8 Aset Kripto yang Paling Diminati, Cocok untuk Kamu Miliki!

Tahun 2022, aset kripo makin bertambah peminatnya, kira-kira aset kripto yang paling diminati apa saja ya untuk tahun yang baru ini? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak!

8 Aset Kripto yang Paling Diminati, Cocok untuk Kamu Miliki!

Memasuki awal tahun 2022, kripto masih terus menjadi topik hangat untuk dibicarakan. Sejak awal kemunculannya, kripto terus berkembang dan semakin banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, investasi kripto ini bahkan booming di seluruh dunia! Berbagai kalangan tertarik mencoba investasi dengan mata uang digital tersebut.

Investasi kripto ini sedikit berbeda dengan saham. Setiap mata uang kripto, diluncurkan dengan latar belakang serta tujuan yang berbeda satu sama lainnya.

Wujud aset dari investasi mata uang kripto biasanya disebut dengan aset kripto. Jenis aset kripto ini cukup beragam, seperti Bitcoin, Ethereum, Cardano, dan lain sebagainya.

Selain memiliki latar bekalang dan tujuan yang berbeda, tiap jenis aset kripto juga memiliki harga yang berbeda satu sama lainnya.

Dari berbagai macam jenis aset kripto yang saat ini tersedia, kamu perlu menyimak apa saja aset kripto yang paling diminati.

Dengan begitu, kamu jadi bisa mengetahui dan mempertimbangkan aset kripto yang bisa kamu investasikan.

(Baca Juga: Mengenal Istilah-istilah dalam Kripto)

Aset Kripto yang Paling Diminati

Jika kamu baru mau memulai investasi aset kripto, kamu perlu memperhatikan beberapa aset kripto yang paling diminati berikut ini!

1. Bitcoin (BTC)

Aset kripto yang paling diminati pertama adalah Bitcoin. Sejak awal kemunculannya, di tahun 2009, Bitcoin berhasil menarik banyak perhatian orang hingga saat ini.

Banyaknya permintaan akan Bitcoin, membuatnya mendapatkan julukan ‘King of Cryptocurrency’ oleh para pakar kripto.

Jumlah Bitcoin yang terbatas, dengan permintaan yang terus meninggi, membuat nilai Bitcoin terus mengalami peningkatan.

Harga Bitcoin pun terus melonjak tinggi dari tahun ketahun. Di tahun 2012, harga bitcoin masih berada di sekitar Rp45 ribu – Rp63 ribu, tetapi sekarang, harganya sekitar Rp692 juta per kepingnya.

Pertumbuhan nilai Bitcoin yang terus meningkat, tidak heran jika banyak orang yang semakin tertarik dengan aset kripto yang satu ini.

2. Ethereum (ETH)

Selanjutnya, aset kripto yang paling banyak diminati adalah ETH atau Ethereum. Selain sebagai mata uang kripto, Ethereum juga memiliki fitur smart contract untuk memastikan integritas di semua node.

Mulai diperdagangkan pada tahun 2015, awalnya harga Ethereum sekitar Rp41 ribuan per kepingnya. Tetapi, pada tahun 2021 harganya mengalami peningkatan berkali-kali lipat, menjadi sekitar Rp40 juta per kepingnya.

Mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, ditambah pencairan yang terbilang cukup mudah, membuat Ethereum menjadi salah satu aset kripto yang paling banyak diminati.

3. Solana (SOL)

Sebagai platform kontrak pintar yang mampu memproses transaksi dengan cepat dan aman, nilai harga Solana terus melonjak tinggi.

Di tahun 2021, Solana bahkan masuk kedalam salah satu aset kripto yang memiliki nilai tinggi. Terhitung sejak tahun 2020, harga coin Solana naik mencapai lebih dari 26.000 persen.

4. Cardano (ADA)

Salah satu instrumen investasi yang memiliki banyak peminat adalah Cardano. Memiliki sistem proof of stake blockchain membuat Cardano menjadi salah satu aset kripsto yang paling aman.

Sistem proof of stake merupakan konsep dalam investasi kripto, yang membuat seseorang dapat menambang atau memvalidasi transaksi aset kripto sesuai dengan jumlah koin yang dimiliki.

Dengan sistem tersebut, membuat Cardano menjadi lebih efisien dibandingkan mata uang kripto lainnya.

Sistem kerja Cardano juga hampir sama dengan Ethereum yang mengaktifkan kontrak pintar. Bahkan, mata uang Cardano juga mengalami peningkatan cukup tinggi.

Berbagai keunggulan yang diberikan oleh Cardano, membuatnya masuk kedalam salah satu aset kripto yang paling diminati.

5. Ripple

Ripple merupakan aset kripto yang berasal dari perusahaan Amerika Serikat, dan memiliki tujuan untuk menyediakan pelayanan yang efisien untuk pembayaran lintas batas.

Meski tidak bernilai ratusan juta, aset kripto Ripple tetap masuk dalam salah satu aset yang banyak diminati.

Sehingga, cocok untuk kamu yang masih minim budget atau baru bergabung pada investasi koin kripto.

6. Binance Coin (BNB)

Pada awalnya, Binance Coin berada di blockchain Ethereum. Seiring berjalannya wkatu, kini Binance Coin mulai membentuk blockchain sendiri.

Binance Coin masuk kedalam aset kripto yang paling diminati. Aset ini juga merupakan mata uang kripto dengan kapitalisasi terbesar di dunia, yang berada di posisi ketiga.

Nilai harga Binance Coin mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Pada awal tahun 2017, harga Binance coin hanya sekitar 0.10 dollar AS, namun pada tahun 2021 melonjak hingga lebih dari 530 dollar AS.

Peningkatan nilai harga yang dimiliki Binance Coin, membuatnya menjadi salah satu koin kripto yang bisa kamu gunakan untuk investasi.

7. Dogecoin (Doge)

Apakah kamu mengenal Dogecoin? Aset kripto satu ini belakang sedang populer dan banyak dibicarakan loh!

Meski baru bergabung, nyatanya Dogecoin mampu bersaing dengan berbagai jenis aset kripto populer lainnya.

8. Litecoin (LTC)

Aset kripto yang paling diminati terakhir yang akan dibahas adalah Litecoin. Muncul pada tahun 2011, aset kripto ini dinilai lebih cepat proses transaksinya dibandingkan Bitcoin.

Likuiditas Litecoin juga cukup tinggi sebagai aset. Sehingga, untuk kamu yang ingin mencoba investasi aset ini bisa dilakukan.

(Baca Juga: Mengenal NFT, Aset Digital yang Sedang Naik Daun)

Nah, itu dia beberapa aset kripto yang paling diminati dan mungkin menjadi pertimbangan untuk kamu miliki.

Dalam melakukan pembelian aset kripto, kamu perlu mengetahui bahwa harga yang dimiliki setiap aset mungkin akan mengalami fluktuasi.

Oleh sebab itu, dalam membelinya, pastikan kamu membeli dengan uang dingin yang bukan merupakan uang kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga perlu menyediakan tabungan dana darurat. Hal ini dilakukan, agar semisal terjadi hal yang tidak baik pada aset kripto milikmu, kamu tidak perlu khawatir lagi terkait keuangan.

Tabungan dana darurat bisa dilakukan sejak dini. Nominalnya pun tidak perlu harus besar, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan target tabungan.

Membuka tabungan dana darurat bukanlah perkara yang sulit. Kamu bisa dengan mudah memilikinya melalui CekAja.com.

Di sana, proses pengajuan pembukaan tabungan cukup praktis, mudah, dan juga cepat. Keamanannya pun tidak perlu diragukan, sebab sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera miliki tabungan sekarang juga!