9 Aktivis Lingkungan Wanita Paling Inspiratif di Indonesia

Berbicara tentang aktivis lingkungan wanita paling inspiratif, di Indonesia sendiri ada banyak aktivis lingkungan yang bisa dijadikan panutan, baik dari kalangan artis maupun masyarakat biasa. Untuk kalangan artis sendiri, kamu mungkin sudah tak asing dengan Nadine Chandrawinata.

Advertisement

Namun, selain Nadine Chandrawinata sebenarnya ada lagi aktivis lingkungan wanita dari kalangan artis, yaitu Nadya Hutagalung.

Ya, wanita yang juga berprofesi sebagai model tersebut, merupakan aktivis lingkungan yang berfokus pada gajah liar.

Tidak hanya dari kalangan artis, masyarakat biasa juga banyak yang menjadi aktivis. Mereka umumnya terjun ke dunia ini, karena keinginan hati untuk ikut menjaga dan melindungi lingkungan, beserta kebudayaannya.

Jika kamu ingin tahu, siapa saja aktivis lingkungan wanita paling inspiratif yang bisa dijadikan panutan, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Aktivis Lingkungan Wanita Paling Inspiratif

Seperti yang diketahui, aktivis lingkungan wanita paling inspiratif ada sangat banyak. Namun, untuk memudahkanmu mengetahui siapa saja aktivis lingkungan wanita terbaik, kali ini CekAja.com telah merangkum sembilan di antaranya, yang terdiri dari:

1. Nadine Chandrawinata

Aktivis lingkungan wanita paling inspiratif yang pertama, yaitu Nadine Chandrawinata. Aktris cantik yang satu ini, memang sudah dikenal aktif menjadi aktivis sejak lama.

Nadine mengawali perjalanannya sebagai seorang aktivis, dengan melakukan hal-hal kecil yang berdampak pada kebersihan lingkungan, yaitu memilah sampah.

Ia mulai membiasakan dirinya untuk memisahkan sampah plastik dan organik, meskipun terkadang masih lupa.

Kebiasaan tersebut, nyatanya Nadine dapatkan dari hasil belajar di luar rumah. Sebenarnya, ada banyak hal yang ia dapatkan, namun ia memilih hal yang paling sederhana, yaitu memilah sampah.

Hal itu tentu bukan tanpa alasan, Nadine melihat sampah plastik ada dimana-mana, baik itu di gunung, di laut, jalanan dan lain sebagainya. Semua sampah itu, sudah pasti bersumber dari rumah, karena merupakan sampah rumah tangga.

Nadine Chandrawinata juga diketahui mendirikan organisasi non-pemerintah bernama Sea Soldier, yang fokus mengurusi alam bawah laut, baik kebersihan dan keindahannya.

(Baca Juga: Daftar Komunitas Peduli Lingkungan)

2. Nadya Hutagalung

Berikutnya ada Nadya Hutagalung, yang juga masuk ke dalam daftar aktivis lingkungan wanita paling inspiratif versi CekAja.com.

Wanita yang satu ini pada Maret 2019, pernah memberikan sumbangan GPS collar kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh dan Forum Konservasi Leuser (FKL).

GPS yang diberikan tersebut, ditujukan untuk gajah liar yang berada di pedalaman Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, untuk memantau pergerakan mereka.

Cara pemantauan menggunakan GPS pun, dilakukan dengan cara memasangkan GPS tersebut ke kaki gajah.

Pemasangan GPS ini dilakukan, karena gajah-gajah liar tersebut, diketahui sering masuk dan merusak wilayah perkebunan, serta lahan petani di kawasan Ranto Peureulak, Aceh Timur.

3. Tini Kasmawati

Berbeda dari dua aktivis sebelumnya yang berasal dari kalangan artis, kali ini ada Tini Kasmawati, seorang wanita asal Kampung Cimaranginan, Desa Lengkong, Lengkong, Sukabumi, Jawa Barat, yang menjadi aktivis lingkungan wanita paling inspiratif.

Bagaimana tidak, pasalnya wanita yang akrab dipanggil Tini ini, menjadi aktivis yang menjaga primata langka Owa Jawa agar tidak punah, meskipun terbatas dalam segi penglihatan.

Ya, Tini adalah seorang tuna netra. Meski begitu, hati beliau tidak buta, karena ingin menjaga kelestarian hewan langka Owa Jawa, agar generasi yang akan datang tidak hanya bisa mendengar cerita tentang Owa Jawa saja, namun juga bisa melihat keberadaannya.

4. Nury Sybli

Selain Tini, ada pula Nury Sybli yang menjadi aktivis lingkungan wanita paling inspiratif dalam bidang literasi hijau.

Hal itu karena, nama Nury Sybli sudah sangat dikenal sebagai ibu baca tulus di pedalaman suku Baduy, khususnya dikalangan anak-anak.

Nury Sybli diketahui memiliki kecintaan tersendiri terhadap pedalaman suku Baduy, sejak masih menduduki jenjang SMA. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejaknya, yang pada tahun 90-an pernah berkunjung ke desa Balingbing, Baduy.

Di sana, Nury terlihat sangat membaur dengan kehidupan masyarakatnya. Bahkan, Nury pun memiliki sahabat asli Baduy, yaitu Kang Sarpin yang selalu siap menerima dan menyediakan tempat singgah, ketika Nury hendak berkunjung ke sana.

Hal menarik dan inspiratif lainnya yang dimiliki Nury, yaitu ia pernah mendirikan sebuah komunitas baca, di sela-sela kesibukannya mengajar anak-anak pedalaman suku Baduy, yang bernama Blackhouse Library.

Selain itu, Nury pun sempat mendirikan perpustakaan mandiri yang dikenal dengan #RUMAHBACAAKAR, yang kini sudah tersebar di pelosok-pelosok Indonesia.

5. Fitria Sri Handayani

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar nama Fitria Sri Handayani? Jika belum, berkenalan dulu, yuk!

Fitria Sri Handayani atau yang akrab disapa Ria, merupakan aktivis lingkungan wanita paling inspiratif, yang juga menjadi anggota Manggala Agni – Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK.

Wanita yang bertugas di Daerah Operasional Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat sejak 2008 ini, dipercaya menjadi pendamping desa pada Kelompok Kerja Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Yang mana, tugas yang Ria emban cukup banyak. Namun, ia menjalaninya dengan tekun, semangat dan penuh tanggung jawab, hingga akhirnya Ria menjabat sebagai Komandan Regu.

Perlu diketahui, Ria adalah perempuan satu-satunya yang menjadi Komandan Regu Manggala Agni di Indonesia.

6. Swietenia Puspa Lestari

Di urutan keenam ada Swietenia Puspa Lestari, yang juga masuk ke dalam daftar aktivis lingkungan wanita paling inspiratif versi CekAja.com.

Berfokus pada penanganan sampah laut, Swietenia atau yang akrab dipanggil Tenia ini, memiliki kepedulian tinggi terhadap sampah-sampah yang mengapung di lautan.

Kepeduliannya terhadap sampah ini, diawali dari pengalamannya melihat banyaknya sampah yang berserakan di Perairan Berau, Kalimantan Timur empat tahun yang lalu pada saat menyelam.

Ketika itu, Tenia mengajukan diri untuk menjadi salah satu orang, yang ikut menyelamatkan laut dari kepungan plastik.

Tenia pun tergerak hatinya dan mendirikan komunitas Divers Clean Action (DCA) pada 2015, atau tahun ketiga saat dirinya menimba ilmu di Jurusan Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Bandung.

7. Dokter Mawarti Arumi

Walaupun berprofesi sebagai dokter, bukan berarti dokter Mawarti Arumi hanya berkutat di rumah sakit dan sejumlah fasilitas kesehatan saja.

Di luar profesi utamanya, dokter Mawar juga aktif di ruang sosial, dan terjun langsung mengurusi persoalan sampah.

Wanita satu ini pun disebut inspiratif, salah satu alasannya yaitu karena mendirikan bank sampah, dan membangun komunitas untuk para lansia di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

8. Melati dan Isabel Wijsen

Jika dilihat dari usia, mungkin dua sosok wanita hebat ini terbilang sangat muda. Namun dibalik usianya tersebut, Melati dan Isabel Wijsen sudah menjadi aktivis lingkungan wanita paling inspiratif.

Bahkan, dua bersaudara asal Bali ini berhasil mendapat penghargaan dan atensi internasional. Hal itu karena, mereka mendirikan sebuah LSM yang fokus untuk meningkatkan kesadaran anak muda terhadap isu lingkungan, bernama Bye Bye Plastic Bags (BBPB).

LSM itu pun kini sudah menjadi gerakan internasional, yang memiliki 50 cabang di seluruh dunia. Hebatnya lagi, Melati dan Isabel pun berhasil mendapatkan penghargaan BAMBI di Jerman, pada 2017.

9. Manohara Odelia

Aktivis lingkungan wanita paling inspiratif yang terakhir, yaitu Manohara Odelia. Wanita yang sudah lepas dari dunia hiburan sejak 2013 ini, kini aktif menjadi relawan untuk satwa liar, di organisasi yang melindungi hewan-hewan liar.

Namun sebelum aktif menjadi anggota, Manohara mendapat pelatihan terlebih dahulu untuk menghadapi satwa-satwa liar.

Tidak hanya itu, Manohara pun pernah mengikuti beberapa kegiatan, salah satunya yaitu relokasi buaya dari salah satu lokasi di Bali.

(Baca Juga: Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup di Dunia)

Itulah sembilan aktivis lingkungan wanita paling inspiratif di Indonesia, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap, di pembahasan sebelumnya.

Dari semua kisah para aktivis tersebut, kamu mungkin tergerak hatinya untuk ikut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Jika iya, maka kamu bisa mengikuti beberapa organisasi peduli lingkungan, atau bahkan kamu yang mendirikan organisasi tersebut, apabila dana yang dimiliki mencukupi.

Tetapi, apabila dana yang dimiliki hanya cukup untuk mendirikan organisasi saja, dan kamu tidak memiliki dana cadangan untuk dana darurat, maka tidak ada salahnya jika kamu mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai dengan nominal sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Selain itu, proses pengajuan pinjaman di CekAja.com pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana tunai terbiakmu sekarang juga!

Advertisement