Daftar Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia, Ingin Bergabung?

Sekarang ini, tak sedikit dari pengusaha pemula yang bergabung ke komunitas bisnis terbesar di Indonesia. Komunitas ini tentu menguntungkan, dan bila kamu tertarik untuk join, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini.

Bisnis di Indonesia seolah gak ada matinya. Tiap tahun, ada saja pebisnis pemula yang mencoba peruntungannya di bidang tersebut.

Meskipun risiko kerugian memang bisa muncul, namun tak sedikit pula yang sukses menjadi pebisnis ulung.

Kenapa Harus Bergabung Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia?

Nah, dalam dunia bisnis, selain kita mengenal mekanismenya, ada pula komunitas yang didirikan oleh sekelompok pebisnis, maupun orang-orang yang ingin memahami dunia bisnis.

Komunitas ini menawarkan beragam pengalaman menarik, agar para anggota kian lihai dalam menguasai ilmu bisnis. Terkadang, komunitas juga biasa menggelar seminar, diskusi, hingga kopdar alias kopi darat untuk mengenal satu sama lain.

Bukan hanya itu saja, dengan bergabung dalam komunitas bisnis terbesar di Indonesia, kamu juga dapat menikmati berbagai keuntungan, diantaranya:

  • Menambah relasi dalam dunia bisnis yang serupa
  • Paham akan ilmu dasar seputar bisnis yang ingin dirintis
  • Dapat saling bertukar pikiran dengan anggota lain di komunitas
  • Memperluas jaringan bisnis
  • Menambah wawasan seputar bisnis
  • Paham akan risiko dan masalah yang sering dialami oleh pebisnis
  • Bisnis yang digeluti bisa di-support oleh anggota komunitas lainnya
  • Mudah mencari investor dari komunitas bisnis yang sama

(Baca Juga: 100 Perusahaan Besar Paling Inovatif di Dunia)

Daftar Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia

Gimana, sudah tahu kan apa saja keuntungan yang didapat dengan bergabung dalam komunitas bisnis?

Nah, kalau kamu tertarik untuk join, berikut daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia, yang bisa kamu coba.

1. Yukbisnis

Yukbisnis termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia yang CekAja rekomendasikan. Platform ini hadir sebagai wadah untuk para pengusaha maupun orang-orang yang ingin belajar seputar bisnis.

Kegiatan rutinnya meliputi sharing, mentoring, dan beberapa kegiatan lainnya. Dengan misi “Mengedukasi UKM untuk melek online dan pentingnya brand, bukan sekedar menjual”, Yukbisnis menawarkan metode belajar bisnis yang diberi nama Framework Bisnis untuk Pemula (Formula).

Kurikulum yang dipelajari mengacu pada 5 tangga bisnis, yaitu Mulai, Profit, Sistemasi, Multiplikasi, hingga Investasi.

Selain sebagai komunitas, Yukbisnis juga termasuk toko online yang bergerak di bidang jasa. Produknya terdiri dari:

  • Formula
  • Guyub (saluran distribusi online)
  • Yubi.id (kartu nama virtual)
  • Yubistore (mall-nya pebisnis Indonesia)
  • YubiPRO (spesialis official store)
  • Sarang Semut (your personal TV channel)
  • YUBImini (tokonya media sosial)

Website: https://yukbisnis.com/

2. TDA Community

TDA alias Tangan Di Atas juga termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia.

Komunitas ini didirikan secara khusus sebagai wadah untuk para wirausahawan muda serta orang-orang yang berminat dalam bidang wirausaha.

TDA Community telah ada sejak Januari 2006, dimana Badroni Yuzirman dan 6 pengusaha lainnya adalah pencetus dari komunitas ini. Jumlah anggotanya sendiri telah mencapai lebih dari 6 ribu member terdaftar.

Adapun program-program yang dimiliki TDA dengan hashtag #KolaborAksiUntukNegeri, diantaranya:

  • BELI TDA

Program yang dibentuk TDA untuk mendukung stabilitas perekonomian lokal. Caranya, dengan bergotong-royong memutar perekonomian di masyarakat.

  • TDA Peduli

TDA Peduli adalah program kemanusiaan dengan kegiatan rutinnya berupa sebar nasi bungkus tiap bulan di hari Jumat, penggalangan dana untuk korban bencana alam, serta donor darah.

  • TDA Tanggap Corona

Termasuk dalam program TDA Peduli untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pandemi Covid-19 di Indonesia. Kegiatan rutinnya seperti membagikan ratusan masker dan hand sanitizer di ruang publik.

  • TDA TV

TDA TV adalah channel resmi dari komunitas TDA, yang fungsinya untuk berbagi ilmu wirausaga, bisnis. Tayangannya sendiri bisa diakses secara gratis oleh masyarakat melalui platform YouTube.

Website: http://tangandiatas.com/

3. HIPMI

Komunitas lainnya yang termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia adalah HIPMI. Tujuan adanya komunitas ini adalah sebagai wadah berkumpul untuk seluruh wirausaha muda.

HIPMI memiliki berbagai program yang berkaitan dengan bidang bisnis, seperti pelatihan soft skill dan seminar. Hingga saat ini, HIPMI telah ada di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Solo, serta Surabaya.

Buat kamu yang tertarik untuk daftar HIPMI, kamu bisa mengakses laman resmi HIPMI, yang CekAja cantumkan di bawah ini.

Website: https://www.hipmi.org/

4. Online Seller Meetup

Komunitas lainnya yang termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia adalah Online Seller Meetup.

Komunitas ini berada di bawah naungan KoinWorks, yang mana fungsinya untuk menaungi para pebisnis online yang ingin terus mengembangkan usahanya, terutama di bidang teknologi digital.

Dengan menjadi anggota dari Online Seller Meetup, kamu tak hanya mendapatkan ilmu dasar seputar bisnis, naming juga networking sekaligus layanan pembiayaan dari KoinWorks.

Website: https://koinworks.com/blog/komunitas/

5. HerAction

Masih termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia milik KoinWorks, HerAction menawarkan layanan khusus untuk para wanita yang terjun dalam dunia bisnis, agar mampu memgembangkan skill-nya.

Lewat komunitas ini, para pebisnis wanita akan dipertemukan dengan beragam sosok inspiratif, untuk saling bertukar pikiran mengenai cara menjalankan bisnis, dan menghadapi berbagai tantangannya.

Website: https://koinworks.com/blog/komunitas/

(Baca Juga: 8 Startup yang Tumbuh Pesat saat Pandemi)

6. Boetan

Komunitas lainnya milik KoinWorks yang juga termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia adalah Boetan.

Ini adalah sebuah komunitas khusus untuk para pengrajin Tanah Air dalam menuangkan idenya, serta membagikan tips dan trik untuk mengembangkan usaha.

Lewat Boetan, kamu akan belajar langsung dari para pengrajin yang telah mencapai kesuksesan mengenai cara berbisnis.

Di sini pula, kamu bisa mengikuti kelas edukatif seperti semi-workshop yang dibuat intens dengan materi menyesuakkan tren pada masing-masing bidang usaha yang dijalani.

Website: https://koinworks.com/blog/komunitas/

7. Investor Muda

Meski termasuk komunitas saham, namun komunitas Investor Muda ini juga diperlukan terutama untuk para pebisnis yang sudah handal.

Lewat komunitas ini, pebisnis muda yang gemar bermain saham akan memahami tentang strategi investasi dan risikonya di tiap kondisi market, sekaligus mengerti akan cara kerja analisa saham.

Adapun kegiatan rutin yang dilakukan selama menjadi anggota dari Investor Muda, diantaranya workshop intensif, serta gathering bulanan online maupun offline.

Website: https://investormuda.com/

8. JCI Indonesia

Terakhir, ada JCI yang termasuk dalam daftar komunitas bisnis terbaik di Indonesia. Komunitas ini punya ribuan anggota dari 27 provinsi dan kota di Indonesia.

Mereka yang tergabung dalam JCI Indonesia bakal diberikan pelajaran mengenai ilmu bisnis di berbagai bidang.

Tak hanya itu saja, pihak JCI juga membekali anggotanya dengan skill hingga kolaborasi dalam melakukan aksi yang nyata.

Website: https://jci.or.id/

Nah, itu dia 8 daftar komunitas bisnis terbesar di Indonesia, yang bisa kamu ikuti untuk menambah wawasan di bidang terkait.

Menggeluti bisnis memang tak mudah, untuk itu diperlukan skill yang mumpuni sekaligus modal.

Apabila tidak memiliki modal, tentu bisnis yang akan dikembangkan sulit untuk maju.

Makanya, dibutuhkan modal usaha yang sesuai, dan jika hal ini juga yang menjadi penghambatmu, maka CekAja.com, siap membantu.

CekAja hadir sebagai layanan perbandingan dan pengajuan berbagai produk finansial salah satunya pinjaman tunai.

Pinjaman yang disediakan terdiri dari KTA, dan bisa kamu ajukan secara online kapan saja dan di mana saja.

Kalau masih bingung akan pilihannya, kamu dapat menggunakan layanan perbandingan dulu, untuk mendapatkan pinjaman yang sesuai kebutuhan sekaligus sesuai dengan profil finansialmu.

Jadi, yuk langsung ajukan pinjaman tunai untuk modal usaha terbaik di CekAja.com, dan nikmati skema cicilannya yang ringan.