10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan yang Wajib Dilakukan, Apa Saja?

Memasuki musim hujan, menjadi pertanda bahwa setiap pemilik kendaraan harus mengetahui beberapa tips merawat mobil saat musim hujan. Yang mana, tips tersebut akan memberikan panduan untuk para pemilik kendaraan dalam merawat mobilnya selama musim hujan.

Seperti yang diketahui, mobil dan kendaraan lainnya sebenarnya sangat rentan dengan air hujan.

Sebab, air hujan memiliki kandungan bersifat asam, yang kemudian bercampur dengan partikel kotoran di jalanan, serta limbah yang tercecer di jalanan, membuatnya dapat merusak mobil apabila tidak langsung dibersihkan.

Maka dari itu, para pemilik kendaraan dituntut untuk rajin membersihkan mobil sesaat setelah digunakan, dan mengetahui beberapa tips merawat mobil saat musim hujan, yang di antaranya akan di ulas secara lengkap pada artikel kali ini.

Penasaran, apa saja tips merawat mobil saat musim hujan tersebut? Yuk, simak ulasannya bersama-sama!

Bahaya Air Hujan untuk Mobil

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips merawat mobil saat musim hujan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang bahaya air hujan untuk mobil.

Mengingat kandungan yang dimiliki air hujan bersifat asam, maka tidak heran apabila air hujan dapat memberikan dampak buruk terhadap mobil, apabila tidak langsung dibersihkan.

Lantas, apa saja bahaya atau dampak buruk tersebut? Berikut ulasanya.

  • Memicu timbulnya jamur lebih cepat
  • Memicu timbulnya karat pada bodi mobil
  • Menurunnya kualitas cat bodi mobil
  • Membuat cat mobil cepat pudar
  • Terjadinya pengelupasan lapisan pelindung cat mobil.

(Baca Juga: 6 Tanda Mobil Pernah Terendam Banjir)

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa bahaya air hujan untuk mobil, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tips merawat mobil saat musim hujan.

Yang mana, tips merawat mobil saat musim hujan ini sebenarnya ada banyak yang harus dilakukan, di antaranya yaitu:

1. Langsung keringkan mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan yang pertama, yaitu langsung keringkan mobil sesaat setelah terkena hujan.

Jangan sampai air hujan kering dengan sendirinya di mobil. Karena, hal itu dapat membuat mobil mobil menjadi lebih cepat rusak, tepatnya di bagian lapisan pelindung cat mobil.

Selain itu, air hujan yang dibiarkan kering begitu saja di mobil juga dapat memberikan efek jangka panjang, berupa karat dan jamur pada lapisan cat.

Hal itu dapat terjadi, karena air hujan mengandung asam dan garam yang dapat merusak lapisan mobil beserta komponen mesinnya.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya kamu segera mencuci mobil menggunakan sampo khusus mobil hingga bersih, sesaat setelah mobil terkena hujan.

2. Rutin membersihkan kaca depan mobil

Berikutnya, kamu juga perlu rutin membersihkan kaca depan mobil. Tips merawat mobil saat musim hujan yang satu ini perlu dilakukan, agar kaca depan mobil selalu bersih dan jernih.

Kamu bisa melakukannya dengan cara rutin mengelap kaca depan mobil, sesaat setelah digunakan atau ketika terkena hujan, serta tetap menyalakan AC mobil dengan suhu yang tidak terlalu dingin ketika hujan.

Sebab, hal itu akan membantumu menjernihkan kaca mobil, dari embun yang menempel pada kaca akibat hujan.

Namun selain cara-cara di atas, kamu juga bisa merawat kaca mobil agar tetap jernih, dengan mengoleskan sedikit sampo ke kanebo yang lembap, lalu bersihkan kaca mobil dengan gerakan searah.

3. Periksa komponen mesin

Komponen mesin pun menjadi satu hal yang tidak boleh dilewatkan, dalam tips merawat mobil saat musim hujan.

Karena, air hujan bisa dengan mudahnya masuk ke dalam komponen mesin melalui celah-celah.

Sehingga, sangat penting untuk kamu memeriksa bagian mesin dan memastikannya, kalau tidak ada komponen mesin yang terganggu, sesaat setelah terkena air hujan.

4. Langsung bersihkan karpet mobil

Di urutan keempat ada membersihkan karpet mobil, sebagai tips merawat mobil saat musim hujan yang perlu dilakukan.

Bagaimana tidak, pasalnya langsung membersihkan karpet mobil dapat mencegah timbulnya jamur dan bau tak sedap pada karpet.

Yang mana, jamur dan bau tak sedap ini biasanya timbul akibat pengguna masuk ke dalam mobil saat hujan, yang menyebabkan karpet mobil menjadi basah, kotor lalu lembap.

Untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut, kamu bisa menaruh karpet tambahan, yang berguna untuk melapisi lantai mobil agar tidak kotor, basah dan lembap, yang memicu timbulnya jamur.

Selain itu, kamu juga bisa mencuci karpet mobil secara rutin, setidaknya satu minggu sekali, untuk memastikan karpet mobil selalu dalam keadaan bersih.

5. Semprot mobil dengan cairan silicon

Tips merawat mobil saat musim hujan yang kelima, yaitu dengan menyemprot mobil menggunakan cairan silicon.

Buat kamu yang belum tahu, cairan silicon merupakan pelumas semprot khusus karet, yang berguna untuk melembapkan serta melicinkan karet kaca dan pintu mobil.

Dengan menyemprot mobil pakai cairan silicon, nantinya karet kaca mobil akan menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Karena, karet kaca yang sering terkena hujan dan panas, cenderung lebih cepat rusak. Apalagi, air hujan tidak hanya mampu merusak bagian eksterior mobil, tetapi juga bagian interiornya.

Jadi, menyemprotkan cairan silicon pada karet kaca mobil, dapat membantu karet kaca lebih awet dan tahan lama.

6. Cek kondisi ban dan rem mobil

Salah satu tips merawat mobil saat musim hujan, yang tidak boleh dilewatkan yaitu mengecek kondisi ban dan rem mobil.

Disebut sebagai hal yang tidak boleh dilewatkan, karena pada musim hujan kondisi jalan lebih licin dari biasanya. Sehingga, ban akan cenderung mencengkeram lebih kuat dari biasanya.

Nah karena aktivitas tersebut, maka pengecekan kondisi rem dan ban mobil wajib dilakukan. Tujuannya yaitu untuk memastikan, kalau kondisi ban dan rem sudah sesuai standar keamanan berkendara.

Dengan demikian, ketika dibawa berkendara pada saat musim hujan, ban dan rem sudah aman digunakan.

7. Bersihkan kaki-kaki mobil

Siapa sangka, kalau membersihkan kaki-kaki mobil juga menjadi bagian dari tips merawat mobil saat musim hujan, versi CekAja.com.

Membersihkan kaki-kaki mobil sejatinya dapat mencegah terjadinya kerusakan mobil, yang umumnya ditunjukkan melalui bunyi-bunyi mesin sebagai pertanda.

Munculnya bunyi-bunyi tersebut, biasanya terjadi akibat mobil menerjang medan yang penuh dengan genangan air hujan, bahkan lumpur.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya kamu bisa membersihkan kaki-kaki mobil secara menyeluruh, dengan air bertekanan tinggi dan sampo mobil sesaat setelah mobil dipakai saat hujan.

8. Periksa kondisi karet wiper mobil

Selain tujuh hal di atas, tips merawat mobil saat musim hujan yang kedelapan, yaitu memeriksa kondisi karet wiper mobil.

Ini penting dilakukan, karena wiper mobil memiliki fungsi sebagai alat pembersih kaca depan mobil dari air hujan dan debu.

Cara yang bisa kamu lakukan, untuk memastikan kondisi karet wiper mobil baik-baik saja, yaitu dengan menggantinya setiap 6 – 12 bulan sekali.

Atau jika tidak melakukan penggantian, kamu juga bisa menggunakan produk rain repellent, untuk menjaga karet wiper mobil tetap baik dan tahan lama.

Buat kamu yang belum tahu, rain repellent merupakan cairan yang akan memberikan lapisan khusus pada kaca mobil, agar air hujan yang menempel pada kaca semakin mudah disapu oleh wiper, air hujan dapat meluncur dengan sendirinya dari kaca mobil, serta kaca terbebas dari jamur.

9. Rutin memanaskan mesin mobil

Meski pemeriksaan komponen mesin dan pembersihan interior serta eksterior mobil, merupakan hal utama yang wajib dilakukan, namun memanaskan mesin mobil secara rutin pun tidak boleh dilewatkan.

Hal itu tentu saja karena mesin mobil akan dingin apabila tidak dipanaskan. Sehingga, apabila ingin membiarkan mobil di garasi untuk waktu yang cukup lama, terlebih pada saat musim hujan, sebaiknya tetap panaskan mobil setiap hari, untuk menjaga kondisi mesin mobil baik-baik saja.

10. Parkir mobil ditempat tertutup

Tips merawat mobil saat musim hujan yang terakhir, yaitu dengan menempatkan mobil di tempat tertutup.

Tips yang satu ini berguna, untuk melindungi mobil dari paparan air hujan dan debu. Dengan begitu, mobil nantinya tidak akan kotor lagi, setelah dibersihkan dari air hujan sebelumnya.

Namun apabila mobil terpaksa diletakkan di ruang terbuka, maka sebaiknya lindungi mobil dengan cover mobil, untuk mencegah mobil terkena air hujan dan paparan sinar matahari langsung.

(Baca Juga: Tips Jual Mobil Bekas Kebanjiran)

Beberapa tips merawat mobil saat musim hujan, beserta bahaya yang ditimbulkan air hujan pada mobil, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua tips tersebut penting dilakukan, untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi baik, meskipun sering digunakan beraktivitas selama musim hujan.

Namun, meski semua tips merawat mobil sudah dilakukan dengan baik dan rutin, kamu juga perlu menambah proteksi kendaraan, dengan menggunakan asuransi kendaraan.

Sebab, asuransi kendaraan akan menjamin semua risiko kerusakan, yang mungkin terjadi pada kendaraanmu, baik itu disebabkan oleh bencana alam maupun kecelakaan.

Maka dari itu, penggunaan asuransi kendaraan sangat penting. Dan buat kamu, pemilik kendaraan yang hingga saat ini belum melindungi kendaraan dengan asuransi, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kendaraan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kendaraan yang optimal!