangan

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Nutrisi dan Teknologi Pangan

Pilihan jurusan kuliah di Bidang Kesehatan selanjutnya adalah jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan.

Masuk ke bidang ini, maka kamu akan belajar tentang produksi makanan serta memastikan bahwa makanan yang akan diproduksi sudah aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer.

Tak hanya itu, kamu juga akan memperdalam ilmu mengenai efek sosial dari makanan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan tersebut mampu mempengaruhi ekonomi, psikologi dan kultur.

Jika kamu memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap sesama, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini di bangku kuliah nanti.

Prospek pekerjaannya juga terbilang cukup beragam lho, diantaranya adalah Analis Kontrol Kualitas, Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan, Peneliti Hewan, Ahli Diet dan Nutrisi, serta Manajer Pertanian dan Peternakan.

7. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang mempelajari tentang bahaya dan risiko yang terdapat di tempat kerja maupun proyek.

Pada nantinya kamu akan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai bagaimana cara menangani bahaya yang terdapat di tempat kerja sekaligus cara mencegahnya, guna meminimalisir kecelakaan atau risiko lainnya yang mungkin dapat terjadi.

Jika kamu seseorang yang gemar terjun ke pekerjaan lapangan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta memiliki minat untuk memperdalam bidang konstruksi, jurusan ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan.

Prospek pekerjaan yang sudah menantimu ketika lulus juga tergolong cukup luas dan beragam lho, diantaranya seperti menjadi Analis Kontrol Kualitas, Manajer Kontrol Kualitas Sistem, Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan, Pengawas dan Penyelidik Kebakaran, Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan, Teknik Kesehatan dan Keselamatan Industri, dan masih banyak lagi.

8. Radiologi

Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan - Radiologi

Nah. pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang akan kita bahas terakhir adalah Radiologi, yang terfokus pada pembelajaran pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan sinar X, yaitu berupa gelombang elektromagnetik atau gelombang mekanik.

Seiring dengan kemajuan teknologi kedokteran masa kini, radiologi sudah tak hanya menggunakan sinar X saja, melainkan juga ultrasonik, seperti ultrasonography (USG) dan magnetic resonance imaging (MRI).

Karena dituntut untuk memiliki kemampuan menghitung serta ketelitian yang tinggi, pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan satu ini masih kurang diminati, khususnya di Indonesia.

Padahal, radiologi juga merupakan salah satu lulusan yang sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan dengan menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Jika kamu tertarik untuk masuk ke jurusan radiologi, maka proses pekerjaan yang telah menanti diantaranya adalah Ahli Teknologi Pengobatan Nuklir, Terapis Radiasi, Konselor Genetis, dan Ahli Teknologi Radiologi.

Jadi, itulah beberapa pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan pada saat mempersiapkan bangku Perguruan Tinggi nanti.

(Baca Juga: Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah)

Namun, walaupun bisa menjadi lulusan dengan prospek pekerjaan yang menjanjikan, umumnya biaya pendidikan untuk bidang kesehatan juga tergolong lebih mahal dibandingkan jurusan lainnya lho.

Hal tersebut bisa didasari dengan berbagai faktor, seperti peralatan yang digunakan selama proses belajar mengajar, dosen berkualitas, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu memiliki tabungan yang cukup agar bisa mewujudkan impian sang buah hati untuk masuk ke bidang kesehatan di Perguruan Tinggi.

Nah, apabila kamu belum memiliki tabungan yang cukup, juga tak masalah kok! Sebab, CekAja.com hadir untuk membantumu.

Melalui produk KTA dari CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman sesuai dana yang dibutuhkan lho, yang mana juga bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya seperti membayar biaya pendidikan.

Selain proses pengajuan pinjaman yang sepenuhnya bisa dilakukan secara online, di CekAja.com kamu juga bisa menentukan tenor serta jumlah cicilan sesuai kemampuan kamu.

Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi dengan cicilan pinjaman di luar batas kemampuan. Lumayan banget kan! Yuk tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjamanmu hanya di CekAja.com!