9 Benda yang Tidak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil Karena Berbahaya

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil perlu kamu ketahui agar dapat mencegah peristiwa berbahaya terjadi. Jangan sembrono, simak beberapa daftar benda yang enggak boleh luput dikeluarkan dari mobil ini.

Memiliki mobil tentu membutuhkan perawatan serta pemeliharaan yang baik. Tidak hanya itu, kita juga harus menggunakan mobil dengan baik, agar peforma mobil tetap terjaga dan awet digunakan.

Sebab, biaya service mobil termasuk mahal. Kamu tentu enggak mau dong terlalu sering membawa mobil ke bengkel karena banyak kerusakan yang disebabkan oleh dirimu sendiri?

Meskipun belum bisa dikatakan sebagai aset investasi, mobil tetap menjadi barang kesayangan sebagian besar orang.

Selain menunjang mobilitas kemana saja, mobil juga dijadikan sebagai alat transportasi yang mencitrakan pemiliknya.

Salah satu cara termudah untuk memelihara tampilan dan peforma mobil adalah dengan menjaga kebersihan.

Tak hanya membersihkan mobil dari kotoran dan sampah, tetapi juga disiplin mengeluarkan benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil.

Sebab, ada beberapa benda yang justru berbahaya jika tertinggal di dalam mobil. Efeknya bisa merusak kualitas benda itu sendiri, maupun membuat kerusakan mobil yang serius.

(Baca Juga: Marak Pencurian Kendaraan, Asuransikan Sekarang Juga!)

Benda yang Tidak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil

Berikut beberapa benda yang justru berbahaya jika tertinggal di dalam mobil yang harus kamu ketahui:

1. Barang Elektronik

Benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil yang pertama adalah barang elektronik. Seperti handphone, kamera, laptop, dan lain-lain.

Jika ditinggal dalam waktu yang lama, suhu panas di dalam mobil akan membuat barang elektronik itu sendiri menjadi rusak.

Baterai dari perangkat elektronik akan mengalami penurunan kualitas alias bocor, serta kemungkinan terjadinya ledakan.

2. Botol Minuman Plastik

Botol minuman pasti menjadi salah satu benda yang sering tertinggal di dalam mobil. Padahal, hal ini bisa memicu bahaya, lho.

Botol minuman plastik yang kosong bisa saja meleleh jika mobil diparkir di tempat yang panas dalam waktu lama.

Bahaya juga mengintai buat kandungan minuman yang masih tersimpan di dalam botol. Akan ada reaksi kimia yang terjadi, kemudian mengakibatkan plastik mengontaminasi cairan minuman tersebut.

Bakal bahaya banget kalau kamu meminumnya lagi. Jadi, pastikan bahwa botol minuman plastik menjadi benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil dan tidak lagi kamu minum berulang, ya.

3. Minuman Kaleng

Benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil yang ketiga adalah minuman yang dikemas dalam kaleng, seperti minuman bersoda.

Kaleng yang terjebak di dalam mobil yang panas berpotensi untuk meledak karena adanya peningkatan gas dari minuman bersoda.

Cairan minuman yang meledak juga tentu saja mengotori kabin mobil dan bisa memicu kerusakan komponen mobil yang lainnya.

4. Korek Gas

Korek gas tentu saja masuk ke dalam daftar benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil.

Cairan bahan bakar di dalamnya sangat rentan terbakar, serta memicu ledakan yang cukup besar jika mobil diparkir di tempat yang panas.

Tekanan gas di dalam wadah korek ini juga bisa meningkat jika terkena panas, dan akibatnya melelehkan wadah plastik tersebut.

(Baca Juga: 8 Mobil dengan Biaya Service Paling Mahal, Mencapai Ratusan Juta!)

5. Rokok Elektrik atau Vape

Sebagai pilihan alternatif dari rokok konvensional, rokok elektrik alias vape kini digemari banyak orang. Namun, jangan sampai kamu meninggalkannya di dalam mobil.

Sebab, suhu panas di dalam mobil akan menurunkan kualitas vape dan bisa memicu ledakan dalam waktu yang lama.

Setiap kali ingin meninggalkan mobil, sebaiknya vape selalu kamu bawa keluar untuk menghindari kemungkinan terburuk terjadi pada mobilmu.

6. Kaleng Aerosol

Segala benda yang dikemas dalam kaleng aerosol seperti cat spray, hairspray, deodorant, dan lain-lain juga menjadi benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil.

Tekanan gas di dalam kaleng tersebut bisa mengembang kemudian meledak jika dibiarkan di dalam mobil yang pengap dan panas.

Material kaleng memang sangat sensitif pada suhu panas, sehingga apapun yang dikemas di dalam kaleng sebaiknya dikeluarkan dari mobilmu.

7. Obat-obatan

Obat-obatan terkadang kerap disimpan sebagian orang di dalam mobil dengan alasan kepraktisan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Well, kamu sebaiknya jangan tiru hal ini deh! Karena obat-obatan juga merupakan benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil.

Jika ditinggal di dalam mobil, obat-obatan akan terpapar suhu panas yang kemudian merusak kandungan obat tersebut.

Sehingga membuatnya tidak lagi layak dikonsumsi. Pada aturan penyimpanan obat, sudah dijelaskan bahwa sebaiknya menyimpannya dalam suhu ruang normal.

8. Sunscreen

Buat kamu yang suka memakai sunscreen atau krim tabir surya saat on the way, menyimpan sunscreen di dalam mobil seolah jadi hal lumrah, ya?

Ternyata, paparan suhu panas di dalam mobil itu justru bisa merusak kandungan sunscreen. Akibatnya, sunscreen tidak lagi efektif menangkal paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.

Kemasan sunscreen juga bisa mengembang dan meledak, jika dibiarkan di dalam mobil yang panas. Jadi, jangan simpan benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil ini, ya!

9. Make Up

Selain sunscreen penggunaan make up alias kosmetik juga biasanya dilakukan di dalam mobil. Tak jarang, benda-benda ini malah tertinggal.

Padahal, suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin di mobil bisa merusak bentuk produk make up ini.

Misalnya saja lipstick yang bisa mencair di dalam mobil yang panas, serta maskara yang menggumpal jika ditinggal di dalam mobil yang dingin saat terkena suhu dingin dari hujan atau salju.

Sayang kan kalau harus membeli produk make up lagi karena kecerobohan ini?

Itulah dia daftar benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil. Jaga selalu mobilmu dan keluarkan semua benda berharga dari dalam mobil untuk mencegah tindakan kriminal pencurian.

Di tengah maraknya kasus kriminal yang terjadi di dalam mobil seperti pencurian dengan memecah kaca mobil, sebaiknya lindungi mobilmu dengan asuransi kendaraan.

Ada banyak pilihan asuransi kendaraan dengan premi terjangkau yang bisa kamu pilih melalui CekAja.com.

Sistem perbandingan di situs CekAja.com akan membantumu memilih asuransi terbaik, menyesuaikannya dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Tunggu apa lagi? Segera cek produk asuransi kendaraan dan ajukan via CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah