9 Makanan Penghilang Mual yang Ampuh

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Makanan penghilang mual bisa kamu jadikan pilihan untuk mengobati rasa mual yang terasa tidak nyaman. Mual itu sendiri merupakan suatu kondisi ketika seseorang merasa ingin muntah atau memiliki dorongan untuk muntah.

Nah, hal ini terkadang membuat tubuh menjadi gelisah dan tentunya tidak nyaman, sehingga perlu ditangani sesegera mungkin.

Sebenarnya saat ini, sudah banyak sekali obat-obatan di apotik yang bisa membantu dalam menangani mual.

Akan tetapi, bukankah lebih baik jika ditangani secara alami? Yaitu dengan mengkonsumsi makanan penghilang mual.

(Baca Juga: Obat Mual untuk Ibu Hamil)

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah makanan penghilang mual yang bisa kamu konsumsi ketika rasa mual tengah melanda. Apa sajakah itu? Yuk disimak bersama-sama.

Penyebab Mual

Sebenarnya, cukup banyak rangsangan yang bisa menyebabkan rasa mual itu sendiri. Namun biasanya, mual yang turut diikuti dengan muntah diakibatkan oleh hal-hal yang bersifat fisik maupun psikis, misalkan terjadinya gangguan pada otak atau pencernaan bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, usus, kecil, pankreas, dan kantung empedu.

Nah, beberapa gejala yang seringkali dikaitkan dengan rasa mual, diantara yaitu:

  • Diare
  • Peningkatan Asam Lambung
  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Pusing atau Vertigo
  • Efek Samping Obat, seperti Kemoterapi
  • Kehamilan
  • Kembung atau Perut Penuh Gas
  • Terlalu Banyak Minum Alkohol
  • Infeksi
  • Mabuk Laut atau Mabuk Perjalanan
  • Keracunan Makanan
  • Mencium Aroma yang Tidak Sedap
  • Terlalu Banyak Makan
  • Gastritis

Sering mual memang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, mengonsumsi sejumlah makanan penghilang mual bisa dijadikan sebagai salah satu pengobatan alami yang cukup ampuh.

Makanan Penghilang Mual

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan penghilang mual yang bisa mengobati rasa mual kamu secara alami, yaitu adalah sebagaimana berikut ini:

1. Pisang

Makanan penghilang mual yang pertama adalah pisang dengan rasanya yang lezat dan cocok untuk kamu jadikan sebagai menu camilan sehat.

Jika kamu termasuk salah satu yang mengalami mual atau muntah yang disertai dengan dehidrasi, maka obatilah dengan menggunakan buah berwarna kuning ini.

Sebab, pisang dipercaya mampu memulihkan kalium yang sering berkurang akibat muntah atau diare.

Tak hanya itu, dilansir dari Everyday Health, dokter bahkan turut merekomendasikan pisang sebagai salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi bagi siapapun yang belum siap mengunyah makanan padat akibat mual lho.

2. Lemon

Selanjutnya ada Lemon yang dikenal dengan rasanya yang asam menyegarkan. Seorang ahli diet dan nutrisionis di Brigham and Women’s Hospital Boston, Miriam Erick, mengungkapkan bahwa morning sickness yang seringkali dikaitkan dengan mual ternyata juga berhubungan dengan bau.

Oleh karena itu, mencium aroma menyegarkan seperti lemon bisa dijadikan sebagai salah satu solusi.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, meletakan sepotong lemon di tangan dan mencium aromanya yang menenangkan juga dinilai bisa meredakan rasa mual dan muntah di pagi hari.

Kamu bahkan juga bisa mengkonsumsinya dengan cara mengiris lemon dan masukkan ke dalam segelas air hangat untuk menghilangkan rasa mual.

3. Apel

Makanan penghilang mual selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi apel. Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat sehingga mampu membantu membersihkan bahan kimia yang menjadi biang mual dari saluran pencernaan kamu.

Dilansir dari Everyday Health, serat yang terdapat di dalam buah apel bisa meringankan kinerja saluran pencernaan, sehingga sekaligus dapat meredakan rasa mual yang tengah melanda.

Dalam mengkonsumsinya, pilihlah apel dengan tekstur yang renyah. Apabila kamu masih kesulitan untuk mencernanya, kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus apel sebagai salah satu solusi.

4. Karbohidrat

Makanan karbohidrat seperti nasi, kentang, dan mi ternyata bisa dijadikan pilihan sebagai makanan penghilang mual lho.

Sebab, selain mudah disiapkan, makan ini juga mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa membantu dalam menenangkan perut.

Makanan hambar, tak berwarna, dan tak berbau, terkadang bisa lebih mudah ditoleransi. Karena, yang paling sering memicu rasa mual adalah makanan dengan aroma yang kuat.

Kamu bisa mengkonsumsi nasi yang dikukus dan disertai dengan taburan bumbu-bumbu ringan. S

ementara itu untuk kentang, kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus, kukus, bakar, maupun dihaluskan dengan tambahan sedikit mentega. Untuk mie instan, kamu bisa memasaknya dengan menambahkan kaldu dan sedikit saus.

5. Jahe

Makanan penghilang mual selanjutnya adalah jahe, yang juga bisa menjadi obat alami untuk ibu hamil. Kamu bisa menambahkan sedikit irisan jahe ke dalam secangkir teh panas.

Jika merasa kurang kenyang, kamu juga bisa mengkonsumsinya dengan ditemani oleh camilan ringan seperti biskuit atau roti.

6. Biskuit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa makanan bertepung bisa dijadikan sebagai salah satu makanan penghilang mual yang cukup ampuh.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu jadikan solusi yaitu dengan mengkonsumsi roti atau biskuit. Sebab, kedua makanan ini mampu menyerap kelebihan asam lambung serta menenangkan perut yang mual.

Pilihlah jenis roti atau biskuit yang tidak memiliki aroma yang tajam, agar tidak semakin mual. Selain itu, makanlah secara perlahan agar tidak membebani perut yang sedang bermasalah.

Ibu hamil yang kerap mengalami morning sickness juga bisa mulai mempersiapkan biskuit di dekat tempat tidurnya.

7. Sereal

Makanan penghilang mual selanjutnya adalah sereal yang sering dijadikan sebagai menu sarapan sehat.

Selain mengenyangkan, sereal ternyata juga bisa membantu dalam mengusir rasa mual yang datang di pagi hari. Pilihlah produk sereal yang mengandung rendah gula.

Agar lebih menyehatkan, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan potongan buah segar.

8. Kacang-kacangan

Kekurangan protein ternyata bisa membuat gejala mual terasa lebih parah. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan dengan protein sehat rendah lemak bisa dijadikan sebagai salah satu solusi. Jika tidak memiliki alergi, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

Sebab, kacang-kacangan ini bisa menjadi sumber energi sekaligus menjadi makanan penghilang mual yang cukup ampuh, terutama untuk mual yang diakibatkan karena lapar, kadar gula rendah, dan hamil.

Akan tetapi, hindarilah mengkonsumsi kacang-kacangan apabila kamu merasa mual justru karena infeksi. Pasalnya, makanan kacang bisa membuat mual menjadi semakin parah.

9. Teh Herbal

Selain lemon, teh herbal seperti daun mint juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang sedang mengalami mual.

Karena, aroma mint sangat menenangkan untuk meredakan mual dan muntah. Disamping itu, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil agar perut tidak terlalu lapar maupun terlalu kenyang.

Ketika hamil, perubahan hormon akan begitu terasa yang melemahkan kecepatan makanan hingga mencapai ke saluran pencernaan.

Karenanya, selain mengkonsumsi teh herbal, kamu juga perlu minum air setiap sebelum ataupun sesudah makan.

Jadi, itulah beberapa makanan penghilang mual yang bisa kamu jadikan sebagai obat alami yang cukup ampuh.

Namun, perlu diingat bahwa apabila gejala mual yang kamu rasakan justru bersifat kontinu dan tak kunjung mereda, salah satu jalan hanya dengan memeriksakan diri ke dokter, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

(Baca Juga: Penyebab Mual di Jam Kritis Puasa)

Nah, untuk meringankan biaya pengobatan yang mahal, kamu bisa mengatasinya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Pastinya akan menyenangkan apabila kamu hanya perlu fokus untuk sembuh dari penyakit tanpa perlu mengkhawatirkan biaya, bukan?

Jika masih bingung untuk memilih produk asuransi yang sesuai, segera kunjungi saja CekAja.com.

Sebab, di CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan tentang jenis produk asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu dalam membayar.

Sudah menemukan yang tepat? Segera klik tombol “Ajukan Sekarang” dan dapatkanlah produk asuransi kesehatan pilihan kamu.

Mudah banget kan! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera kunjungi CekAja.com dan nikmati segudang manfaat dan fasilitasnya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha