9 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik yang Efektif Mengatasi Berbagai Masalah Tenggorokan

Untuk yang sering mengalami tenggorokan gatal, permen pelega tenggorokan terbaik yang akan kita bahas kali ini mungkin perlu diketahui.

Pariwara

Setiap orang tentu pernah mengalami yang namanya tenggorokan gatal. Nah, kondisi ini umumnya disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak atau pedas hingga karena radang tenggorokan.

Meskipun merupakan masalah yang alami terjadi, namun tak dapat dipungkiri bahwa tenggorokan yang sakit atau gatal ini bisa menimbulkan rasa yang kurang nyaman, terutama ketika kamu sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

(Baca Juga: 8 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan)

Oleh sebab itu, mengkonsumsi permen pelega tenggorokan terbaik bisa dijadikan sebagai salah satu solusi.

Akan tetapi, banyaknya permen pelega tenggorokan yang bisa kamu temukan di pasaran terkadang bisa membuat kamu menjadi bingung dalam memilih.

Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa permen pelega tenggorokan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Mengapa Memilih Permen Pelega Tenggorokan?

Sebelum kita membahas tentang beberapa rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik, alangkah lebih baiknya jika kamu turut mengetahui tentang alasan mengapa memilih permen pelega tenggorokan sebagai salah satu solusi.

Berbeda pada jenis permen pada umumnya permen pelega tenggorokan ini memang mengandung bahan aktif yang bermanfaat dalam meredakan berbagai masalah tenggorokan, yaitu dengan cara menambah produksi saliva atau air liur.

Kondisi tenggorokan yang kering biasanya akan lebih mudah terserang infeksi dan bakteri. Oleh karena itu, produksi air liur tentu akan membuat tenggorokan menjadi lebih lembab sekaligus terhindar dari infeksi.

Ditambah lagi, kuman dan bakteri juga akan mati, karena air liur manusia yang memiliki antibiotik alami.

Maka dari itu, mengkonsumsi permen pelega tenggorokan terbaik bisa dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi berbagai masalah yang menyerang tenggorokan.

Permen Pelega Tenggorokan Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. Fisherman’s Friend

Permen pelega tenggorokan terbaik yang akan kita bahas pertama adalah Fisherman’s Friend, yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Mungkin di antara kamu ada yang penasaran, mengapa permen pelega tenggorokan ini diberi nama Fisherman’s Friend?

Jadi pada awalnya, permen ini diciptakan oleh seorang apoteker yang ingin memberikan solusi untuk para nelayan yang sering mengalami masalah pernapasan karena terlalu lama bekerja dalam kondisi ekstrim, yaitu berupa tablet isap. Nah, itulah yang mendasari asal mula nama dari permen ini.

Selain dinilai bisa meredakan masalah tenggorokan dengan cukup efektif, lidah kamu juga akan dimanjakan dengan rasanya yang segar lho.

Mulai dari mint, citrus, cherry, hingga original bisa kamu pilih sesuai selera dan tingkat keekstriman kepedasannya.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.500

2. Hexos Extra Strong Licorice Mint

Permen pelega tenggorokan terbaik selanjutnya datang dari brand Hexos. Sesuai dengan namanya, permen ini mengandung licorice atau akar manis yang memang memiliki sederet manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan peradangan.

Sehingga, dengan mengkonsumsi Hexos Extra Strong Licorice Mint, dijamin dapat membantu dalam meredakan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh peradangan.

Tak hanya itu, kandungan licorice yang terdapat di dalam permen pelega tenggorokan terbaik ini juga bisa dijadikan sebagai antibakteri dan antimikroba alami, yang sangat baik bagi kesehatan mulut kamu.

Ditambah lagi dengan paduan kandungan menthol, bukan hanya radang tenggorokan yang dapat diatasi, melainkan juga membuat mulut terasa lebih segar.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp2.000

3. Ricola Swiss Herb Candy

Permen pelega tenggorokan terbaik selanjutnya adalah Ricola Swiss Herb Candy, yang tentunya juga sudah tidak asing lagi di pasaran Indonesia.

Terbuat dari herbal pilihan, permen ini dikenal mampu meredakan batuk sekaligus menghilangkan sakit tenggorokan dengan cukup efektif.

Memiliki kemasan yang higienis dan mudah dibawa kemanapun, Ricola Swiss Herb Candy juga merupakan permen yang tidak mengandung gula lho.

Tersedia beberapa varian rasa yang dijamin bisa sekaligus memanjakan lidah dan tenggorokan kamu, seperti Alpin Fresh, Lemon Mint, Cranberry, Blackcurrant, dan masih banyak lagi.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp18.000

4. Safe Care Anise Mint Gummy

Tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan minyak angin Safe Care, bukan? Ternyata tanpa kita sadari, brand satu ini juga memproduksi permen pelega tenggorokan yang patut dicoba lho, bernama Safe Care Anise Mint Gummy.

Berbeda pada permen pelega tenggorokan pada umumnya yang bertekstur keras, permen ini justru bertekstur lunak seperti jelly, sehingga membuatnya mudah untuk dikunyah.

Selain bisa dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi masalah tenggorokan, salah satu permen pelega tenggorokan terbaik ini juga cocok dikonsumsi untuk kamu yang bosa dengan permen bertekstur keras.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp9.900

5. Strepsils

Permen pelega tenggorokan terbaik satu ini sebenarnya merupakan tablet isap yang mengandung antiseptik, yaitu amylmetacresol dan dibenal yang dapat membantu dalam meredakan masalah tenggorokan.

Tak hanya itu, kandungan minyak eucalyptus dan menthol yang terdapat di dalamnya juga mampu mengatasi sakit tenggorokan dengan cukup efektif lho.

Bagi penderita radang tenggorokan, disarankan untuk mengkonsumsi permen Strepsils setidaknya setiap dua sampai tiga jam sekali.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kamu tidak bisa mengkonsumsi lebih dari 12 tablet dari sehari, untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Selain itu, permen pelega tenggorokan terbaik satu ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak di bawah usia 6 tahun.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.000

6. Kalbe Wood’s Peppermint Lozenges

Permen pelega tenggorokan terbaik selanjutnya yang patut kamu coba adalah Kalbe Wood’s Peppermint Lozenges.

Sesuai dengan namanya, permen ini mengandung extra peppermint dari campuran bahan-bahan seperti mint flavour, peppermint essential oil, dan menthol crystal yang bisa bermanfaat dalam melegakan sekaligus menyegarkan tenggorokan secara efektif.

Selain itu, kandungan menthol yang kuat pada permen ini juga bisa melegakan pernapasan lho. Apabila kamu sedang mengalami hidung tersumbat, permen ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan yang tepat.

Bahkan, efek melegakan yang ditimbulkan dari Kalbe Wood’s Peppermint Lozenges ini diklaim mampu bertahan lama, sehingga kau tak perlu terlalu sering atau terlalu banyak mengkonsumsinya.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.850

7. Alba Pastilles

Alba Pastilles juga merupakan salah satu permen pelega tenggorokan terbaik yang patut kamu coba, terutama ketika sedang mengalami suara serak.

Sebab, permen kristal berwarna hijau dan dibalut dengan gula ini memiliki rasa mint yang cukup kuat, sehingga bisa menjadi salah satu solusi dalam meredakan berbagai permasalahan pada tenggorokan.

Ketika mengkonsumsinya, dijamin suara serak kamu akan segera kembali. Tak hanya itu, permen ini nyatanya juga bisa memberikan rasa nyaman ketika kamu sedang merasa mual.

Kemasannya yang kecil membuat kamu bisa membawanya kemanapun dan kapanpun, tanpa memberikan beban lebih pada tas kamu.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp9.000

8. Strong Gofress Peppermint

Berbeda dengan permen pelega tenggorokan yang umumnya berbentuk seperti butiran, Strong Gofress Peppermint justru memiliki bentuk seperti lembaran kertas tipis yang dengan cepat akan meleleh di lidah.

Nah, dikarenakan teksturnya yang mudah meleleh inilah, efek melegakan tenggorokan menjadi lebih cepat terasa.

Terlebih lagi, kemasannya yang sangat kecil dan ramping mempermudah kamu membawanya kemanapun, baik itu dimasukkan ke dalam tas, saku, hingga dompet sekaligus.

Selain itu, salah satu permen pelega tenggorokan terbaik ini juga mengandung xylitol yang bisa juga berfungsi sebagai mouthwash, sehingga akan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi, dan terbebas dari mulut bau.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000

9. Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges

Nah, rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik yang akan kita bahas terakhir adalah produk keluaran dari Tolak Angin.

Tolak Angin itu sendiri memang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu produk yang mampu mengatasi masuk angin secara efektif.

Namun ternyata di sisi lain, Tolak Angin juga mengeluarkan permen yang berfungsi untuk meredakan masalah tenggorokan lho, yaitu bernama Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges.

Terbuat dari bahan-bahan herbal pilihan dan madu, mengkonsumsi permen ini tak hanya bisa melegakan tenggorokan, melainkan juga sekaligus memberikan kehangatan pada tubuh.

Meskipun cocok dikonsumsi di berbagai kesempatan, akan tetapi salah satu permen pelega tenggorokan satu ini diutamakan untuk dikonsumsi ketika sedang berada di perjalanan, karena bisa berfungsi untuk meredakan mual.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.000

Jadi, itulah beberapa rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jenis-jenis permen yang baru saja kita sebutkan hanyalah cocok dikonsumsi untuk masalah tenggorokan yang belum terlalu parah.

Akan tetapi apabila masalah tenggorokan yang kamu hadapi sudah dirasa terlalu parah, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter, untuk mengetahui penyebab, diagnosa, dan mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Namun bagi sebagian orang, mungkin masih ada yang merasa ragu untuk berkunjung ke dokter karena biayanya yang relatif mahal.

Nah, jika biaya merupakan salah satu kendala yang sering kamu khawatirkan ketika ingin berobat, mulai sekarang tak perlu khawatir lagi! Sebab, asuransi kesehatan bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik.

(Baca Juga: 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak)

Memiliki asuransi kesehatan, sebagian biaya pengobatan kamu akan dicover oleh pihak asuransi, sehingga hal tersebut bisa membuat biaya pengobatan yang harus kamu keluarkan menjadi lebih hemat dan tentunya sesuai dengan kemampuan.

Kapan lagi kamu bisa menikmati fasilitas kesehatan yang lengkap dengan biaya yang terjangkau?

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa memilih jenis asuransi yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online lho, yang membuat proses pengajuan menjadi lebih cepat dan praktis.

Ditambah lagi kamu juga tak perlu repot untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan pilihanmu hanya di CekAja.com!

Pariwara