Ajukan Pinjaman Bunga Rendah Limit Mulai dari Rp5 Juta

7 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Sumber pembiayaan dari perbankan ataupun lembaga keuangan menjadi salah satu pilihan tepat apabila membutuhkan pendanaan dengan jumlah yang cukup besar. Baik untuk kebutuhan produktif ataupun konsumtif.

pinjaman bunga rendah limit 5 juta

Namun, pada saat memilih sumber pembiayaan, besaran suku bunga kredit menjadi pertimbangan masyarakat. Agar pada saat pembayaran cicilan nantinya tidak terlalu memberatkan arus keuangan nasabah selaku debitur.

Ada baiknya bandingkan suku bunga yang ditawarkan satu lembaga keuangan dengan yang lainnya. Untuk mendapatkan bunga yang rendah dan kompetitif.

Sumber keuangan yang layak dilirik adalah Kredit Tanpa Agunan yang dikeluarkan oleh perbankan dengan rata-rata limit kredit yang bisa dicairkan mulai dari Rp5 juta. Selain itu, ada juga sumber pembiayaan dari Pegadaian yang menawarkan bunga relatif rendah dengan limit mulai dari Rp5 juta.

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya untuk memahami apa itu pinjaman Kredit Tanpa Agunan ataupun pinjaman dari Pegadaian.

Apa itu KTA?

Kredit Tanpa Agunan merupakan salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa mewajibkan calon nasabah memberikan agunan ataupun aset sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan bank kepada debitur.

Dengan tidak adanya jaminan tersebut, maka bank mengambil keputusan untuk memberikan kredit berdasarkan riwayat kredit debitur yang berasal dari riwayat penggunaan kartu kredit, kredit motor, kredit mobil, ataupun KPR debitur.

KTA dapat bermanfaat untuk pendanaan debitur yang bisa dipakai untuk berbagai kepentingan, baik konsumtif ataupun produktif. Jaminan dalam KTA adalah kemampuan nasabah untuk melaksanakan kewajiban pembayaran kredit.

Proses pengajuan KTA rata-rata membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari kerja dengan maksimal lama proses 14-21 hari kerja apabila persyaratan sudah dilengkapi.

Keuntungan dari pengajuan kredit tanpa agunan adalah persyaratan yang mudah dan proses pengajuan yang cepat, serta pengajuan pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, suku bunga KTA tetap selama masa kontrak kredit dengan besaran suku bunga mulai dari 0,88% per bulan dan masa cicilan mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Pinjaman dari KTA juga mendapatkan perlindungan asuransi. Sehingga aman, serta limit pinjaman yang bisa mencapai Rp300 juta.

Syarat pengajuan KTA secara umum adalah warga negara Indonesia berusia 21 hingga 55 tahun dengan dokumen yang harus disertakan adalah fotokopi KTP/Kitas atau NPWP, bukti penghasilan, fotokopi kartu kredit, serta fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.

Trik agar KTA mudah disetujui

Pada umumnya, proses pengajuan KTA memiliki persyaratan yang sama di hampir setiap bank, antara lain usia bagi nasabah yang mengajukan KTA minimal 18 tahun walaupun ada beberapa perbankan yang mensyaratkan batas usia minimal 21 tahun.

Selain itu, secara umum pemohon KTA harus memiliki penghasilan tetap bulanan minimal Rp3 juta agar dapat mengajukan permohonan KTA. Penghasilan tersebut juga menjadi penilaian bank bahwa calon nasabah mampu melakukan pembayaran cicilan KTA setiap bulannya.

Kelengkapan persyaratan umum yang harus dilengkapi pemohon KTA antara lain fotokopi KTP, fotokopi rekening tabungan bank yang aktif, dan fotokopi slip gaji atau rekening koran calon debitur.

Selain itu, pada sebagian bank atau lembaga keuangan mewajibkan calon debitur telah memiliki catatan kredit melalui penggunaan kartu kredit untuk bisa menganalisa risiko kredit calon nasabah.

Perbankan juga bisa melihat kebiasaan calon debitur dalam penggunaan kartu kredit. Agar mudah mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA), maka pastikan track record kredit kamu bagus dengan selalu membayar tagihan, jarang overlimit, dan tidak pernah telah membayar tagihan.

Apabila kebiasaan kredit calon debitur bagus, maka peluang untuk bisa mendapatkan dana KTA akan lebih besar untuk disetujui perbankan. Namun, untuk calon debitur yang tidak memiliki KTA bisa mengajukan KTA melalui lembaga keuangan yang tidak mewajibkan kepemilikan kartu kredit seperti pada contoh di atas.

Selain itu, pastikan juga calon debitur memiliki skor kredit atau rekam jejak pinjaman yang baik dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apabila skor kredit baik, maka peluang untuk pengajuan kredit disetujui akan semakin besar. Namun apabila rekam jejak kredit buruk seperti sering menunggak angsuran, maka kemungkinan besar pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) akan ditolak.

Pegadaian gadai sumber pembiayaan berbunga murah

Selain Kredit Tanpa Agunan (KTA), Pegadaian juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan pinjaman dana saat membutuhkan.

BUMN yang memiliki slogan mengatasi masalah tanpa masalah ini juga sudah lama menjadi kepercayaan masyarakat untuk bisa mendapatkan pendanaan karena risiko yang relatif ringan sementara proses pencairan dananya relatif cepat hanya sekitar 15 menit saja.

Berbeda dengan pinjaman KTA yang tidak memerlukan agunan, nasabah perlu membawa barang-barang berharga yang bisa menjadi jaminan pinjaman dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan yang bisa diperpanjang dengan cara membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman pada saat mengajukan pembiayaan melalui Pegadaian.

Nasabah akan mendapatkan keuntungan dari pengajuan kredit ke Pegadaian berupa persyaratan kredit yang relatif ringan. Selain itu, nasabah juga tidak perlu memiliki rekening, giro, ataupun persyaratan lainnya sebagaimana disyaratkan oleh bank untuk nasabah yang ingin mendapatkan pinjaman.

Pengajuan kredit melalui Pegadaian lebih mudah karena nasabah hanya perlu datang dan mengisi aplikasi permohonan dengan membawa barang jaminan untuk bisa segera diproses. Meminjam dana di Pegadaian bisa mengatasi masalah tanpa harus repot dengan masalah prosedural yang rumit.

(Baca Juga: Ini Pengertian Dan Perbedaan Pinjaman Kilat Dengan Pinjaman Lainnya!)

Selain itu, pengajuan kredit di Pegadaian tidak memerlukan adanya biaya administrasi ataupun biaya lainnya yang dibebankan kepada nasabah. Kemudian besarnya angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah dalam membayarnya.

Selain itu, jumlah pembayaran cicilan di Pegadaian tiap bulannya yang harus dibayar debitur tidak tetap karena menyesuaikan kemampuan debitur. Sehingga sangat memudahkan dalam pembayaran cicilan tanpa mempengaruhi kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan lainnya.

Keuntungan lain dari pengajuan kredit di Pegadaian adalah bunga yang dibebankan kepada nasabah itu akan turun dengan perhitungan yang disesuaikan dengan sisa pinjaman yang ada. Semakin sedikit sisa pinjaman, maka bunga yang dibebankan juga semakin kecil.

Manfaat lain dari pengajuan pinjaman melalui Pegadaian adalah debitur juga bisa memperpanjang masa pengembalian pinjaman apabila ada keterlambatan dalam membayar angsuran. Sehingga masa pelunasan akan ikut mundur. Namun, keterlambatan tersebut tetap akan mendapatkan bunga sebagai bentuk denda.

Dengan keuntungan menarik tersebut, maka Pegadaian sangat cocok bagi debitur yang membutuhkan pinjaman dana mendesak.

Kebutuhan dan masalah ekonomi bisa terjadi pada siapa saja. Sehingga perlu bisa mencari jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan melalui pinjaman dana.

Oleh karena itu, perlu kejelian dalam memilih tempat untuk mendapatkan pinjaman yang aman dan sesuai, jangan sampai salah meminjam yang justru dapat mempersulit kondisi perekonomian.

Jenis pinjaman di Pegadaian

Pegadaian memiliki tiga jenis pinjaman dengan persyaratan berbeda yang bisa dipilih oleh debitur pada saat mengajukan pinjaman.

Kredit Cepat Aman

Jenis pinjaman pertama adalah Kredit Cepat Aman (KCA) yang paling populer di Pegadaian. Seperti namanya, pinjaman yang satu ini merupakan solusi yang tepat buat masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat, dan juga aman.

KCA adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik buat kebutuhan konsumtif maupun produktif.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman ini, kamu hanya perlu datang ke kantor Pegadaian dengan membawa agunan seperti perhiasan emas, laptop, handphone, dan barang elektronik lainnya.

Jumlah pinjaman dimulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 juta. Pencairan uang dapat dilakukan hanya dalam waktu 15 menit. Jangka waktu pinjamannya maksimal empat bulan dan dapat diperpanjang dengan cara mengangsur sebagian uang pinjaman.

Krasida

Selain itu, juga ada Kredit Gadai Sistem Angsuran (Krasida) cocok untuk yang sedang membutuhkan dana yang tidak sedikit, seperti biaya masuk perguruan tinggi, renovasi rumah, atau biaya pernikahan.

Seringkali banyak orang yang kebingungan gimana mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar melalui KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran).

Buat mengajukan jenis pinjaman yang satu ini, kamu hanya perlu mendatangi kantor Pegadaian dengan membawa berbagai dokumen persyaratan seperti:

  • Kartu identitas diri seperti KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Menyerahkan agunan atau jaminan seperti emas atau kendaraan bermotor lengkap dengan STNK, BPKB, serta faktur pembelian.
  • Keuntungan dari jenis pinjaman KRASIDA ini adalah:
  • Pinjaman mencapai 95 persen dari nilai taksiran angsuran.
  • Waktu pinjaman mulai dari 6, 12, 24 hingga 36 bulan.
  • Angsuran setiap bulan tetap.
  • Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  • Pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 250 juta.

Kreasi

Kreasi merupakan jenis kredit Pegadaian untuk nasabah yang ingin mengembangkan usaha ataupun bisnis. Kreasi memberikan pinjaman dengan sistem Fidusia. Dalam sistem ini barang yang dijadikan jaminan atau agunan hanya surat-surat kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian. Jadi, kendaraannya sendiri masih tetap bisa digunakan.

Namun, buat mengajukan pinjaman Kreasi ini kamu harus memiliki usaha yang masuk ke dalam kriteria Pegadaian, salah satunya adalah usaha telah berjalan minimal selama satu tahun.

  • Berikut persyaratannya:
  • Identitas diri seperti KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Surat nikah bagi yang sudah menikah.
  • Dokumen kepemilikan kendaraan seperti BPKB asli, STNK, dan faktur pembelian atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB).

Proses pinjamannya terbilang mudah dan cepat. Kamu bisa mendapatkan pinjaman cukup besar, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 200 juta.

Bagi nasabah yang membutuhkan pembiayaan, bisa menjadikan dua opsi pinjaman baik melalui produk Kredit Tanpa Agunan dari perbankan maupun pinjaman dari Pegadaian yang memiliki tiga jenis kredit sebagai alternatif pembiayaan yang bisa dipilih.

Pertimbangkan secara bijak jumlah dana yang ingin dipinjam serta kebutuhan dan alokasi pemakaian dari pinjaman tersebut agar tidak menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti