Keuntungan Cuci Mobil dengan Robotic Carwash, Praktis dan Efisien!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagai pemilik kendaraan yang mungkin sering mencuci mobil dengan Robotic Carwash, sudah seharusnya kamu mengetahui keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash. Pasalnya, keuntungan yang diberikan banyak sekali, salah satunya yaitu hemat waktu.

Hal tersebut tentu saja dikarenakan, semua proses pencucian mobil sudah menggunakan mesin otomatis. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk mencuci mobil pun lebih sedikit, dibandingkan cuci mobil manual.

Apalagi, segala jenis kepraktisan pun ditawarkan, seperti misalnya pelanggan tidak diharuskan keluar mobil, ketika mobil hendak dicuci dan masuk ke dalam mesin robotik.

Dengan semua keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash tersebut, rasanya akan banyak pemilik mobil yang memilih mencuci mobil ke tempat yang sudah menggunakan Robotic Wash.

Namun jika di antara kamu ada yang ingin tahu lebih jelas dan lengkap, apa saja keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash yang diberikan, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Robotic Carwash?

Hal pertama yang akan dibahas, sebelum keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash adalah informasi dasar tentang Robotic Carwash itu sendiri.

Buat kamu yang belum tahu, Robotic Carwash adalah sistem pencucian mobil yang menggunakan sistem robotik.

Sistem robotik sendiri, merupakan suatu teknologi yang berkaitan dengan konstruksi, desain, pembuatan, disposisi struktural, serta aplikasi dari perangkat yang banyak dikenal dengan sebutan robot.

Oleh karena itu, karena sistem robotik ini pada dasarnya adalah “robot”, maka semua aktivitas yang terjadi pada sistem ini sudah dirancang serba otomatis dan terkontrol.

Tidak hanya itu, sistem ini pun sudah diprogram oleh perangkat tertentu, yang saling berkaitan dengan perangkat lain.

Itulah sebabnya, dengan perkembangan teknologi robotik yang sudah semakin maju, maka bisnis cuci mobil pun sudah bisa memanfaatkan dan menerapkan teknologi tersebut, yang kini dikenal dengan sebutan Robotic Carwash.

(Baca Juga: Cara Membersihkan Busi Mobil Sendiri)

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Cuci Mobil dengan Robotic Carwash

Sebelum mulai mencuci mobil dan mendapatkan keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash, ada baiknya jika kamu mengetahui dan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu, seperti:

  • Memastikan dan memposisikan transmisi dalam posisi netral
  • Mematikan radio
  • Melipat spion
  • Jangan menarik atau menaikkan rem tangan
  • Jangan menginjak rem ataupun gas.

Semua hal di atas perlu kamu perhatikan dan lakukan dengan baik, agar nantinya proses pencucian mobil berjalan lancar.

Selain itu, jika ada beberapa peraturan tambahan dari tempat cuci mobil, kamu selaku pelanggan pun harus mentaatinya agar proses pencucian mobil berjalan sebagaimana mestinya.

Keuntungan Cuci Mobil dengan Robotic Carwash

Sesuai yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash secara lengkap untuk kamu.

Yang mana, keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash tersebut sangat banyak, di antaranya yaitu:

1. Hemat waktu

Keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash yang pertama, yaitu hemat waktu. Hal itu bisa terjadi, karena Robotic Carwash menggunakan sistem yang benar-benar sudah otomatis, dengan program yang sudah diatur dan dijalankan.

Sehingga, tidak heran apabila sistem cuci mobil satu ini disebut dengan Robotic. Dengan menggunakan sistem ini pun, proses pencucian mobil menjadi lebih cepat dan efisien.

Pelanggan nantinya tidak perlu lagi menunggu lama, karena proses cuci mobil hanya membutuhkan waktu yang singkat, yaitu hanya sekitar 5 menit untuk pembersihan bagian bagian luar mobil, dan sekitar 15 menit untuk pembersihan bagian dalam mobil.

Berbeda dengan cuci mobil manual, yang membutuhkan proses pengerjaan lebih lama, yaitu sekitar 10-15 menit untuk pembersihan bagian luar mobil, dan sekitar 20 menit untuk pembersihan bagian dalam mobil.

Dengan begitu, cuci mobil dengan Robotic Carwash ini sangat cocok untuk para pelanggan yang tinggal di ibukota, yang memiliki segudang aktivitas padat.

2. Cuci mobil jadi lebih praktis

Keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash berikutnya, yang bisa dinikmati adalah proses cuci mobil menjadi lebih praktis.

Bagaimana tidak, pasalnya dengan menggunakan sistem Robotic, para pelanggan nantinya tidak perlu lagi repot-repot keluar mobil, serta membereskan barang-barang yang ada di dalam mobil ketika hendak dicuci, layaknya proses cuci mobil manual.

Pelanggan hanya perlu duduk manis di dalam kendaraan, dan mengikuti semua prosedur cuci mobil dengan Robotic Carwash yang sudah ditetapkan oleh pihak tempat cuci mobil.

Namun pengecualian jika kamu ingin mendapatkan service bagian dalam mobil. Sebab, kamu tetap harus keluar dari mobil, setelah bagian luar mobil selesai dicuci menggunakan sistem Robotic.

3. Umumnya mendapatkan pelindung cat

Siapa sangka, kalau ternyata mobilmu juga akan mendapatkan pelindung cat, apabila mencuci mobil di tempat Robotic Carwash.

Hanya saja, keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash ini hanya berlaku di beberapa tempat saja.

Tidak semua tempat cuci mobil Robotic, memberikan fasilitas pelindung cat untuk mobil para pelanggannya.

Tetapi jika mendapatkan pelindung cat, harga yang akan kamu bayarkan nantinya akan lebih mahal dari harga pada umumnya.

Namun hal itu sebanding dengan hasil yang diberikan. Karena, mobilmu nantinya akan tahan dengan paparan sinar ultraviolet dari matahari, yang mampu membuat cat mobil tampak lebih kusam.

4. Mendapatkan omset dan jumlah kendaraan yang lebih banyak

Tiga keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash di atas, merupakan keuntungan untuk para pelanggan.

Sementara, jika dilihat dari sisi pengusaha atau pemilik tempat cuci mobil, mereka pun mendapatkan banyak keuntungan, yang di antaranya yaitu omset dan jumlah kendaraan yang menjadi lebih banyak dari cuci mobil manual.

Tidak hanya itu, sistem Robotic ini juga mampu menghemat pengeluaran air untuk mencuci, karena menggunakan alat atau mesin penyemprotan yang mampu menyemprotkan air, ke hampir seluruh permukaan mobil secara bersamaan.

Kelemahan Cuci Mobil dengan Robotic Carwash

Selain mengetahui keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash, kamu juga perlu mengetahui kelemahannya.

Sebab, cuci mobil dengan Robotic Carwash juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diantisipasi oleh para pelanggan, yang di antaranya yaitu:

5. Cenderung lebih mahal

Kelemahan yang satu ini, sebenarnya sudah disinggung di pembahasan keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash.

Mahalnya harga cuci mobil tersebut, salah satunya disebabkan oleh penggunaan mesin Robotic, yang sudah menggunakan sistem otomatis.

Yang mana, semua mesin tersebut membutuhkan tenaga listrik yang besar, yaitu sekitar 5.000 – 12.000 watt.

Sehingga, dengan besarnya tenaga listrik yang dibutuhkan tersebut, membuat para pengusaha harus mengeluarkan biaya yang juga sangat besar.

Belum lagi, beberapa peralatan pendukung lainnya yang dibutuhkan, seperti peralatan cuci mobil dan alat untuk menghindari terjadinya pemadaman, yang juga harus dipenuhi.

Dengan demikian, tidak heran apabila biaya yang harus dikeluarkan pelanggan, untuk satu kali cuci mobil dengan Robotic Carwash cukup besar, yaitu lebih dari Rp50 ribu.

Sebab, cuci mobil manual saja menghabiskan biaya sekitar Rp40 – Rp50 ribu. Maka dari itu, sangat wajar apabila cuci mobil Robotic memakan biaya yang lebih besar dibandingkan cuci mobil manual, yaitu lebih dari Rp50 ribu.

6. Pembersihan bagian kolong mobil kurang maksimal

Kelemahan lainnya dari cuci mobil dengan Robotic Carwash, yaitu pembersihan bagian kolong mobil yang umumnya kurang maksimal.

Untuk mobil-mobil yang beraktivitas di perkotaan, mungkin pembersihan bagian kolong mobil tidak terlalu diperhatikan, karena medan di perkotaan tidak terlalu ekstrem layaknya medan di pedesaan atau kota-kota terpencil lainnya.

Oleh karena itu, mobil-mobil tersebut tidak terlalu membutuhkan pembersihan kolong mobil yang ekstra dan detail.

Namun hal itu berbeda untuk mobil-mobil yang habis melakukan Off Road, berada di pedesaan, atau kota-kota terpencil lainnya yang memiliki medan kurang baik.

Sebab mobil-mobil itu harus mendapatkan pembersihan kolong mobil yang maksimal dan detail, karena biasanya terdapat banyak kotoran tersembunyi, yang terletak di bagian dalam dan kolong mobil, yang tidak terjangkau dengan mesin Robotic.

Dengan begitu, apabila tetap ingin cuci mobil dengan Robotic Carwash, sebaiknya kamu selaku pelanggan tetap meminta pelayanan manual, untuk membersihkan bagian dalam atau kolong mobil, agar bersih maksimal layaknya cuci mobil manual.

Hasil Cuci Mobil dengan Robotic Carwash

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash beserta kelemahannya, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui hasil dari cuci mobil dengan Robotic Carwash.

Sejatinya, hasil cuci mobil yang diberikan dari sistem Robotic tidak jauh berbeda dengan sistem manual atau hidrolik.

Apalagi, kini sudah banyak tempat cuci mobil dengan Robotic Carwash, yang juga melakukan detailing menggunakan tenaga manusia, untuk membersihkan bagian-bagian tertentu yang tidak terjangkau oleh mesin Robotic.

Hanya saja, jika mencuci mobil dengan Robotic Carwash, mobil setidaknya terhindar dari risiko tergores oleh kotoran-kotoran berukuran mikroskopis, yang dapat menempel pada serat kain, maupun spons yang digunakan untuk mencuci mobil secara manual.

Terlebih, akan ada keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash berupa pelindung cat, yang dapat melindungi mobil dari paparan sinar ultraviolet, yang dapat merusak cat mobil dan membuatnya tampak lebih kusam.

(Baca Juga: Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan)

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui tentang keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash. Bagaimana, keuntungan yang diberikan sangat banyak bukan?

Selain keuntungan cuci mobil dengan Robotic Carwash, kamu pun sudah mengetahui beberapa hal lainnya seperti informasi dasar tentang Robotic Carwash, kelemahan cuci mobil dengan Robotic Carwash dan hasil yang diberikan.

Melalui semua informasi tersebut, kini kamu bisa membandingkan dan menilai lebih aman, tepat dan menguntungkan mana, mencuci mobil dengan Robotic Carwash atau manual.

Karena balik lagi, semua tergantung kebutuhan dari masing-masing kendaraan. Apabila kendaraanmu lebih tepat dicuci dengan Robotic Carwash, maka kamu bisa memilih sistem cuci mobil yang satu ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila mobil sudah bersih dan terawat dengan baik, selanjutnya kamu perlu memikirkan tentang perlindungannya.

Kamu bisa menggunakan asuransi kendaraan, untuk mendapatkan perlindungan maksimal, dari segala risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Kamu bisa mengajukannya secara online melalui CekAja.com. Di sana, tersedia banyak produk asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kendaraan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kendaraan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani