9 Perkakas Mobil yang Wajib Dibawa Ketika Sedang Berkendara

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha pada

Bagi kamu yang gemar bermobilitas menggunakan mobil pribadi, perkakas mobil yang wajib dibawa sepertinya memang perlu diketahui, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Sebab, semua peralatan-peralatan itu dapat menjadi bentuk antisipasi atau berjaga-jaga apabila suatu saat kamu menghadapi situasi darurat ketika sedang melakukan perjalanan.

Ketika berkendara, memang terkadang ada saja kejadian yang tak bisa dihindari, entah itu tabrakan, ban kempes di jalan tol, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: 9 Benda yang Tidak Boleh Ditinggalkan di dalam Mobil)

Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya apabila kita mulai berjaga-jaga dengan selalu menyediakan perkakas mobil yang wajib dibawa, agar apabila terjadi suatu hal tak terduga, kamu tak akan bingung nantinya.

Nah, mungkin di antara kamu masih ada yang belum tahu mengenai hal ini. Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah perkakas mobil yang wajib dibawa bagi. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Perkakas Mobil yang Wajib Dibawa

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perkakas mobil yang wajib dibawa ketika kamu sedang berkendara, yaitu adalah:

1. Kabel Jumper

Perkakas mobil yang wajib dibawa pertama adalah kabel jumper. Sebab, alat ini akan berguna ketika mobil kamu mengalami kondisi mogok yang disebabkan oleh aki mobil yang sudah soak.

Ketika mobil mogok secara tiba-tiba ketika kamu sedang berkendara, maka kabel jumper ini dapat digunakan dengan cara menghubungkan kabel jumper dari katub aki yang ingin diisi kembali dayanya dengan pengisi daya aki tersebut.

Satu hal yang perlu diketahui, pastikan bahwa hubungan kabel yang digunakan antara katub aki dengan pengisi daya aki sama persis arus positif dan negatif nya.

2. Ban Cadangan

Perkakas mobil yang wajib dibawa dan sama sekali tak boleh ketinggalan ketika kamu bepergian adalah ban cadangan atau ban serep.

Akan tetapi, bukan hanya sekadar ban cadangan saja, namun ban tersebut harus dalam kondisi baik, seperti tekanan ban yang sudah diisi secukupnya.

Dengan begitu, apabila sewaktu-waktu ban kamu kempes di tengah jalan, maka ban cadangan langsung siap untuk digunakan.

Saat ini, mobil-mobil baru pada umumnya sudah mengusung ban mobil tubeless yang masih bisa berjalan meski tertusuk paku dan tak memiliki ban cadangan.

Meski begitu, seharusnya setiap mobil tetap harus menyediakan ban cadangan, meskipun sudah menggunakan ban tubeless.

Setiap sebelum bepergian, alangkah baiknya apabila ban cadangan tetap melalui perawatan secara rutin, guna memastikan bahwa kondisi ban selalu baik.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat ban cadangan adalah dengan pengecekan tekanan angin setiap bulan, pengecekan kondisi alur ban, dan perawatan dengan menggunakan semir ban.

3. Dongkrak

Dongkrak merupakan salah satu perkakas mobil yang wajib dibawa bersamaan dengan ban cadangan.

Sebab, alat inilah yang membantu kamu dalam mengganti ban cadangan apabila terjadi sesuatu pada ban original mobil tersebut.

Dongkrak itu sendiri memiliki fungsi untuk mengangkat mobil sehingga ban dapat dilepas dan diganti dengan mudah.

Saat ini terdapat beberapa jenis dongkrak yang bisa kamu temui di pasaran, seperti dongkrak botol, dongkrak gunting, hingga dongkrak buaya.

Sesuai dengan namanya, dongkrak botol memiliki bentuk seperti botol, namun dengan cara kerja menggunakan sistem hidrolik.

Ketika kamu ingin menggunakannya untuk mengangkat mobil, maka kamu hanya perlu menggunakan tuas yang tersedia. Sedangkan untuk menurunkan mobil, kamu hanya perlu mengendorkan katupnya.

Salah satu kelebihan dari dongkrak botol adalah penggunaannya yang terasa lebih ringan ketika mengangkat mobil.

Jenis dongkrak lainnya adalah dongkrak gunting yang memang memiliki bentuk menyerupai gunting.

Perkakas mobil yang wajib dibawa satu ini umumnya merupakan alat yang paling umum. Dalam arti, setiap kamu membeli mobil baru, maka biasanya akan selalu disertai dengan jenis dongkrak satu ini.

Cara menggunakannya adalah dengan memutar poros ulir searah jarum jam untuk mengangkat mobil, dan memutar ke arah sebaliknya untuk mengendorkannya.

Kelebihan dari dongkrak gunting ini adalah harganya yang murah, perawatannya yang mudah, serta tidak memakan banyak tempat di area mobil.

Namun, dongkrak gunting biasanya juga membutuhkan tenaga yang lebih besar dalam hal mengangkat mobil.

Sedangkan untuk dongkrak buaya memiliki bentuk yang menyerupai mulut buaya yang sedang terbuka. Sama seperti dongkrak botol, dongkrak buaya juga menggunakan sistem hidrolik.

Kelebihan dari jenis dongkrak satu ini adalah dapat digunakan di berbagai jenis medan, seperti jalanan yang miring atau tidak rata. Selain itu, cocok pula digunakan untuk semua jenis mobil kecil.

Untuk bisa mempersiapkan perkakas mobil yang wajib dibawa satu ini, maka disarankan untuk memilih jenis dongkrak yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan, agar tidak merepotkan kamu ketika sedang digunakan.

4. Segitiga Pengaman

Perkakas mobil yang wajib dibawa selanjutnya adalah segitiga pengaman. Walaupun terdengar sepele, namun nyatanya alat satu ini memiliki fungsi yang sangat penting lho.

Segitiga pengaman berfungsi untuk memberikan tanda bagi kendaraan lain yang sedang melintas di jalanan yang sama untuk menjaga jarak dengan mobil kamu ketika sedang mengalami kendala, seperti mobil yang sedang dalam kondisi mogok, bocor, atau masalah-masalah lainnya.

Ketika mobil kamu mengalami keadaan darurat, maka usahakanlah untuk langsung menepi ke pinggir jalan dan pasanglah tanda segitiga pengaman ini, agar kendaraan lain yang melintas dapat lebih berhati-hati ketika melewati mobil kamu atau bahkan bisa memberikan bantuan.

5. Kotak P3K

Perkakas mobil yang wajib dibawa dan tak kalah pentingnya adalah kota P3K, yang lebih mengutamakan keselamatan kamu ketika berkendara.

Apabila terjadi suatu hal yang tak diinginkan yang berhubungan dengan masalah kesehatan, maka kotak P3K bisa dijadikan sebagai alat pertolongan pertama sebelum menuju ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Umumnya, kotak P3K ini berisikan alkohol, kapan, perban, kain segitiga, cotton bud, dan obat-obatan lainnya.

Di apotik atau toko obat yang ada pada umumnya, kotak P3K sudah banyak dijual dalam bentuk satu set, sehingga kamu tak perlu bingung lagi untuk membeli barang-barang apa saja yang harus ada di dalam kotak P3K itu sendiri.

6. Lampu Cadangan

Lampu cadangan juga merupakan salah satu perkakas mobil yang wajib dibawa ketika sedang bepergian.

Apalagi jika harus melakukan perjalanan jarak jauh atau pada malam hari, lampu menjadi barang yang sangat penting untuk menjaga keselamatan kamu selama berkendara.

Sehingga, apabila di tengah perjalanan terjadi suatu hal yang menyebabkan lampu mobil mati, kamu masih bisa menggantinya dengan lampu cadangan yang sudah dipersiapkan.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu mengecek kondisi lampu cadangan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa lampu tersebut dapat bekerja dengan baik.

Ketika berkendara di malam hari, jarang pandang kita umumnya akan menurun. Sehingga, lampu menjadi tanda adanya mobil lain yang melintas di jalanan yang sama.

Lantas, apa yang akan terjadi apabila ketika mobil mengerem namun lampu mobil justru mati? Bisa saja mobil lain yang berada di belakang kita tidak bisa melihatnya dan malah menabrak mobil kita.

Maka dari itu, pastikan bahwa selama perjalanan tidak akan ada kendala apapun yang berhubungan dengan lampu mobil.

7. Kunci Roda

Kunci roda merupakan salah satu perkakas mobil yang wajib dibawa bersamaan dengan ban cadangan dan dongkrak.

Sebab, alat ini berfungsi untuk membantu kita dalam melepas ban dari mobil. Jika tidak memiliki ini, walaupun kamu sudah memiliki dongkrak dan ban cadangan, ban tetap tidak bisa diganti atau akan sangat sulit untuk diganti.

Saat ini, sudah terdapat beberapa jenis kunci roda yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti kunci roda palang, kunci roda L, hingga kunci roda engkol. Ada pula kunci roda elektrik yang bisa memberikanmu kemudahan dalam bekerja.

8. Alat Pemadam Api Ringan

Perkakas mobil yang wajib dibawa selanjutnya adalah alat pemadam api ringan, yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat suatu hal.

Pasalanya, alat pemadam api ringan ini mengandung material khusus yang bisa segera memadamkan kebakaran kecil sehingga tidak memberikan kerusakan yang terlalu parah pada kendaraan kamu.

Sesuai dengan namanya, perkakas mobil yang wajib dibawa satu juga tentunya memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan alat pemadam api sungguhan.

9. Sekering

Nah, sekering merupakan perkakas mobil yang wajib dibawa yang akan kita bahas terakhir. Intinya, fungsi dari sekering adalah sebagai pengaman arus listrik menuju lampu utama dan aksesoris yang terdapat di dalam mobil lainnya, seperti radio, power window, dan perangkat lainnya.

Tak hanya itu, sekering juga berfungsi untuk mencegah terjadinya korsleting pada kendaraan. Sehingga, apabila terdapat peralatan listrik di dalam mobil yang tidak bekerja, maka sekeringlah yang harus pertama kali diperiksa.

Karena itulah, usahakan untuk selalu ada sekering cadangan di dalam mobil, sehingga kamu bisa menggantinya apabila terjadi kerusakan pada sekering lama.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap sekering memiliki kapasitasnya sendiri, yang bisa kamu lihat berdasarkan warna dari kepala sekering tersebut.

Jadi, jika ada salah satu sekering yang mengalami kerusakan, maka sekering tersebut harus diganti dengan sekering yang memiliki warna yang sama.

Selain itu, usahakan pula untuk tidak mengganti sekering dengan kapasitas yang lebih besar maupun lebih rendah.

Sebab, sekering dengan kapasitas lebih besar bisa memberikan beban listrik berlebih masuk ke rangkaian elektronika, sehingga bisa merusak peralatan elektronik lainnya yang ada di dalam mobil.

(Baca Juga: Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri)

Tak hanya itu, apabila arus yang masuk terlalu besar, maka bisa mengakibatkan terjadinya korsleting yang bisa memicu kebakaran.

Sedangkan jika kamu mengganti sekering dengan kapasitas yang lebih rendah, maka ada kemungkinan pula sekering pengganti ini akan putus atau terbakar juga.

Jadi, itulah beberapa perkakas mobil yang wajib dibawa ketika kamu sedang berkendara. Selain itu, jangan lupa juga untuk melindungi kendaraan kesayangan kamu dengan asuransi kendaraan dari CekAja.com.

Sebab, hal ini bisa membantu kamu dalam meringankan kerugian finansial ketika terdapat suatu kejadian tak terduga yang menimpa mobil kamu ketika berkendara, seperti tabrakan, kecelakaan, atau adanya kerusakan pada mobil.

Di CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu dalam membayar premi.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu keluar rumah.

Ingin mengendarai mobil dengan aman dan nyaman? Berikan perlindungan terbaik untuk kendaraan kamu bersama asuransi kendaraan dari CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha