Apa itu Blockchain, Cara Kerja, serta Kelebihannya? Yuk Simak Selengkapnya!

Banyak diperbincangkan akhir-akhir ini, kamu sudah tahu belum apa itu blockchain? Jika belum, tidak perlu khawatir, kamu bisa mengetahui blockchain lebih dalam melalui artikel berikut ini!

Apa itu Blockchain, Cara Kerja, serta Kelebihannya? Yuk Simak Selengkapnya!

Apa Itu Blockchain

Saat pertama kali mendengar kata Blockchain, apa yang kamu pikirkan? Mungkin sebagian akan teringat akan bitcoin.

Pasalnya, blockchain merupakan sistem yang terdapat di dalam bitcoin. Tidak hanya dalam bitcoin, memiliki banyak manfaat, blockchain juga banyak digunakan pada berbagai mata uang kripto maupun perbankan.

Lantas, apa itu blockchain? Blockchain merupakan sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data secara digital yang terhubung melalui kriptografi.

Dari namanya, Blockchain sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu Block yang berarti kelompok dan Chain yang artinya rantai.

Dari nama tersebut, dapat diartikan bahwa blockchain membuat blok-blok atau kelompok yang saling terhubung untuk tujuan mengeksekusi transaksi.

Cara Kerja Blockchain

Setelah mengetahui apa itu blockchain, selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana cara kerja blockchain.

Sistem kerja blockchain bermulai ketika sebuah blok menerima data baru. Sistem blockchain terdiri atas 2 sistem, yaitu transaksi dan blok.

Setiap blok, berisikan rangkaian hash kriptografi dan hash dari blok sebelumnya. Sehingga, dapat membentuk sebuah jaringan.

Sistem kerja blockchain juga tidak bisa diubah. Sehingga, informasi yang telah dicatat saat itu dalam blockchain tidak akan bisa diubah nantinya.

Selanjutnya, sifat yang dimiliki blockchain akan membuat jaringan memeriksa dan memastikan informasi atau data dalam blok valid.

Proses ini merupakan proses desentralisasi, yang terjadi diantara node jaringan, untuk memastikan sebuah informasi tersebut valid.

Sifat desentralisasi, juga membuat teknologi ini tidak bergantung pada otoritas eksternal untuk melakukan validasi dan keaslian sebuah data.

Setelah proses desentralisasi, data tersebut akan ditambahkan ke dalam blok baru. Setiap blok yang dihasilkan, akan berisikan hash atau kode unik.

Setiap blok akan memiliki kode unik yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperketat keamanan.

(Baca Juga: Memanfaatkan Teknologi Blockchain dalam Perbankan)

Kelebihan Blockchain

Teknologi blockchain banyak digunakanlah tanpa alasan. Pasalnya, blockchain memiliki banyak kelebihan dan keunggulan yang bisa dimanfaatkan.

Sistem Transparan

Kelebihan blockchain yang pertama adalah memiliki sifat transparan. Pengguna blockchain dapat melihat jejak informasi dan juga transaksi.

Saat transaksi berlangsung, pengguna bisa langsung melihat proses transaksi tersebut. Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui seluruh informasi atau dana yang dimilikinya.

Data Lebih Aman

Memiliki proteksi data yang lebih baik dibandingkan teknologi lainnya, membuat blockchain menjadi teknologi yang membuat data lebih aman.

Terlebih, blockchain memiliki sifat append only. Yang mana, database blockchain tidak bisa diubah atau diperbaiki, tetapi hanya bisa bertambah saja.

Selain itu, data di dalam  blockchain tidak bisa dihapus ataupun hilang. Sehingga, sudah pasti data yang disimpan dalam blockchain akan aman.

Bekerja dengan sistem yang membandingkan antara data dengan salinan riwayat transaksi, membuat data kamu tidak bisa dimanipulasi.

Jika data terekam merupakan data manipulasi, data tersebut nantinya tidak akan tercatat dalam riwayat blockchain.

Audit yang Lebih Baik

Memiliki audit yang lebih baik dibandingkan teknologi lainnya, menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh blockchain.

Pengguna bisa mengetahui jejak aset yang dimilikinya secara terperinci. Sehingga, risiko terjadinya penggelapan dana bisa diminimalisir.

Terlebih blockchain memiliki sifat yang terbuka untuk umum, tidak bisa diedit, tidak bisa di hapus, dan hanya bisa ditambahkan saja.

Efisien

Sebagai teknologi penyimpan data, proses pencatatan transaksi yang dilakukan oleh blockchain dilakukan secara cepat.

Bahkan, pencatatan bisa diselesaikan dalam hitungan menit saja. Sehingga, menghemat waktu dan menguntukan bagi semua pihak.

Blockchain juga bisa dioperasikan sepanjang waktu tanpa henti. Dengan begitu, semua proses transaksi akan lebih efisien.

Akurat

Bukan hal yang asing, blockchain merupakan teknologi yang memiliki keakuratan yang tinggi. Sebab, setiap transaksi dalam blockchain perlu mendapatkan verifikasi oleh ribuan jaringan di dalam blockchain.

Apalagi, blockchain sepenuhnya menggunakan teknologi. Hal tersebut membuatnya mampu memberikan hasil yang lebih akurat dan minim terjadinya kesalahan.

(Baca Juga: 8 Aset Kripto yang Paling Diminati)

Nah, itu dia bahasan terkait pengertian, cara kerja, hingga kelebihan dari blockchain. Setelah menyimak tulisan ini, tentu membuat kamu tahu apa itu blockchain.

Memiliki banyak keunggulan, terlebih keakuratannya, membuat blockchain digunakan oleh berbagai hal. Bahkan, saat ini beberapa perbankan turut menggunakan teknologi blockchain.

Berbicara soal perbankan, saat ini terdapat fasilitas Tabungan yang bisa dimanfaatkan nasabah untuk berbagai hal. Mulai dari tabungan biasa, tabungan masa depan, tabungan dana darurat, atau untuk tujuan lainnya.

Tabungan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui CekAja.com. Memiliki fitur perbandingan, tentu membuat kamu semakin mudah dalam memilih jenis tabungan yang sesuai dengan tujuanmu.

Melalui CekAja.com, kamu bisa mengajukan kepemilikan tabungan secara online, tanpa perlu keluar rumah. Pengajuan juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Proses pengajuan tabungan di sana juga cukup praktis, mudah, dan juga cepat. Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), membuat pelayanan CekAja.com tidak perlu diragukan lagi keamanannya.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan kepemilikan tabungan melalui CekAja.com sekarang juga!